Sumatra Barat

7 Tempat Wisata di Lima Puluh Kota Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Menarik dan Populer di Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Patut Anda Kunjungi Ketika Ingin Menghabiskan Liburan Bersama Keluarga.

Lima Puluh Kota termasuk nama kawasan yang berada di Payakumbuh, Sumantera. Seperti yang sudah diketahui bahwa Indonesia memiliki ribuan kekayaan alam yang tak bisa terelakan. Kecantikannya terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dimana setiap titik pulau memiliki pesona yang buat siapapun betah untuk berlama-lama. Sekarang yang akan dibicarakan adalah primadona dari Lima Puluh Kota, Payakumbuh.

Kawasan ini mempunyai pilihan ciamik yang tak boleh terlewatkan. Terkhusus bagi Anda yang merasa butuh merefresh pikiran dari rutinitas kantor yang tak jarang buat stres. Tepat, pada dasarnya liburan tak harus pergi keluar negeri. Pasalnya, Tanah Air sendiri akan terus mengejutkan Anda dengan pemandangan alam super cantik.

Sumatera sendiri jadi bagian dari 5 pulau besar di Indonesia. Tidak mengherankan jika kemudian pulau yang satu ini luas dan kekayaan beragam. Kali ini hal yang akan dibahas dari Sumatera Barat yaitu tempat wisata yang berada di Lima Puluh Kota.

1. Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan

Image Credit: Portalwisata.co.id

Destinasi pertama yang langsung menyapa adalah Air Terjun Lubuak Bulan yang memiliki tinggi sekitar 50 m. Kecantikan yang dimilikinya semakin sempurna oleh deras debit air yang diluncurkan. Ia menghantam bebatuan dan mengalir damai mengisi kolam-kolam kecil. Para wisatawan diperbolehkan untuk mandi dibawah air terjun secara langsung. Namun, bagi Anda yang masih lelah bermain air. Rasa penat akan langsung hilang dengan merendam kaki di kolam-kolam kecil yang terbentuk secara alami. Kegiatan tersebut kian menyenangkan oleh pemandangan luar biasa yang mengelilingi air terjun.

Air Terjun Lubuak Bulan berada di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak. Tidak perlu khawatir karena untuk mencapai lokasi Anda bisa memilih ragam alat transportasi yang ditawarkan. Fasilitas lain yang juga mempermudah para pengunjung sudah tersedia dengan kebersihan terjaga. Sedangkan untuk Anda yang suka lapar tidak perlu khawatir karena pilihan kuliner tersedia dalam harga terbilang terjangkau. Akomodasi juga bisa dijangkau dengan gampang dengan penawaran harga cukup murah.

BACA JUGA:  13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kec. Mungka, Kab. Lima Puluh Kota.

2. Ngalau Indah

Ngalau Indah

Image Credit: Alber.id

Berikutnya wisatawan juga bisa melihat kebesaran Tuhan lewat pemandangan alam berbentuk gua. Inilah Ngalau Indah yang disempurnakan oleh lukisan lingkungan super menawan. Pohon-pohon baru terjaga sehingga kesejukan udara masih terasa sampai menusuk tulang. Tempat destinasi ini mempersilakan pengunjung untuk mengambil gambar sepuasnya. Selain itu, letak gua berada di garis strategis sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan transportasi yang tersedia.

Ngalau Indah termasuk destinasi yang kerap dikunjugi oleh wisatawan lokal dan manca negara. Kian ramai karena gua tersebut sekarang kian cantik dengan sentuhan kreatifitas dari penduduk lokal. Fasilitas umum juga mudah ditemukan. Kondisi ini tentu akan membuat pengunjung lebih betah untuk berlama-lama didalamnya. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan jarak 4 km dari pusat kota.

Lokasi: Pakan Sinayan, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

3. Kelok Sembilan

Kelok Sembilan

Image Credit: Pesona.travel

Selanjutnya tempat wisata bernama Kelok Sembilan yang juga berdesain lukisan alam super cantik. Sesuai namanya destinasi yang satu ini berupa bentukan jalanan yang terkesan bertumpuk sembilan. Jalan berkelok tersebut membentuk desain alam karena terapit oleh dua perbukitan yang membuat pengendara kerap berhenti untuk sekedar istirahat dari perjalanan jauh. Tidak heran jika kemudian di musim liburan titik ini akan sangat ramai. Sebagai dari mereka mengaku bahwa Kelok Sembilan menguntungkan karena dengan itu pengendara bisa sedikit menghilangkan rasa penat selama berkendara.

Semakin betah karena kawasan ini terbungkus oleh udara sejuk. Pepohonan besar dan kecil tumbuh subur dengan penjagaan baik dari berbagai kalangan. Pilihan kuliner beraneka ragam dengan harga terjangkau. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin melanjutkan mengeksplor Lima Puluh Kota akomodasi bisa ditemukan dengan penawaran harga cukup murah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Padang Panjang Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi:  Nagari Sarilamak, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota.

4. Lembah Harau

Lembah Harau

Image Credit: Ksmtour.com

Primadona yang juga tak boleh terlewatkan adalah Lembah Harau. Sesuai namanya tempat wisata ini menyediakan pemandangan berbentuk lembah. Berbeda dari lembah pada umumnya karena ia berada di posisi tengah. Sehingga membuat Lembah Harau terapit oleh dua bukit super cantik. Kolaborasi pemandangan ini menjadikan tempat ini sangat tenang sekaligus sejuk. Bagi Anda yang benar-benar membutuhkan refresh dari rutinitas kantor. Lembah Harau bisa jadi rekomendasi wajib dikunjungi.

Tak berhenti disini karena lembah tersebut juga memiliki tebing dengan panjang 150 m. Wisatawan yang suka tantagan bisa juga menguji adreanlin disini. Namun, ada baiknya meminta ahli untuk memberi arahan. Bagaimanapun keselamatan Anda yang utama. Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah menikmati pemandangan dengan duduk-an santai ditepian lembah. Menunggu matahari terbenam dengan memandangi puluhan pohon serta burung yang berterbangan bebas. Semakin lengkap ketika Anda memutar musik kesukaan bersama teman dan orang terdekat.

Lokasi: Nagari Harau, Harau, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota.

5. Panorama Ampangan

Panorama Ampangan

Image Credit: Wisatasia.com

Panorama Ampangan dari namanya saja sudah bisa terlihat bagaimana destinasi ini memikat para wisatawan. Tepat, disini pengunjung akan melihat gugusan pegunungan yang bergabung dengan kecantikan lainnya. Lingkungan alam yang masih terjaga dengan baik membuat suhu udara begitu sejuk sekaligus menangkan. Destinasi ini sangat cocok bagi Anda yang notabene membutuhkan traveling santai yang jauh dari keruwetan kota. Semakin menyenangkan karena Panorama Ampangan berada di lokasi strategis sehingga mudah dijangkau.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Panorama Ampangan. Sedangkan jarak yang diperlukan hanya 6 KM dari Kecamatan Payakumbuh. Setelah itu, pilih akomodasi sesuai keinginan. Untuk urusan kuliner bisa dengan mudah didapat. Belum lagi fasilitas umum yang kebersihannya terjaga ketat. Semua itu membuat Panorama Ampangan menjadi primadona untuk wisatawan lokal dan manca negara. Bahkan banyak dari mereka yang rela menghentikan rutinitas kerja untuk menikmati pemandangan super cantik tersebut.

BACA JUGA:  20 Tempat Wisata di Padang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Aua Kuniang, Payakumbuh Selatan, Ampangan, Kec. Payakumbuh, Kota Payakumbuh.

6. Padang Mengatas

Padang Mengatas

Image Credit: Wikipedia.org

Ingin merasakan suasana peternakan ala New Zealand? Datanglah ke Padang Mengatas dan nikmati sensasi dua kali lipat lebih menyenangkan. Tepat, Padang Mengatas adalah kawasan peternakan yang ada di Lima Puluh Kota. Berbagai hewan tertanak tertata rapi untuk mengikuti rutinitas keseharian. Semua kandang dan makanan disediakan dengan baik. Keberisihan menjadi poin utama dalam menangani binatang ternak sebanyak itu.

Belum lagi pemandangan sekitar sangat asri menjadikan kawasan berada di zona nyaman. Tidak heran jika Padang Mengatas sering disebut New Zealand-nya Indonesia. Destinasi yang satu ini cocok bagi Anda yang ingin mengajak serta anak.

Lokasi: Jl. Padang Mengatas, Mungo, Kec. Luak, Kab. Lima Puluh Kota.

7. Kapalo Banda

Kapalo Banda

Image Credit: Kumparan.com

Kapalo Banda merupakan bendunga yang terletak di Daratan Tinggi Payakumbuh. Lokasi ini membuat Kapalo Banda mudah dijangkau oleh kendaraan pribadi. Pemandangan yang satu ini juga tak kalah cantik dari tempat destinasi yang lainnya.

Berada di tempat sejuk dengan bungkusan pemandangan alam yang masih asri. Anda bisa menghabiskan waktu untuk menikmati suasana bersama orang terdekat. Pilihan kuliner beraneka ragam dengan harga murah. Hal yang sama juga terjadi pada akomodasi yang gampang ditemukan.

Lokasi: Taram, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota.

Itulah 7 rekomendasi tempat wisata di Lima Puluh Kota, Sumatera Barat yang patut Anda kunjungi untuk mengisi liburan akhir pekan nanti.