10 Oleh-Oleh Khas Pringsewu yang Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Pringsewu yang Paling Populer

Pringsewu memiliki banyak oleh-oleh menarik yang dapat dibeli saat berkunjung. Inilah rekomendasi oleh-oleh khas dari Pringsewu yang menarik untuk Anda bawa pulang sebagai buah tangan untuk kerabat.

Pringsewu merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Lampung, Indonesia. Kabupaten ini mengalami perkembangan yang pesat dan bagus dari segi pendidikan penduduk, tingkat kesejahteraan, dan pendapatan daerah. Pada zaman dahulu, kabupaten ini dipenuhi dengan hutan bambu yang sangat lebat sehingga dinamakan Pringsewu.

Kabupaten Pringsewu memiliki pemandangan alam yang indah. Bahkan banyak wisatawan yang datang jauh-jauh ke kabupaten ini untuk berlibur atau sekedar berfoto saja. Selain itu, kabupaten ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh yang menarik sehingga pastikan untuk membelinya.

Kerajinan yang tercipta dari kabupaten ini juga tidak kalah menariknya dengan kerajinan dari daerah lain. Banyak wisatawan yang datang untuk membelinya. Aneka macam oleh-oleh yang tersedia ini pasti akan membuat Anda tertarik untuk membelinya. Berikut beberapa oleh-oleh khas Pringsewu yang dapat Anda beli.

1. Lele Asap

Lele Asap
Image Credit: Facebook.com @kasyani.yani.71

Ikan lele merupakan jenis ikan yang dapat dengan mudah Anda temukan di Indonesia. Pada umumnya ikan lele diolah untuk dijadikan lalapan, pecel lele, dan lain-lain. Terdapat olahan ikan lele yang sangat unik di kabupaten Pringsewu, provinsi Lampung. Olahan ikan lele tersebut adalah ikan lele asap. Sesuai namanya, lele ini dimasak dengan cara diasapi.

Ikan lele yang digunakan pada menu makanan ini adalah lele dumbo atau lele jumbo karena bentuknya yang besar dengan jumlahnya yang melimpah. Anda tidak perlu khawatir bila ingin membeli makanan ini karena ikan lele asap tidak mudah busuk. Lele-lele ini dijual dalam bentuk kemasan dengan plastik tebal sehingga sangat praktis saat membawanya.

2. Kain Tapis

Kain Tapis Khas Pringsewu
Image Credit: Tokopedia.com

Kain tapis menjadi Andalan provinsi Lampung karena kualitas dan keindahan yang dimilikinya. Kain ini dibuat dari tenun benang kapas. Bahan lain yang digunakan adalah benang emas, benang katun, dan kain tenun atau sanwos. Kain tapis juga sering digunakan pada acara pernikahan. Pada umumnya kain ini digunakan untuk pakaian wanita.

Kain ini didominasi oleh warna perak dan emas dengan motif flora dan fauna yang dapat Anda temukan pada jenis kain tapis peminggir. Selain itu kain ini juga memiliki motif lain seperti kain tapis cucuk Andak yang memiliki motif rumah tangga. Untuk jenis kain tapis lainnya dapat Anda temukan pada kain tapis pepadun yang lebih kaku dan sederhana.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Pesawaran yang Paling Populer

Terdapat beberapa cara untuk membuat kain ini. Ada cara manual dan modern. Kain tapis yang dibuat dengan cara manual harganya bisa lebih dari 5 juta tergantung dari lama pengerjaan, kerumitan, dan umur kain. Untuk harga kain tapis yang dibuat dengan cara modern yang menggunakan mesin bordir lebih murah karena diproduksi dengan massal.

Banyak wisatawan yang membeli kain tapis yang dibuat dari mesin bordir karena harganya cukup terjangkau dengan kualitas yang mumpuni. Oleh karena itu, Anda perlu membeli kain ini saat berlibur ke kabupaten Pringsewu agar dapat memiliki kain yang memiliki keindahan yang tidak tertandingi ini. Anda turut melestarikan kain tapis ini bila membelinya.

3. Keripik Pisang

Keripik Pisang
Image Credit: Facebook.com @agumydhgmllr.agum

Provinsi Lampung termasuk dengan kabupaten Pringsewu memiliki pasokan pisang yang sangat banyak. Melimpahnya buah ini membuat masyarakat setempat mengolahnya menjadi keripik pisang. Terdapat banyak varian rasa seperti jagung bakar, cokelat, susu, dan masih banyak lagi rasa yang dijamin dapat memanjakan lidah Anda.

Cemilan ini berasal dari pisang yang diiris tipis-tipis kemudian digoreng dan dibumbui sesuai selera. Rasanya sangat renyah dan gurih sehingga diminati oleh banyak masyarakat. Tidak ada salahnya membeli keripik pisang khas Pringsewu selagi berada di kabupaten ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh atau dimakan sendiri.

4. Kopi Durian

Kopi Durian
Image Credit: Twitter.com @kopi_durian

Pada umumnya kopi dibuat dari biji kopi. Seiring dengan berkembangnya zaman, pada saat ini kopi diberi komponen lain seperti cokelat yang sangat diminati oleh masyarakat. Namun, kopi yang berada di kabupaten Pringsewu ini diberi tambahan ekstrak durian yang membuat rasa asam kopi bercampur dengan manis legitnya buah durian.

Inovasi terhadap kopi ini diminati oleh banyak pecinta kopi. Ekstrak durian ini berasal dari durian asli yang telah matang. Keunikan dari kopi ini berhasil membuat para turis lokal dan mancanegara berbondong-bondong untuk membeli dan mencobanya. Anda juga dapat membeli kopi ini secara langsung maupun online.

5. Bolu Tape

Bolu Tape
Image Credit: Cookpad.com

Bolu tape merupakan menu inovasi dari tapi yang dibuat dari singkong atau ketan yang telah difermentasi menggunakan ragi. Di kabupaten ini, tape diolah menjadi bolu tape yang berasal dari tepung terigu, telur, vanili, dan tape sebagai bahan dasarnya.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Tanggamus yang Paling Enak

Kombinasi yang cocok antara tape dengan bolu ini terasa sangat lembut saat berada di mulut. Kue ini juga seringkali dibeli wisatawan lokal maupun mancanegara untuk dijadikan oleh-oleh atau dinikmati sendiri. Anda dapat menemukan bolu ini di toko oleh-oleh yang beredar luas di kabupaten Pringsewu.

6. Lapis Legit

Lapis Legit
Image Credit: Makananlampung.com

Lapis legit merupakan kue tradisional yang sangat terkenal di Indonesia. Kue ini merupakan kue akulturasi dari Portugis, Belanda, dan Indonesia. Di Lampung kue ini disebut dengan spekoek. Kue ini terbuat dari tepung terigu, telur ayam dalam jumlah banyak, mentega, dan lain-lain. Pembuatannya perlu dilakukan secara teliti agar dapat tersajikan dengan baik.

Tekstur dari kue ini sudah pasti legit sesuai dengan namanya. Bentuknya sangat unik yaitu berlapis-lapis dengan warna hitam kuning. Saat dimakan, kue ini terasa sangat lembut ketika masuk di dalam mulut sehingga sangat cocok bila disajikan sebagai cemilan di rumah.

Harga dari lapis legit memang cukup mahal dibandingkan dengan kue tradisional lain. Tetapi makanan ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari oleh-oleh berkualitas dari kabupaten Pringsewu. Banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk membelinya karena cita rasanya yang sulit ditemukan di daerah lain.

7. Kerupuk Cumi

Kerupuk Cumi
Image Credit: Tokopedia.com (SURPRISE SHOP)

Banyak olahan cumi-cumi yang disajikan sebagai lauk pendamping nasi. Tetapi di kabupaten Pringsewu cumi-cumi diolah menjadi kerupuk yang sangat cocok dijadikan camilan di rumah. Kerupuk ini sangat gurih dan renyah sehingga banyak diminati oleh wisatawan. Kerupuk ini dikemas dengan rapi sehingga mudah untuk Anda bawa pulang.

Kerupuk ini memiliki kandungan asam amino, protein, vitamin B, dan omega 3 yang sangat baik bagi tubuh. Harganya cukup murah sehingga Anda tidak perlu khawatir membeli camilan enak ini karena takut bila harganya mahal. Jadi, camilan ini sangat cocok untuk dibawa pulang.

8. Kerajinan Bambu

Kerajinan Bambu
Image Credit: Facebook.com @ross.galaw.5

Kabupaten Pringsewu memiliki kerajinan yang sangat unik yaitu kerajinan bambu. Sesuai namanya kerajinan ini terbuat dari bahan dasar bambu yang dapat dibentuk menjadi kursi, meja, dan berbagai hiasan bambu yang dapat Anda pasang untuk menghiasi rumah. Harganya cukup murah sehingga cocok bagi Anda yang memiliki dana kecil.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Tanggamus yang Murah & Enak

Kerajinan ini sangat diminati oleh banyak orang, khususnya para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Hal ini terbukti karena kerajinan ini banyak dipesan dari luar Lampung karena kualitasnya yang bagus. Bagi Anda yang menginginkan perabotan dari bambu maka Anda dapat membelinya di kabupaten Pringsewu yang memiliki kualitas terbaik.

9. Kue Semprong

Kue Semprong
Image Credit: Facebook.com @vera.silviana.3

Kue semprong merupakan kue yang berbentuk memanjang seperti bentuk pipa yang memiliki rasa renyah saat dimakan. Walaupun kue ini pertama kali dibuat dan dibawa oleh bangsa Portugis, namun kue semprong buatan masyarakat kabupaten Pringsewu ini memiliki cita rasa yang tinggi karena telah dimodifikasi dari resep kue aslinya.

Terdapat beberapa varian rasa pada kue ini seperti cokelat, wijen, durian, dan aneka rasa lainnya yang sangat enak bila dikombinasikan dengan kue ini. Harganya cukup bersahabat sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh bila berlibur ke kabupaten Pringsewu.

10. Dodol Sirsak

Dodol Sirsak
Image Credit: Facebook.com @ahmad.baralampung

Dodol memiliki banyak aneka rasa seperti dodol pandan yang juga menjadi Andalan Lampung. Di kabupaten Pringsewu terdapat dodol dengan rasa sirsak yang terbuat dari santan, gula, tepung ketan, jahe, dan pala.

Makanan ini juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena mengandung antioksidan dan kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan Anda. Selain itu cemilan ini mengandung vitamin C, B1, B2 yang sangat bagus untuk membantu fungsi tubuh. Tekstur dari dodol ini lembut dan rasanya sangat lezat.

Harganya yang cukup murah dengan rasa enak dan memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh membuat dodol sirsak kabupaten Pringsewu diminati oleh banyak turis lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, jika Anda berkunjung atau berlibur ke kabupaten Pringsewu pastikan untuk membeli dodol ini karena rasanya yang selalu bikin nagih.

Daftar oleh-oleh khas kabupaten Pringsewu di atas dapat Anda beli ketika berkunjung atau berlibur bersama keluarga. Banyaknya jenis buah tangan yang ditawarkan di kabupaten ini memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri yang pastinya dapat membuat Anda tertarik untuk membelinya.