Indahnya Pantai Mutun, Pantai Pasir Putih Eksotis di Pesawaran Lampung

Indahnya Pantai Mutun, Pantai Pasir Putih Eksotis di Pesawaran Lampung

Pantai Mutun salah satu pantai nan eksotis yang berada di Pesawaran, Lampung. Pantai pasir putih yang menyuguhkan pemandangan alam memukau dan memiliki beragam wahana permainan menarik.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung.

Liburan kali ini saatnya Anda berkelana ke pulau paling ujung di Indonesia yaitu Pulau Sumatera. Salah satu provinsi yang wajib dikunjungi di pulau ini adalah Lampung. Lampung memiliki banyak sekali destinasi wisata mulai dari wisata alam hingga wisata bahari. Contoh dari wisata bahari yang harus dikunjungi yaitu Pantai Mutun.

Pantai ini tentunya memiliki berbagai keragaman yang menarik hati para wisatawan. Mulai dari suguhan panorama yang indah ketika Anda sampai di pantai ini hingga cantiknya kehidupan bawah laut dengan biota-biota di dalamnya. Karangnya, ikan-ikan kecil, rumput laut, maupun tumbuhan laut lainnya hidup dan menghiasi bawah laut pantai ini.

Pantai ini sangatlah cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin refreshing dan melepas penat di akhir pekan atau liburan yang akan datang. Karena pantai ini termasuk wilayah yang tersembunyi sehingga nyaman jika digunakan untuk menenangkan pikiran. Berbagai kegiatan pun bisa dilakukan di pantai ini. Yuk, langsung saja kepoin segala hal tentang pantai ini!

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Mutun

Daya Tarik Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (muzaki)

Wisata kali ini yang akan dibahas dan patut untuk dijadikan referensi berlibur yaitu Pantai Mutun. Tentu saja pantai ini memiliki daya tarik tersendiri yang mungkin tidak dimiliki pantai-pantai lainnya. Ada hal menarik yang tentunya sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke pantai ini tanpa mengetahui sebelumnya. Jadi, alangkah baiknya untuk mengetahui apa saja yang ada di sini.

1. Pulau Tangkil

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terletak di kawasan Teluk Lampung. Yang mana di dalamnya terdapat Pulau Tangkil. Keberadaan pulau inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri ketika berkunjung ke tempat ini. Ketika berada di pulau ini maka sudah pasti Anda dapat menyaksikan indahnya pantai ini dari kejauhan dan juga pegunungan hijau yang menghampar di sekelilingnya.

2. Pantai yang Indah

Selain hal tersebut, yang dapat dilihat dari pulau ini yaitu rentetan kapal-kapal yang berlabuh di Pelabuhan Panjang. Hamparan pasir putih di pantai ini pun menghampar luas dan disertai dengan airnya yang jernih membiru menjadikan kehidupan laut nampak dari permukaan.

Di pesisir pantai ini pun tanaman kelapa maupun bakau tumbuh subur. Tanaman bakau ini sangat bermanfaat untuk menghalau abrasi jika terjadi.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Mutun

Image Credit: Google Maps (Abban Surya)

Bagi Anda warga Lampung asli pasti sudah tahu akan keberadaan pantai ini. Nah, Pantai Mutun terletak di daerah Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Pesawaran, Lampung Selatan. Pantai ini berada di ujung teluk Lampung sehingga menjadikannya tidak terlalu ramai akan pengunjung. Sangat nyaman untuk mengasingkan diri sebentar dari kebisingan, bukan?

Pantai ini masih satu garis dengan pantai-pantai lainnya. Garis yang menyatukan pantai ini yaitu Teluk Lampung. Bagi Anda yang ingin berkunjung, maka dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun menyewa kendaraan umum yang disediakan.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Lampung Timur Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pantai ini mempunyai jarak sekitar 19 km dari kota Bandar Lampung. Sehingga untuk dapat sampai di lokasi pun perlu estimasi waktu yang tidak singkat juga. Biasanya waktu yang dihabiskan sekitar 30 menit saja. Eits, jika Anda tidak mengetahui lokasi pantai ini, maka layanan google map yang ada di gadget para wisatawan dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan.

Bagi para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini tentu akan dikenakan biaya tiket masuk. Biaya ini biasanya akan dimintai ketika Anda akan memasuki kawasan pantai. Untuk tiket masuk tentunya dibedakan sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakan. Baik kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Mutun

Image Credit: Google Maps (Rika Tiarasari)

1. Bermain Banana Boat

Hal yang menarik untuk dilakukan di pantai ini salah satunya yaitu bermain banana boat. Bagi Anda yang ingin berkeliling di sekitar pantai dan menikmati keindahannya maka wajib untuk mencoba hal satu ini. Banana boat pun biasanya disewakan di sekitar pantai dengan taraf harga per jam dan dengan harga yang ramah di kantong tentunya.

2. Memancing Ikan

Kegiatan yang biasa dilakukan selanjutnya di Pantai Mutun yaitu memancing ikan. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai dunia perpancingan. Di tempat ini Anda bisa memilih awasan yang ingin digunakan untuk memancing. Memancing biasanya dilakukan dari berbagai kalangan. Untuk hasil tangkapannya sendiri biasanya dibakar di pinggir pantai secara bersama-sama.

3. Berenang di Pantai

Karena wisata kali ini di pantai, maka sudah menjadi tradisi untuk berenang ketika berlibur ke sini. Seperti halnya pantai-pantai lain. Di pantai ini juga biasa dilakukan kegiatan berenang dari berbagai usia. Baik yang tua maupun yang muda pun ada. Pantai ini sangat cocok untuk berenang karena air yang dimilikinya sangatlah tenang. Hal ini dikarenakan keberadaannya di ujung Teluk Lampung.

4. Selfie di Spot Menarik

Di manapun tempatnya maka berfoto merupakan kegiatan yang tidak bisa dipisahkan di dalamnya. Kegiatan ini sudah melekat di hati para wisatawan tentunya. Nah, bagi Anda yang berkunjung ke pantai ini jangan lupa untuk berswafoto ria, ya. Tentunya dengan latar belakang pemandangan yang cantik dan pantai yang menarik akan membuat foto Anda menjadi lebih eksotik.

BACA JUGA:  Puncak Mas Lampung, Objek Wisata Kekinian & Spot Foto Keren
Kegiatan Menarik Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (muliya fathullah)

5. Menikmati Waterboom

Berkunjung ke pantai ini rasanya kurang jika tak menikmati sensasi waterboom yang disediakan pantai ini. Waterboom ini biasanya sangat ramai dikunjungi oleh anak-anak. Waterboom ini bisa dikatakan cukup tinggi jika dibanding dengan waterboom lainnya. Maka untuk anak-anak yang bermain di sini diharap tetap hati-hati dan harus dalam pemantauan orang tuanya.

6. MS Town Pantai Mutun

Untuk masuk ke MS Town ini para pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 saja. MS Town ini dikelola secara langsung oleh MS Corporation. Di tempat ini Anda bisa menghabiskan waktu sembari bermain tentunya.

7. Bermain Pasir

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, pasir yang dimiliki oleh pantai ini memiliki warna yang menarik yaitu putih. Maka bagi siapapun yang berkunjung ke pantai ini tentunya tidak akan pernah lepas dari kegiatan satu ini yaitu bermain pasir. Terlebih bagi para anak-anak bisa bermain pasir pantai sepuasnya misalkan saja dengan membangun istana pasir ataupun yang lainnya.

8. Snorkeling

Salah satu kegiatan yang akan sangat disayangkan jika tidak dilakukan di Pantai Mutun yaitu snorkeling. Pasalnya keindahan bawah laut yang dimiliki pantai ini memiliki daya tarik tersendiri. Banyak kehidupan di bawah laut yang nampak dari permukaan sehingga asyik untuk dijelajahi. Bagi Anda yang tidak memiliki alatnya, banyak tempat penyewaan di sekitar pantai ini yang menyediakannya.

Penginapan Murah Terdekat dari Lokasi Pantai Mutun

Penginapan Pantai Mutun
Image Credit: Agoda.com

1. Radisson Lampung Kedaton

Penginapan pertama yang direkomendasikan di dekat Pantai Mutun yaitu Radisson Lampung Kedaton. Sesuai dengan nama penginapan ini, maka keberadaannya pun di wilayah Kedaton. Mempunyai jarak tempuh sekitar 2,42 km dari keberadaan pantai yang tentunya sangat dekat, bukan?

Untuk biaya sewa penginapan ini masih tergolong murah dengan kisaran harga kurang lebih Rp 586.020 saja per malam dan untuk satu kamar. Bahkan bagi Anda yang menyewa penginapan ini pun sudah tidak dikenakan pajak lagi. Karena pajak sudah termasuk ke dalam biaya sewa tadi.

Dengan biaya yang cukup murah tadi, Anda sudah dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan. Seperti tempat parkir yang nyaman, wifi, restoran, room service, dan cleaning service. Cukup murah, bukan?

2. Bukit Randu Hotel and Resort

Rekomendasi penginapan selanjutnya yaitu Bukit Randu Hotel and Resort. Keberadaannya di wilayah Tanjung Karang Timur yang berjarak sekitar 3,55 km dari lokasi pantai. Tempat ini direkomendasikan bagi para wisatawan yang berlibur di sekitar pantai ini. Pasalnya harga yang dipatok per malam sangat bersahabat dengan fasilitas yang disediakan.

BACA JUGA:  Indahnya Pantai Pasir Putih, Pantai Eksotis di Lampung Selatan

Dengan harga yang berkisar di angka Rp 471.240 ini sudah mendapatkan fasilitas yang memadai. Seperti wifi yang kencang, restoran, room service, cleaning service, dan juga kolam renang bagi Anda yang ingin berenang di pagi harinya. Hotel ini terletak di atas bukit. Maka sudah tentu pemandangan yang disuguhkan pun akan sangat menakjubkan.

3. Emersia Hotel & Resort Lampung

Rekomendasi penginapan terakhir yaitu Emersia Hotel & Resort Lampung yang mempunyai jarak dengan pantai ini lebih jauh dari penginapan-penginapan sebelumnya. Jarak antara hotel ini dengan pantai kurang lebih sekitar 4,22 km saja. Untuk harga sewa penginapan ini juga masih bersahabat dan tidak menguras kantong Anda tentunya.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 444.600 saja. Harga tersebut merupakan harga sewa per kamar dan per malam yang paling murah. Untuk fasilitas yang disediakan pun tidak kalah lengkap dengan yang lainnya. Di hotel ini terdapat parkir mobil yang memadai, wifi, restoran, room service, dan juga cleaning service. Tertarik untuk meyewa?

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Mutun Lampung

Fasilitas Pantai Mutun
Image Credit: Google Maps (Conan C)

Setelah membahas banyak hal mengenai Pantai Mutun, maka satu hal yang terakhir ini tidak boleh sampai ketinggalan. Ya, Fasilitas yang ada di pantai ini. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan para wisatawan yang akan mengunjungi pantai ini. Eits, Anda tidak perlu ragu akan fasilitas di daerah ini. Pasalnya berbagai fasilitas telah dibangun guna menunjang sarana dan prasarana yang ada.

Seperti yang dijelaskan bahwa kegiatan yang biasa dilakukan di pantai ini ada berenang. Maka bagi para wisatawan yang anaknya mungkin ingin berenang namun tidak memiliki alatnya, maka berbagai tempat penyewaan alat-alat untuk berenang tersedia di sekitar pantai ini.

Setelah selesai berenang pun Anda tak perlu risau. Karena untuk mencari tempat bilas juga tidaklah susah. Berderet-deret tempat bilas ataupun toilet diselenggarakan oleh pengelola pantai ataupun masyarakat setempat. Setelah selesai berenang atau bagi Anda yang hanya ingin duduk santai di pinggir pantai, maka di tempat ini terdapat gazebo yang tentunya cocok digunakan untuk bercengkerama santai.

Pantai ini juga tentunya mempunyai lahan parkir untuk kendaraan para pengunjung, ya. Jadi ketika Anda sampai di pantai ini maka akan diarahkan untuk memarkirkan kendaraan dengan benar. Eits, sebelum pulang maka Anda harus mencicipi berbagai wisata kuliner yang tersedia di sekitar pantai ini. Tentunya dengan harga yang bersahabat, ya.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai Pantai Mutun yang harus Anda ketahui. So, kapan Anda akan berlibur ke pantai ini? jangan lupa untuk dimasukkan ke daftar liburan Anda, ya.