Sumatra Barat

10 Oleh-Oleh Khas Pasaman Barat yang Paling Populer

Berkeliling ke Pasaman Barat tidak asik jika pulang dengan tangan kosong. Inilah daftar rekomendasi oleh-oleh khas dari Pasaman Barat yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Memiliki kepadatan rutinitas sehari-hari terkadang membuat Anda harus harus keluar dari rumah untuk menikmati udara segar. Salah satunya dengan berlibur ke kota lain dan mengunjungi destinasi wisata alam, buatan, maupun kulinernya. Dengan begitu selain membuat otak kembali fresh, Anda juga dapat merasakan olahan dari setiap daerah.

Pasaman Barat merupakan sebuah kabupaten yang berada di Sumatera Barat dan menjadi kawasan yang rekomendasi untuk Anda kunjungi. Disana ada beragam jenis kuliner yang dapat Anda jelajahi. Selain itu tak lengkap rasanya jika habis berlibur tanpa membawa buah tangan untuk keluarga di rumah.

Oleh karenanya Anda pun dapat membeli sejumlah oleh-oleh khas dari Pasaman yang unik dan menarik. Tak hanya berupa camilan saja, melainkan ada juga souvenir cantik yang sudah terjejer rapi dan siap untuk Anda bawa pulang. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja keanekaragaman yang ada di wilayah tersebut, simak penjelasan berikut ini.

1. Camilan Jagung

Emping Jagung

Image Credit: Facebook.com (Abdul Aziz)

Camilan jagung menjadi buah khas Pasaman Barat yang paling banyak dijual disana. Pasalnya daerah ini memang menjadi sentral pusat dari tanaman jagung. Oleh karenanya tak sedikit dari warga yang berusaha memanfaatkan adanya peluang ini untuk bisa mendapatkan uang.

Adapun beberapa jenis dari jajanan ini, seperti emping jagung, kue jagung, minyak jagung, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan semua ini Anda tidak perlu pusing mencari lokasinya karena disana sudah dibangun pusat oleh-oleh yang sudah menyediakan apapun kebutuhan para wisatawan.

2. Alpukat

Alpukat

Image Credit: Facebook.com @joe.rimba.14

Jika Anda termasuk orang yang menyukai buah, mengunjungi daerah yang ada di Sumatera Barat tidak akan membuat rugi. Bagaimana tidak disana Anda bisa membeli oleh-oleh buah alpukat yang mempunyai sedikit perbedaan dengan yang dimiliki daerah lain.

Mulai dari rasa daging buah yang pulen serta gurih, dengan warna bak mentega, dan ukuran cukup besar sekitar 500-900 gram. Sungguh Anda akan puas meskipun hanya memakan satu buah saja.

Selain itu buah alpukat ini tidak hanya bisa Anda konsumsi secara langsung saja. Namun Anda pun dapat menyulapnya menjadi olahan lain yang lebih nikmat. Seperti jus, kue, dan es buah. Dengan begitu tak hanya kelezatan yang akan Anda peroleh namun kesehatan pun terjamin.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Pariaman yang Murah & Enak

3. Kerajinan Khas Pasaman Barat

Kerajinan Khas Pasaman Barat

Image Credit: Facebook.com @winnie.goninji

Tidak hanya kaya akan buah dan masakannya saja, namun di daerah ini juga menyimpan kerajinan tangan khas yang terbukti memiliki banyak peminat. Hal ini dikarenakan semua bentuk dan jenis yang dihasilkan oleh orang-orang kreatif di Pasaman Barat sangat rapi dan layak untuk diacungi jempol.

Adapun oleh-oleh berupa souvenir yang bisa Anda dapatkan ialah Lapiak Tobi atau Tikar Pandan, Budua Kariang, miniatur kapal, dan masih banyak lagi lainnya. Kerennya lagi jika Anda berminat, untuk ukuran dan bentuk bisa request sendiri kepada penjual atau pengrajinnya.

Hanya saja waktu yang dibutuhkan untuk membuat pesanan Anda pasti sedikit lebih lama jika dibandingkan membeli barang jadi. Namun setelah selesai, pastinya Anda tidak akan menyesal telah memesannya. Sedangkan untuk harga sendiri biasanya menyesuaikan kesulitan beserta ukuran miniatur yang dipesan.

4. Rendang Lokan

Rendang Lokan

Image Credit: Tokopedia.com

Rendang Lokan adalah kuliner yang berbahan dasar Lokan atau kerang. Makanan ini menjadi olahan asli dari orang-orang penduduk pesisir Pasaman. Pada umumnya kerang yang digunakan identik yang berukuran besar agar isinya tidak terlalu mengkerut saat dimasak.

Tak hanya kerang saja yang ada di dalam rendang ini melainkan campuran daun singkong atau pakis beserta bumbu-bumbu khas akan menemaninya saat dihidangkan. Jika Anda berkunjung dan ingin mencicipi atau membawakan oleh-oleh bagi orang rumah, masakan ini wajib untuk dibeli.

Alasannya selain cukup langka karena tidak banyak daerah yang meniru produknya, rasanya pun sangat menggugah selera. Saking banyaknya peminat untuk saat ini olahan Rendang Lokan sudah dijual melalui online, dan itu cukup memudahkan Anda untuk membelinya jika tidak tahu kedai tetapnya.

5. Gulai Langkitang Lado Kutu

Gulai Langkitang Lado Kutu

Image Credit: IDNtimes.com

Namanya yang unik ternyata juga menyimpan sejumlah keistimewaan pada makanan Gulai Langkitang Lado Kutu. Bahan dasar yang digunakan adalah siput sawah dengan bentuk memanjang dan berwarna hitam. Kemudian sebelum dimasak Langkitang akan dipotong ujungnya kemudian dibersihkan kotorannya.

BACA JUGA:  8 Tempat Wisata di Kepulauan Mentawai Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Baru setelahnya dicuci sampai bersih dan dimasak bersama bumbu rempah khas Minang dengan santan. Rasa yang ditawarkan akan membuat Anda ketagihan, pedes dan gurih sangat mendominasi sehingga membuat lidah seakan bergoyang saat menikmatinya.

Anda bisa menikmati makanan ini di tempat atau membawanya pulang. Namun, sangat dianjurkan untuk menunggu masakan dingin terlebih dahulu agar tidak mudah basi karena ada kandungan santannya. Setelah sampai rumah baru di hangatkan lagi untuk menambah kenikmatan saat mengkonsumsinya.

6. Lele Asap

Lele Asap

Image Credit: Leleasapmuf.blogspot.com

Ikan dengan ciri khas memiliki kumis panjang dan penyengat sudah banyak dikenal orang. Ikan lele, selain dibudidayakan di tempat-tempat penampungan juga hidup bebas di sungai. Makanan khas yang sangat populer dan rekomendasi untuk Anda jadikan oleh-oleh dari Pasaman Barat adalah Lele Asap.

Pada proses pengolahannya lele akan di asap dan itu membutuhkan waktu selama 2 hari. Setelah itu, barulah ikan dimasukkan oven dan di packing menggunakan kemasan menarik. Alasannya yakni untuk membuat wisatawan menjadi berminat membeli produk ini dan menjaga kualitas dari ikan yang ada di dalamnya.

Biasanya Lele Asap akan dimasak lagi menjadi gulai ataupun hidangan lainnya. Namun bagi Anda yang ingin membelinya tidak bisa hanya per biji, sebab satu kemasannya itu ditakar per kilogram, dan tentunya menyesuaikan bobot atau jumlah lele itu sendiri.

7. Panggang Pacak

Panggang Pacak

Image Credit: Okezone.com

Panggang Pacak merupakan kuliner khas wilayah Pasaman Barat yang juga banyak diburu oleh para wisatawan. Bahan dasarnya adalah ikan yang dibumbui dan dimasak dengan cara ditepuk-tepuk. Kunci cita rasa yang dihasilkan oleh olahan ini adalah resep asli daerah beserta cara masaknya.

Adapun bumbu itu adalah bawang, cabai, kunyit, jeruk nipis, garam, kelapa parut, asam, dan serai. Setelah ikan dipenuhi dengan bahan dapur tersebut, barulah akan diletakkan di atas panggangan sampai matang. Aroma yang menyengat dengan cita rasa gurih akan sangat memanjakan mulut Anda.

Jadi pastikan saat berada di daerah ini Anda membelinya untuk dijadikan buah tangan. Sebab tak seru jika Anda tak berbagi masakan khas daerah lain, apalagi termasuk dalam kriteria unik dan nikmat.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Padang Panjang yang Paling Populer

8. Gulai Sabo

Gulai Sabo

Image Credit: Facebook.com @thaty.thixae

Makanan berkuah santan seperti gulau ternyata masuk ke kategori oleh-oleh khas dari Pasaman Barat. Gulai Sabo adalah nama dari kuliner ini. Dengan menggunakan aneka macam seafood seperti ikan, udang, dan kepiting di dalamnya membuat siapapun pasti akan ngiler saat melihatnya.

Gulai Sabo sangat cocok dihidangkan bersama nasi hangat, karena cita rasa yang ditawarkan adalah kombinasi dari asin, gurih, dan pedas. Akan tetapi jangan terlalu berlebihan untuk mengkonsumsinya karena tingkat kolesterol makanan ini cukup tinggi.

9. Gulai Hiu

Gulai Hiu

Image Credit: Cookpad.com

Makanan yang satu ini seringkali membuat orang-orang penasaran dan berasumsi liar. Sebab jika dilihat dari namanya, Gulai Hiu seperti menggambarkan bahwa olahan ini terbuat dari ikan hiu yang berukuran besar dan memiliki taring tajam. Hal itu tentu tidak benar karena ikan yang dipakai adalah hiu mini.

Untuk proses pembuatannya cenderung sama dengan gulai lainnya, dimana ikan yang sudah dibersihkan kemudian di potong menjadi beberapa bagian. Barulah setelahnya dimasukkan ke dalam santan yang sudah dibumbui dengan bahan-bahan terpilih dan telah dihaluskan.

Saat Anda mencobanya kesan pertama yang sangat terasa adalah santan kental yang sangat gurih. Apalagi jika menikmatinya saat masih hangat, itu akan menambah kesan lezat tersendiri bagi Anda.

10. Jeruk

Jeruk

Image Credit: Facebook.com @rovyta.hpai

Jeruk merupakan buah yang memiliki rasa asam bercampur manis dan bisa ditemukan pada beberapa daerah, termasuk Pasaman. Namun pastinya ada sejumlah pembeda yang dapat Anda rasakan saat membeli jeruk di wilayah ini.

Rasa yang terbilang sangat manis, dengan ukuran jumbolah yang menjadi ciri khas dari jeruk Pasaman. Menariknya lagi hasil alam ini menjadi salah satu produk unggulan yang wajib Anda coba karena cita rasa yang terkandung dalam buah tidak akan ditemukan pada daerah lain.

Banyaknya hasil panen yang setiap tahunnya didapatkan oleh petani-petani kawasan ini, membuat Anda tidak akan kesusahan dalam mencari lokasi penjual. Sebab hampir di seluruh kota pasti ada orang yang menjajakan buah jeruk dengan harga yang cukup murah.

Berbagai jenis oleh-oleh yang ada di berbagai daerah memiliki ciri khas masing-masing. Termasuk hasil olahan dan oleh-oleh khas dari Pasaman Barat. Dengan adanya travelling baik ke tempat wisata ataupun pusat oleh-olehnya akan memberikan Anda sedikit pelajaran. Bahwa sebenarnya Indonesia kaya akan hasil alam, hasil kerajinan tangan yang wajib untuk dilestarikan.