Aceh

15 Tempat Wisata di Bireuen Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Terbaik di Bireuen, Provinsi Aceh. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian & Terhits untuk Anda Kunjungi Ketika Memiliki Rencana Liburan.

Bireuen adalah salah satu kabupaten yang ada di Aceh. Wilayah ini memiliki luas sekitar 1.901 Km2 dengan jumlah penduduk 409.842 jiwa. Keindahan dan keramahan penduduk di kota ini menjadi ciri khas warga Aceh yang membuat banyak orang sangat suka berkunjung ke tempat ini. Tidak hanya pesona alam dan ragam budayanya saja yang menarik, namun juga beragam situs sejarah bisa menjadi bahan ilmu dan kajian.

Semua orang sadar dan tahu kota Aceh disebut sebagai serambi Mekkah karena penduduknya dekat sekali dengan budaya Islam. Tidak heran jika masjid dan bangunan yang ada di Aceh ini kental dengan budaya Timur Tengah. Berikut ini ada 15 tempat wisata di Bireuen yang patut Anda kunjungi saat liburan.

1. Air Terjun Ceuraceu

Image Credit: Publicinsta.com

Tebing batu yang ada di air terjun ini cukup tinggi dan mempesona. Ditambah dengan gemericik air dari sungai yang mengalir. Tentu akan menambah nilai eksotis yang sangat menggoda. Mandi di kolam air terjun juga dapat membuat tubuh terasa lebih segar.

Sayangnya, tempat yang indah ini banyak sampah dan kurang terawat. Mungkin karena jarakanya yang hanya 8 Km saja dari pusat kota membuat sampah ini tidak terkontrol. Para pengunjung yang datang juga tidak mengindahkan kebersihan sehingga semua menjadi tidak peduli. Apabila ada pengurus aktif dan pengunjung juga sadar akan kebersihan tentu akan tercipta lingkungan yang bersih.

Lokasi: SamaGadeng Kec. Pandrah, Kab. Bireuen.

2. Pantai Peuneulet Baroh

Pantai Peuneulet Baroh

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Salah satu wisata pantai paling indah di Kota Bireuen ini memiliki pesona alam yang sangat luar biasa. Sebuah pantai dengan pesona air yang jernih, pasir putih yang menghampar luas dan daun hijau yang melambai. Bak surga dunia yang banyak dicari oleh semua orang di dunia.

Pada bagian bibir pantai sebagian dibangun sebuah pembatas sehingga pengunjung bisa menyelupkan ujung kaki sambil duduk santai di tepi pantai. Terutama saat pasang datang karena air bisa sampai di atas. Nuansa yang hadir sungguh sangat luar biasa. Sayangnya, pantai yang indah ini cukup jauh dari arah kota yakni sekitar 38 Km.

Lokasi: Desa Peuneulet Baroh, Kec. Simpang Mamplam, Kab. Bireuen.

3. Pantai Kuala Raja

Ksmtour.com

Hal menarik dari pantai Kuala Raja ini tentu saja banyaknya gazebo dan pulau kecil di sekitarnya. Panorama pulau yang ada di pantai sangat indah, penuh dengan suasana romantis nan sejuk. Wisata bahari yang satu ini tidak akan membuat kantong kering karena lokasinya yang dekat dengan pusat kota.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Aceh yang Paling Hits

Banyak kendaraan umum dan aneka kuliner lezat yang akan memanjakan lidah. Selain senang, Anda juga akan merasakan ciri khas Aceh yang tidak akan terlupa. Biaya masuk hanya Rp. 5.000,- saja dengan beragam fasilitas lengkap dan terawat.

Lokasi: Kuala Raja, Kec. Kuala, Kab. Bireuen.

4. Pantai Krueng Juli

Pantai Krueng Juli

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Keindahan pantai Kreung Juli ini tidak dapat diragukan lagi. Pasalnya banyak pengunjung yang datang untuk berlibur ke pantai yang penuh dengan pesona eksotis ini. Fasilitas yang ada di pantai ini cukup lengkap dan murah. Tidak heran jika pantai ini dijadikan sebagai wisata keluarga, terutama bagi mereka yang tinggal di Desa Ujung Blang.

Desa ini memiliki panorama yang indah, bagi pengunjung yang berada di luar daerah biasanya mampir ke desa ini sejenak untuk berbaur dengan penduduknya yang ramah.

Lokasi: Desa Ujung Blang, Kec. Juli, Kab. Bireuen.

5. Pemandian Batee Iliek

Pemandian Batee Iliek

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Destinasi wisata yang satu ini sebenarnya sebuah sungai yang cukup besar dengan debit air yang cukup bersahabat. Meski hanya berupa sebuah sungai saja, namun penataan dan fasilitas cukup modern. Ada tempat parkir yang luas, toilet, ruang ganti dan beragam kuliner ada di wisata pemandian ini. Tentu saja fasilitas dan layanan sesuai dengan harga yang Anda keluarkan.

Banyak pengunjung yang memanfaatkan wisata pemandian untuk melakukan aktivitas seru dan menyenangkan seperti bermain air atau berenang. Sebagian lagi memilih untuk duduk santai sambil berfoto atau merekam video.

Lokasi: Desa Krueng Simpo, Kec. Juli, Kab. Bireuen.

6. Pantai Jangka

Pantai Jangka

Image Credit: Wartawisata.id

Berikutnya Pantai Jangka yang memiliki fasilitas berupa tempat duduk dan payung teduh. Sebagai sebuah pantai yang ditata secara modern, fasilitas di tempat ini cukup baik. Meski pasir yang ada di pantai ini agak coklat namun panorama alam dan gemuruh ombaknya tetap manis.

Biasanya pengunjung memilih untuk duduk santai sambil menikmati ombak dan sejuknya angin. Tiket masuk hanya Rp. 5.000,- saja. Harga ini cukup murah dan sangat standar untuk wisata pantai di Daerah Aceh.

Lokasi: Jangka Mesjid, Kec. Jangka, Kab. Bireuen.

7. Air Terjun Samalanga

Air Terjun Samalanga

Image Credit: Youtube.com (Azzahra Shooting)

Sebuah air terjun bertingkat seperti tangga, hanya saja tangga yang ada di air terjun ini berupa tumpukan batu kecil. Sehingga ketika air mengalir mirip seperti hujan dengan rintikan hujan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Banda Aceh yang Paling Enak

Lokasi air terjun ini agak sulit dicapai, setidaknya Anda harus melewati Bukit di Desa Alue. Setidaknya butuh waktu 1,5 jam dengan rute trekking yang tidak terlalu sulit. Apabila Anda sudah terbiasa trekking setidaknya waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat.

Lokasi: Desa Alue Barat, Kec. Samalanga, Kab. Bireuen.

8. Pantai Calok

Pantai Calok

Image Credit: Travelingyuk.com

Panorama yang ada di pantai ini cukup indah dan memesona. Jika ingin berkeliling laut bisa menyewa perahu nelayan karena di pantai ini sebagian penduduk berprofesi sebagai nelayan. Tidak heran jika kuliner di pantai ini banyak menu ikan dan seafood. Apabila Anda suka dengan diving atau snorkeling, bagian lautnya sangat indah. Terumbu karang dan biota laut yang ada di dasar juga sangat menarik.

Lokasi: Desa Calok, Kec. Pandarah, Kab. Bireuen.

9. Rumah Tengku di Awe Geutah

Rumah Tengku di Awe Geutah

Image Credit: Wasatha.com

Menurut sejarah, rumah ini merupakan peninggalan salah seorang ulama besar di daerah Bireun yang bernama Tengku Chik Abdurrahim. Rumah tua ini diperkirakan memiliki usia sekitar 500 tahun tepatnya pada abad ke 13.

Dengan usia bangunan yang sangat tua, tentu saja rumah ini memiliki cerita sejarah yang sangat luar biasa. Banyak benda unik dan menarik yang ada di rumah ini.

Lokasi: Desa Awe Geutah, Kec. Peusangan Siblah Krueng, Kab. Bireun.

10. Air Terjun Le Rhop

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Bireuen memang memiliki kawasan perbukitan sehingga banyak terdapat air terjun yang memiliki nuansa berundak seperti tangga. Keunikan inilah yang sering dicari oleh banyak orang sehingga memberikan pesona indah yang sangat luar biasa.

Tidak heran jika banyak pengunjung yang ingin menikmati kesejukan air ini. Meski harus melintasi rute yang terjal dan sulit namun banyak orang rela trekking demi mendapat view indah tersebut.

Lokasi: Desa Le Rhop, Kec. Samalanga, Kab. Bireun.

11. Air Terjun Piramida

Image Credit: Facebook.com @Wisata Air Terjun Piramida

Berikutnya ada sebuah air terjun dengan bentuk mirip piramida. Namun bentuk ini bukan untuk aliran airnya, melainkan tebing batu yang berupa segitiga. Adanya abrasi dan kondisi alam secara tidak langsung membuat tebing batu ini menjadi sebuah segitiga. Mungkin inilah yang disebut dengan keajaiban alam. Sebuah pemandangan langka yang tidak bisa Anda dapatkan saat berada di tempat lain.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

Lokasi: Alue, Kec. Samalanga Kab. Bireuen.

12. Cot Panglima

Twitter.com @A_p_i_k

Destinasi wisata ini berupa puncak bukit dari Panglima. Pengunjung yang datang ke lokasi ini sering dijadikan rute trekking mini bagi mereka para pemula. Karena rute di bukit ini cukup mudah dan bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 jam saja. Meski jaraknya agak jauh dari pusat kota namun view di bukit ini sangat indah.

Cocok bagi mereka yang ingin mencari tempat lembut dan damai. Jauh dari keramain kota seperti Jakarta. Anda tidak akan menemukan jalan macet dan suara klakson. Yang ada hanya suara burung liar dan udara yang sejuk semilir.

Lokasi: Suka Tani, Kec. Juli, Kab. Bireuen.

13. Wisata Air Krueng

Wisata Air Krueng

Image Credit: Festivaljalanjalan.com

Meski namanya agak sama namun destinasi wisata yang satu ini hanya berupa aliran sungai jernih dengan view indah dan memesona. Banyak pemandangan hijau yang akan memanjakan mata. Ditambah dengan deretan batu kali yang tersusun dengan alami membuat pesona sungai ini semakin memukau.

Meski belum banyak yang tahu akan destinasi satu ini namun beberapa pengunjung sudah mulai upload di media sosial sehingga lambat laun menjadi wisata yang cukup populer.

Lokasi: Krueng Simpo, Kec. Juli, Kab. Bireuen.

14. Pantai Reuleung Manyang

Steemit.com

Sebuah pantai indah dengan view yang sangat eksotis ini menjadi incaran para pengunjung karena ciri khas berupa lapisan tebing batu. Batuan yang ada di pantai ini cukup unik karena memiliki lapisan warna tertentu. Tentu saja tiap lapisan warna tersebut memiliki makna dan usia berbeda sehingga para pelajar banyak yang datang untuk meneliti. Biasanya para pelajar yang sedang kerja di lapangan akan meneliti lapisan batu ini.

Bagi pengunjung yang ingin duduk santai sambil menikmati senja di Pantai Reuleung Manyang, tentu akan menjadi moment tersendiri yang sangat berharga.

Lokasi: Reuleung Manyang, Kec. Pandrah, Kab. Bireuen.

15. Pante Karya

Pante Karya

Image Credit: Pesonatanohrincong.blogspot.com

 

Destinasi wisata yang satu ini bukan sebuah pantai, melainkan sebuah sungai indah dengan bebatuan unik. Para pengunjung yang datang biasanya memilih untuk bermain air atau duduk santai saja. Karena sungai ini tidak begitu cocok untuk berenang.

Bagi yang suka memancing, justru ada spot menarik yang cocok untuk hobi tersebut. Beberapa yang datang untuk memancing biasanya memilih lokasi yang agak dalam agar mendapat ikan besar. Konon, ikan yang besar sering sembunyi di lokasi yang dalam.

Lokasi: Pante Karya, Kec. Peusangan Siblah Krueng, Kab. Bireuen.

Itulah 15 tempat wisata di Bireuen yang indah penuh dengan nuansa yang menantang. Semoga tulisan ini dapat menambah informasi untuk daftar liburan Anda berikutnya.