Lampung

15 Tempat Wisata di Pringsewu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Tertarik Liburan ke Pringsewu? Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Menarik & Populer di Pringsewu (Lampung) Terbaru, Kekinian dan Paling Hits untuk Liburan Anda yang Lebih Berkesan.

Pringsewu merupakan salah satu Kabupaten di Lampung Selatan yang banyak memiliki potensi pariwisata, baik potensi alam maupun non alam telah dikembangkan sedemikian rupa, sehingga saat ini telah menjadi destinasi wisata yang menarik dan sayang untuk dilewatkan. Setiap lokasi wisata mempunyai daya tarik tersendiri yang menunjukkan ciri khasnya.

Dengan begitu perlu untuk Anda ketahui apa saja destinasi wisata yang menarik dikunjungi di Pringsewu ini, agar kelak bisa bermanfaat apabila Anda ingin menjelajah atau explore saat berada di Lampung. Berikut ulasan 15 tempat wisata di Pringsewu yang favorit dikunjungi wisatawan.

1. Bukit Tursina

Bukit Tursina

Image Credit: Harianlampung.com

Bukit Tursina merupakan salah satu destinasi wisata bukit dari beberapa bukit yang ada di Kabupaten Pringsewu. Bukit ini layak untuk Anda pertimbangkan sebagai pilihan melihat pemandangan alam. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa keunikan dari bukit ini dibandingkan dengan bukit lainnya, yaitu adanya danau di atas bukit ini yang masih memiliki suasana asri dan sejuk.

Selain itu, bukit ini juga banyak ditumbuhi beberapa pohon buah seperti jeruk dan duku. Jadi, selain suasana alam yang masih alami dan menenangkan, pesona danau yang indah juga tampak di atas bukit ini.

Lokasi: Bumiayu, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu.

2. Bukit Blitarejo

Bukit Blitarejo

Image Credit: Hasabizone.blogspot.com

Bukit Blitarejo atau kerap disebut sebagai Bukit BLT merupakan area wisata perbukitan yang memadukan antara wilayah perkebunan, persawahan dan area pemukiman penduduk. Meski dibutuhkan perjuangan untuk naik ke atasnya, namun rasa lelah yang ada akan terbayarkan dengan suasana dan pesona alamnya yang sangat indah serta udaranya juga masih sangat sejuk.

Sementara itu, selain dibuka selama 24 jam, bukit ini juga dianggap sebagai salah satu tempat untuk berburu sunset terbaik di Pringsewu. Sehingga, tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Bukit Blitarejo pada sore hari.

Lokasi: Blitarejo, Kec. Gading Rejo, Kab. Pringsewu.

3. Bukit Pangonan

Bukit Pangonan

Image Credit: Yopiefranz.id

Berbeda dengan kedua wisata bukit sebelumnya, Selain menyajikan pesona alam yang indah, bukit Pangonan ini juga memiliki beberapa wahana permainan yang tidak kalah menariknya. Beberapa diantaranya ialah rumah hobbit, jembatan cinta atau kerap disebut sebagai jembatan love bahkan beberapa jenis ayunan dapat Anda temukan di tempat ini. Sehingga, Anda bisa menghabiskan waktu di atas bukit ini dengan berbagai fasilitas dan wahana yang ada sekaligus menikmati indahnya pesona alam yang ada.

BACA JUGA:  20 Oleh-Oleh Khas Lampung yang Paling Populer

Lokasi: Jl. Raya Sampang, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu.

4. Bukit Panjerejo

Bukit Panjerejo

Image Credit: Tukangngetrip.blogspot.com

Bukit Panjarejo atau kerap disebut sebagai Bukit PJR ini memiliki daya tarik yang tidak kalah menariknya dibandingkan beberapa bukit yang telah disebutkan sebelumnya. Sebagai salah satu objek wisata di Pringsewu, bukit ini tentunya memiliki ciri khas yang menggambarkan kondisi khas alamnya seperti hamparan perkebunan, area persawahan, dan berbagai panorama wilayah di sekitarnya yang nampak ketika Anda berada di atas bukit ini.

Suasana yang masih sangat asri di bukit ini dapat menghilangkan rasa stress dan menjadikan Anda jauh lebih tenang. Akan tetapi, wisata bukit PJR ini hanya buka sampai pukul 18.00 saja, sehingga Anda tidak bisa menikmati indahnya pesona bukit saat malam hari.

Lokasi: Panjerejo, Kec. Gading Rejo, Kab. Pringsewu.

5. Talang Indah Pajaresuk Pringsewu

Talang Indah Pajaresuk Pringsewu

Image Credit: Wisatasia.com

Talang Indah Pajaresuk merupakan salah satu destinasi wisata budaya dan sejarah, dikarenakan bangunan ini merupakan salah satu peninggalan Belnda yang masih ada sampai saat ini di Pringsewu. Konon katanya, talang air raksasa ini sudah dibangun sejak pemerintahan Belanda pada tahun 1927.

Hal menarik yang patut Anda ketahui dari wisata ini ialah adanya jembatan penghubung antara kedua bukit, dimana dibawahnya terdapat talang air raksasa. Ketika Anda berjalan di atas jembatan ini, otomatis Anda berada diatas talang air raksasa ini. Biasanya, tempat wisata ini buka setiap hari pada pukul 08.00 sampai 17.30.

Lokasi: Jl. Raya Sampang, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu.

6. Puncak Bendungan Way Sekampung

Puncak Bendungan Way Sekampung

Image Credit: Isafetymagazine.com

Meski bendungan ini belum secara resmi ditetapkan sebagai destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pringsewu, namun saat ini telah banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke tempat ini. Hal ini dikarenakan indahnya pesona alam yang ditawarkan dan beberapa tempat yang bisa dijadikan sebagai spot foto menarik.

Terutama, pada sore hari saat terbenamnya matahari, maka banyak pengunjung terutama anak muda yang datang untuk mengabadikan momen bersama indahnya sunset di Puncak Bendungan Way Sekampung ini.

Lokasi: Banjarejo, Kec. Banyumas, Kab. Pringsewu.

7. Rumah Pohon Podorejo

Rumah Pohon Podorejo

Image Credit: Tukangngetrip.blogspot.com

Destinasi wisata yang satu ini sangat menarik untuk dikunjungi bagi mereka pemburu foto, terutama bagi wisatawan muda yang banyak tertarik dengan beberapa spot foto instagramable yang ada di tempat ini. Hampir sama dengan Perbukitan dan area Puncak, rumah pohon ini merupakan wisata alam yang berada di atas ketinggian, dimana pengunjung dapat menikmati indahnya pesona alam yang ada di sekitarnya. Bahkan, sejauh mata memandang Anda akan melihat betapa luasnya area perbukitan dan hamparan persawahan di sebagian kawasan Pringsewu ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pesawaran Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Rejosari, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu.

8. Telaga Gupit Mataram

Telaga Gupit Mataram

Image Credit: Ydhartono.com

Selain indahnya pesona alam dari ketinggian seperti di atas bukit atau puncak, Pringsewu juga memiliki destinasi alam berupa danau yang tidak kalah menariknya. Banyak orang mengatakan bahwa danau Gupit Mataram ini memiliki view yang hampir sama dengan Danau Ranu Kumbolo di Jawa Timur, sehingga kerap juga disebut sebagai Ranu Kumbolonya Pringsewu.

Selain pesona alam berupa hamparan air yang sangat luas, Anda juga bisa menikmati sejuknya suasana di telaga yang masih terjaga keasriannya ini.

Lokasi: Mataram Gading Rejo, Karangrejo, Kec. Negeri Katon, Kab. Pringsewu.

9. Kolam Renang Paris

Kolam Renang Paris

Image Credit: Youtube.com ( Arman Mashduqi)

Masih seputar wisata air, Pringsewu juga mempunyai destinasi wisata Kolam Renang yang cocok dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan orang terdekat Anda saat liburan. Di samping lokasinya yang sangat strategis, kolam renang ini juga dilengkapi dengan berbagai wahana permainan dan wisata air. Sehingga, tidak menutup kemungkinan jika tempat ini selalu ramai pengunjung tiap harinya, terutama ketika musim liburan tiba.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman, Pringsewu Barat, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu.

10. Gua Maria Laverna

Gua Maria Laverna

Image Credit: Pariwisatalampung.com

Goa ini merupakan salah satu destinasi wisata religi, khususnya bagi mereka yang memeluk Agama Kristen. Lokasinya yang berada di tengah area perbukitan, kawasan hutan kecil dan pinggiran sungai menjadikannya sangat cocok apabila digunakan sebagai tempat berdoa dan beribadah.

Suasana yang sejuk dan menenangkan di Goa ini juga dapat menambah tingkat khusyuk saat berdoa. Goa Maria Laverna ini juga kerap disebut sebagai Lourdes Van Lampung karena pesona alamnya yang dinilai mirip dengan Lourdes yang berada di Prancis.

Lokasi: Jl. Raya Sampang, Fajar Esuk, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu.

11. Goa Selapan

Goa Selapan

Image Credit: Mantuidaman.com

Goa Selapan atau kerap disebut sebagai Goa Harimau merupakan salah satu destinasi wisata yang menyajikan beberapa pesona alam didalamnya. Hal ini dikarenakan letaknya yang berada di puncak bukit yang berada di tengah hutan. Sehingga, tidak hanya sebuah goa melainkan pesona alam yang indah juga dapat dijumpai dalam tempat ini.

Selain itu, ada satu hal yang menarik dan harus Anda ketahui bahwa terdapat air Terjun Selapan yang berada tidak jauh dari Goa ini yang dapat juga Anda kunjungi.

Lokasi: Selapan, Kec. Pardasuka, Kab. Pringsewu.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lampung Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

12. Rumah Kalkun Mitra Alam

Rumah Kalkun Mitra Alam

Image Credit: Cendananews.com

Wisata Rumah Kalkun Mitra Alam ini sangat cocok dijadikan sebagai pilihan wisata edukasi, dikarenakan selain Anda dapat bertemu dengan berbagai jenis Ayam Kalkun, belajar mengenai cara berternak, merawat dan berbagai informasi tentang Kalkun bisa Anda peroleh di tempat ini.

Selain sebagai wisata edukasi, objek wisata ini juga bisa dijadikan sebagai destinasi kuliner menarik karena terdapat berbagai olahan makanan yang berbahan dasar daging Kalkun. Sehingga, bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu banyak informasi tentang Kalkun, maka tempat ini wajib untuk Anda kunjungi saat liburan.

Lokasi: Sukoharjo I, Kec. Sukoharjo, Kab. Pringsewu.

13. Wahana Berkuda Watu Sewu

Wahana Berkuda Watu Sewu

Image Credit: Youtube.com (SULAM PRING TV)

Dalam area waha berkuda Watu Sewu terdapat beberapa paket wisata yang ditawarkan untuk menambah pengalaman Anda berwisata, seperti:

Joy Ride yaitu paket menunggang kuda bagi pemula yang dipandu oleh seorang guide.

Group Joy Ride, hampir sama dengan Joy Ride melainkan haarga yang ditawarkan lebih murah dan bisa berkuda secara berkelompok dengan keluarga atau orang-orang terdekat Anda.

School Joy Ride ialah paket pelatihan berkuda yang biasanya dilakukan oleh sekolah atau lembaga pengajaran lainnya.

Rent Ridding merupakan paket penyewaan kuda bagi pengunjung yang sudah ahli dalam berkuda.

Private Lesson yaitu paket pelatihan 1 kuda dengan 1 pelatih atau coach selama 45 menit dalam sekali pertemuan.

Lokasi: Bumi Ratu, Kec. Pagelaran, Kab. Pringsewu.

14. Makam Kyai Gholib

Makam Kyai Gholib

Image Credit: Radarlampung.co.id

Makam Kyai Gholib merupakan salah satu destinasi religi yang terletak di area TPU Pringsewu Barat. Makam ini memiliki desain atau arsitektur yang menyerupai bangunan rumah beliau. Kyai Gholib ialah Komandan pasukan Hizbullah yang banyak berperan dalam melawan Belanda dan Jepang.

Dengan begitu, jasa dan perjuangan beliau masih tetap dikenang dengan adanya banyak pengunjung yang datang ke makam ini setiap harinya. Bahkan, tidak hanya peziarah lokal, melainkan juga berasal dari luar daerah Pringsewu.

Lokasi: Jl. Makam KH. Ghalib, Pringsewu Utara, Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu.

15. Pura Giri Sutra Mandala

Pura Giri Sutra Mandala

Image Credit: Lampost.co

Pada awalnya pura ini dinamakan sebagai Pura Tiban, karena kemunculannya secara tiba-tiba. Namun, lama-kelamaan namanya berubah menjadi Gili Sutra Mandala yang berarti suatu tempat di atas gunung dan layak dijadikan sebagai tempat untuk mensucikan diri layaknya kain sutera.

Pura ini memiliki ketinggian 7 meter dengan bahan dasar berupa batu bata. Berhubung lokasinya yang sejuk dan tenang di atas gunung, sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai destinasi wisata religi khususnya bagi penganut agama Hindu.

Lokasi: Mataram, Kec. Gadingrejo, Kota Pringsewu.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata di Pringsewu yang menarik untuk Anda kunjungi saat liburan tiba. Selain indahnya pesona alam, Anda juga bisa menemukan wisata budaya, wisata keluarga bahkan wisata religi di kabupaten ini.