Pantai Matras, Pantai Indah dengan View Alam yang Memukau di Bangka

Pantai Matras, Pantai Indah dengan View Alam yang Memukau di Bangka
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pantai Matras, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Matras merupakan destinasi idaman yang ada di Kabupaten Bangka. Hal itu tak terlepas dari banyaknya wisatawan yang terus berkunjung ke wisata alam ini. Bahkan di akhir pekan ribuan pengunjung bisa mengunjungi destinasi. Pesona alam yang ditawarkan memang tidak diragukan lagi. Laut dengan air biru menambah Indah pemandangan yang memanjakan mata.

Pengunjung akan di manjakan dengan pemandangan menawan. Ketika baru tiba saja akan terlihat hamparan pasir putih luas di pinggiran pantai. Biasanya banyak pengunjung bersantai atau bahkan menjadikannya sebagai tempat olahraga. Kelebihan lain ketika datang ke pantai ini ialah banyaknya pepohonan sekitar yang masih tumbuh dengan rindang.

Beberapa pepohonan menjadi tempat berteduh yang nyaman bagi wisatawan. Semilir angin akan begitu terasa menambah kesejukan ketika berkunjung. Anda pun akan betah berlama-lama untuk datang ke pantai menawan ini. Apalagi fasilitas yang tersedia sudah terbilang lengkap sehingga menunjang kegiatan wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Matras

Daya Tarik Pantai Matras Bangka
Image Credit: Google Maps Apeade _e

1. Pesona Keindahan Pantai Laut Biru

Pantai Matras memiliki pesona memikat untuk di kunjungi. Hamparan laut biru menjadi tawaran yang memanjakan mata. Di sepanjang mata memandang Anda akan dibuat takjub dengan keindahan alamnya. Belum lagi terdapat pasir putih serta gundukan batu khas yang ada di tepi pantai. Bebatuan itu kerap di manfaatkan sebagai spot idaman pengunjung.

Selain memiliki pemandangan Indah, pantai cantik ini juga cocok untuk self healing. Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya pepohonan yang masih tumbuh dengan rindang. Maka tak ayal udara segar masih begitu terasa ketika datang ke destinasi ini. Datang bersama rekan atau keluarga akan menambah seru waktu berlibur Anda.

2. Spot Foto Idaman

Selagi berlibur Anda pasti sempatkan untuk berswafoto. Berfoto seperti merupakan kegiatan wajib agar keseruan di masa libur terekam dengan sempurna. Momen berlibur pun kian tak terlupakan. Terlebih lagi Pantai Matras memiliki beragam spot foto berkualitas. Pemandangan laut biru menjadi latar belakang foto yang menarik. Hasil jepretan foto pun kian berkualitas.

Beberapa spot andalan wisatawan antara lain di tepi pantai. Ada spot di tengah bebatuan tepi pantai yang Indah untuk dijadikan spot foto. Pemandangan yang tersaji sangat Indah sehingga populer. Ada pula pilihan spot di dekat pepohonan atau kafe yang masih memperlihatkan keindahan destinasi wisata.

3. Ikut Lelang Ikan

Ketika datang ke Pantai Matras, ada tawaran menarik yang bisa wisatawan ikuti. Tidak jauh dari pantai terdapat gedung tempat nelayan berkumpul. Dari tempat inilah para nelayan beristirahat sembari menjajakan hasil tangkapan. Adapun Anda dapat berpartisipasi dalam lelang yang kerap di gelar.

Lelang ikan di gelar di gedung ini setiap hari pukul 6-7 pagi. Produk merupakan ikan segar tangkapan langsung dari laut. Maka dari itu kualitas ikan tidak perlu lagi diragukan. Berbagai hasil laut di lelang di sini seperti ikan, cumi-cumi, kepiting, gurita dan lain-lain. Bila beruntung Anda dapat memperoleh dengan harga miring.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Matras Bangka
Image Credit: Google Maps Surtam A Amin

Penting sekali untuk Anda tahu mengenai alamat dan rute menuju destinasi. Hal itu memberikan kemudahan agar tidak salah jalan menuju wisata alam. Pantai Matras itu sendiri terletak di Sinar Baru, Sungailiat yang mana masuk ke dalam Kabupaten Bangka. Jika datang dari pusat kota Sungailiat maka dibutuhkan jarak sekitar 7 kilometer.

Pengunjung yang datang disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Baik itu merupakan kendaraan bermotor ataupun mobil. Alat transportasi amat jarang ditemukan disini menjadi alasan di baliknya. Bila memang tidak sempat membawa kendaraan, wisatawan dapat pula memanfaatkan beberapa ojek yang tersedia.

Selagi perjalanan Anda dapat memanfaatkan Google Maps sebagai penunjuk jalan. Meski telah terdapat papan penunjuk jalan di sepanjang perjalanan. Jadi Anda tidak perlu ragu lagi jika berkeinginan untuk datang menikmati wisata pantai Indah ini. Apalagi akses jalan dikenal mudah dilewati tanpa kendala yang berat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Pantai Matras Bangka
Image Credit: Google Maps Surtam A Amin

Tidak semua destinasi indah memungut biaya yang mahal. Misalnya Pantai Matras ini yang hanya mematok biaya masuk sebesar Rp 5.000. Harga demikian terbilang murah mengingat keindahan alam yang disuguhkan sangat menawan. Apalagi Anda sudah bisa memanfaatkan beberapa fasilitas penunjang yang tentunya kian bikin betah.

Penambahan biaya lain dapat terjadi bila mana Anda menggunakan fasilitas penunjang tambahan. Misalnya dengan sewa gazebo yang menerapkan biaya tambahan. Untuk harga bervariasi sehingga Anda dapat menanyakan terlebih dahulu ke pihak terkait. Fasilitas lain seperti penginapan dan tempat makan pun demikian.

Namun perlu diperhatikan untuk Anda tetap menjaga kebersihan destinasi. Membuang sampah tidak sembarangan harus tetap di perhatikan. Selain itu perubahan harga juga bisa di lakukan. Hal itu bergantung dari kebijakan pihak terkait yang bertanggung jawab. Maka tak salah untuk menanyakan terlebih dahulu harga tiket masuk ke pihak terkait.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Matras

Aktivitas Pantai Matras Bangka
Image Credit: Google Maps gunawan andar

1. Bersantai Menikmati Pemandangan Alam

Banyak kegiatan dapat dilakukan selama berkunjung ke wisata alam berupa pantai ini. Sajian keindahan alam yang Indah sangat tepat untuk di nikmati. Anda dapat bersantai di tepi pantai ataupun gazebo untuk lebih menikmati keindahan. Pengunjung dijamin betah berlama-lama mengingat nuansa alam masih begitu terjaga keasrian dan kesegarannya.

2. Bermain Air atau Berenang

Pantai Matras di kenal memiliki laut biru yang Indah. Memandangnya saja sudah bikin betah apalagi Anda juga dapat bermain air atau berenang di tepian. Kegiatan ini merupakan favorit beberapa wisatawan yang datang. Tak ayal akan ditemui pengunjung yang ramai-ramai bermain air di tepian untuk menikmati momen liburan.

3. Berolahraga

Selain berenang, Anda juga dapat berolahraga lain yang tak kalah seru. Wisatawan banyak memanfaatkan pasir pantai sebagai medan olahraga menarik. Sebut saja aktivitas seperti sepak bola pantai atau voli pantai. Dua olahraga ini kerap dilakukan wisatawan yang datang bersama rekan atau keluarga rombongan.

4. Camping

Camping di pantai tentu memberikan sensasi yang menarik. Pengalaman lain di dapat bila memilih menginap di sekitar pantai. Apalagi Pantai Matras ini menyediakan camping ground nyaman yang banyak di pilih wisatawan. Semilir angin di tepi pantai akan menambah kesegaran selama berlibur. Anda dijamin akan betah berlama-lama.

Aktivitas Seru Pantai Matras Bangka
Image Credit: Google Maps Stefanus Dedy

5. Melihat Keindahan Sunset atau Sunrise

Momen paling ditunggu ketika di pantai tentu saja pada sore hari. Pada waktu inilah pengunjung dapat melihat langsung proses matahari terbenam atau sunset. Melihat fenomena ini tentu akan semakin bikin betah sewaktu berada di tepi pantai menawan ini. Keindahan sunrise pun banyak di Buru terutama setelah camping semalaman di sini.

6. Wisata Kuliner

Setelah lelah berkeliling tempat wisata kini saatnya Anda mencoba wisata kuliner. Tidak perlu jauh-jauh, restoran terdekat pantai dapat menjadi pilihan tepat untuk mengisi perut. Berbagai olahan masakan lezat menjadi tawaran yang patut untuk diperhatikan. Cita rasa yang lezat dijamin bikin siapa pun betah berlama-lama.

7. Belanja Oleh-oleh

Ketika berkunjung ke suatu tempat pasti Anda sempatkan untuk membeli oleh-oleh. Nah di sekitar pantai cantik ini terdapat banyak toko yang menjual berbagai macam souvenir. Baik makanan ataupun kerajinan lengkap tersaji sehingga Anda tidak akan bingung untuk memilih. Untuk harga bervariasi tergantung dari jenis barang yang dipilih.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Matras Bangka
Image Credit: Google Maps Muhammad Rizki

Fasilitas di Pantai Matras terbilang lengkap. Mulai dari fasilitas umum ada di sini seperti toilet, kamar ganti, ruang bilas, tempat parkir hingga tempat ibadah. Semua fasilitas itu jelas menunjang kegiatan pengunjung. Jadi wisatawan dapat semakin menikmati momen berlibur.

Adapun pengunjung dapat mampir ke berbagai spot wisata kuliner untuk mengisi perut. Tak jauh dari destinasi terdapat pilihan restoran yang siap memanjakan perut. Hidangan yang disediakan sangat lengkap dengan cita rasa yang nikmat. Apalagi harga yang ditawarkan pun terbilang bersahabat sehingga banyak menjadi pilihan pengunjung.

Bila ingin bersantai di tepi pantai sembari mengobrol maka mampirlah ke bar and grill yang berada tak jauh dari pantai. Tempat ini menjadi spot nongkrong idaman wisatawan terutama kaula muda yang sedang berwisata. Berkunjung pada sore hari menjadi waktu yang tepat mengingat dari kafe terlihat juga momen matahari terbenam.

Fasilitas lain yang ditawarkan di pantai ini antara lain ialah penginapan atau resort. Sewa tempat menginap dapat menjadi opsi untuk Anda yang datang dari jauh. Jika ingin menikmati keindahan destinasi lebih dari satu hari maka beberapa resort bisa menjadi pilihan. Harga sewa sangat bervariasi bergantung dari tipe yang di pilih.

Itulah beberapa informasi mengenai daya tarik, fasilitas dan kegiatan menarik yang dapat dilakukan di Pantai Matras. Fasilitas dan kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini sangat lengkap sehingga wisatawan dijamin tidak akan mudah bosan. Apalagi pemandangan alamnya sangat memanjakan mata pengunjung.