15 Tempat Wisata di Tanjung Pinang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Tanjung Pinang

Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Tentunya Anda tahu bahwa Tanjung Pinang adalah ibukota dari kepulauan Riau. Kota ini memang sarat dengan berbagai destinasi wisata baik dari segi religi, budaya maupun alamnnya. Untuk sampai di tempat ini, Anda harus menggunakan kapakl Fery yang akan membawa Anda menyebrang ke kota ini. Akan banyak sekali destinasi seru dan juga menyenangkan yang bisa Anda ketahui. Bila dalam liburan Anda kali ini Anda akan berkunjung ke Tanjung Pinang, maka sebaiknya Anda tahu dulu mengenai berragam lokasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi.

Beragam objek wisata akan menjadi tujuan liburan yang tepat untuk anda. Anda juga bisa memilih berdasarkan kebutuhan anda. Berada di Kawasan Tanjung Pinang, tentunya 15 tempat wisata ini bisa menjadi tujuan Anda ketika sedang berada disana.

1. Pulau Penyengat

Pulau Penyengat
Image Credit: Pesona.travel

Pulau penyengat merupakan salah satu tujuan wisaa terbaik yang biasanya menjadi incaran wisatawan. Wisata budaya dan juga religi ini akan bisa Anda temukan dengan mudah di Tanjung Pinang. Warisan budaya ini juga menjadi cerita sejarah yang sangat menarik perhatian dunia. Bagi Anda yang suka dengan budayanya, Anda akan betah untuk berlama lama di pulau yang indah ini.

Berada dekat dengan kota Tanjung Pinang, tentunya Anda tidak akan kesulitan dalam menemukan pulau yang satu ini. Ajak anak anak Anda untuk lebih mengenai budaya yang dilahirkan oleh pulau ini.

Harga Tiket: Rp 7.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

2. Pulau Dompak

Pulau Dompak
Image Credit: Trepelin.com

Pulau dompak merupakan salah satu wisata yang sangat terkenal di Tanjung Pinang. Dihubungkan oleh jembatan, Anda akan melihat bahwa pulau ini merupakan pulau pusat pemerintahan. Banyak urusan pemerintahan dan kedinasan yang dilakukan disini.

Anda juga bisa menikmati wisata pantainya yang sangat indah. Jembatan yang banyak berada di sekitar pantai juga akan menjadi ikon ikon yang sangat dikenal ketika Anda berada di kota Tanjung Pinang.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

3. Pulau Senggarang

Pulau Senggarang
Image Credit: Putrymurda.blogspot.com

Pulau senggarang merupakan pulau indah yang banyak didiami oleh warga Tionghoa. Pemukimannya yang sangat tenang dan damai bisa membawa Anda kepada liburan yang sangat menyenangkan. Anda bisa memilih untuk berada di pulau ini karena memang sangat menyenangkan. Suasananya yang berbeda dengan suasana kota akan membuat Anda lebih rileks dan menikmati liburan anda.

Pulaunya yang sangat tenang akan menjadikan Anda lebih betah dan juga tenang berada di pulau ini. Sangat mudah diakses dan berada di Tanjung Pinang, Anda bisa memasukkan pulau ini sebagai tujuan liburan Anda selama di Riau.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Batam yang Paling Hits
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senggarang, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

4. Klenteng Sun Tekong

Klenteng Sun Tekong
Image Credit: Pesona.travel

Kelenteng sun tekong merupakan salah satu kelenteng yang berada di Tanjung Pinang. Usinya yang mencapai 300 tahun menjadikan bahwa kelenteng ini merupakan salah satu kelenteng tertua dan sangat dijaga kelestariannya. Anda juga akan melihat dengan adanya kelenteng ini bahwa budaya melayu dan tionghoa memang telah kental sejak lama.

Berada di pesisir senggarang, Riau, Anda bisa mengakses dan mengunjungi kelenteng ini dengan sangat mudah. Terlebih karena kelenteng ini juga merupakan tempat budaya yang telah lama ada.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Senggarang, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

5. Masjid Raya Sultan Riau

Masjid Raya Sultan Riau
Image Credit: Idea.grid.id

Masjid raya Riau merupakan salah satu masjid terbesar dan juga terindah yang bisa Anda kunjungi sebagai salah satu wisata religi di kepulauan Riau. Masjid yang terkenal dengan dindingnya yang terbuat dari bahan putih telur ini memang sangat kokoh dan juga terkenal. Banyak sekali peninggalan yang berada di masjid ini yang bisa Anda lihat.

Masjid yang khas melayu dengan corak kuning dan hijau ini sangat cantik, apalagi jika Anda lihat di malam hari. Anda bisa melihat berbagi peninggalan sejarah seperti alquran yang ditulis tanga, dan masih banyak peninggalan lain yang bisa Anda temukan disana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

6. Masjid Raya Dompak

Masjid Raya Dompak
Image Credit: Robbihafzan.wordpress.com

Masjid dompak merupakan salah satu wisata religi yang sangat dikenal di Tanjung Pinang. Anda bisa melihat sebagian besar pemandangan kota dari masjid yang satu ini. Anda yang berkunjung ke Tanjung Pinang harus mencoba untuk meluang waktu datang ke pulau dompak.

Masjid yang indah dan megah ini merupakan salah satu masjid tervaik di kota Tanjung Pinang. Anda tidak tentu akan mendapatkan berbagai pengalaman yang menyenangkan selama berada di pulau ini.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

7. Vihara Seribu Wajah

Vihara Seribu Wajah
Image Credit: Pesona.travel

Bagi yang ingin melihat viharanya, Anda bisa datang ke vihara seribu wajah yang berada tak jauh dari kota Tanjung Pinang. Ada deretan paying di vihara yang tersusun sangat rapih. Anda tentunya akan mengalami banyak pengalaman seru selama berada di vihara ini.

Disebut sebagai vihara seribu wajah karena memang deretan patung viharanya yang sangat banyak dan membentuk formasi yang sangat indah. Anda bisa melihat vihara ini sebagai salah satu tujuan destinasi Anda ketika berada di kepulauan Riau.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Tanjung Pinang yang Murah & Enak
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Batu IX, Kec. Tanjungpinang Timur, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

8. Vihara Terbesar

Vihara Terbesar
Image Credit: Backpackerjakarta.com

Vihara di Tanjung Pinang dengan nama Avalokitesvara Graha ini adalah vihara terbesar yang berada di Asia Tenggara. Vihara ini memang diciptakan olej komunitas Tionghoa sebagai tempat yang berguna dalam memperluas ilmu agamanya.

Banyak wisatawan dari mancanegara yang sengaja datang untuk melihat vihara terbesar dan juga indah yang berada di Tanjung Pinang ini. Anda akan melihat banyak indahan bangunan di vihara ini dan bisa membuat Anda lebih mendalami mengenai budayanya yang sangat khas dan indah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tanjung Unggat, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

9. Monumen Gongong Raksasa

Monumen Gongong Raksasa
Image Credit: Pegipegi.com

Tentunya Anda tahu bahwa Tanjung Pinang mempunyai masakan andalan yang menjadi kuliner wajib jika Anda sedang berada disana, ya siput gonggong merupakan salah satu kuliner yang sangat wajib Anda coba ketika berada di kota ini.

Karena rasanya yang sangat khas, sehingga dibuatkan monument siput gonggong raksasa yang bisa Anda temukan di Kawasan Boenda di kota Tanjung Pinang. Kuliner dan juga monumen ini harus Anda masukkan dalam daftar tempat yang harus Anda kunjungi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hang Tuah, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

10. Pantai Tanjung Siambang

Pantai Tanjung Siambang
Image Credit: Trepelin.com

Berada di pulau dompak, pantai ini merupakan salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi ketika berada di pulau dompak. Anda akan melihat pemandangan indah yang berada di belakang kantor Kepri dan tentunya menikmati sunset yang sangat mempesona disana.

Pantainya bersih dengan deburan ombak yang menenangkan akan membuat sempurna liburan Anda selama di Riau. Anda tentunya tidak akan kesulitan menemukan dimana pantai tanjung siambang ini. Berada di pusat pulau dompak, Anda bisa berkunjung kapan saja dan menikmati keindahan pantainya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dompak, Kec. Bukit Bestari, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

11. Tugu Proklamasi Riau

Tugu Proklamasi Riau
Image Credit: Situsbudaya.id

Sebagai salah satu penghargaraan kepada negara, di Tanjung Pinang ini akan bisa melihat adanya tugu yang berbentuk proklamasi di kepulauan Riau. Anda akan bisa melihat monument sejarah yang memang diciptakan untuk menghargai perjuangan pahlawan pahlawan Indonesia.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang.

12. Tugu Pensil

Tugu Pensil
Image Credit: Ilhammenulis.wordpress.com

Tempat lain yang bisa Anda kunjungi dalam liburan Anda kali ini adalah tugu pensil. Dalam rangka melawan dan juga membrantas buta huruf, pada tahun 1960-an tugu ini dibangun. Penghargaan ini juga tentunya diciptakan karena Tanjung Pinang juga dikenal sebagai salah satu kota yang bisa membebaskan masyaratnya dari buta huruf. Anda bisa melihat tugu yang indah dengan sejarah yang sangat tidak bisa dilupakan juga.

BACA JUGA:  6 Wisata Pantai di Tanjung Pinang yang Paling Hits
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Agus Salim, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang.

13. Pantai Impian

Pantai Impian
Image Credit: Tempatwisata.pro

Berbagai pantai yang berada di kota ini memang indah, salah satunya juga pantai impian. Berada di sepanjang jalan pantai impian, Anda bisa melihat kejernihan air di pantai dan juga hamparan pasirnya yang bersih dan juga menyenangkan.

Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai dan matahari terbenamnya yang sangat indah ketika berada di pantai ini. Pantai yang ini juga bisa membuat Anda betah karena kuliner dan juga fasilitasnya yang sangat lengkap sehingga Anda akan selalu nyaman untuk berlama lama di pantai ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Impian, Kampung Baru, Kec. Tanjungpinang Barat, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

14. Istana Kantor (Kerajaan Melayu)

Istana Kantor (Kerajaan Melayu)
Image Credit: Wikipedia.org

Sebagai salah satu wisata budaya di Riau, Anda wajib dalam mengunjungi istana kantor yang letaknya berada di pulau penyengat. Anda bisa sekalian ke tempat tempat lain yanga berada di pulau penyengat. Sejarah dan budayanya yang sangat kental akan bisa Anda dapatkan di wisata yang satu ini.

Bagi Anda yang ingin melengkapi wisata anda, tentunya aja istana kantor yang berisikan sejarah kerajaan melayu ini merupakan tempat yang sangat tepat untuk Anda kunjungi ketika berada di Tanjung Pinang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

15. Balai Indra Perkasa

Balai Indra Perkasa
Image Credit: Allindonesiatourism.com

Selain itu, pulau penyengat juga masih punya balai Indra Perkasa yan biasanya difungsikan untuk tamu yang datang ke kota ini. Akan ada penyambutan yang cukup meriah dan pastinya akan menyenangkan semua tamu yang datang kesana.

Anda bisa melihat budaya sekaligus sejarah yang dipadukan dengan unsur-unsur kental masyarakatnya. Tanjung Pinang memiliki beragam budaya dan wisata baik religi dan juga alam yang wajib Anda masukkan dalam daftar perjalanan Anda selama di Riau.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Penyengat, Kec. Tanjungpinang Kota, Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Itulah 15 tempat wisata di Tanjung Pinang yang bisa Anda kunjungi ketika liburan. Banyak tempat bersejarah dan juga indah untuk Anda kunjungi Bersama keluarga atau teman dekat. Semoga bermanfaat!