Air Terjun Kuta Malaka, Surga Alam Tersembunyi Nan Menawan di Aceh

Air Terjun Kuta Malaka, Surga Alam Tersembunyi Nan Menawan di Aceh
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Kec. Suka Makmur, Kab. Aceh Besar, Aceh.

Dibalik keindahan Gunung Kuta Malaka menyimpan air terjun yang sangat indah titik. Data ada 7 air terjun tingkat yang tersembunyi di balik gunung. Lokasinya biasa dipakai untuk latihan anak pecinta alam atau tim SAR sejak tahun 2010.

Namanya Air Terjun Kuta Malaka, Lokasinya ada di bawah kaki gunung Dari Kuta Malaka yang masuk dalam jajaran Bukit Barisan. Ketika sedang di Aceh Besar harus banget main ke air terjun cantik ini. Keindahan alam serta dinginnya air jadi magnet wisata yang sulit dilupakan.

Berada di dalam hutan membuat air terjun ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Padahal panoramanya sangat indah dan tiada duanya. Supaya tidak semakin penasaran Simak pembahasan Air Terjun Kuta Malaka berikut.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Kuta Malaka

Daya Tarik Air Terjun Kuta Malaka Aceh
Image Credit: Twitter Aceh Info

1. Tujuh tingkat air terjun

Warga sekitar menyebut bahwa Air Terjun Kuta Malaka merupakan air terjun dengan 7 tingkatan. Bahkan ada yang menyebut air terjun cantik ini punya total 20 tingkatan yang masih tersembunyi di dalam perbukitan.

Lokasinya di dalam hutan membuat kondisi alam di sekitarnya sangat alami. Pemandangan hijau tersaji di depan mata yang membuat air terjun eksotis ini layaknya kepingan surga dari Aceh. Pepohonan dan suara burung sahut menyahut bisa dengan jelas terdengar.

2. Ketinggian air terjun 3-6 meter

Air Terjun indah ini punya ketinggian 3-5 meter saja. Lokasinya ada di area kaki Gunung Kuta Malaka dengan ketinggian tempat 600 meter diatas permukaan air laut. Dengan banyaknya tingkatan membuat ketinggian dari masing-masing tingkat tidak terlalu tinggi.

Setiap tingkatannya punya telaga dengan kedalaman 1-3 meter, di telaga ini pengunjung bebas bermain air. Untuk melompat pastikan berada di lokasi telaga yang punya kedalaman 3 meter ya supaya sensasi melompat aman dan nyaman.

3. Air segar dari pegunungan

Aliran air pada Air Terjun Kuta Malaka yang eksotis ini berasal dari sumber air pegunungan alami. Airnya sangat segar, dingin dan juga jernih. Saking jernihnya pengunjung bisa melihat dasar telaga dari atas permukaannya. Kesegaran airnya ini membuat siapapun ingin segera menceburkan diri di dalamnya.

4. Debit air yang tidak terlalu besar

Debit aliran dari air terjun bertingkat memang umumnya tidak terlalu besar, hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri karena pengunjung bisa bermain air langsung dibawah alirannya. Kondisi debit air dan tempat air terjun bertingkat ini bisa juga dijadikan sebagai perosotan alami.

Daya Tarik Lain Air Terjun Kuta Malaka Aceh
Image Credit: Twitter Rinaldi Ad

5. Punya bebatuan besar dan ranting kuat untuk bergelantungan

Area air terjun menawan ini punya bebatuan yang cukup banyak dan berukuran besar namun kondisinya cukup tinggi, jadi tetap ingat untuk selalu berhati-hati ketika berjalan di atasnya ya. Selain bebatuan ada pula pepohonan dengan ranting yang kuat untuk tempat anak-anak kecil bergelantungan kemudian menceburkan diri ke telaga.

6. Kondisi lingkungan yang asri

Kondisi alamnya masih sangat asri, berada di tengah hutan membuat lingkungan belum banyak dikontaminasi oleh aktivitas manusia. Sayup-sayup terdengar suara burung yang merdu saling bersahutan. Meskipun kondisi jalannya ekstrim namun tidak mengurangi minat wisatawan untuk melihat keindahan Air Terjun Kuta Malaka.

7. Biasa dijadikan sebagai tempat camping

Camping bisa dilakukan di kawasan sekitar air terjun. Meskipun tidak ada camping ground khusus namun pengunjung bisa memilih mau berkemah dimana saja asalkan tetap perhatikan lingkungan dan keselamatan diri ya. Jangan camping tepat di samping aliran air terjun, usahakan camping di permukaan tanah yang datar dan lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Kuta Malaka Aceh
Image Credit: Google Maps Ahlul Fikri

Desa Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh adalah alamat dari Air Terjun Kuta Malaka. Jarak yang harus ditempuh wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun eksotis ini bila berasal dari Banda Aceh sejauh 40 KM atau bisa ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan.

Lokasi air terjun dan Banda Aceh Sebenarnya, tidak terlalu jauh namun medan yang ekstrim dan kondisi jalan yang sulit membuat waktu tempuh menjadi lama sehingga perlu waktu yang cukup lama. Dari Banda Aceh ke Desa Samahani jalannya sudah cukup baik. Petualangan baru akan dimulai dari Desa Samahani menuju lokasi dimana air terjun berada.

Kondisi jalan berupa perbukitan yang berupa tanah ditambah dengan adanya tikungan tajam, tanjakan serta turunan adalah medan yang wajib ditaklukan sebelum bisa menikmati keindahan air terjun. Saking extreamnya terkadang pengunjung perlu mendorong sepeda motornya untuk bisa melewati anak sungai.

Setelah sampai di bangunan tembok yang disebut tempat parkir kemudian pengunjung perlu menuruni anak tangga yang terbuat dari cor beton yang jumlahnya ratusan untuk sampai ke tempat air terjun indah ini. Rasa lelah di perjalanan akan terbayar lunas setelah menceburkan diri di dalam kesegaran air terjun.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Air Terjun Kuta Malaka Aceh
Image Credit: Twitter ILATeam Management

Harga tiket masuk ke area Air Terjun Kuta Malaka yaitu Rp 10.000,- biaya ini sudah termasuk dengan biaya parkir untuk kendaraan. Kendaraan akan dijaga dengan baik oleh petugas parkir. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir meninggalkan kendaraannya meskipun berada dalam hutan.

Tempat bermain air indah ini buka setiap hari dari mulai pagi sampai sore hari. Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk disarankan bagi wisatawan untuk datang ketika matahari masih bersinar. Kunjungan paling ramai yaitu pada hari libur dan tanggal merah.

Kegiatan yang Menarik di Air Terjun Kuta Malaka

Aktivitas Air Terjun Kuta Malaka Aceh
Image Credit: Twitter Aceh Info
  • Bermain air dan berenang

Bermain air dan renang jadi kegiatan wajib yang dilakukan selama berada di kawasan air terjun terutama di Air Terjun Kuta Malaka yang indah ini. Air terjun bertingkat yang punya banyak spot untuk bisa dipakai bermain air dan berenang.

  • Main perosotan air

menceburkan diri di dalam kolam air jadi hal yang menarik dilakukan. Pengunjung bisa memilih tempat untuk meloncat yaitu area bebatuan ataupun dahan pepohonannya. Kelebihan air terjun bertingkat serasa mendapat perosotan air alami.

  • Bersantai

Bersantai adalah kegiatan yang nyaman untuk dilakukan. Keindahan Air Terjun Kuta Malaka bisa dirasakan dengan duduk-duduk di pinggiran telaga sembari mencelupkan kaki ke dalamnya. Dinginnya air akan memberikan sensasi menyegarkan di kaki yang lelah usai berjalan cukup jauh.

  • Hunting Foto

Kegiatan hunting foto saat berlibur di alam jelas menjadi kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Pastikan sudah melindungi kamera atau ponsel dengan pelindung anti air ya supaya tidak terkena cipratan air terjun. Pengunjung bisa berfoto di depan air terjun, foto di dalam telaga seolah sedang berada di private pool.

  • Piknik bersama keluarga

Piknik adalah kegiatan seru yang biasanya dilakukan di alam terbuka. Sensasi menyenangkan kumpul bersama keluarga sembari berbagi cerita dan menikmati makanan yang dibawa akan menambah keharmonisan di keluarga. Piknik boleh dilakukan dengan menggelar alas untuk duduk ingat untuk selalu menjaga kebersihan lokasi.

  • Berkemah

Kegiatan kemah di kawasan Air Terjun biasa dilakukan oleh Mahasiswa Pecinta Alam di Daerah Aceh. Kegiatan ini juga bisa dilakukan oleh pengunjung secara berkelompok. Untuk mengurus perizinannya pun cukup mudah. Area yang sejuk ditambah dengan adanya air terjun menjadi tempat kemah terbaik.

Aktivitas Seru Air Terjun Kuta Malaka Aceh
Image Credit: Twitter Aceh Indonesia

Ketika ingin berkemah di alam terbuka khususnya Air Terjun Kuta Malaka perhatikan tips berikut:

  1. Membuat perencanaan yang matang tentang berapa lama waktu berkemah, berapa orang yang ikut kemah, biaya yang dibutuhkan dan pengurusan perizinan.
  2. Menyiapkan dan membawa peralatan kemah yang dibutuhkan seperti jumlah tenda, matras, patok, alat penerangan dan lainnya.
  3. Memiliki lokasi kemah yang tepat survei terlebih dahulu bagaimana medan yang akan digunakan.
  4. Membuat rangkaian kegiatan supaya kegiatan menjadi menarik, apalagi jika berkemah bersama teman atau anak-anak.
  5. Selalu memperhatikan kondisi alam dan tidak merusaknya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Kuta Malaka Aceh
Image Credit: Google Maps Teuku Chaidil

Sejumlah fasilitas sudah disediakan oleh pihak pengelola meskipun lokasi air terjun yang berada jauh dari kediaman penduduk. Fasilitas yang bisa dilihat dan dirasakan manfaatnya secara langsung adalah anak tangga yang sudah disemen dan dibuat sedemikian rupa supaya pengunjung tidak terlalu lelah. Total ada 468 anak tangga di Air Terjun Kuta Malaka.

Fasilitas umum lainnya belum ditemukan di kawasan air terjun ini. Memang fasilitasnya masih minim belum ada toilet, tempat ganti baju, warung makan dan juga mushola. Jika ingin beribadah wisatawan bisa mampir di mushola yang ada di Desa Samahani. Kurangnya fasilitas ini membuat pengunjung harus membawa perbekalan makan sendiri.

Keterbatasan fasilitas menjadi sedikit penghalang bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesini. Fasilitas yang sudah ada hanya berupa pintu masuk dan juga area parkir yang sudah ada penjaganya. Diharapkan pihak pengelola dan pemerintah Aceh melakukan penambahan dan perbaikan untuk kebutuhan fasilitas umumnya.

Nah itulah pembahasan Air Terjun Kuta Malaka di Aceh ini. Nama air terjun cantik ini sempat mencuat ke media nasional karena adanya ketegangan antara Gerakan Aceh Merdeka dengan Pemerintah Indonesia. Kondisi jalur yang ekstrim tidak menyurutkan minat pengunjung untuk melihat keindahan dari air terjun bertingkat di Kaki Gunung Kuta Malaka.