Kepulauan Riau

6 Wisata Pantai di Tanjung Pinang yang Paling Hits

Inilah Daftar Wisata Pantai Terindah di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Bahari Nan Eksotis, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan.

Tanjung Pinang merupakan ibukota dari Kepulauan Riau yang memiliki sejarah yang cukup panjang. Kawasan ini pernah menjadi pusat dari kerjaan Riau-Lingga yang sekarang lebih dikenal dengan ibukota provinsi. Adanya kisah kuno itulah yang membuat Tanjung Pinang melahirkan beberapa wisata yang bertajuk sejarah dan bisa dikunjungi oleh wisatawan.

Bukan hanya itu saja di tempat ini juga memiliki sejumlah spot panorama laut yang juga sangat keren. Keindahan lanskap pantai yang ada, tidak kalah dengan yang dimiliki oleh Bintan. Oleh karena itulah, orang-orang sering menggandengkan kedua wilayah tersebut karena sama-sama mempunyai destinasi yang cukup populer.

Namun, diantara sejumlah wisata bahari yang ada di Tanjung Pinang ada 6 pantai yang paling hits dan rekomendasi untuk Liburan. Mau tahu apa saja nama pantai itu dan bagaimana pesonanya? Yuk langsung simak penjelasan berikut ini.

1. Pantai Impian

Pantai Impian

Image Credit: Tempatwisata.pro

Pesona keindahan Pantai Impian yang selalu mengundang wisatawan untuk berkunjung, memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Berada disana akan membuat Anda tidak merasa jenuh, karena pemandangan alamnya langsung berhadapan dengan pusat dari provinsi Kepulauan Riau.

Untuk itulah tak mengherankan jika pantai yang ada di Kep. Baru, Tanjung Pinang selalu menjadi rekomendasi untuk masyarakat yang ingin berlibur. Air laut yang jernih dengan deburan ombak yang lembut selalu menjadi ciri khas dari pantai ini. bahkan pasir disana pun berwarna putih bersih yang dapat menyejukkan mata.

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan saat berada di Pantai Impian. Seperti tempat bersantai, spot foto, kamar mandi dan masih banyak lagi lainnya. Untuk background spot foto sendiri memang dari pemandangan sekitar, namun bisa menghasilkan siluet yang sangat indah jika diambil dari lokasi yang tepat.

Apalagi saat sore menjelang malam, dimana matahari mulai turun atau sunsite. Itu akan lebih memberikan efek yang cantik untuk foto-foto Anda. Sementara untuk akses menuju lokasi bisa Anda tempuh dengan kendaraan pribadi atau menyewa yang sesuai dengan tujuan.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Tanjung Pinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

2. Pantai Trikora

Pantai Trikora

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Pantai Trikora merupakan wisata yang berada di Kawal, Bintan, Tanjung Pinang. Menurut sejarahnya nama dari destinasi ini diambil dari organisasi pada jaman perjuangan dahulu, yakni Tri Komandao Rakyat. Ada 4 jenis dari pantai ini yaitu bagian 1,2,3, dan 4.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Batam Terbaru & Terhits Dikunjungi

Dari keempat bagian itu yang dinilai paling banyak menyita perhatian masyarakat lokal adalah yang ketiga. Terkenal akan pemandangan yang eksotis ternyata tak membuat Pantai Trikora lepas dari misteri, mengingat disana masih ada cerita yang belum tahu akan kebenarannya.

Konon katanya nama dari pantai ini diberikan oleh orang asing yang berkunjung dan melihat tiga koral. Pada akhirnya nama tersebutlah yang dipakai hingga sekarang. Pasir putih, halus, nan bersih serta 2 warna air laut yakni hijau dan biru sudah menjadi ciri khas dari destinasi satu ini.

Begitu juga dengan fasilitas yang akan Anda dapatkan, terbilang sangat lengkap. Jika mau Anda bisa melakukan snorkeling, bermain perahu, kano, banan boat, dll. Begitupun dengan banyaknya bebatuan yang ada di sekeliling pantai tak jarang digunakan sebagai pijakan untuk memancing oleh wisatawan.

Lokasi: Tanjung Unggat, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

3. Pantai Tanjung Siambang Dompak

Pantai Tanjung Siambang Dompak

Image Credit: Tempatwisata.pro

Pantai yang berada di Provinsi Kepri, Tanjung Pinang ini juga tak kalah menawan dari tempat wisata yang lain. Pasalnya tempat ini sering dijadikan ruang publik untuk masyarakat sekitar, karena keberadaannya masih satu wilayah dengan permukiman warga.

Biasanya warga akan bersantai di tepian pantai hanya untuk menikmati semilir angin di sore hari. Meskipun demikian banyak pula wisatawan yang berdatangan untuk melihat pemandangan pasir putih yang dikelilingi oleh pohon-pohon kelapa.

Sementara itu untuk fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Siambang masih terbilang sederhana. Hanya ada beberapa pondok yang biasa digunakan untuk spot foto, serta tempat parkir, wc, dan tempat bersantai. Akan tetapi jika dilihat tempat ini juga menjadi destinasi yang disegani oleh masyarakat.

Kebanyakan dari wisatawan luar kota adalah para remaja yang ingin menghabiskan waktunya untuk bermain di sekitaran pantai. Hal itu dikarenakan selain akses untuk menuju lokasinya mudah, tiket masuk dan fasilitas-fasilitasnya terbilang cukup murah.

Lokasi: Pulau Dompak, Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

4. Pantai Suntuk

Pantai Suntuk

Image Credit: Foursquare.com @afifa ulya

Pantai Suntuk terletak di ujung lorong pramuka, Tanjung Pinang. Meskipun tidak ada pasir putih yang membentang luas ditepian pantai, namun pemandangan air laut yang sangat jernih serta kapal-kapal nelayan yang sedang melaut menjadi keunikan tersendiri ketika berkunjung ke pantai ini.

BACA JUGA:  6 Wisata Pantai di Bintan yang Paling Hits

Ada satu fakta menarik yang bisa dikutip dari pantai ini yakni terkait namanya. Menurut masyarakat sekitar sebelum adanya pembangunan jembatan kondisi pantai masih cukup sepi jika dibandingkan sekarang. Mungkin hanya ada beberapa orang yang datang untuk melepas suntuk atau kepenatan.

Biasanya yang sering datang adalah mereka pekerja kantor yang pulang sore hari. Oleh karena itulah nama Pantai Suntuk muncul dan dikenal sampai sekarang. Bahkan seiring berjalannya waktu semakin dipadati pengunjung baik yang dari dalam daerah maupun luar daerah.

Apalagi pembangunan jembatan I Dompak juga menjadi penyebab kenapa banyak orang berdatangan hanya untuk menikmati semilir angin yang dihasilkan oleh pohon kelapa di sekitarnya. Bahkan tak jarang dari mereka menikmati air dari buah kelapa langsung di jembatan itu.

Bukan hanya itu saja, jembatan I Dompak juga menjadi salah satu fasilitas yang sering digunakan wisatawan untuk spot foto. Di Pantai Suntuk juga terdapat sejumlah kursi untuk wisatawan yang ingin bersantai menikmati deburan ombak biru yang cukup memanjakan mata.

Bukan hanya itu saja jika malam hari akan ada perubahan warna di air laut itu, yakni agak kemerah-merahan, apalagi jika cuaca cerah. Oleh karena itulah meskipun sudah malam hari pantai yang ada di Tanjungpinang tampak masih dipadati oleh pengunjung.

Lokasi: Tanjung Ayun Sakti, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang.

5. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Image Credit: Bintantravel.co.id

Tanjung Pinang memiliki keistimewaan tersendiri jika dibandingkan dengan wilayah lain. Salah satunya adalah anugerah mempunyai beragam pantai cantik yang menjadi tempat wisata untuk orang-orang baik lokal maupun luar negeri. Pantai Pasir Putih adalah contoh dari beberapa destinasi air yang ada.

Memiliki nama lain White Sand Island itu artinya ada banyak pasir berwarna putih bersih yang sangat menggoda untuk dipandang. Bahkan keindahan ini sudah diakui oleh negara-negara lain. maka dari itu jika Anda datang dan melihat banyak turis jangan heran, karena memang mereka sering berlibur ke pantai ini.

Pantai Pasir Putih mempunyai beragam fasilitas yang sangat lengkap layaknya pantai-pantai di Bali. Disana Anda dapat menikmati sejuknya udara yang dihasilkan dari pepohonan pinus di sekitaran pantai. Ada juga tempat bermanja yang dikaitkan pada dua pohon dan berbentuk layaknya ayunan bayi.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Bintan yang Paling Populer

White Sand Island adalah satu-satunya destinasi yang memberikan layanan water sport. Dimana saat Anda mendayung di lautan maka semua populasi di dalamnya bisa disaksikan secara langsung. Namun jika Anda lebih memilih untuk bersantai tepat di tepian pantai ada kursi warna-warni yang sudah terjejer rapi disana.

Kunjungan ke Pantai Pasir Putih ini akan semakin berkesan jika Anda beruntung dan masuk musim penyu-penyu kecil menetas dari telurnya. Anda bisa merasakan bagaimana kesan melepaskan bayi penyu itu untuk kembali hidup bebas ke laut bersama pengelolanya.

Lokasi: Teluk Bakau, Kec. Gunung Kijang, Kab. Bintan.

6. Pantai Lagoi

Pantai Lagoi

Image Credit: Tempatwisata.pro

Nama Pantai Lagoi sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta traveling. Apalagi mengingat jika pantai yang ada di Bintan,Tanjung Pinang sudah tersohor secara internasional. Itu artinya kepopuleran dari destinasi Indonesia yang satu ini dikenal oleh negara-negara lain.

Kawasan di Pantai Logoi sangatlah bersih dan rapi jika diamati dari pinggiran pantai. Apalagi ditambah pasir putih yang halus dengan hempasan ombak yang relatif tenang menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang mengunjunginya. Di sana Anda akan menemukan berbagai macam fasilitas.

Baik untuk berbelanja ataupun area permainan seperti snorkeling, berenang, menyelam dll. Jika Anda senang untuk memancing disana juga telah tersedia kolam dikhususkan pemancingan. Ada juga tulisan Lagoi Bay berukuran raksasa dengan perpaduan warna yang cantik sering dijadikan objek untuk berfoto bagi pengunjung.

Kelengkapan pelayanan dan fasilitas inilah yang membuat siapapun betah berlama-lama disana. Apalagi pastinya di kawasan pantai udaranya sangat sejuk meskipun cuaca sedang panas. Itu akan menambah kesan tersendiri bagi Anda dan pengunjung lainnya.

Untuk mencapai Pantai Lagoi akses yang Anda lalui sangatlah mudah karena bisa memakai kendaraan pribadi atau sewa kendaraan yang sudah ada. Oleh karena itulah sangat rugi jika Anda tidak menjadikan tempat ini sebagai salah satu lokasi liburan bersama keluarga di akhir pekan.

Lokasi: Sebong Lagoi, Kec. Teluk Sebong, Kab. Bintan.

Itulah daftar rekomendasi wisata pantai yang paling hits dan rekomendasi untuk dikunjungi di Tanjung Pinang. Meskipun dari sekian banyak pantai hanya ada 6, namun percayalah bahwa tempat-tempat ini merupakan surganya dunia.