Graha Maria Annai Velangkanni, Gereja Dengan Arsitektur Unik di Medan

Graha Maria Annai Velangkanni, Gereja Dengan Arsitektur Unik di Medan
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sakura, Tanjung Selamat, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Sumatera Utara adalah salah satu wilayah yang ada di Indonesia, yang dikenal memiliki banyak sekali objek wisata menarik dan sangat indah. Di sana nantinya Anda akan disuguhkan wisata dengan panorama alam yang tak kalah dari tempat wisata di daerah lainnya. Salah satu tempat wisata yang cukup populer yaitu Graha Maria Annai Velangkanni.

Graha Maria ini merupakan salah satu wisata religi yang bisa Anda temukan di Sumatera Utara. Wisata religi tersebut tak kalah menarik jika dibandingkan dengan wisata lain, karena memang menyuguhkan pemandangan cantik bangunan serta alam sekitar. Di tempat tersebut nantinya Anda juga bisa sekaligus mempelajari sejarah.

Karena itulah, ketika Anda berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya kota Medan, maka perlu mengajak keluarga, kerabat ataupun teman untuk mengunjungi tempat wisata ini. Untuk informasi lebih lengkapnya terkait daya tarik, fasilitas, harga tiket dan hal-hal lain tentang Graha Maria, maka berikut ini akan diulas secara lengkap.

Daya Tarik yang Dimiliki Graha Maria Annai Velangkanni

Daya Tarik Graha Maria Annai Velangkanni
Image Credit: Google Maps Peter chandra Alam

1. Bangunan Serupa Vihara

Jika dilihat dengan sepintas, maka Anda yang baru pertama kali menjejakkan kaki di tempat tersebut akan berpikir bahwa Graha Maria Annai Velangkanni merupakan sebuah vihara atau kuil. Namun nyatanya hal tersebut salah, bangunan ini merupakan sebuah gereja.

Desain serta arsitektur dari gereja yang unik tersebutlah yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Hal itu juga menjadi daya tarik utama yang selalu mampu mendatangkan para pengunjung ke tempat ini.

Tempat peribadatan tersebut mulai dibangun pertama kali yaitu pada tahun 2005. Pembangunan gereja ini di khususkan untuk Bunda Maria yang dijuluki sebagai Our Lady of Good Health. Di tempat ini Anda akan menemukan beragam arsitektur campuran Indo-Mughal yang memiliki banyak sekali ornamen cantik serta simbol kepercayaan.

Yang perlu untuk Anda ketahui, para pekerja yang membangun graha tersebut merupakan para pekerja yang tergolong masih pemula. Bahkan untuk dana yang digelontorkan pun mengandalkan dana yang didapat dari hasil sumbangan. Hal tersebut cukup menarik, mengingat desain dari gereja cukup rumit dan hanya bisa dibuat oleh profesional.

Graha Maria akhirnya berdiri dan menghabiskan total dana sebesar 4 miliar rupiah. Pada mulanya gereja ini hanya dikhususkan bagi umat Katolik Tamil yang bermukim di area Medan saja. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tidak hanya umat Katolik Tamil saja, melainkan seluruh Umat Katolik bisa berziarah ke tempat tersebut.

2. Terdiri Atas Dua Lantai

Jika Anda perhatikan dari luar, maka Graha Maria ini memang tidak tampak seperti umumnya Gereja Katolik yang bisa Anda temukan di tanah air. Gereja yang memiliki bentuk seperti Graha Maria ini di dunia hanya terdapat dua saja. Antara lain yaitu di Kota Medan itu sendiri dan yang satunya lagi berada di Tamil Nadu, India Selatan.

Graha Maria Annai Velangkanni tersebut mempunyai relief dan bentuk yang menyerupai kuil. Kuil itu sendiri adalah tempat peribadatan bagi Umat Agama Hindu yang ada di India. Namun sekalipun begitu, Anda tidak akan menemukan adanya patung dewa ataupun dewi umat Hindu. Karena memang tempat ini merupakan gereja dan Anda akan menemukan patung Santo.

Bangunan tersebut terdiri atas dua lantai. Di lantai pertama terdapat aula yang bisa digunakan oleh siapa saja namun dengan syarat para wisatawan harus tetap menjaga ketertiban dan kesopanan. Mulanya aula tersebut digunakan sebagai tempat untuk melakukan sebuah pertemuan.

Berbeda lagi ketika Anda berada di lantai dua. Di lantai dua ini Anda akan menemukan barisan bangku seperti layaknya Gereja Katolik pada umumnya. Di dalam gereja tersebut Anda bisa melihat salah satu dari patung Bunda Maria bersama dengan putranya. Patung tersebut memiliki tinggi kurang lebih 2 meter yang didatangkan langsung dari Negara India.

Sekalipun gereja ini dibangun oleh tangan amatir, namun nyatanya pahatan yang terdapat di gereja sangat indah dan rapi. Anda akan terpesona ketika melihat ukiran dan pahatan yang tampak begitu artistik tersebut.

Daya Tarik Dimiliki Graha Maria Annai Velangkanni
Image Credit: Google Maps REMIX ANAK HITS

3. Ornamen Cantik

Terdapat banyak sekali ornamen unik dan cantik yang bisa ditemukan ketika Anda berada di Graha Maria Annai Velangkanni. Selain itu, Anda akan melihat adanya ornamen khas dari Sumatera Utara yang berasal dari dua suku yang terletak di gerbang pintu masuk. Suku tersebut yaitu Suku Karo dan ornamen dari suku Batak Toba.

Hal itu menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan suku di tempat ini dan semuanya sama. Ketika Anda memasuki area Graha Maria, maka pengalaman religi bisa Anda dapatkan. Selain itu, nuansa toleransi yang begitu kuat juga bisa dirasakan.

Hal tersebut tentunya mampu memberikan aura positif bagi masyarakat Medan. Hal tersebut juga bisa dilihat dari semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang mengunjungi Graha Maria tiap harinya. Terlebih jika Anda datang ke tempat ini pada waktu liburan.

Tidak hanya ornamen-ornamennya yang begitu cantik dan unik, daya tarik lainnya yaitu di bagian sisi kiri dari gereja Anda bisa melihat adanya Kapel Annai Velangkanni. Kapel inilah yang memang dikhususkan untuk tempat berdoa bagi Umat Katholik.

Selain itu juga di depan gereja Anda akan melihat sebuah taman yang digunakan dalam rangka memperingati Paus Yohanes Paulus II. Total luasan area dari Griya Maria tersebut mencapai 8000 meter persegi. Berada di tempat ini tentu tidak akan membuat Anda menyesal.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Graha Maria Annai Velangkanni
Image Credit: Google Maps Mathew Fedley

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Graha Maria Annai Velangkanni, maka Anda tinggal meluncur ke wilayah Perumahan Taman Sakura Indah. Perumahan tersebut berada di Jalan sakura III nomor 7. Tepatnya yaitu berada di Medan Tuntungan.

Ketika sudah sampai di tempat ini Anda akan melihat sebuah bangunan dengan atap yang berundak dan menjulang tinggi. Supaya perjalanan terasa lebih mudah, Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja.

Oleh karena akses jalan sudah sangat bagus, maka Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua ataupun kendaraan roda empat. Jika bingung mengenai masalah rute, Anda dapat menggunakan arahan dari Google Maps.

Anda bisa mengunjungi Graha Maria Annai Velangkanni kapan pun Anda mau. Karena memang tempat wisata religi ini di buka 24 jam penuh. Mengenai masalah tiket masuknya sendiri Anda tidak perlu khawatir. Karena memang untuk melihat keindahan bangunan tersebut Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Graha Maria Annai Velangkanni

Aktivitas Graha Maria Annai Velangkanni
Image Credit: Google Maps Debora Goh

1. Hunting Foto

Ada banyak sekali ragam aktivitas seru dan menarik yang bisa dilakukan selama berada di Graha Maria. Salah satu aktivitas tersebut yaitu berburu foto. Ketika Anda tengah pergi berlibur ke tempat ini, maka jangan sampai lupa membawa kamera.

Ada banyak sekali spot-spot yang begitu indah dan Instagramable bisa Anda dapatkan selama berada di tempat tersebut. Hasil jepretan yang bisa Anda dapatkan ketika berada di tempat ini sungguh tidak akan mengecewakan. Dan tentunya Anda bisa memamerkan hasil foto itu di sosial media.

Salah satu foto yang sangat direkomendasikan bagi Anda yaitu gerbang ketika menuju ke tempat wisata ini. Gerbang tersebut berdiri kokoh dan megah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang foto.

2. Berkeliling Area Graha

Seperti yang telah disebutkan bahwa tempat ini cukup luas. Sehingga Anda perlu mengeksplor wilayah tersebut dengan berkeliling area graha. Di tempat tersebut Anda bisa menemukan banyak sekali desain yang menarik dengan pemandangan arsitektur yang mengagumkan. Patung-patung yang menjadi simbol kepercayaan tampak begitu elok dan terpahat sempurna.

Selain itu, di bagian atap ruangan Anda juga bisa menyaksikan lukisan yang luar biasa indah. Taman mini yang begitu elok, tumbuh-tumbuhan yang teduh membuat tempat tersebut begitu segar dan cocok bagi Anda untuk sekedar merilekskan diri.

3. Menikmati Ragam Kuliner

Di tempat ini Anda tidak akan susah menemukan warung makan. Warung-warung makan tersebut menyajikan menu khas Sumatera Utara, khususnya Medan. Jadi selain Anda bisa menikmati pesona bangunan yang begitu memukau, Andapun juga dapat menikmati kelezatan kuliner yang ada di tempat ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Gereja

Fasilitas Graha Maria Annai Velangkanni
Image Credit: Google Maps Rio Radityo

Fasilitas yang bisa ditemukan di tempat wisata sudah terbilang lengkap. Di Graha Maria Annai Velangkanni terdapat toilet dan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan dalam jumlah banyak. Selain itu juga tempat parkir relatif aman. Bagi Anda yang merasa kelaparan, maka di sekitar area gereja juga telah banyak warung-warung makan.

Seperti yang telah di singgung di atas, Graha Maria tersebut memiliki sebuah aula serbaguna. Bagi Anda yang ingin mengadakan acara makan bisa menyewa gedung tersebut. Sedangkan untuk Anda yang ingin bermalam, tak jauh dari tempat wisata Anda bisa menemukan sebuah hotel atau penginapan dengan tarif yang terjangkau.

Bagi Anda yang ingin pulang dengan membawa oleh-oleh, maka tidak perlu khawatir, di tempat ini pun juga telah tersedia toko souvenir yang menjual aneka ragam merchandise dan pernak-pernik indah yang bisa Anda beli dan bawa pulang untuk kerabat di rumah.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Graha Maria Annai Velangkanni yang perlu untuk Anda ketahui. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya ke Kota Medan, maka tidak ada salahnya untuk mampir ke tempat tersebut. Anda bersama dengan rombongan dijamin tidak akan menyesal.