10 Makanan Khas Tanjung Pinang yang Unik dan Terkenal Lezat

10 Makanan Khas Tanjung Pinang yang Unik dan Terkenal Lezat

Tanjung Pinang adalah salah satu ibu kota dari Kepulauan Riau. Dulunya tempat tersebut adalah pusat pemerintahan Kesultanan Lingga. Ciri khas dari Tanjung Pinang yaitu populer dengan salah satu wisata pantainya, seperti Pulau penyengat yang memang sangat digemari oleh para wisatawan.

Namun selain itu Kota Tanjung Pinang ini juga dikenal oleh makanan khasnya. Bagi para pemburu kuliner, tentu akan sangat senang ketika berada di Tanjung Pinang. Di sanalah nantinya Anda akan memperoleh banyak sekali kuliner yang memiliki cita rasa lezat dan nikmat.

Karena itu jika Anda tengah berkunjung ke utamanya Tanjung Pinang, maka jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berbagai macam makanan yang ada di sana. Untuk lebih mengenal apa saja kuliner khas dari daerah ini, berikut ini akan diulas dengan lebih lengkap untuk Anda.

1. Angko Bilis

Angko Bilis
Image Credit: Dapur-teh-enur.blogspot.com

Salah satu makanan khas Tanjung Pinang yang pertama yaitu Angko Bilis. Angko Bilis memiliki nama-nama lain seperti contohnya bilis berselimut atau bilis gulung. Hal itu dikarenakan bentuk roti yang di gulung seperti halnya selimut. Selain itu juga makanan tersebut adalah makanan yang sangat tepat untuk Anda coba.

Bersantai bersama dengan keluarga sambil lalu menikmati Angko Bilis merupakan kegiatan yang sangatlah menyenangkan. Kelebihan yang dipunyai Angko Bilis juga ada pada proses pembuatannya yang terbilang sangatlah tradisional. Angko Bilis diproduksi dengan menggunakan alat-alat sederhana.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwasannya makanan khas ini sangatlah digemari oleh para wisatawan yang berkunjung. Bahkan tak jarang yang menjadikan makanan tersebut sebagai oleh-oleh bagi kerabat ataupun teman di rumah.

Dalam beberapa acara keagamaan, jajanan tersebut seringkali disajikan. Kegurihan yang ditawarkan oleh makanan tersebut memang membuat banyak sekali masyarakat ketagihan untuk terus mencobanya. Selain itu, harga dari makanan ini juga tergolong cukup terjangkau.

2. Teh Obeng

Teh Obeng
Image Credit: Travel.detik.com

Untuk rekomendasi makanan khas dari kota ini selanjutnya yaitu Teh Obeng. Anda jangan membayangkan peralatan seperti yang biasa dipakai dalam memperbaiki kendaraan bermotor. Sekalipun namanya memang cenderung aneh, Teh Obeng tersebut sangat terkenal tidak hanya bagi warga lokal saja, melainkan juga wisatawan asing.

Teh tersebut diseduh dengan menggunakan bahan-bahan berkualitas yang mempunyai cita rasa tinggi. Bentuk tampilan dari teh memang mirip seperti teh pada umumnya. Namun, mengenai rasa tentu saja Anda akan menemukan cita rasa yang berbeda.

Teh ini memiliki aroma yang sangat harum dan bahkan lebih harum dari teh biasanya. Anda akan menemukan aroma vanili dan mawar. Sedangkan pada teh umumnya Anda akan menemukan aroma bunga melati. Kebanyakan dari teh tersebut memang disajikan dengan keadaan dingin.

Jika Anda tengah menginginkan teh panas, maka disini Anda tinggal memesannya. Menemukan Teh Obeng di kawasan Riau memang tidak susah, terlebih lagi di wilayah Tanjung Pinang.

3. Mie Tarempa

Mie Tarempa
Image Credit: Twitter Khas hotel Pekanbaru

Bagi para pecinta mie, kuliner khas dari Tanjung Pinang yang berupa Mie Tarempa ini cocok untuk disajikan. Terlebih ketika cuaca sangat dingin. Nama mie tersebut diambil dari salah satu pulau yang memiliki nama Terempa.

Di Tanjung Pinang sendiri mie tersebut seringkali disajikan di banyak rumah makan atau restoran, bahkan menjadi salah satu menu wajib mereka. Bahan baku yang dipakai untuk membuat mie tersebut yaitu telur, tepung dan juga rempah-rempah.

Terdapat berbagai macam jenis Mie Tarempa yang bisa Anda nikmati nantinya ketika berkunjung ke Tanjung Pinang. Jenis-jenis tersebut antara lain seperti mie tarempa kuah, mie tarempa goreng, mie tarempa lembab dan lain sebagainya.

4. Gonggong

Gonggong tanjung pinang
Image Credit: Twitter Farchan Noor Rachman

Untuk Anda yang menyukai makanan siput, makanan Gonggong ini tentu sangatlah direkomendasikan bagi Anda untuk dicoba. Kerang laut ataupun siput umumnya dimasak dengan cara yaitu hanya perlu direbus serta dibumbui. Kemudian setelah dihidangkan baru Anda bisa menambahkannya dengan saus yang bisa dimakan bersama dengan Gonggong.

Cara makan dari Gonggong tersebut memang dirasa tidak terlalu ribet. Anda nantinya bisa menggunakan garpu ataupun tusuk gigi untuk dapat mencukil daging siput yang tersembunyi di dalam cangkang.

Orang-orang memang kerap menjadikan makanan tersebut sebagai oleh-oleh bagi sanak famili mereka ketika pulang berkunjung dari Tanjung Pinang. Saus yang dipakai sebagai salah satu pelengkap makanan tersebut berupa sambal kacang dan juga cabai.

5. Mie Lendir

Mie Lendir tanjung pinang
Image Credit: Twitter #KelanaRasa

Untuk rekomendasi makanan khas berikutnya yaitu Mie Lendir. Mendengar namanya mungkin Anda berpikir bahwasanya makanan tersebut akan berlendir dan menjijikkan. Namun hal tersebut tidaklah benar, Mie Lendir ini memiliki rasa yang begitu unik bahkan sangat membuat seseorang ketagihan.

Alasan mengapa mie tersebut disebut sebagai lendir yaitu dikarenakan kuah cukup kental dan menyerupai lendir. Rasa dari mie lendir ini sangatlah gurih dan juga kaya dengan rempah-rempah.

Bahan baku pembuatan mie tersebut dari ubi jalar dan juga kacang tanah yang dibuat menggunakan adonan dengan warna coklat. Tampilan dari mie ini memang tidak jauh berbeda seperti mie pada umumnya.

Anda akan menemukan adanya topping tambahan yang berupa irisan telur rebus maupun suwiran ayam. Sekalipun sedikit aneh, mie tersebut sangat digemari oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Tanjung Pinang. Bagi Anda yang berada di kota tersebut, maka sangat disarankan untuk mencobanya.

6. Roti Gendang

Roti Gendang
Image Credit: Twitter ~RA~

Roti Gendang adalah salah satu jajanan tradisional yang memang cukup terkenal dan populer. Bentuknya lonjong, cara masaknya yaitu dengan digoreng. Roti tersebut dibanderol dengan harga yang sangatlah murah.

Untuk menikmatinya Anda hanya cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 2.500 saja. Selain itu juga Anda bebas dalam memilih per bijinya serta memilih varian isi di dalam. Untuk varian isi yang ditawarkan sendiri yaitu mulai dari ikan ayam, ikan tongkol dan lain sebagainya.

Jajanan tersebut sangat cocok jika digunakan sebagai teman untuk minum teh sambil kongkow bersama dengan sahabat-sahabat Anda. Selain itu, juga Anda bisa membawa pulang makanan ini sebagai oleh-oleh untuk orang di rumah.

7. Bingke Pandan

Bingke Pandan
Image Credit: Twitter Kek Pisang Villa

Bingke Pandan merupakan jajanan tradisional dan makanan khas yang tidak boleh dilupakan oleh Anda. Makanan ini biasanya memiliki bentuk menyerupai mangkok dan bundar, serta di bagian pinggirannya sendiri berbentuk cekung.

Kue yang khas dari Tanjung Pinang tersebut mempunyai rasa yang sangatlah manis serta bau harum dari bunga pandan. Harganya memang terbilang cukup terjangkau, yaitu hanya berkisar Rp 15.000 saja. Anda akan memperoleh makanan tersebut di kedai-kedai kopi terempa ataupun di pasar.

Karena dibuat dengan jumlah yang terbatas, maka Anda harus datang pagi-pagi saat ingin membelinya agar tidak kehabisan stok. Di kalangan masyarakat atau warga lokal, jajanan tersebut kerap kali diburu karena memiliki rasa yang begitu nikmat.

8. Tepung Gomak

Tepung Gomak
Image Credit: Twitter E N C O R E

Sekalipun nama dari makanan ini mengandung istilah tepung, tapi bukan berarti makanan tersebut berbentuk tepung seperti yang dibayangkan. Tepung Gomak adalah kue yang menggunakan tepung kacang hijau sebagai salah satu bahan bakunya. Cara pengolahan dari Tepung Gomak sendiri memang sangat simpel.

Nantinya Anda hanya perlu memisahkan antara bagian luar kue dengan pembuatan isian. Isian dari Tepung Gomak itu sendiri yaitu berupa gula merah yang untuk selanjutnya akan dicampur menggunakan kelapa parut dan santan.

Terkadang ada juga yang membubuhkan pandan sebagai salah satu pengharum alaminya. Selanjutnya akan dibuat adonan dari tepung ketan yang direbus namun sebelumnya diberi bumbu terlebih dahulu. Isian akan menutupi kulit bagian luarnya. Sentuhan terakhir yaitu tinggal membaluri adonan tersebut menggunakan kacang hijau yang telah dihaluskan.

Anda akan merasakan lumer dari gula merah yang nantinya akan meleleh ketika dipadukan dengan kue Tepung Gomak. Tepung Gomak sangat cocok untuk digunakan sebagai pengganjal lapar serta bisa dimakan bersama dengan teh ataupun kopi.

9. Deram-Deram

Deram-Deram tanjung pinang
Image Credit: Twitter FESS

Makanan tradisional yang berikutnya yaitu Deram-Deram. Makanan ini memang biasa disuguhkan oleh warga Melayu pada tamu yang berkunjung ke rumahnya. Anda mungkin akan mengira makanan tersebut memiliki rasa seperti donat.

Namun hal tersebut tidaklah benar, karena memang komposisi dari dua makanan itu sangatlah berbeda. Donat umumnya akan dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan menggunakan kentang.

Tapi untuk Deram-Deram itu sendiri dibuat dari bahan berupa tepung beras yang selanjutnya akan dicampur dengan gula merah. Rasa dari kue tersebut cukuplah manis oleh karena memiliki campuran gula merah. Bentuknya sendiri pun sangatlah unik, yaitu terdapat lubang kecil di bagian permukaannya.

10. Otak-Otak

Otak-Otak
Image Credit: Twitter @tindikalis

Untuk rekomendasi makanan yang terakhir yaitu otak-otak. Makanan khas yang satu ini memang telah tersebar luas di kalangan masyarakat Tanjung Pinang. Tanjung Pinang sendiri memiliki varian otak-otak yang dirasa berbeda jika dibandingkan dengan tempat-tempat lain.

Otak-otak dibuat dari bahan berupa daging ikan tengiri yang sebelumnya telah dicincang serta dihaluskan. Kemudian daging-daging tersebut akan dibalut menggunakan daun pisang dan untuk selanjutnya dibakar.

Umumnya warna dari otak-otak yang akan Anda temukan di Kota Tanjung Pinang yaitu berwarna coklat kemerahan oleh karena diberi tambahan berupa cabai dalam proses adonannya. Selain itu Anda akan merasakan bau rempah-rempah yang sangat khas.

Itulah beberapa makanan khas yang bisa Anda temukan ketika berkunjung ke Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Berlibur tanpa menikmati salah satu makanan yang telah disebutkan di atas dirasa kurang pas.