20 Makanan Khas Medan yang Unik dan Terkenal Lezat

20 Makanan Khas Medan yang Unik dan Terkenal Lezat

Makanan yang berasal dari Kota Medan tergolong banyak dan beraneka ragam. Hal itu tentu saja karena Medan menjadi salah satu kota besar yang Sumatera Utara. Bahkan, beberapa aneka makanan enak yang ada di sana merupakan perpaduan berbagai suku bangsa yang tinggal di kota tersebut. Hal ini yang membuat kulinernya terbilang sangat unik-unik.

Apalagi, banyak spot wisata yang tersedia dan bisa Anda datangi untuk menikmati kuliner khas kota ini. Oleh karena itu, jangan sampai absen untuk memanjakan lidah dengan kelezatan makanan saat berkunjung.

Tidak heran apabila makanan khasnya yang beragam membuat banyak orang yang menaruh hati kepada kawasan yang dijuluki sebagai Kota Melayu Deli tersebut. Setidaknya terdapat banyak menu makanan khas di Medan yang wajib Anda coba. Berikut daftar rekomendasinya.

1. Kolak Durian

Image Credit: Twitter.com @IndonesiaKaya

Kota ini memang tidak bisa lepas dengan buah durian, salah satunya dengan adanya Kolak Durian. Makanan ini merupakan campuran dari ketan putih, buah durian, siraman gula aren, dan pisang yang membuatnya begitu enak.

Aroma dari durian yang sangat khas dan disuguhkan dengan es batu menjadikan kolak tersebut mampu menyegarkan dahaga. Saat dimakan, Kolak Durian akan membuat mulut Anda terasa lumer dan lembut.

2. Kue Ombus-Ombus

Kue Ombus-Ombus
Image Credit: Facebook.com @rania.ia.9849

Kue Ombus-ombus adalah salah satu kuliner jenis kue yang mempunyai cita rasa yang manis. Kue tersebut dibuat dengan tepung beras yang ditambahkan gula pada tengahnya serta dibalut oleh daun pisang.

Namanya sendiri dipilih karena konon makanan ini harus ditiup terlebih dahulu saat akan memakannya. Lebih enak lagi apabila menikmati enaknya kue ini dengan ditemani oleh teh ataupun kopi yang masih panas.

3. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk
Image Credit: Twitter.com @tokomedanpoenya

Kacang Sihobuk cukup dikenal oleh masyarakat sebab di tahun 1982 terdapat sejarah tentang peristiwa longsor yang ada di suatu desa. Guna mengenang kejadian itu, masyarakat sekitar memasak kacang yang sampai sekarang ini dinamakan Kacang Sihobuk.

Kacang tanah harus direndam terlebih dahulu di dalam air lalu digongseng menggunakan pasir. Menariknya, ukuran dari kacang cukup besar serta teksturnya empuk, pas sekali dibuat sebagai cemilan pada waktu santai.

4. Sate Kerang

Sate Kerang
Image Credit: Twitter.com @FFOODFESS

Sate kerang ini merupakan daging kerang yang dibumbui dengan bawang merah, ketumbar, bawang putih, jahe, lengkuas, kemiri, dan cabai merah. Sehingga, rasa yang disajikan pastinya sangat nikmat dan gurih.

Sate Kerang cukup pas apabila disantap bersama nasi yang hangat. Saat ini sudah ada inovasi baru pada pengemasan makanan ini sehingga tepat dijadikan untuk oleh-oleh.

5. Sate Padang

Sate Padang
Image Credit: Twitter.com @maqanmy

Sate Padang terbuat dari daging ayam ataupun daging sapi yang dibaluri oleh kuah bumbu kacang. Ciri khasnya sendiri yaitu terdapat pada tekstur daging yang tebal dan besar. Bumbunya pun sedikit ada rasa pedasnya dari merica, bawang, dan cabai.

Benar-benar pas jika dimakan dengan nasi maupun lontong yang dipotong-potong. Satu porsi saja dijamin sudah mampu membuat perut Anda merasa kenyang.

6. Bakso Lembu

Bakso Lembu
Image Credit: Twitter.com @_ainaathirahh

Bahan yang akan dibutuhkan untuk membuat Bakso Lembu yaitu tepung, daging sapi atau lembu, dan bumbu-bumbu khas. Biasanya bakso ini disuguhkan dengan mie kuning, kwetiaw, ataupun bihun. Teksturnya terbilang lembut serta mempunyai rasa daging yang orisinal dan enak.

Makanan tersebut semakin terasa menggiurkan apabila udara sedang dingin maupun saat hujan turun. Dijamin bisa menggoyangkan lidah siapa saja yang menyantapnya.

7. Rujak Kolam

Image Credit: Twitter.com @intracardiac

Dinamakan dengan Rujak Kolam dikarenakan penjualnya berdagang di sekitaran Kolam Deli Kota Medan. Konon katanya mereka telah berdagang bakso tersebut sejak tahun 1960 an. Makanan yang satu ini disuguhkan bersama tumbukan kacang yang terdapat di atasnya.

Jenis buah yang dipilih juga sangat beragam hingga ada 8 hingga 10 jenis buah yang masih segar. Misalnya saja seperti kedondong, manga muda, mentimun, bengkuang, jambu biji, jambu air, pepaya mengkal, nanas, belimbing, ubi, dan jeruk bali. Bahkan, masih ditambahkan lagi dengan buah pisang yang masih muda.

8. Lemang

Image Credit: Twitter.com @AviatourTwit

Lemang dimasak dengan bahan utama berupa beras ketan serta santan yang nantinya akan digulung menggunakan daun pisang lalu dibakar dalam bambu. Selagi hangat, lemang akan memberikan rasa yang gurih apalagi ada campuran selai ataupun durian.

Selain dijadikan sebagai buah tangan khas Medan, cocok pula dipilih sebagai cemilan yang mengenyangkan. Teksturnya pun sangat lembut saat dikunyah.

9. Olahan Ikan Teri

Olahan Ikan Teri
Image Credit: Twitter.com @McFlurry96

Hasil dari olahan laut yang sangat populer di Kota Medan sendiri yakni ikan teri. Kualitas dan kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan teri ini lebih tinggi daripada ikan yang lain.

Umumnya ikan teri ini disuguhkan sebagai olahan beraneka sambal seperti sambal rawit maupun sambal merah. Selain itu, juga kerap dijadikan untuk pelengkap masakan maupun cemilan.

10. Bika Ambon

Bika Ambon
Image Credit: Twitter.com @bso_ozan

Bika Ambon terinspirasi dari kue Bingka atau Bika khas Melayu yang dimodifikasi menggunakan tuak enau atau nira hingga berongga dan mengembang. Bika Ambon tersebut populer dan dijual pertama kali di persimpangan Jalan Ambon.

Bahan yang digunakan untuk membuatnya yakni santan, gula, telur, pandang serta diberi variasi rasa seperti cokelat, keju, dan durian.

11. Daun Singkong Tumbuk

Image Credit: Facebook.com @anekamasakanenaak

Daun Ubi Tumbuk atau Daun Singkong Tumbuk dimasak secara ditumbuk dengan memakai cobek atau lesung serta ulekan. Bisa juga dengan cara dicincang atau diiris secara tipis-tipis maupun menghaluskannya dengan blender.

Makanan khas dari Medan ini juga harus dilengkapi dengan santan, rempah, serta ikan teri. Sayuran ini juga dapat dijadikan sebagai lauk saat makan nasi.

12. Mie Aceh

Mie Aceh
Image Credit: Twitter.com @amaliamiza

Mie Aceh mempunyai kandungan rempah-rempah yang bervariasi dan terkenal dengan rasanya yang lezat. Dilengkapi oleh kepiting atau daging serta cita rasa yang cukup pedas. Aromanya pun khas dan menggugah selera.

Mie Aceh umumnya dimakan bersama beberapa tambahan lainnya. Misalnya saja seperti irisan mentimun, emping melinjo, jeruk nipis, dan irisan acar bawang.

13. Soto Medan

Soto Medan
Image Credit: Facebook.com @Ayam-Geprek-pemadam-Kelaparan

Soto yang lezat ini kuah yang menjadi salah satu keunikannya. Kuahnya yang kental memiliki warna kuning serta bumbu-bumbunya membuat rasanya begitu kuat.

Umumnya akan disajikan dengan lontong, perkedel, telur, ayam suwir, dan tauge. Ketika suasana dingin, maka itulah waktu yang tepat untuk menyantapnya.

14. Bihun Bebek

Bihun Bebek
Image Credit: Twitter.com @Peaches_n_Creme

Bihun Bebek ditambah dengan potongan daging bebek serta bawang goreng yang ditaburkan. Kuahnya terbuat dari kaldu rebusan daging bebek juga. Dikarenakan dagingnya direbus menggunakan herba, maka aromanya pun cukup khas.

Rasa yang dimunculkan gurih apalagi dilengkapi oleh cabai rawit dan acar yang segar. Dijamin, masakan ini akan menjadi favorit siapapun yang sudah mencicipinya.

15. Babi Panggang Karo

Babi Panggang Karo
Image Credit: Twitter.com @MikiRingan

Seperti dengan sebutannya masakan tersebut dibuat dengan daging babi yang telah dipanggang. Perbedaan dari masakan tersebut dengan olahan babi lainnya yaitu terletak pada penyajiannya yang diberi tambahan daun singkong.

Bahkan, dalam penyajiaannya terdapat saus yang dibuat dengan darah babi. Selain itu, Babi Panggang Karo memiliki rasa khas dengan bumbu ala Batak yaitu andaliman.

16. Saksang

Saksang
Image Credit: Twitter.com @rahung

Makanan ini begitu unik sebab dibuat menggunakan daging kerbau, anjing, maupun babi yang dicincang serta dengan bumbu dan santan. Saksang merupakan masakan yang disuguhkan di kedai minuman dan makanan yang ada di Lapo.

Masakan tersebut cukup sering ditemukan dalam beberapa acara seperti pernikahan adat. Rasanya sangat enak, walaupun tidak akan cocok untuk seseorang yang beragama Islam sebab tidak halal.

17. Lontong Medan

Lontong Medan
Image Credit: Twitter.com @13eamkhrap

Indonesia sudah populer mempunyai banyak lontong sayur menarik dan lezat, salah satunya adalah Lontong Medan. Uniknya terdapat pada penggunaan tauco dan udang di dalam lontong ini yang membuatnya digemari banyak orang.

Sayuran yang ada di dalamnya juga beraneka macam seperti kacang panjang, wortel, labu siam, sayur nangka, labu, dan ditambahkan dengan kacang tanah goreng, kering tempe, rendang daging, dan telur balado.

18. Mie Gomak

Mie Gomak
Image Credit: Twitter.com @jendelakuliner

Disebut dengan Mie Gomak sebab penyajiannya dengan cara digomak ataupun digenggam oleh tangan. Walaupun sekarang ini sudah jarang yang menggunakan cara tersebut. Mie ini dikenal juga sebagai spageti Batak dengan bentuk yang mirip lidi.

Umumnya Mie Gomak disajikan secara digoreng maupun menjadi mie kuah. Cita rasa yang dimiliki pun sangat unik karena dipadukan dengan rempah khas yaitu jeruk andaliman. Wajar sekali apabila makanan ini tergolong sangat istimewa dan sering dicari oleh banyak wisatawan yang datang ke Sumatera Utara. Oleh karena itu, makanan ini menjadi salah satu yang wajib Anda cicipi.

19. Kari

Kari
Image Credit: Twitter.com @gandrasta

Tidak harus pergi jauh melipir hingga ke Thailand untuk bisa merasakan masakan kari ini. Pasalnya, Kota Medan telah memiliki makanan khas berupa kari yang kental dan tak kalah dengan kari yang ada di Thailand. Bahkan, terdapat banyak rumah makan yang memiliki menu tersebut sebagai masakan andalan.

Kari yang disuguhkan pun beraneka ragam seperti kari bihun, kari sapi, serta kari ayam dengan pelengkap lauk berupa sate, emping, kerupuk, dan lain-lain. Salah satu restoran terkenal yang menyajikan kari ini yakni Rumah Makan Tabona yang sudah turun temurun.

Bumbu yang ada pada kari juga akan meresap sampai dalam dagingnya serta kuah yang tidak memiliki banyak minyak dan kental. Ditambah dengan nasi pun malah membuat kari yang satu ini terasa semakin enak.

20. Bubur Pedas

Bubur Pedas
Image Credit: Twitter.com @shy5h4rk

Selama ini Anda pasti hanya mendengar tentang beragam varian dari bubur seperti bubur kacang hijau, bubur sumsum, dan bubur ayam saja. Padahal, di Kota Medan terdapat menu makanan yang disebut dengan Bubur Pedas. Bubur tersebut banyak dijual pada saat bulan puasa khususnya di kawasan banyak penduduk orang Melayu-Medan.

Hal unik dari orang-orang di Medan yaitu apabila umumnya menu untuk berbuka memakai makanan yang manis, tetapi bubur ini justru memiliki rasa yang pedas. Pengolahannya pun cukup berbeda karena memakai tungku dengan kayu bakar. Ketika bulan puasa, umumnya banyak mushola yang berbagi bubur pedas gratis untuk pengendara mobil atau motor yang lewat di jalanan.

Nah, itulah deretan makanan unik dan khas Medan yang jangan sampai terlewatkan oleh Anda. Selain itu, nantinya Anda akan sering menemukan sejumlah masakan yang walaupun banyak dijumpai di sana, tetapi ternyata sebetulnya bukanlah berasal dari Medan.