Pantai Tongaci, Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Cantik di Bangka

Pantai Tongaci, Pantai Pasir Putih Eksotis Nan Cantik di Bangka
Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Laut, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Tongaci merupakan destinasi wisata pantai yang menjadi rekomendasi di Pulau Bangka. Pantainya memiliki pasir putih yang lembut dengan pepohonan kelapa dan laut biru bersih, namun tidak memiliki bebatuan granit yang biasanya mendominasi pantai-pantai di Bangka Belitung. Meski begitu, tidak adanya bebatuan granit tetap tidak mengurangi keindahannya.

Jika Anda berkunjung ke destinasi wisata ini, Anda berada di konservasi yang dikelola oleh Yayasan Tukik Babel. Dengan begitu, Anda dapat melihat budidaya tukik atau anak penyu. Di sana juga ada banyak kolam-kolam berisi penyu hijau atau Chelonia Midas dan penyu sisik atau Eretmochelys Imbricata.

Pantai Tongaci tidak hanya menawarkan keindahan alamnya, Anda juga bisa menemukan spot instagramable jika memasuki Museum Garuda yang memiliki banyak sekali koleksi-koleksi seperti artefak-artefak tembikar, foto-foto zaman kolonial Belanda, dan banyak lagi. Anda juga bisa mengunjungi De Locomotief yang merupakan ikon dari pantai ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tongaci

Daya Tarik Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Phang Tjen Djan)

Pantai Tongaci memiliki banyak sekali daya tarik sehingga tidak mengherankan jika menjadi rekomendasi tempat wisata jika berada di Bangka. Anda akan memiliki banyak pengalaman baru yang akan membuat liburan Anda berkesan dan tidak terlupakan. Berikut beberapa daya tarik yang membuat pantai ini menjadi rekomendasi wisata yang harus dikunjungi.

1. Keindahan Pantai

Meskipun tidak memiliki bebatuan granit di pantainya, namun keindahan pantai yang disajikan memiliki daya tarik tersendiri. Pantai dengan pasir putihnya ini juga memiliki laut yang biru dan jernih. Lingkungan di sekitar pantai juga sangat bersih dan tidak ada sampah berserakan yang mengganggu pemandangan.

Pepohonan kelapa di sekitar pantai juga menambah teduh suasana dan menjadi terlihat sangat khas daerah pantai. Pantai ini juga sangat nyaman. Pengunjung dapat menenangkan diri di kawasan ini. Apalagi jika datang saat sore. Keindahan sunset di kawasan ini memang memiliki daya tariknya sendiri. Pengunjung bisa duduk sambil menenangkan diri ditemani matahari terbenam yang indah.

2. Tempat Penangkaran Penyu

Pantai Tongaci juga cukup terkenal dengan penangkaran penyu yang dikelola oleh Yayasan Tukik Babel. Penangkaran ini memiliki lokasi khusus untuk menetaskan telur-telur penyu. Setelah menetas, pengunjung dapat melihat tukik-tukik atau anak penyu yang berenang-renang sebelum dikembalikan ke alam liar setelah mencapai satu tahun.

Di penangkaran ini juga terdapat kolam-kolam dan tambak terapung dengan penyu hijau dan penyu sisik dengan berbagai ukuran. Jika beruntung, Anda akan mendengar bunyi bel yang menandakan waktu pemberian makan penyu-penyu ini. Penangkaran ini sangat cocok untuk anak-anak sebagai wisata edukasi agar mengetahui betapa pentingnya menjaga kelestarian hewan-hewan langka.

3. Museum Garuda

Pantai Tongaci juga menawarkan wisata sejarah yang dapat dikunjungi oleh para pengunjung yaitu Museum Garuda. Ada banyak koleksi-koleksi dari benda kuno dan juga artefak-artefak tembikar di museum ini. Dalam museum ini, pengunjung juga dapat melihat koleksi barang antik dari peninggalan dinasti China. Beberapa barang seperti piring-piring, mangkuk, juga alat komunikasi zaman dulu.

Museum ini juga akan memberikan pengunjung wawasan baru tentang sejarah awal kedatangan dari Suku Hakka ke Pulau Bangka Belitung. Tidak hanya itu, Anda juga karya-karya dari para seniman yang dipajang dengan sangat menarik. Sayangnya museum yang buka setiap hari ini hanya dapat dikunjungi hingga pukul 21.00 WIB.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Sally Halim)

4. Perpustakaan Garuda

Selain museum, terdapat juga perpustakaan Garuda. Perpustakaan mini ini dibuka untuk umum dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Koleksi-koleksi buku di perpustakaan ini dapat dibaca oleh pengunjung sambil bersantai. Koleksi buku yang paling menarik perhatian adalah buku-buku sejarah. Sama halnya dengan Museum Garuda, perpustakaan ini juga hanya buka sampai pukul 21.00 WIB.

5. De Locomotief Bangka

Selain menjadi ikon, De Locomotief Bangka juga menjadi daya tarik yang memikat banyak sekali pengunjung untuk datang ke Tongaci. Sebenarnya tempat ini merupakan restoran yang menyajikan makanan seafood dan sangat terkenal di Bangka Belitung karena keunikannya. Selain menyajikan makanan, tapi juga banyak spot foto yang menarik.

Ketika memasuki kawasan ini, Anda akan disuguhkan dengan payung-payung tradisional China yang digantung di lorong jalan sehingga tampak cantik dan sangat bagus sebagai spot foto. Terdapat juga patung dengan bentuk seperti sekelompok prajurit yang sedang berbaris. Dan pada malam hari pengunjung bisa melihat masyarakat setempat membuat kerajinan cinderamata.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat dan Harga Tiket Masuk
Image Credit: Google Maps (Bentarz Ryanda)

Pantai Tongaci berada di Sungailiat, Bangka. Tidak jauh dari pantai ini, terdapat juga pantai lain yang dapat Anda kunjungi yaitu Pantai Matras yang jaraknya hanya 3 kilometer saja. Untuk rute sendiri, jika Anda berada di Kota Pangkalpinang, Anda dapat menuju Jl. Bahagia. Selanjutnya Anda dapat menuju Sungailiat Belinyu lalu menuju kawasan Sinar Baru. Ikuti jalan saja hingga sampai lokasi.

Untuk berlibur di wisata pantai hits ini, biaya tiket masuk tidak terlalu mahal. Anda hanya perlu membayar mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 saja untuk menikmati panorama alam yang tersaji.

Sedangkan jika Anda ingin melihat penyu, cukup membayar Rp 5.000. Museum Garuda juga ditarik harga tiket sebesar Rp 25.000 dan memasuki kawasan De Locomotief harga masuknya sebesar Rp 20.000 saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Tongaci

Kegiatan Menarik di Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Edwin Danie Olsa)

Kegiatan-kegiatan yang menarik dan menyenangkan dapat Anda lakukan jika berlibur di Pantai Tongaci. Kegiatan-kegiatan seru akan membuat liburan Anda menjadi tidak membosankan dan meninggalkan kesan. Dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan juga dapat menghilangkan segala penat dari rutinitas sehari-hari.

1. Menikmati Pantai

Berada di kawasan pantai ini, Anda dapat menikmati keindahan pantai yang memiliki pemandangan eksotis. Anda dapat menceburkan kaki anda di air laut yang segar, atau hanya duduk saja di bebatuan granit. Pantai ini dapat menjadi salah satu tempat yang menyenangkan untuk menangkan diri dan istirahat dari penat kegiatan sehari-hari.

2. Berfoto

Dengan banya spot foto yanng menarik dan unik, maka akan sangat sayang untuk melewatkan kegiatan satu ini. Apalagi jika Anda datang ke wisata De Locomotief yang memang menyajikan banyak spot instagramable yang memang banyak diburu oleh pecinta fotografi atau anak-anak muda yang senang mencari tempat unik dan kekinian untuk diunggah di sosial media seperti instagram.

Kegiatan di Pantai Tongaci
Image Credit: Twitter.com @RyanTriWibowo1

3. Melihat Tukik

Anda juga dapat melihat tukik, terutama jika bersama anak-anak. Tidak hanya menyenangkan, anak-anak nantinya juga akan teredukasi tentang pentingnya menjaga alam dan melindungi hewan-hewan yang terancam punas. Beberapa pengunjung bisa mendengar tanda jadwal tukik makan. Jika tidak, Anda dapat melihat anak-anak penyu dengan ukuran beragam yang sedang berenang-renang.

4. Wisata Sejarah

Tidak hanya pantai saja, Anda juga bisa berwisata sejarah di kawasan Pantai Tongaci. Dengan mengunjungi Museum Garuda atau perpustakaan Garuda, nantinya Anda dapat mendapatkan wawasan baru terhadap sejarah. Apalagi sudah sangat jelas bahwa kita jangan sekali-sekali untuk melupakan sejarah. Museum dan perpustakaan ini juga menyajikan spot foto yang bagus untuk pecinta fotografi.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai

Penginapan Dekat Lokasi Pantai
Image Credit: Trivago.co.id

1. Puri Ansell

Penginapan ini berbentuk pondok-pondok kayu yang cantik dengan kamar yang nyaman dan langsung menghadap ke pantai. Lokasinya ada di kawasan penangkaran penyu. Untuk menuju Tongaci hanya membutuhkan waktu 15 menit saja berjalan kaki. Tarifnya mulai dari Rp 600.000 per malam dengan fasilitas yang memadai dan akan memanjakan Anda.

2. Parai Beach Hotel dan Resort

Penginapan ini memiliki akses langsung ke Pantai Tongaci. Hanya perlu 10 menit perjalanan saja dengan berkendara, Anda sudah akan sampai di Tongaci. Tersedia juga kolam renang yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Dengan harga sewa Rp 600.000 per malam, Anda akan mendapatkan kamar yang nyaman dan pantai yang seperti milik pribadi.

3. Pesona Bay Hotel

Jika Anda datang bersama rombongan besar, maka Pesona Bay Hotel bisa menjadi rekomendasi tempat menginap Anda. Jaraknya hanya 20 menit dari Tongaci dan dekat juga dengan pantai-pantai lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Dengan harga sewa Rp 700.000 per malam, Anda sudah akan mendapatkan kamar yang nyaman dan fasilitas yang memadai.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Tongaci

Fasilitas di Pantai Tongaci
Image Credit: Google Maps (Iday Hirata)

Pantai cantik memiliki fasilitas yang tergolong cukup memadai. Terdapat banyak sekali fasilitas yang tersedia untuk membuat para pengunjung menjadi nyaman. Area parkir tersedia dan cukup luas, sehingga bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi dapat dengan mudah memarkirkan kendaraan. Terdapat juga musala untuk beribadah. Serta juga ada toilet.

Pantai ini juga telah menyediakan spot foto yang unik. Didesain dengan sangat cantik, tidak heran banyak anak-anak muda yang datang ke kawasan ini untuk mengambil foto. Spot-spot foto yang disediakan juga beragam dan memiliki bentuk yang berbeda-beda dan unik sehingga tidak akan kehabisan latar untuk dijepret menggunakan kamera.

Selanjutnya sudah tersedia restoran dan café bar. Jika Anda tidak membawa bekal, Anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat mengisi perut. Dengan menu-menu yang dapat Anda coba, Anda juga tidak perlu membayar dengan harga yang mahal.

Pantai Tongaci tidak hanya menyajikan pantai saja, tapi juga tempat-tempat yang menyenangkan lainnya. Meski tidak memiliki batuan granit, berbeda dengan pantai yang ada di Bangka Belitung, namun keindahan alamnya masih cantik. Spot-spot lainnya juga bisa dikunjungi. Pantai ini memang akan memberikan pilihan tempat wisata dengan banyak pilihan menarik.