Sungai Pisang, Menikmati Panorama Alam yang Eksotis di Padang

Sungai Pisang, Menikmati Panorama Alam yang Eksotis di Padang
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tlk. Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

Padang memang populer dengan jam gadang yang sangat ikonik. Wisatawan baik domestik maupun mancanegara sudah tidak asing dengan jam gadang yang menjadi ikon dari Kota Padang. Jam gadang tersebut kerap menjadi destinasi utama wisatawan ketika berkunjung ke Padang. Selain bangunan ikonik tersebut, ada tempat wisata lain disana seperti Sungai Pisang.

Pantai tersebut termasuk salah satu tempat wisata bertemakan bahari yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan provinsi. Oleh karena itu, tempat wisata ini mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah sehingga sarana dan prasarana terus ditingkatkan tanpa mengurangi budaya Minang yang menjadi ciri khas tersendiri bagi Kota Padang.

Meski namanya sungai, namun sebenarnya tempat wisata ini berupa pantai yang menyuguhkan keindahan alam berupa hamparan pasir pantai dan lautan. Penamaan tempat wisata didasarkan dengan nama kelurahan dimana pantai tersebut berada. Dengan peningkatan dari segi sarana prasarana, perekonomian masyarakat akan sangat terbantu.

Daya Tarik yang Dimiliki Sungai Pisang

Daya Tarik Sungai Pisang Padang
Image Credit: Facebook Destinasi Halal

1. Mendapatkan Perhatian Khusus dari pemerintah

Emzalmi yang menjabat sebagai wakil walikota Padang mengatakan bahwa pemerintah setempat akan terus melakukan pengembangan tempat wisata bertema bahari ini. Penguatan terhadap indrastruktur objek wisata serta pemberdayaan masyarakat setempat tanpa mengurangi ciri khas budaya Minang terus dilakukan.

Penguatan infrastruktur pada tempat ini dilakukan dalam beberapa bentuk seperti pembangunan dan perbaikan jalan, menambah sarana pendukung untuk tempat wisata, sampai dengan melakukan kegiatan normalisasi pantai. Balai Jalan Sumbar melakukan pembangunan jalan mulai dari Teluk Kabung sampai dengan Sungai Pisang.

Kemudian sarana pendukung untuk tempat wisata juga dibangun seperti tempat berteduh, café, wahana permainan dan lain sebagainya. Pembangunan sarana pendukung dilakukan setelah pemerintah melakukan pemetaan. Lalu normalisasi pantai bertujuan untuk pencegahan abrasi pantai.

Perbaikan jalan dilakukan supaya transportasi yang melewati jalanan tersebut akan lebih nyaman dan mudah. Pemerintah juga ke depannya akan terus menguatkan transportasi yang digunakan sebagai penghubung antar pulau sehingga wisatawan yang ingin jelajah pulau tidak akan merasa kesulitan ketika mencari transportasi.

2. Memiliki Panorama Alam yang Eksotis

Hargianto, seorang Danlantamal II Laksamana Pertama TNI, mengatakan bahwa kawasan Sungai Pisang memang dirancang sebagai kampung bahari nusantara. Pemilihan kawasan ini adalah karena lokasinya strategis dan cukup dekat dengan lokasi Teluk Mandeh.

Dalam kunjungannya ke kantor DPRD Padang, ia bercerita bahwa pernah menjelajahi Indonesia menggunakan transportasi kapal perang. Akan tetapi, keindahan Teluk Mandeh tidak bisa ditemukan di daerah lainnya. Air lautnya benar-benar bersih dan tidak tercemar oleh limbah pabrik. Selain itu, terumbu karangnya pun masih alami.

Menariknya, ketika wisatawan berkunjung di tempat wisata ini, ada beberapa pulau yang bisa diekplorasi seperti Pulau Sikuai, Pulau Sirandah, dan Pulau Pasumpahan. Wisatawan juga bisa mengunjungi area persawahan, Suwarnadwipa, hingga Pulau Sironjong. Kawasan perbukitan juga dapat disaksikan wisatawan di tempat wisata ini.

Sungai Pisang juga menyuguhkan panorama lautan yang biru dan hamparan perbukitan yang indah. Terdapat beberapa perahu yang bersandar di tepi pantai sehingga menambah cantik panorama tempat wisata bahari yang ada di Padang ini. Pepohonan hijau juga tumbuh di perbukitan yang ada di kawasan tepi pantai.

3. Sumber Penghasilan Masyarakat Setempat

Pemerintah setempat terus melakukan pengembangan tempat wisata Sungai Pisang sehingga masyarakat yang tinggal di kawasan lokasi pantai mendapatkan penghasilan dari tempat wisata tersebut. Peranan masyarakat setempat bisa sebagai tour guide atau pemandu wisata sehingga bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

Dari segi perekonomian, masyarakat setempat bergantung pada tempat wisata ini dengan berperan aktif sebagai guide atau pengantar untuk wisatawan yang tertarik mengeksplorasi pulau-pulau di sekitar pantai menggunakan perahu nelayan. Rencananya, tempat wisata ini juga akan dijadikan pusat pelatihan untuk olahraga air.

Dengan begitu, ke depannya Sungai Pisang bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan olahraga air oleh para atlet olahraga asal Sumbar. Hal ini dikarenakan Sumatera Barat belum mempunyai prestasi di tingkat nasional dari total tujuh cabang kegiatan olahraga sehingga diharapkan ke depannya akan lahir atlet berprestasi.

Pantai ini dipilih sebagai lokasi pusat pelatihan kegiatan olahraga air karena kawasan tersebut memiliki ombak yang tidak begitu besar dan air lautnya tenang. Dengan dikembangkannya tempat wisata ini, maka masyarakat setempat bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dari penghasilan sebagai tour guide.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sungai Pisang Padang
Image Credit: Google Maps Alif Fachri

Lokasi tempat wisata ada di Sumatera Barat tepatnya di Kecamatan Bungus, kawasan Teluk Kabung, Padang. Wisatawan yang ingin menuju ke lokasi bisa melalui Jalan Raya Pesisir Selatan-Padang kurang lebih 11 km menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jalanan yang dilalui sudah lumayan bagus, hanya saja kondisi kendaraan harus fit.

Jalanan menuju ke Sungai Pisang akan melewati jalanan menurun tajam, berliku, dan tanjakan yang lumayan tinggi. Selain itu, wisatawan juga harus melewati tebing, alur perbukitan, jurang di kanan, kiri dan badan jalan. Kurang lebih selama 30 menit wisatawan akan melewati jalanan dengan kondisi menurun dan mendaki. Sehingga harus hati-hati ketika musim hujan.

Karena lokasinya berada di kawasan Kota Padang paling ujung, maka waktu tempuh yang diperlukan terbilang cukup lama. Rute yang bisa dilalui adalah dari Tugu Batas Kota Padang-Kabupaten Pesisir Selatan yang berada di Jl. Lintas Barat Sumatera-Jl. Padang-Bengkulu, ikuti jalan ke arah barat. Jika bertemu pertigaan, ambil ke kiri.

Ikuti jalan sampai bertemu tanjakan menangis. Dari tanjakan menangis, ikuti jalan kurang lebih 5,1 km atau sekitar 9-10 menit wisatawan akan sampai di lokasi. Pastikan kondisi kendaraan fit karena jalanan yang akan dilalui cukup menantang. Sampai di lokasi, wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di tempat parkir yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Sungai Pisang

Tiket Sungai Pisang Padang
Image Credit: Google Maps Olfan Fuary

Terkait harga tiket masuk, wisatawan tidak perlu mengeluarkan budget jika ingin berkunjung ke tempat wisata ini. Akan tetapi, wisatawan harus menyiapkan budget untuk berkunjung ke kawasan pulau yang ada di sekitar Sungai Pisang. Untuk tarifnya sendiri berkisar antara Rp 15.000 sampai dengan Rp 80.000 berdasarkan paket wisata yang dipilih wisatawan.

Wisatawan bisa memilih paket wisata Rp 80.000 per orang dalam sekali perjalanan. Dengan paket wisata tersebut, wisatawan dapat mengunjungi pulau-pulau yang ada di sekitarnya. Harga paket wisata bisa berubah sewaktu-waktu sehingga sebaiknya wisatawan mencari tahu harga terbaru dahulu sebelum datang berkunjung.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Sungai Pisang

Kegiatan Sungai Pisang Padang
Image Credit: Google Maps Hari Utama

1. Hunting Foto

Tempat penyeberangan ke beberapa pulau wisata ini menyuguhkan panorama alam yang sangat eksotis. Wisatawan akan mendapatkan panorama lautan biru dengan hamparan pasir putih di tepi pantai. Pepohonan hijau menambah cantik panorama pantai karena memang pantai ini dikelilingi oleh pepohonan hijau.

Kegiatan hunting foto menjadi kegiatan menarik yang tidak akan dilewatkan oleh wisatawan sebelum menyeberang ke pulau-pulau wisata. Air lautnya yang jernih dan berwarna biru berpadu dengan langit biru yang cerah menjadi latar belakang berfoto yang bagus.

2. Menyeberang ke Pulau-Pulau

Sungai Pisang memang dikenal sebagai tempat penyeberangan menuju ke pulau-pulau yang ada di sekitarnya seperti Pulau Sikuai, Pulau Sirandah, Pulau Pasumpahan hingga Pulau Sironjong. Disana wisatawan bisa menggunakan perahu nelayan untuk menyeberang ke pulau-pulau.

3. Membeli Oleh-Oleh

Untuk meningkatkan pendapatan untuk masyarakat, pemerintah setempat menyediakan toko pernak-pernik yang menjual beragam jenis oleh-oleh khas Padang. Yang berjualan di toko-toko tersebut adalah masyarakat setempat sehingga wisatawan tetap produktif dan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan ekonomi.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sungai Pisang Padang
Image Credit: Google Maps Joni Hidayat

Terdapat beragam fasilitas yang ada di Sungai Pisang seperti tempat parkir kendaraan, toilet, mushola, dan kamar mandi untuk bilas. Menariknya, di kawasan tempat wisata ini terdapat kolam renang,

Selain kolam renang, terdapat beberapa wahana permainan air seperti jet ski, banana boat, donat boat, hingga cano. Sambil bermain, wisatawan juga bisa menikmati panorama alam pantai.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, di sekitar tempat wisata tersedia penginapan seperti cottage color, cottage kayu, dan juga losmen. Tersedia juga perahu nelayan yang bisa digunakan untuk menyeberang ke pulau-pulau.

Sungai Pisang bisa menjadi destinasi wisata menarik ketika wisatawan berkunjung ke Kota Padang. Jika tidak ingin menyeberang ke pulau-pulau, wisatawan juga bisa menikmati panorama alam di kawasan tempat wisata ini.

REKOMENDASI DESTINASI