Bukit Langkisau, Menikmati Panorama Alam Indah yang Memukau di Pesisir Selatan

Bukit Langkisau, Menikmati Panorama Alam Indah yang Memukau di Pesisir Selatan
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Langkisau, Salido, Kec. Iv Jurai, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Bukit Langkisau menyajikan pemandangan yang sangatlah menakjubkan bagi Anda yang gemar berwisata ke dataran tinggi. Di sana nantinya Anda bisa menyaksikan keindahan dari pulau yang berada di sekitarnya. Pulau-pulau tersebut seperti contohnya pulau monyet, karabak, carocok dan juga pulau cubadak.

Pemandangan yang dimiliki sekitar bukit itu sendiri begitu menakjubkan serta menjadi destinasi wisata alternatif setelah wisatawan berkunjung ke Pantai Carocok. Anda akan mendapati keindahan dari puncak bukit akan semakin indah ketika berada di tempat tersebut saat momen matahari terbit dan juga matahari terbenam.

Bagi Anda yang merasa tertarik dan ingin berkunjung, maka berikut ini akan disajikan informasi lebih lengkap mengenai wisata hits Bukit Langkisau, mulai dari apa saja daya tarik yang dimiliki, rute untuk menuju lokasi, penginapan terdekat yang ada di lokasi wisata dan lain sebagainya terkait perbukitan cantik ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Langkisau.

Daya Tarik Bukit Langkisau.
Image Credit: Google Maps RANG PASISIA

1. Memiliki Panorama yang Indah

Daya tarik utama yang dimiliki oleh bukit yang satu ini yaitu panorama alamnya yang begitu indah. Di tempat tersebut terhampar banyak pulau-pulau kecil yang dikepung oleh lautan. Pulau-pulau tersebut terletak di antara kota Padang dan Pantai Carocok yang nantinya akan menyambut kedatangan Anda.

Pemandangan di sebelah kanan yaitu berupa landscape perkotaan sedangkan pemandangan di sebelah kiri berupa teluk dari Pantai Carocok. Sedangkan di bagian depan Anda akan disuguhkan pemandangan berupa Pulau Semanggi, Pulau babi dan pulau-pulau lainnya yang berada di tengah lautan serta diapit oleh bukit barisan.

2. Sunset yang Menakjubkan

Panorama alam tersebut akan semakin tampak indah ketika Anda berada di tempat tersebut menjelang sore hari. Banyak wisatawan yang sengaja datang ketika menjelang pukul jam 5 sore. Karena memang pada saat itu matahari akan mulai terbenam dan menyuguhkan panorama yang mampu membuat semua mata takjub.

Bagi Anda yang pertama kali berkunjung ke Bukit Langkisau, tentunya hal itu akan sangat susah untuk dilupakan. Anda akan bisa melihat matahari tersebut menaburkan warna-warna kuning ke merah-merahan. Perlahan warna tersebut akan mulai memudar dan berganti gelap menyeluruh.

Jika Anda termasuk wisatawan yang beruntung, maka nantinya juga berkesempatan untuk melihat pemandangan matahari tersebut yang membelah teluk pesisir selatan. Saat sore hari, utamanya ketika musim penghujan di area pesisir selatan memang seringkali diguyur oleh hujan. Namun, tak lama kemudian langit akan mulai menyuguhkan pemandangan yang begitu indah yang membuat Anda terpana.

3. Olahraga Paralayang

Bukit Langkisau selain juga dikenal karena pemandangan yang begitu menakjubkan, Anda juga akan menemukan daya tarik lain yaitu berupa olahraga paralayang. Bukitnya yang memang sangatlah aman serta pemandangan yang begitu indah.

Hal itu menjadikan tempat tersebut sering dipilih sebagai lokasi diadakannya kompetisi paralayang. Tak jarang kompetisi yang diadakan tersebut merupakan kompetisi tingkat internasional.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Langkisau
Image Credit: Google Maps Bukit Langkisau

4. Terdapat Banyak Pohon Tua

Daya tarik berikutnya yaitu ada banyak sekali pohon-pohon tua yang tumbuh di sana. Bahkan beberapa memiliki usia Hingga 300 tahun. Bagi Anda yang sangat gemar melihat pemandangan pohon-pohon tua, maka sangat cocok jika datang ke tempat tersebut.

Namun perlu diingat, untuk menjelajahi kawasan tersebut dan melihat pepohonan yang memiliki umur lebih seabad, Anda membutuhkan seorang pemandu yang mengerti seluk beluk mengenai Bukit Langkisau dan juga tanaman di daerah sana.

5. Memiliki Tempat Keramat

Selain juga dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup populer, bukit cantik ini memang yang dikenal juga sebagai tempat yang memiliki tempat keramat. Bagi beberapa orang yang mempercayainya, mereka yakin bahwasanya salah satu tempat yang berada kawasan bukit yang berupa kuburan mampu mewujudkan keinginan bagi para peziarah yang datang.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Langkasau
Image Credit: Google Maps Sirajul Fuad Zis

Seperti yang telah diuraikan di atas, bahwasannya bukit Langkisau ini berasal dari kota Painan, Sumatera. Untuk menuju ke bukti tersebut, nantinya Anda harus menaiki anak tangga hingga akhirnya bisa sampai ke puncak bukit tertinggi.

Anda tidak perlu khawatir nantinya akan merasa lelah, karena ketika telah sampai di atas, lelah Anda akan dibayar oleh pemandangan yang ditawarkan oleh bukit yang satu ini. Sebagai saran, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi atau setidaknya Anda menyewa sepeda motor ataupun taksi untuk menuju ke Painan.

Dengan Anda menggunakan kendaraan pribadi tersebut, nantinya Anda bisa sesuka hati berhenti ketika ingin melihat beberapa tempat yang dirasa cukup menarik. Karena memang sepanjang perjalanan menuju lokasi bukit, Anda akan disuguhkan banyak sekali pemandangan indah seperti contohnya teluk bungus, lubuak titiak dan lain sebagainya.

Tujuan pertama perjalanan Anda nantinya yaitu kota Padang. Dari kota Padang tersebut Anda perlu melanjutkan berkendara menuju arah barat daya. Perjalanan itu kira-kira akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam lamanya untuk menuju ke Kota Painan. Dari kota Painan itu sendiri akan di dibutuhkan waktu kurang lebih seperempat jam agar bisa sampai di bukit Langkisau.

Sebaiknya Anda memilih waktu yang benar-benar tepat ketika hendak berkunjung menikmati pesona alamnya. Pilihlah waktu di mana cuaca tengah cerah. Sehingga nantinya perjalanan Anda tidak terganggu oleh hujan. Selain itu penting untuk menyiapkan perlengkapan, seperti baju hangat dan obat-obatan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata.

Harga Tiket Masuk Bukit Lingkassau
Image Credit: Google Maps Jefri Antoni

Bukit Langkisau adalah salah satu dari banyak bukit barisan. Akan sangat terlihat pemandangan tersebut ketika Anda tengah berada di pesisir selatan. Untuk dapat menuju bukit tersebut, di sini Anda perlu menempuh tanjakan yang memiliki kemiringan cukup curam dan juga jalanan yang berkelok-kelok.

Akses untuk Anda menuju ke tempat tersebut juga cukup rapi karena memang bisa dilalui oleh dua mobil berukuran kecil sekaligus. Masalah biaya di sini pihak pengelola bukit tidak memungut biaya bagi para wisatawan yang hendak masuk ke area bukit.

Artinya Anda hanya akan dikenakan tarif parkir saja. Untuk kendaraan berupa sepeda motor tarif parkir yang dikenakan sebesar Rp 3.000, sedangkan untuk tarif parkir mobil sebesar Rp 5.000. Setiap tempat wisata tentunya memiliki jam operasionalnya sendiri.

Masing-masing akan memiliki jam buka dan jam tutupnya yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola tempat wisata. Namun untuk berkunjung, Anda bisa datang kapan pun Anda memiliki waktu luang. Karena memang wisata alam ini dibuka hingga 24 jam bagi para pengunjung yang ingin datang berwisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Langkisau

Kegiatan Menarik Bukit Langkisau
Image Credit: Google Maps Yuda Pramana

1. Menikmati Pemandangan dari Villa

Berkunjung ke Bukit Langkisau tentunya akan membuat Anda dapat melakukan banyak aktivitas menarik. Salah satu aktivitas tersebut yaitu menikmati pemandangan indah dari villa. Di bagian puncak bukit memang terdapat villa di mana nantinya Anda bisa memilih tinggal di sana saat Anda memutuskan untuk bermalam.

Ketika malam hari telah tiba, Anda dapat melihat pemandangan samudra luas yang begitu indah ditaburi cahaya lampu kapal yang gemerlap di kejauhan. Sedangkan ketika menjelang pagi hari, Anda pun masih bisa melihat pemandangan yang tak kalah indah, yaitu berupa matahari terbit. Biasanya ketika pagi hari tersebut akan banyak orang dewasa ataupun anak-anak yang sedang berlari pagi.

2. Bermain Paralayang

Aktivitas paling menarik yang bisa dilakukan yaitu mencoba bermain paralayang. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan paralayang tersebut, maka perlu membayar biaya sebesar Rp 300.000. Anda tidak perlu khawatir karena pilot yang akan bersama dengan Anda adalah seseorang yang telah profesional dan memiliki sertifikat resmi.

3. Bersantai

Selain aktivitas berupa olahraga kedirgantaraan, di Bukit Langkisau ini juga Anda bisa sekedar untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Di tempat tersebut terdapat taman kecil yang dilengkapi dengan gazebo. Tempat tersebut sangatlah cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan merilekskan pikiran dari beban kerja sehari-hari.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas bukit Lingkasau
Image Credit: Google Maps angel omx

Seperti umumnya tempat wisata lainnya, di Bukit Langkisau ini juga telah tersedia fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas tersebut memang sengaja disediakan oleh pihak pengelola wisata agar membuat para wisatawan merasa betah saat berada di sana.

Nantinya di tempat tersebut Anda tidak akan kesusahan untuk mencari warung makanan. Selain itu terdapat juga penginapan bagi Anda yang ingin bermalam. Untuk area parkirnya sendiri juga cukup luas dan aman sehingga Anda tidak perlu khawatir kendaraan nantinya hilang.

Selain itu, juga di wisata alam ini Anda berkesempatan untuk bermalam. Kawasan bukit ini telah menyediakan banyak sekali penginapan bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu sembari menikmati panorama malam yang tersaji.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tempat wisata Bukit Langkisau yang berada di Pesisir Selatan. Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke kota tersebut, maka tak ada salahnya menyempatkan waktu untuk wisata ke bukit yang satu ini. Karena di sana nantinya Anda akan memperoleh pengalaman baru yang sulit untuk dilupakan.