Riau

15 Restoran & Tempat Makan di Pekanbaru yang Paling Enak

Pekanbaru tak hanya kaya objek wisata namun kulinernya juga menggoda. Berikut 15 restoran & Tempat makan di Pekanbaru yang terkenal paling enak.

Sejak didirikan pada 1784, Pekanbaru kini sudah menjadi salah satu pusat perekonomian paling besar di Pulau Sumatra. Menjadi ibu kota dari Provinsi Riau, memang sudah seharusnya jika tempat ini padat akan penduduk. Namanya berasal dari kata pasar atau pekan. Kota ini berdiri di tepi sungai terkenal di Riau, yaitu sungai Siak. Lokasinya yang memiliki tingkat pertumbuhan, urbanisasi, serta migrasi tinggi menjadikannya banyak dikunjungi orang.

Turis dari berbagai penjuru negeri berdatangan ke sini. Selain untuk berwisata, pengunjung juga ingin merasakan kelezatan kulinernya yang beragam. Berikut ulasan 15 tempat makan dan retoran di Pekanbaru yang harus Anda kunjungi.

1. Pondok Gurih

Pondok Gurih

Image Credit: Tripadvisor.com

Jika ingin menikmati masakan khas Melayu, maka Anda bisa datang ke restoran satu ini. Menu-menu yang dihidangkan rasanya sangat enak. Tempatnya juga luas dan menyediakan kursi duduk, serta lesehan.

Tak hanya masakan Melayu saja, wisatawan juga bisa memesan makanan khas Jawa dan Sunda. Ketika sampai disini, pengunjung pasti disambut oleh suara Gong berasal dari Gong sungguhan yang dipukul karyawan Pondok Gurih.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No.202, Tengkerang Tengah, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

2. Uncle K

Uncle K

Image Credit: Rizqynediia.wordpress.com

Restoran ini menjajakan berbagai macam makanan khas Jepang, seperti sushi, sashimi, tempura, dan lainnya. Namun, Anda juga bisa memesan berbagai macam mie, nasi, dan burger. Sedangkan sebagai makanan penutup, tempat ini juga menawarkan berbagai macam es krim yang sangat menggiurkan.

Lokasinya berada di Mall Ska Pekanbaru. Meski menunya beragam dan tempatnya nyaman, namun tetap saja harga yang ditawarkan tidak akan menguras kantong. Jadi cocok sebagai tujuan nongkrong juga.

Lokasi: Jl. Soekarno – Hatta, Delima, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru.

3. Nasi Kapau Asli

Image Credit: Brosispku.com

Rumah makan legendaris satu ini buka dari jam 6 pagi hingga jam 3 sore. Menu andalannya yaitu rendang. Disini seporsi rendang disajikan dengan tambahan kerupuk jangek kemudian disiram kuah.

Setiap meja pasti tersedia sambal yang berbahan dasar cabai merah, dan pelanggan bebas tambah sesuka hati. Sejak didirikan pada 1950an, kedai ini tidak membuka cabang dimanapun, jadi inilah satu-satunya.

Lokasi: Jl. KH. Wahid Hasyim, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Siak yang Paling Enak

4. Peterseli Kitchen

Peterseli Kitchen

Image Credit: Tribunnews.com

Ingin mencoba masakan dari sembilan negara di dunia, disinilah tempatnya. Anda, bisa memilih menu dari Korea, Thailand, Jepang, dan masih banyak lagi. Makanan yang dijual juga terkenal. Seperti Thai Soup, Sweden Meatball, hingga Nasi Briyani juga ada.

Selain, makanan western Anda juga bisa memesan ayam betutu khas Bali dan Soto Betawi.  Tak hanya hidangannya yang menggugah selera, namun desain tempatnya juga terlihat elegan dan mewah. Jadi jika berkunjung disini sempatkan juga untuk mengabadikan momen dengan berfoto.

Lokasi: Jl. Pattimura, Cinta Raja, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

5. Inyiak Sanang

Inyiak Sanang

Image Credit: Brosispku.com

Saat berkunjung ke Pekanbaru tak lengkap rasanya jika tidak membeli Batokok. Batokok adalah dendeng bakar khas kota ini. Harganya sekitar Rp 35.000 perporsi berisi dua potong dendeng yang ukurannya besar dan memiliki cita rasa sangat nikmat.

Di rumah makan ini, juga menjual Soto Minang dengan rasa yang siap memanjakan lidah Anda. Harganya tidaklah mahal, dan satu porsinya sudah dilengkapi nasi. Berdiri sejak 1960, pelanggannya tidak hanya wisatawan lokal, namun juga ada dari Amerika hingga Eropa dan Yaman.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Limbungan Baru, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.

6. Jimbaran Resto

Jimbaran Resto

Image Credit: Momokiro.com

Rostoran di Pekanbaru ini menawarkan suasana berbeda dari tempat makan lainnya. Jimbaran Resto mengusung konsep dan nuansa layaknya di Bali. Suasana dan desainnya juga dibuat seperti sedang berlibur di Balli, sehingga pengunjung bisa bersantai sembari menikmati makanan.

Sesuai dengan konsepnya, menu andalan disini yaitu Ayam Betutu yang juga halal. Meski Anda akan mendapat fasilitas dan tempat yang sangat indah, namun semua itu tidak akan menguras isi dompet Anda.

Lokasi: Jl. Putri Indah Gg. Damai Blk. B No.1, Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

7. Rumah Makan Pak Abbas

Rumah Makan Pak Abbas

Image Credit: Kelana-rasa.blogspot.com

Tidak heran lagi, apabila di Pekanbaru pasti ada banyak penjual berbagai macam masakan Melayu. Salah satunya yang melegenda dan terkenal adalah Rumah Makan Pak Abbas. Menunya ada cincang daging, gulai asam pedas baung, ayam kampung goreng, dan lain-lain.

Keistimewaan rumah makan ini, yaitu seporsi nasi biasanya disajikan dengan cabai, sayuran, dan tidak ketinggalan yaitu jengkol. Saking laris dan terkenalnya, restoran ini sudah memiliki lima cabang di Riau.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jl. SM. Amin, Simpang Baru, Kec. Tampan, Kota Pekanbaru.

8. Kayu Manis Resto

Kayu Manis Resto

Image Credit: Flickr.com @ThroughTheL3ns

Berbeda dari resto dan rumah makan lainnya, menu disini berbahan dasar daging rusa. Cara mengolahnya juga sudah modern, seperti halnya dibuat steak, barbeque, bahkan kwetiau juga ada. Bumbu yang digunakan tentunya juga spesial semua.

Tempat yang diberikan pastinya sangat unik. Disediakan seperti rumah-rumahan atau saung di ruangan terbuka sehingga pengunjung dapat menikmati suasana sekitar. Tempat duduknya juga lesehan dan disediakan bantalan duduk serta luas juga muat banyak. Meski lesehan namun kesan mewahnya tidak tertinggal.

Lokasi: Jl. Dwikora No.14, Suka Maju, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

9. Rumah Makan Cuik

Rumah Makan Cuik

Image Credit: Brosispku.com

Siapa yang mengira zaman sekarang masih ada restoran yang proses memasaknya masih menggunakan tungku dan kayu bakar. Layaknya di Pekanbaru ada rumah makan Cuik yang masih tetap mempertahankan cara tradisional ini.

Menu-menu seperti ikan selais, udang goreng, hingga gulai ikan baung semua dimasak diatas tungku. Pastinya aroma kayu bakar akan menambah kenikmatan rasa masakannya.

Untuk bisa makan disini, Anda harus menunggu agak siang karena rumah makan ini baru buka pukul 12 siang. Selain itu, pilihlah tempat duduk yang agak jauh dari dapur agar kepulan asapnya tidak terlalu mengganggu.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso, Sri Meranti, Kec. Rumbai, Kota Pekanbaru.

10. Kimteng

Kimteng

Image Credit: Tripadvisor.com

Saat ingin nongkrong dan mengobrol santai, warung kopi adalah pilihan tempat yang pas. Langsung saja datang ke Kimteng, kedai kopi tua yang berdiri sejak 1950 ini akan menemani bincang-bincang Anda di pagi hari.

Menu favorit disini yaitu roti bakar dengan isian selai srikaya, selain itu juga ada berbagai macam jenis kopi. Tempat ini cocok sekali untuk sarapan. Selain roti, Anda juga harus mencoba bubur ayam, mie yamien, mie ayam, dan dimsumnya.

Lokasi: Jl. Senapelan No 22 A-B-C, Kampung Bandar, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

11. Pukis Padusari

Pukis Padusari

Image Credit: Facebook.com @Pukispadusari

Tak hanya makanan berat saja, Pekanbaru juga memiliki jajanan yang melegenda. Namanya Pukis Padusari, tempat yang menjual pukis terenak di Ibu Kota Riau ini. Sayangnya, Anda hanya bisa menemukannya saat malam hari.

Meski termasuk makanan jalanan, namun varian rasanya tidak kalah beragam. Mulai dari coklat, pandan, pisang, nanas, stroberi, hingga jagung semuanya ada. Harganya juga sangat murah yaitu mulai Rp 2000, sehingga pembelinya banyak dan harus siap mengantri.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pelalawan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Kota Tinggi, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

12. Rujak Aniu Teng Teng

Rujak Aniu Teng Teng

Image Credit: Mypkulover.blogspot.com

Menu makanan sehat, seperti rujak juga ada di Pekanbaru. Rujak Aniu Teng Teng adalah salah satu kedai yang berdiri sejak 1980 lalu. Uniknya, disini kacangnya masih utuh dan ditaburkan bukan diulek bersama sambalnya.

Paket rujaknya ada yang kecil dan ada yang besar atau jumbo. Isiannya ada semangka, pepaya, mangga, dan juga nangka, serta buah-buahan lainnya. Makanan ini cocok untuk dicoba pada siang hari.

Lokasi: Jl. Dr. Sam Ratulangi No.33, Sago, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru.

13. Burger Gaboh

Burger Gaboh

Image Credit: Liandamarta.com

Pecinta junkfood diharuskan untuk berkunjung dan makan disini. Berbagai macam burger dijual disini. Salah satunya yang terkenal adalah Burger Gaboh. Disebut gaboh karena ukurannya besar atau jumbo.

Selain burger, Anda juga bisa memesan kentang goreng. Cafe ini adalah pilihan yang tepat saat lapar dan terburu-buru. Tempatnya juga sangat cocok untuk nongkrong hingga rapat.

Lokasi: Jl. Suka Terus No.30, Suka Mulia, Kec. Sail, Kota Pekanbaru.

14. Mr. Brewok Dining Room

Mr. Brewok Dining Room

Image Credit: Tripadvisor.com

Menu andalan disini ada banana split, steak, dan teh coklat karamel yang manis. Lebih mirip dengan cafe memang. Sehingga banyak muda-mudi yang datang ke tempat ini.

Selain menunya yang kekinian, bangunannya juga instagramable. Pengunjung akan ditemani suasana yang nyaman. Interiornya mengusung warna-warna hangat, serta konsepnya juga luas dan terbuka.

Lokasi: Simpang Tiga, Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru.

15.  Sky Garden Lounge and Resto

Image Credit: 2Pos.asia

Terakhir, Anda bisa mencoba suasana romantis di Sky Garden Lounge. Berada di ketinggian, tempat ini akan memanjakan mata dengan indahnya pemandangan kota Pekanbaru. Tak hanya malam saja, resto ini juga buka dari siang.

Menu-menunya juga sangat beragam, mulai dari sirloin steak, tenderloin, hingga masakan barat lainnya juga ada. Sedangkan untuk menu Indonesia, ada sup buntut dan iga bakar. Kemudian dessert terfavorut juga ada banana fritters dan tape bakar.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani, Tanah Datar, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru.

Berbicara mengenai tempat makan enak di Pekanbaru memang tidak akan ada habisnya. Apalagi kalau Anda pecinta kuliner, akan ada banyak sekali tempat yang sayang jika terlewatkan. Bahkan tidak hanya masakan Melayu saja, berbagai macam menu lainnya wajib sekali untuk dicoba dan jangan lupa membeli oleh-oleh.