10 Air Terjun Terindah di Sekitar Kota Medan

10 Air Terjun Terindah di Sekitar Kota Medan

Objek wisata alam di Medan sangat banyak dan beragam jadi akan sangat rugi jika sudah berlibur jauh-jauh ke Pulau Sumatra namun belum mengunjungi wisatanya. Salah satu destinasi wisata alam yang menarik disini yaitu air terjunnya. Selain mempunyai pemandangan yang indah sejumlah air terjun disini juga mempunyai ketinggian yang sangat tinggi.

Jadi buat Anda yang suka menjelajahi wisata alam tidak usah bingung lagi untuk menentukan pilihan. Karena disini sudah dirangkum daftar air terjun di sekitaran Medan yang patut Anda kunjungi sehingga akan lebih mudah untuk menentukannya.

Tidak hanya itu saja Sumatra Utara khususnya Medan ini mempunyai bentuk alam yang sangat unik sehingga banyak sekali wisata alam yang terbentuk secara alamiah seperti halnya pantai, gunung bahkan sampai air terjun.

1. Air Terjun Namo Belango

Air Terjun Namo Belango
Image Credit: Google Maps (M Irfan Ansari Barus)

Pemandangan di air terjun Namo Belango ini sangat indah karena letaknya yang berada di alam terbuka sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam secara langsung yang hijau dari pepohonan. Selain itu, air terjun ini mempunyai air yang sangat jernih sehingga pemandangan di bawah permukaannya akan terlihat sangat jelas.

Tidak hanya itu saja Anda juga dapat menikmati dinginnya air tersebut secara langsung dengan bermain air maupun berendam di air terjun tersebut. Untuk hari bukanya yaitu setiap hari dengan jam buka 24 jam nonstop sehingga Anda dapat sepuasnya menikmati keindahan alamnya.

Selain itu, untuk sampai di lokasi tujuan apabila Anda berasal dari arah kota medan maka cukup menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam saja. Serta letak dari air terjun ini berada di kota Medan untuk lebih tepatnya berada di desa Namu Ukur Utara.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Namu Ukur Utara, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara

2. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna
Image Credit: Instagram.com @adventure_sumut

Air terjun ini mempunyai warna yang sangat memukau dari perpaduan dua warna yang sangat cantik. Serta apabila dilihat dari kejauhan maka akan nampak di pinggiran air terjun terlihat putih jernih sedangkan untuk yang lebih dalam akan berwarna biru muda.

Air terjun ini juga sangat tinggi sehingga debit air yang dihasilkan juga sangat kencang. Serta udara yang berada di sekitaran juga sangat dingin. Ditambah lagi pemandangannya juga sangat cantik sehingga buat Anda yang ingin datang kesini pasti tidak akan menyesal.

Untuk lokasinya sendiri Anda bisa datang ke kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan untuk desanya yaitu Durin Sirugun. Kendaran yang bisa Anda gunakan untuk sampai disana yaitu mobil maupun motor. Untuk sampai disini apabila Anda dari kota Medan maka cukup menempuh jarak kurang lebih 2 jam saja cukup dekat bukan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandar Baru, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

3. Air Terjun Teroh-Teroh

Air Terjun Teroh-Teroh
Image Credit: Google Maps (Sopan Arifin)

Air terjun yang satu ini juga tidak kalah menarik dari yang lainnya. Pemandangan alam yang disuguhkan juga sangat indah begitupun dengan airnya yang sangat bening juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjungnya. Untuk tiket masuknya sangat terjangkau sehingga bisa dibeli oleh siapa saja.

Wisata ini memang tergolong sangat murah namun jangan salah karena sajian pemandangannya juga sangat menarik serta banyak sekali aktivitas yang bisa Anda lakukan seperti mandi, bermain air maupun berselfie karena pemandangan disini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang berfoto.

Untuk letaknya sendiri berada di Sumatra Utara khususnya kabupaten Langkat dan desanya Rumah Galuh. Serta untuk sampai di lokasi tujuan Anda harus memakan waktu sekitar 1 jam dari pusat kotanya.

Harga Tiket: Rp 45.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

4. Air Terjun Siluman

Air Terjun Siluman
Image Credit: Travelingmedan.com

walaupun dinamai demikian air terjun ini mempunyai pemandangan yang sangat cantik tidak seperti namanya yang sangat menakutkan tersebut. Air terjun ini sering disebut demikian oleh warga sekitarnya karena dapat muncul serta menghilang kapan saja seperti halnya siluman jadi itulah awal mulanya dinamai air terjun Siluman.

Air terjun ini mempunyai debit air yang kecil serta ombak yang tenang sehingga aman untuk melakukan aktivitas renang. Selain itu, airnya juga bening dan juga bersih sehingga tidak akan menyebabkan gatal-gatal. Untuk lokasinya sendiri sangat dekat dengan Air Terjun Namo Belango tetapi jalan yang harus dilalui untuk sampai di air terjun ini lebih sulit.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

5. Air Terjun Pelangi

Air Terjun Pelangi
Image Credit: Google Maps (Muhammad Rizky)

Daftar air terjun selanjutnya ada Air Terjun Pelangi. Selain namanya yang bagus namun pemandangan yang disuguhkan juga sangat menarik. Tidak hanya pemandangan yang indah, air yang jernih serta udara yang dingin namun disini Anda juga bisa memandang Jembatan Lau Hulung dari kejauhan yang sangat indah.

Untuk tiket masuknya sendiri juga sangat terjangkau oleh umum sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Selain itu jalan yang harus Anda lalui untuk sampai disana cukup mudah sehingga dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor dan waktu yang dibutuhkan juga sekitar 2 jam saja. Untuk letaknya sendiri berada di Sumatra Utara khususnya daerah Tanjung Timur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanjung Timur, Kec. Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Sampuren Putih

Air Terjun Sampuren Putih
Image Credit: Google Maps (R Ryanto)

Air terjun ini tergolong sangat indah karena mempunyai pemandangan yang memukau dari sejumlah pepohonan yang tumbuh rindang di sekitaran air terjun. Tidak hanya itu saja ketinggian air terjun ini juga sangat rendah sehingga menghasilkan debit air yang kecil serta aman untuk digunakan berenang.

Selain itu, air yang terdapat di air terjun ini sangat bersih sehingga tidak akan menimbulkan iritasi maupun gatal-gatal pada kulit Anda. Serta Anda juga dapat melihat pemandangan yang cantik dari bebatuan ataupun lumut yang berada dibawah permukaan air.

Untuk tempatnya sendiri bisa Anda jumpai dengan berkunjung ke Sumatra Utara khususnya Kabupaten Deli Serdang untuk lebih tepatnya berada di desa Bas Ukum atau Cinta Rakyat. Harga tiket masuknya sendiri juga tergolong cukup murah. Serta untuk sampai di lokasi tujuan bila Anda berasal dari Kota Medan maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam saja.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Negri Gugung, Kec. Sibolangit, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

7. Air Terjun Tongkat

Air Terjun Tongkat
Image Credit: Kompasiana.com

Air terjun ini dinamai demikian karena adanya tongkat yang memanjang dan berdiri diantara air terjun tersebut. Serta ketinggian yang dimiliki air terjun ini kurang lebih 30 meter cukup tinggi bukan. Selain itu beberapa batuan yang sangat besar juga mengelilingi air terjun tersebut juga dapat menambah keindahannya.

Tidak hanya itu saja air yang jernih serta berwarna kehijau-hijauan yang berasal dari pantulan lumut yang berada dibawah permukaan juga melengkapi pesona kecantikan air terjun tersebut. Selain keindahan alam yang ditawarkan untuk tiket masuknya sendiri juga cukup murah sehingga Anda dapat berhemat.

Namun, untuk perjalanannya dibutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam dan Anda juga akan dikenai biaya lagi untuk parkirnya. Serta untuk sampai di lokasi tujuan Anda juga harus berjalan kaki tetapi tidak usah khawatir karena lelah Anda akan membuahkan hasil.

Harga Tiket: Rp 30.000; Map: Cek Lkasi
Alamat: Jl. Sungai Wampu, Rumah Galuh, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

8. Air Terjun Sigura-Gura

Air Terjun Sigura-Gura
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Menariknya lagi dari air terjun ini yaitu memiliki ketinggian berkisaran 250 meter. Dengan ketinggian yang dimiliki air terjun ini dijuluki sebagai air terjun tertinggi yang berada di Indonesia. Serta lokasinya yang berdekatan dengan Danau toba juga menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, jika Anda berkunjung kesini maka dapat melihat pembangkit listrik tenaga air juga.

Tidak hanya itu Anda juga dapat memanfaatkan area terbuka yang berada di sekitar air terjun tersebut untuk melakukan kemah serta panjat tebing. Karena tebing disini cukup menantang dengan ketinggiannya.

Untuk tiket masuknya sendiri cukup murah sehingga bisa dibeli oleh siapa saja. Serta untuk lokasinya sendiri bisa Anda jumpai jika berkunjung ke Sumatra Utara khususnya desa Pintu Pohan Dolok untuk dusunnya sendiri yaitu Sigura-gura.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Halado, Kec. Pintu Pohan Merant, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

9. Air Terjun Lobu Rappa

Air Terjun Lobu Rappa
Image Credit: Facebook.com @promosi.usahakecilmenengah

Air terjun ini juga sangat indah dan juga memukau sehingga dapat memanjakan mata Anda. Keindahan tersebut berasal dari banyaknya pepohonan yang hijau tumbuh di sekitaran air terjun serta warna air yang cantik mampu menghilangkan rasa lelah Anda.

Selain itu, air terjun ini juga terdapat banyak rerumputan yang tumbuh di sekitarnya dan goa yang tercipta dari kumpulan bebatuan. Serta air terjun ini juga sangat tinggi yaitu sekitar 15 kilometer dari bawah air terjun. Untuk sampai disini Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 200 meter dari tempat parkir.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dolok Maraja, Lobu Rappa, Kec. Aek Songsongan. Kab. Asahan, Sumatera Utara.

10. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap
Image Credit: Instagram.com @goadvmdn

Air terjun ini juga tidak kalah menarik dari air terjun lainnya. Apalagi pemandangan yang disajikan juga sangat memukau sehingga cocok untuk dijadikan sebagai latar belakang berfoto Anda. Menariknya lagi air terjun ini mempunyai ketinggian berkisar 30 meter serta mempunyai curah debit yang sangat deras sehingga nampak menawan untuk dilihat.

Harga tiket masuknya sendiri juga sangat terjangkau sehingga bisa dibeli oleh semua kalangan. Serta untuk lokasi dari wisata ini yaitu berada di Kabupaten Deli Serdang khususnya desa Ranggitgit.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Martelu, Kec. Sibolangit, Kab. Karo, Sumatera Utara.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai daftar air terjun terindah di sekitaran Kota Medan yang bisa dijadikan pilihan untuk berlibur. Tidak hanya mempunyai pemandangan yang indah dan juga menawan beberapa air terjun tersebut juga merupakan air terjun tertinggi di Indonesia.