Aceh

10 Tempat Wisata di Aceh Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Aceh? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Aceh Tengah. Destinasi Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Destinasi wisata di Kabupaten Aceh Tengah menjadi kian populer di mata masyarakat Indonesia. Kabupaten ini menyuguhkan keindahan pemandangan alam yang masih asli yang dapat membuat Anda terpukau. Aceh Tengah sendiri memiliki ibukota Takengon yang memiliki banyak tempat pariwisata berpotensial yang bisa berkembang kedepannya.

Penasaran apa saja objek menarik di Aceh Tengah? Berikut 10 rekomendasi tempat wisata yang paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Danau Laut Tawar

Danau Laut Tawar

Image Credit: Yopiefranz.com

Danau Laut Tawar adalah tempat wisata ini berlokasi di Dataran Tinggi Gayo. Danau Laut tawar memiliki luas sekitar 5.472 Ha dengan panjang 17 km serta lebar 3.219 km. Danau ini sangatlah luas dan mampu mendatangakan banyak manfaat bagi Suku Gayo sebagai sumber dari kehidupan mereka.

Danau Air Laut Tawar juga sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara. Danau ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang menawan dimana ada dua buah bukit hijau disekitarnya. Danau Air Laut Tawar menyimpan kekayaan flora dan fauna dari Aceh. Salah satu jenis ikan yang hanya ada di danau ini adalah ikan depik.

Lokasi: Jl. Takengon – Bintang, Gunung Suku, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah.

2. Pantan Terong

Image Credit: Ajnn.net

Tempat wisata berikutnya adalah Pantan Terong. Tempat ini berlokasi di Kecamatan Bebesan, sekitar 7,5 km dari Kota Takengon. Pantan Terong merupakan sebuah bukit yang menawarkan pemandangan alam memesona sekaligus dapat melihat pemandangan Danau Air Laut Tawar.

Bukit ini sangat cocok bagi pengunjung yang menyukai wisata alam. Pantan Terong sendiri ada di atas ketinggian 1.803 dpl dan memiliki hawa udara yang sejuk. Di tempat ini juga pengunjung bisa mencoba menguji adrenalin dengan olahraga Paralayang.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Jaya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Takengon, Ulu Nuih, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah.

3. Pantai Menye

Pantai Menye

Image Credit: Ksmtour.com

Pantai Menye adalah objek wisata yang berlokasi di Seberang Kota Takengon. Pantai ini merupakan salah satu pantai unik yang ada di tepi Danau Laut Tawar. Meski tidak seperti Pantai biasanya, tempat ini menawarkan pemandangan alam dengan lengkungan pantai yang sangat luas. Nama “menye” berasal dari bahasa Aceh yang memiliki arti tempat bermanja.

Pantai Menye juga menjadi tempat untuk pacuan kuda tradisional. Di tempat wisata ini pengunjung bisa bermain dengan air sepuasnya sambal menikmati pemandangan alam. Untuk menuju objek wisata Pantai Manja ini, pengunjung dapat melakukan perjalanan dengan jarak sekitar 19 km dari arah utara, dan 26 km dari selatan.

Lokasi: Kala Bintang, Kec. Bintang, Kab. Aceh Tengah.

4. Kota Takengon

Kota Takengon

Image Credit: Yopiefranz.com

Tempat wisata lainnya adalah Kota Takengon yang merupakan ibukota Aceh Tengah. Naman “takengon” memiliki arti kelokan. Hal ini bisa dilihat dari jalanan di kota ini yang ada banyak tikungan di sepanjang perjalanan. Tanjakan yang ada di sekitar perbukitan dan lereng gunung sanngat memacu adrenalin para pengunjung yang melewati kota ini.

Kota Takengon memiliki ketinggian 1200 mdpl yang dapat membuat pemandangan di seluruh kota terlihat. Wisatawan banyak berkunjung di Kota Takengo pada waktu akhir pekan.

Lokasi: Jl. Lebe Kader Simpang IV Tengah, Simpang Empat, Kec.  Bebesen, Kab. Aceh Tengah.

5. Air Terjun Mangaya

Air Terjun Mangaya

Image Credit: Omnduut.com

Air Terjun Mangaya berlokasi di Jln. Lingkar Danau Lut Tawae, Desa Mengaya. Air Terjun ini menyuguhkan wisata air yang masih asli dan asri dengan keindahan alam sekitar yang memukau. Bahkan di sepanjang perjalanan menuju air terjun pengunjung Anda akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan kopi di kawasan gayo. Tempat wisata ini sangat cocok direkomendasikan bagi pengunjung yang sangat menyukai keindahan alam dan air terjun yang dingin dan segar.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Langsa Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata ini, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 1,5 km melewati persawahan di kawasan sekitar. Pengunjung bisa menggunkan akses jalur darat dengan kendaraan roda dua atau pun roda empat.

Lokasi: Jl. Takengon – Bintang, Mengaya, Kec. Bintang, Kab. Aceh Tengah.

6. Goa Loyang Koro

Goa Loyang Koro

Image Credit: Ksmtour.com

Goa Loyang Koro merupakan tempat wisata unik nan eksotis yang berlokasi di tepi danau laut tawar Kecamatan Kebayakan, Takengon. Goa ini berada di kaki Gunung Birahpanyang, yang memiliki kedalaman 110 meter. Goa Loyang Koro menawarkan wisata sejarah pada pengunjung.

Dari ceritanya, gua ini adalah jalan menuju isak, dimana para penggembala kerbau membawa ternak mereka. Namun ada juga cerita bahwa goa tersebut adalah tempat persembunyian Sultan Aceh dari pengejaran tentara Belanda dan Portugis.

Lokasi: Toweren Uken, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah.

7. Bur Telege

Bur Telege

Image Credit: Ikramshare.blogspot.com

Tempat wisata Bur Telege ini berlokasi di Kampung Bale. Bur Telege merupakan tempat wisata terbaru yang ada di Aceh Tengah, karena dulunya tempat ini hanyalah sebuah hamparan semak belukar yang berada di tengah hutan pinus. Masyarkat memiliki inisiatif untuk membuat tempat ini menjadi tempat pariwisata. Dan akhirnya sampailah sekarang ini dimana Bur Telege menjadi salah satu destinasi wisata favorit.

Bur Telege menyuguhkan spot-spot yang menarik. Tempat ini juga sering digunakan untuk lokasi tempat hiburan pertunjukan seni. Bur Telege merupakan tempat wisata hutan pinus yang juga disebut negeri di atas awan Takengon.

Lokasi: Hakim Bale Bujang, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah.

8. Buntul Rintis

Buntul Rintis

Image Credit: Trybe.one

Destinasi wisata berikutnya adalah Buntul Rintis yang berlokasi di Kampung Tensaren, Kecamatan Bebesan. Buntul Rintis sangat terkenal dengan tempat spot foto yang sangat instagramable, seperti spot kupu-kupu, kincir angin, sepeda gantung, spot sangkar burung dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

Untuk pengunjung yang suka berfoto-foto maka objek wisata ini menjadi tempat spesial untuk bahan update di sosial media. Pengunjung yang sering mengunjungi tempat ini adalah anak-anak remaja dari Takengon.

Lokasi: Tensaren, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah.

9. Bur Lancuk Leweng

Bur Lancuk Leweng

Image Credit: Leuserantara.com

Bur Lancuk Laweng adalah tempat wisata ini berlokasi di Asir Asir, Laut Tawar. Bur Lancuk Laweng menyuguhkan keindahan alam Aceh Tengah dari atas bukit. Penamaan Lancuk Laweng berasal dari gunung Lancuk Laweng. Pengunjung yang berkunjung ke bukit ini bisa menikmati pemandangan kota Takengon.

Pengunjung yang berkunjung di Bur Lancuk Laweng bisa melakukan olahraga hiking sembari melihat indahnya pemandangan berserta spot-spot menarik yang ditawarkan.

Lokasi: Asir Asir, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah.

10. Dermaga Lukup Panalam

Dermaga Lukup Panalam

Image Credit: Sedangliburan.com

Dermaga Lukup Panalam merupakan tempat wisata favorit anak muda yang berlokasi di Kampung Dedalu. Dermaga ini dulunya merupakan tempat yang tidak terawat, namun  akhirnya direhabilitasi oleh Pemkab Aceh Tengah sehingga layak untuk menjadi tujuan bersantai.

Setelah direhab, Dermaga Lukup Panalam memiliki jogging track dan spot-spot selfie yang sangat menarik. Dermaga ini berdekatan dengan Danau Lut Tawa sehingga pengunjung banyak yang datang karena langsung mengarah kedua tempat wisata sekaligus.

Dermaga ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang senang untuk berolahraga. Bahkan di tempat wisata ini pengunjung bisa bersantai sembari dimanjakan pemandangan yang indah di kawasan sekitar Kecamatan Lut Tawar.

Lokasi: Hakim Bale Bujang, Kec. Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah.

Itulah 10 tempat wisata di Aceh Tengah yang dapat menjadi tujuan terbaik Anda ketika ingin berlibur atau sekedar berakhir pekan. Semoga bermanfaat!.