Pantai Pasir Jambak, Pantai Indah dengan Kombinasi Pasir Dua Warna di Padang

Pantai Pasir Jambak, Pantai Indah dengan Kombinasi Pasir Dua Warna di Padang
Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai Pasir Jambak masih menjadi salah satu panorama terfavorit saat Anda bertandang ke Koto Tagah, Padang. Menyajikan lanskap Samudra Hindia yang begitu luas, orang bisa merasakan kebebasan saat melihatnya. Datanglah dan temukan beberapa spot menarik di mana Anda akan sulit melupakannya meskipun telah pulang ke rumah.

Satu hal yang paling dinantikan adalah panorama saat matahari tenggelam karena akan langsung menghilang di balik samudra. Ditambah dengan jajaran pohon kelapa yang tumbuh tertata di sekitar sini, pesonanya jadi meningkat berkali lipat. Tak heran jika pantai cantik ini berhasil memukau orang, bahkan di saat mereka tidak merencanakan untuk mampir.

Jika Anda ingin merasakan bagaimana pengalaman seru dengan keunikan yang ikonik di destinasi bahari, pertimbangkanlah Pantai Pasir Jambak nan eksotis ini dengan cepat. Hamparan pasir putihnya menanti dan kemudian dipercantik oleh angin sepoi yang menerbangkan daun-daun kelapa. Kombinasi seluruh ikon di sini mampu membuat Anda tak ingin pergi.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pasir Jambak

Daya Tarik Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Twitter Keliling Minang

1. Pohon kelapa

Adanya pohon kelapa di Pantai Pasir Jambak menjadikannya kian memikat. Alih-alih sekadar hamparan pasir yang luas, Anda justru akan dimanjakan secara visual oleh pemandangan jajaran pohon serbaguna itu.

Ini juga berfungsi menghalau terik sinar matahari meski sebenarnya tidak memiliki dahan yang rimbun. Namun demikian, jumlahnya yang cukup banyak di pantai eksotis tersebut ternyata berguna untuk membantu udara di sekitar tetap sejuk.

2. Pasir Kombinasi Dua Warna

Hamparan pasir yang luas di Pantai Pasir Jambak menghadirkan dua kombinasi dua warna yang memikat hati. Jika kebanyakan pasir hanya punya satu warna seperti putih, Anda bisa menemukan pemandangan agak unik di sini.

Pantai pasirnya menggabungkan dua warna putih dan cokelat sehingga lebih menarik. Berfoto dengan memanfaatkan latar belakang pasir kecoklatan ini berpotensi menghasilkan potret yang maksimal.

3. Sunset di Pantai Pasir Jambak

Sunset memang dapat dilihat di mana saja selama Anda punya akses ke musim kemarau atau musim panas. Namun, di area eksotis ini hasilnya benar-benar luar biasa dengan perpaduan ombak di Samudra Hindia dan jajaran pohon kelapa.

Bayangkan Anda duduk di tepi pantai, melihat perubahan saturasi warna di angkasa, sambil merasakan embusan angin dan suara dedaunan pohon kelapa. Barangkali Anda pun dimungkinkan meminum air kelapa dengan tujuan bersantai.

Hamparan laut yang luas tanpa penghalang sejauh mata memandang membuat pantulan cahaya matahari lebih merata. Bukan hanya langit yang berubah warnanya saat sunset, melainkan laut pun menjadi begitu cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Twitter @MinangOfficial 

Terkadang, Anda akan punya urusan di Kota Padang dan hendak memaksimalkan seluruh waktu yang tersisa selepas kesibukan tersebut. Jika benar, cobalah lalui jarak 20 km menuju Kota Tagah, tempat di mana Anda dapat menyaksikan keindahan pantai dari Samudra Hindia.

Pantai Pasir Jambak, begitulah namanya populer di kalangan wisatawan meski eksistensinya tidak terdapat di ibu kota. Kombinasi pasirnya yang putih serta kecoklatan membentang eksotis di rute Jalan Raya padang – Bukittinggi.

Tidak perlu agar Anda dimungkinkan mengakses keindahannya, di mana alternatif kendaraan tersedia mobil sewaan. Jika pun memiliki seorang kawan di Padang atau sekitarnya, tentu akan lebih bagus saat dapat pergi bersama sambil mengendarai motor. Harapannya pilihan kendaraan ini memberikan peluang agar Anda merasakan suasana kota setempat khas Sumatera Barat.

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Jambak

Tiket Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Twitter Haddad Sammir

Estimasi total biaya pengeluaran untuk sekadar memasuki Pantai Pasir Jambak yakni Rp 3.000. Rinciannya Rp 1.000 sebagai akomodasi lahan parkir, sedangkan Rp 2.000 adalah retribusi tiket masuknya.

Perhitungan tersebut di luar keinginan Anda untuk menyewa perahu guna menikmati keindahan dari permukaan laut. Untuk masalah ini, sering kali pelancong mendiskusikannya dengan pemilik perahu sehingga sifatnya negotiable. Adapun untuk perjalanan wisata dengan menyewa mobil travel, perkiraan harganya dimulai dari Rp 300.000 per hari.

Kegiatan yang Menarik di Pantai Pasir Jambak

Aktivitas Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Twitter Datok Kulbas

1. Bermain Selancar

Bayangkan Anda meliuk-liuk di atas gejolak ombak Samudra Hindia, pasti terasa jauh lebih mengasyikkan. Anda dapat menyewa papan seluncur untuk bisa merasakan sensasi seru yang tak terlupakan itu.

Pantai Pasir Jambak adalah destinasi bahari yang memiliki potensi telah dioptimalkan, jadi Anda harus memanfaatkannya dengan tepat. Jika Anda seorang pemula dalam dunia selancar, itu juga tak mengapa karena bisa mulai belajar saat menginjakkan kaki di sini.

Tentunya dengan tidak pergi terlalu ke tengah dan pastikan bahwa Anda setidaknya tahu cara berenang dan bertahan di air. Ombak di pantai cantik ini sangat menantang sehingga sayang bila dilewatkan tanpa dijajal sekalipun.

Kegiatan berselancar dapat pula dipandang sebagai olahraga air yang berpotensi membuat tubuh Anda sehat. Pada dasarnya, Anda hanya harus memulai dengan mengabaikan rasa takut yang mungkin muncul sebelumnya.

Pengalaman ini akan jadi cerita seru, bahkan jika Anda tidak lagi melakukannya di kemudian hari. Apabila masih merasa ragu, sebaiknya ajaklah teman untuk turut mencoba keseruan yang ditawarkan oleh kegiatan berselancar.

Sebelum itu, pastikan telah melewati tahap pemanasan karena dikhawatirkan kaki Anda akan mendadak kram. Ada berbagai macam kemungkinan insiden di lautan akibat tidak baiknya pemanasan yang dilalui oleh para pelancong.

2. Naik Sepeda

Pasir pantai di Pantai Pasir Jambak cukup padat untuk mengakomodasi aneka aktivitas, termasuk bila dilakukan di atas kendaraan. Jika Anda memiliki kecakapan dalam mengemudikan sepeda, pertimbangkanlah aktivitas menari ini.

Gunakan waktu yang tersisa untuk mengemudi dan bepergian ke sana-kemari dengan sepeda. Daripada berjalan kaki dan jadi lebih lelah, ada bagusnya untuk memanfaatkan situasi, bukan?

Apalagi, pantai cantik ini juga terbilang luas sehingga cukup bagus jika dipakai untuk bersenang-senang di atas sepeda. Mengemudikan sepeda dapat memberikan kesempatan lebih luas dalam hal menikmati pemandangan sekitar, baik di darat maupun di laut.

Anda bisa pergi mencari tempat yang sunyi guna menghabiskan waktu sendiri di antara keriuhan pantai estetis tersebut. Atau mungkin, mengajak teman untuk sama-sama bersepeda dan barangkali memakai sepeda empat pengayuh akan semakin menakjubkan.

Pergilah dengan nyaman, sewa sepeda di lokasi terdekat, kemudian mulailah mengayuh. Kegiatan semacam ini akan lebih bagus jika Anda melakukannya saat di pagi hari sebelum matahari menjadi terik, atau di sore hari saat matahari bersiap tenggelam.

Mengambil foto di atas sepeda pasti akan membuat suasana sunset jadi terkesan lebih megah saat tertangkap lensa. Semua kesempatan ini bisa Anda temukan dengan baik saat pergi ke pantai yang memiliki nilai estetika itu.

3. Bersantai di Pantai Pasir Jambak

Tak ingin melakukan banyak aktivitas dan sekadar merasakan keindahan Pantai Pasir Jambak? Bukan masalah besar, pilihan itu juga dapat dilaksanakan dengan mengandalkan gazebo-gazebo yang ada di lingkungan ini.

Untuk melengkapi momen bersantai itu, Anda perlu mempertimbangkan membawa serta buku atau earphone. Bawalah buku yang bisa dibaca dengan ringan di kala santai, atau earphone untuk mendengarkan musik kesukaan sesuai preferensi Anda.

Biasanya aktivitas seperti ini benar-benar menyenangkan sekalipun tak ada hal berarti yang tengah diwujudkan. Semilir angin yang sejuk di tepi Samudra Hindia pastilah menjadi penghibur tersendiri untuk membantu Anda jeda sebentar dari hari-hari melelahkan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Pasir Jambak
Image Credit: Google Maps Ahs Nasution

Fasilitas ada di mana-mana saat Anda sepakat untuk mengunjungi Pantai Pasir Jambak. Tak usah resah sebab keperluan pelancong telah dipertimbangkan secara matang sehingga gampang didapatkan. Anda cukup datang membawa diri dan menyiapkan anggaran tertentu agar proses wisata di sini terasa lebih hidup.

Menginap di penginapan saat ingin tidur barang semalam, pergi ke tepi pantai untuk melihat lautan, atau aktivitas lain, buatlah rencana dengan spesifik. Jika merasa lelah saat sedang mewujudkan segala tujuan kunjungan Anda, segera menepi sejenak ke gazebo demi energi yang akan terisi kembali.

Jika ingin menjelajahi sekeping keindahan Samudra Hindia langsung di atas permukaannya, cobalah untuk memanfaatkan persewaan perahu. Melihat kejernihan airnya, mengapung di atas gejolak ombak, dan rasakan berbagai sensasi yang lain. Bila hendak mengambil waktu barang sebentar untuk ibadah, itu juga telah difasilitasi tanpa kekurangan.

Pantai Pasir Jambak adalah gambaran ideal atas sebuah panorama alami dengan fasilitas mumpuni di Kota Padang. Pergi ke sini akan mengantarkan Anda pada penambahan pengalaman hidup yang menyenangkan dan pastinya ingin diceritakan kepada orang-orang terdekat di masa mendatang. Oleh karenanya, alokasikan waktu Anda agar dapat mencicipi segala potensi di baliknya.

REKOMENDASI DESTINASI