Jambi

15 Tempat Wisata di Sarolangun Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Sarolangun, Jambi. Objek Wisata Alam Bahari Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Sarolangun.

Sarolangun adalah salah satu kabupaten di provinsi Jambi yang berbatasan dengan Musi Banyuasin. Kabupaten ini memiliki banyak pilihan objek wisata yang menyimpan pesona tersendiri dengan khas budaya dan nuansa eksotis.

Apa saja destinasi menarik di daerah ini? Berikut ulasan 15 tempat wisata di Kabupaten Sarolangun yang patut Anda kunjungi saat liburan.

1. Wisata Bukit Tembulun

Wisata Bukit Tembulun

Image Credit: Wisato.id

Bagi Anda pencinta wisata alam, Bukit Tembulun tak bisa dilewatkan untuk dikunjungi. Tempat ini menawarkan pemandangan indah dengan bukit Karst, dan hijaunya pepohonan yang rindang. Rasanya seperti melihat lukisan sang pencipta yang sangat indah untuk dinikmati.

Anda dapat mengunjungi Bukit Tembulun di daerah Kecamatan Limun. Anda perlu menempuh perjalanan sepanjang 70 km atau 2 jam jika berangkat dari kota Sarolangun. Perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan, namun semua itu akan sebanding dengan pemandangan yang dapat kamu nikmati.

Segarnya udara dan indahnya pemandangan desa dibawah membuat Anda seperti berada di negeri atas awan. Anda dapat menikmati keindahan Jambi dari atas bukit ini.

Lokasi: Tembulun, Kec. Limun, Kab. Sarolangun.

2. Taman Nasional Bukit Duabelas

Taman Nasional Bukit Duabelas

Image Credit: Traverse.id

Taman Nasional Bukit Duabelas adalah taman nasional yang menjadi perwakilan hutan hujan tropis dengan luas wilayah 60.400 hektar. Di sini tinggal Suku Anak Dalam atau Orang Rimba atau Suku Kubu.

Anda dapat menemukan berbagai keajaiban dan keindahan alam di lokasi ini. Pemandangan yang sangat indah dengan flora dan fauna yang bermacam-macam. Tak hanya itu Anda dapat menemui air terjun, sungai, dan bukit. Pemandangan indah yang jangan sampai dilewatkan.

Lokasi: Bukit Suban, Kec. Air Hitam, Kab. Sarolangun.

3. Air Terjun Tujuh Tingkat

Air Terjun Tujuh Tingkat

Image Credit: Indopos.co.id

Salah satu spot yang masih alami di desa Bukit Berantai Kecamatan Batang Asai, sekitar 92 km dari kota Sarolangun. Batang Asai ini disebut juga sebagai surga di Kabupaten Sarolangun dengan pemandangan pegunungan yang asri dan sungai arus deras berbatu-batu indah.

Air terjun Telun Tujuh atau Tujuh Tingkat berada di tengah hutan, sehingga memang butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke lokasi. Namun jangan khawatir perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan indah alam Batang Asai dengan sahutan kicau burung dan panorama alam yang masih asri dan alami.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebo Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Aliran air terjun Tujuh tingkat berkelok dan bertingkat tujuh akan menyambut Anda begitu sampai di lokasi. Sangat eksotis dan cantik.

Lokasi: Bukit Berantai, Kec. Batang Asai, Kab. Sarolangun.

4. Bukit Tempurung Garden

Bukit Tempurung Garden

Image Credit: Facebook.com @WisataAlamBatangAsai

Sudah disinggung di atas tentang Batang Asai yang disebut sebagai surga Sarolangun. Anda dapat menikmati satu spot yang memang cantik dilokasi yang sama di Batang Asai, yaitu Bukit Tempurung Garden. Lokasi ini sering disebut sebagai negeri di atas awan Soralangun.

Bukit ini menawarkan pemandangan indah Bukit Barisan yang membentang hijau, awan-awan cantik, dan udara yang sejuk segar. Destinasi yang layak menjadi tujuan wisata Anda di Soralangun

Lokasi: Lubuk Bangkar, Kec. Batang Asai, Kab. Sarolangun.

5. Air Terjun Batu Empang

Image Credit: Bengkuluekspress.com

Destinasi wisata lain yang belum banyak diketahui orang, Air Terjun Batu Empang di Desa Sekeladi, masih di kecamatan Batang Asai. Anda akan menemukan air terjun dengan air jernih mengalir cukup deras dengan batu-batu besar yang membuat Anda ingin segera bermain air dan mengabadikan momen cantik.

Lokasi: Desa Sekeladi, Kec. Batang Asai, Kab. Sarolangun.

6. Gua Culau Petak

Gua Culau Petak

Image Credit: Seringjalan.com

Gua Culau Petak salah satu tempat wisata alam yang bisa menjadi destinasi wisata Anda selanjutnya. Memiliki pemandangan yang menarik, gua ini menjadi salah satu rekomendasi terutama bagi Anda pencinta alam yang suka eksplorasi dan ekspedisi.

Gua Culau Petak adalah gua yang panjang dan dipenuhi burung walet sepanjang 1,8 kilometer. Anda juga dapat menemukan sungai bawah tanah dengan air jernih selutut orang dewasa.

Lokasi: Bukit Bulan, Kec. Limun, Kab. Sarolangun.

7. Wisata Air di Batang Asai

Wisata Air di Batang Asai

Image Credit: Wisato.id

Batang Asai mempunyai Batu Tinggi dan wisata arung jeram yang menantang. Batu tinggi adalah batu-batu yang berada di pinggir sungai Batang Asai. Wisata air dengan arung jeram di Batang Asai menjadi hal yang sangat menantang bagi penikmat olahraga ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan rafting.

Lokasi: Muara Air Dua, Kec. Batang Asai, Kab. Sarolangun.

8. Dam Jernih dan Air Terjun Talun Dua

Dam Jernih dan Air Terjun Talun Dua

Image Credit: Wisato.id

Dam Jernih dan air terjun Talun Dua merupakan salah satu tujuan wisata yang cocok dikunjungi bagi Anda pencinta wisata alam dan air. Anda akan menemui sebuah dam dan air terjun dengan air yang jernih serta segar.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Tanjung Jabung Barat Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Jernih, Kec. Air Hitam, Kab. Sarolangun.

9. Danau Biru

Danau Biru

Image Credit: Djangki.wordpress.com

Danau Biru ini awalnya adalah tempat penambangan batu bara yang telah ditinggalkan, bekas galiannya berubah menjadi danau yang cantik. Seperti namanya, air di Danau Biru berwarna biru yang sangat indah. Anda dapat melakukan beragam aktivitas menarik di sekitar danau, termasuk Camping.

Lokasi: Sarolangun Kembang, Kec. Sarolangun, Kab. Sarolangun.

10. Jembatan Beatrix

Jembatan Beatrix

Image Credit: Wisatalengkap.com

Jembatan Beatrix terletak di pusat kota Sarolangun tepatnya membentang di Sub Das Batang Hari, Sungai Batang Tembesi. Jembatan ini menjadi saksi bisu penderitaan rakyat Jambi pada masa penjajahan Belanda. Jembatan Beatrix atau biasa di sebut masyarakat sektiar sebagai Beatrix Brug ini dibangun doleh ribuan orang Jambi dengan sistem kerja rodi atau paksa. Jembatan dibangun dari tahun 1923 hingga diresmikan pada 1939.

Bukti sejarah bisa Anda temukan di prasasti batu granit di ujung jembatan. Meskipun sudah berumur sangat tua, namun jembatan ini masih sangat kokoh. Beberapa renovasi dilakukan dengan penambahan hiasan lampu dan warna-warni menarik membuat jembatan sepanjang 100 meter ini menjadi indah dan salah satu ikon di kota Sarolangun.

Lokasi: Sungai Bemban, Kec. Batang Asai, Kab. Sarolangun.

11. Bukit Suban Spi

Bukit Suban Spi

Image Credit: Picbabun.com

Bukit Suban Spi menawarkan wisata alam yang cukup menantang bagi Anda. Anda akan menemui Tangga Seribu Puncak Suban yang bisa didaki untuk sampai ke puncak bukit. Anda dapat menikmati pemandangan alam indah dan pemukiman warga dari puncak bukit.

Wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke Sarolangun. Untuk lokasi Bukit Suban Spi sendiri berada di Desa Bukit Suban Kecamatan Air Hitam. Meskipun tergolong tempat wisata baru, namun lokasi ini sudah cukup ramai dan diminati para pengunjung baik warga sekitar maupun dari luar.

Lokasi: Bukit Suban, Kec. Air Hitam, Kab. Sarolangun.

12. Taman Tepian Cik Minah

Taman Tepian Cik Minah

Image Credit: Jambiadventure.blogspot.com

Taman Tepian Cik Minah merupakan pusat rekreasi bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung di Sarolangun. Lokasinya berada tak jauh dari Taman Ancol, di sisi kiri sungai Batang Tembesi.

Di Taman Tepian Cik Minah Anda dapat menyaksikan lalu lintas kendaraan dan keindahan jembatan Beatrix dengan warna-warni cantik di malam hari. Banyak tempat duduk dan area bermain anak yang bisa digunakan untuk wisata keluarga mengajak anak. Sebaiknya datang ke sini saat malam hari untuk menikmati kota Sarolangun dari sudut yang berbeda.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Sungai Penuh Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Sarolangun Kembang, Kec. Sarolangun, Kab. Sarolangun.

13. Bukit Bulan

Bukit Bintang terletak di kawasan yang cukup jauh tepatnya di Kecamatan Limun, sekitar 80 km dari Sarolangun. Sepanjang perjalanan ke Bukit Bulan, Anda akan menemukan pemandangan indah dari bukit-bukit karst di daerah tersebut. Ketika sampai dilokasi Anda akan menemukan hamparan hijau bukit yang cantik dengan tebing kapur dan terowongan bawah yang eksotis.

Nama bukit bulan sendiri konon muncul dari tebing kapur yang memancarkan cahaya terang dari kejauhan ketika malam hari. Selain pemandangan indah bukit dan alam yang asri, Anda dapat menemui beberapa objek wisata di lokasi ini diantaranya adalah Gua Mesiu yaitu gua yang dipercaya oleh masyarakat pada penjajahan Belanda digunakan sebagai tempat penyimpanan bubuk mesiu.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan Gua Pelindi masih di kawasan sekitar Bukit Bulan. Gua ini merupakan sumber aliran sungai bernama Pelindi. Gua ini bertipe horizontal, sehingga cocok untuk Anda tipe petualan sebab medannya cukup sulit. Gua lain adalah Gua Kedundung yang juga memiliki sumber air dengan tipe vertikal dengan kemiringan 45 derajat dan kedalaman berkisar 12 meter.

Objek-objek wisata alam yang ditawarkan di kawasan Bukit Bulan ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan pengalaman yang berbeda dan eksotis dari wisata alam di Sarolangun.

Lokasi: Napal Melintang, Kec. Limun, Kab. Sarolangun.

14. Danau Kaco

Image Credit: Pesonaindonesia.kompas.com

Danau ini merupakan salah satu tempat wisata alam yang indah, menawarkan hamparan air danau yang seperti batu kaca dan mengeluarkan cahaya cantik ketika terkena sinar matahari.

Untuk dapat sampai di lokasi ini, Anda perlu menggunakan perahu motor / perahu tempel menyusur Sungai Batang Asai selama 2.5 jam kemudian dilanjut dengan berjalan kaki sekitar 3 jam. Perjalanan yang cukup panjang, namun akan sebanding dengan panorama yang Anda dapat nikmati. Sangat memikat dan mempesona.

Lokasi: Renah Pisang, Desa Sungai Karadak, Kec. Batang Asai, Kab. Sarolangun.

15. Air Terjun Narso

Air Terjun Narso

Image Credit: Jambi-independent.co.id

Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang dapat Anda kunjungi yang berlokasi di Kecamatan Batang Asai tepatnya di Desa Simpang Narso. Air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter ini menawarkan pemandangan alam yang cantik dan asri, cocok untuk menjadi pilihan destinasi liburan yang membuat rileks Anda dan keluarga.

Lokasi: Simpang Narso, Kec. Batang Asai, Kab. Sarolangun.

Itulah 15 tempat wisata di Sarolangun yang paling populer dikujungi wisatawan. Selamat berlibur dan menikmati keindahan alam kota ini!