Curup Gangsa, Air Terjun yang Eksotis di Way Kanan Lampung

Curup Gangsa Way Kanan

Curup Gangsa salah satu air terjun yang tersembunyi begitu menawan di Way Kanan, Lampung. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dihiasi tebing yang megah dan sungai yang dikelilingi bebatuan cocok menjadi tujuan liburan yang menyegarkan.  

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kota Way, Kec. Kasui, Kab. Way Kanan, Lampung.

Curup Gangsa merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang berlokasi di Lampung. Curup sendiri memiliki arti air terjun dalam bahasa Sumatra. Tidak hanya sebatas memamerkan keindahan air terjun, namun pemandangan alam yang disuguhkan juga tak main-main indahnya. Bahkan disebut keindahannya seperti gambaran surga.

Gangsa terbentuk akibat adanya patahan Sungai Way Tangkas. Sehingga menciptakan curup atau air terjun dengan perkiraan ketinggian kurang lebih setinggi 50 meter. Untuk menambah suasana alam yang begitu alami, Anda akan dengan mudah menemukan banyaknya bebatuan besar yang hampir menyelimuti area curup.

Tidak hanya tentang pemandangan alam, pemberian nama Gangsa kabarnya berasal dari sebuah cerita yang dipercaya masyarakat. Ada satu seruling yang dibuat dari bambu oleh orang tua daerah tersebut di jaman dahulu. Seruling ini bernama Gangsa. Itulah sebabnya mengapa cerita ini mengilhami pemberian nama Curup Gangsa.

Daya Tarik yang Dimiliki Curup Gangsa

Daya Tarik Curup Gangsa
Image Credit: Twitter.com @anggarayudaaa

Curup Gangsa adalah salah satu destinasi wisata air yang terletak di Way Kanan, Lampung. Way Kanan sendiri menjadi surganya wisata-wisata menakjubkan lainnya. Selain Gangsa, ada juga Air Terjun Putri Malu yang tidak kalah cantiknya dengan Gangsa. Sudah dipastikan pengunjung akan bingung memilih tempat berlibur saat ke Way Kanan.

1. Wisata Alam Favorit di Lampung

Saat berkunjung ke Lampung, air terjun ini akan menjadi rekomendasi banyak wisatawan yang sudah mendatanginya. Terkenal akan keindahan alamnya yang luar biasa cantik dengan pohon-pohon yang tumbuh di sekitaran area curup, menjadikan Gangsa banyak diminati wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Saat memasuki pintu masuk Gangsa, pengunjung akan dibuat takjub dengan sejuknya pemandangan alam yang ada di sana. Suasana ini akan sangat cocok bagi para pengunjung yang datang jauh-jauh dari luar kota. Hal ini bertujuan memberi rasa rileks dan fresh selama beraktifitas di kota tempat mereka tinggal.

2. Suasana Alam yang Asri

Daya tarik lain yang juga dimiliki Gangsa, ialah suasana alamnya yang masih sangat bersih dan asri. Letaknya yang berada jauh dari daerah perkotaan, membuat curup kebanggaan Lampung ini begitu diminati banyak wisatawan. Saking asrinya, Gangsa seakan belum tersentuh oleh tangan manusia.

Kondisi alam curup terkenal Way Kanan ini, masih sangat alami dan asri. Banyak pepohonan yang tumbuh dengan kokoh dan berusia hampir ratusan tahun. Hijaunya pepohonan dan segarnya air terjun membuat pengunjung semakin dibuat betah dengan view pemandangan alamnya. Itulah sebabnya Gangsa selalu ramai wisatawan.

Batuan-batuan besar di sekitaran perairannya yang terbentuk secara alami juga menambah kesan alami yang sangat kental. Suara gemericik air yang dipadu dengan semilir angin sepoi-sepoi akan menciptakan rasa nyaman yang sulit dijelaskan. Hal itu membuat Gangsa memiliki daya tariknya tersendiri.

Daya Tarik dari Curup Gangsa
Image Credit: Twitter.com @bandarlampung

3. Menjadi Sumber Air Irigasi

Sudah sejak lama Curup Gangsa menjadi sumber irigasi untuk mengairi sawah-sawah miliki penduduk sekitar. Hampir di seluruh pinggiran kota sebelum memasuki area Gangsa, banyak sekali sawah hijau yang bisa Anda lihat dari dalam mobil. Itulah mengapa hingga saat ini penduduk mati-matian menjaga kelestarian Gangsa.

Sistem irigasi seperti ini memang banyak diberlakukan di daerah-daerah pedesaan, tak terkecuali Way Kanan sendiri. Ini akan menjadi objek wisata lain yang cukup indah, layaknya sistem irigasi di Pulau Bali. Sawah akan dibuat tingkat menurun ke bawah dengan air-air yang mengalir langsung dari curup tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curup Gangsa

Alamat Curup Gangsa
Image Credit: Google Maps (Dzulham Hadhady)

Air terjun cantik ini masuk dalam Dusun Tanjung Jaya, Way, Kasui, Way Kanan. Air terjun Gangsa tercipta karena patahan Sungai Way Tangkas. Sungai ini mengalir ke Tanjung Kurung dan Lebak Peniangan dari Bukit Punggur. Itulah mengapa wisata air di Way Kanan sangat terkenal, utamanya Gangsa dan Curup Putri Malu.

Perkiraan waktu yang diperlukan untuk bisa mencapai Gangsa, ialah sekitar 5-6 jam perjalanan dari arah Kota Bandar Lampung. Nantinya Anda akan mengarah ke Jalan Lintas Sumatra Natar, lalu melewati Branti dan jalan-jalan lainnya, lalu berakhir di Pasar Bukit Kemuning. Barulah dari pasar tersebut Anda akan menuju Jalan Way Kanan.

Anda bisa menaiki kendaraan pribadi, namun umumnya pengunjung memilih menaiki kendaraan yang sudah disediakan warga, seperti bus atau travel. Untuk ongkosnya sendiri, biasanya dikenakan harga Rp 120.000,00 per orang dengan tujuan hingga pintu masuk Gangsa. Relatif mahal karena dari pasar menuju Gangsa cukup jauh.

Jika Anda memilih menaiki bus, Anda bisa menaikinya dari Terminal Rajabasa. Bus akan berjalan dari Way Kanan dan turun di Pasar Kasui. Nantinya dari Pasar Kasui, Anda masih harus menaiki ojek untuk menempuh perjalanan tambahan dengan jarak 8-9 kilometer. Untuk biaya ojek sendiri kurang lebih Rp 45.000,00 per orang.

Curug Gangsa menerapkan biaya tiket masuk, seperti tempat wisata pada umumnya. Biaya ini akan digunakan sebagai pembangunan sarana, serta fasilitas yang diperlukan pengunjung. Diharapkan pengunjung akan dibuat nyaman dan senang selama berada di Gangsa. Dan curup ini pun semakin dikenal banyak orang.

Biaya masuk per orang, yakni sekitar Rp 10.000,00 per orang. Tarif tersebut terbilang cukup terjangkau untuk ukuran air terjun secantik Gangsa. Pengelola curup juga menyediakan lahan parkir yang siap digunakan pengunjung dengan tarif yang terjangkau pula. Dipastikan Anda akan merasa nyaman selama menghabiskan waktu liburan di sini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curup Gangsa

Kegiatan di Curup Gangsa
Image Credit: Facebook.com @lampungeksis

1. Berenang

Berenang menjadi salah satu aktivitas favorit yang banyak dilakukan di wisata air, tak terkecuali Curup Gangsa di Lampung. Memiliki air yang sangat jernih dan segar membuat siapa pun pasti akan sangat betah berada di dalam air. Anda juga bisa menikmati melompat tinggi dari bebatuan yang banyak menyelimuti area curup.

Pengelola juga menyediakan jasa persewaan pelampung bagi Anda yang menginginkannya. Pasti pengunjung akan dibuat sangat nyaman dengan suasana alam asri Gangsa. Dengan ditemani pepohonan hijau, tentu membuat pengunjung semakin fresh dan nyaman. Mengujungi Gangsa akan menjadi pengalaman yang sulit dilupakan.

2. Bersantai Menikmati Pemandangan Alam

Banyak wisatawan Gangsa yang merupakan warga perkotaan merasa sangat rileks selama berlibur di sini. Tingginya pepohonan yang sengaja ditanam warga sekitar berdiri kokoh di hampir sepanjang jalan menuju curup. Itulah sebabnya ketika musim liburan, Gangsa tidak pernah sepi pengunjung.

Anda juga bisa hanya sekadar merendamkan kaki di pinggiran curup jika Anda tidak berniat untuk berenang atau berendam. Pasti ada beberapa ikan khas curup yang banyak hidup di perairan Gangsa. Sistem irigasi sawah juga akan memanjakan mata bagi siapa pun yang melihatnya. Jadi destinasi wisata ini sangat cocok untuk dijadikan lokasi healing.

Kegiatan Curup Gangsa
Image Credit: Instagram.com @hasanjunior222

3. Bermain Arung Jeram

Arung jeram masih menjadi olahraga favorit saat mengunjungi wisata air terjun. Memiliki karakteristik berupa bebatuan yang ada secara alami, membuat curup begitu mendukung jika dipakai sebagai tempat olahraga satu ini. Pihak pengelola Curup Gangsa pasti menyediakan persewaan alat arung jeram, seperti perahu, gayung, beserta alat keselamatannya.

Lakukan secara berkelompok dan minta arahan pengelola wisata agar lebih aman. Pasti akan sangat mengasyikkan menghabiskan waktu liburan di curup Lampung ini sambil bermain arung jeram. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan moment tersebut bersama dengan rekan atau keluarga Anda.

4. Hunting Foto Kece

Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi, dan fokus pada foto-foto slam, Gangsa bisa menjadi salah satu pilihan. Banyak spot-spot foto alami yang bisa Anda gunakan sebagai objek bidikan kamera Anda. Ketinggian air terjunnya pun bisa menjadi foto yang sangat ciamik saat Anda mengabadikannya.

Deretan pepohonan sekitar juga menjadi salah satu spot foto yang banyak diburu pengunjung. Pohon-pohon yang tinggi ini memang sengaja ditanam oleh warga sekitar demi menjaga kelestarian alam Gangsa. Itulah sebabnya kebanyakan pengunjung memburu spot pohon ini dan menjadikannya feed instagram mereka.

Fasilitas yang Tersedia di Curup Gangsa Way Kanan

Fasilitas Curup Gangsa
Image Credit: Google Maps (Budi Purnomo)

Fasilitas yang disediakan pengelola Curup Gangsa sudah lumayan memadai. Hanya letaknya saja yang terlalu masuk ke dalam daerah membuat Gangsa belum begitu dikenal masyarakat luas. Pengelola juga menyediakan lahan parkir yang bisa diakses kapan pun. Fasilitas tersebut memang sengaja disediakan agar pengunjung semakin nyaman.

Bagi Anda yang suka bersantai menikmati pemandangan alam Gangsa, pasti akan sangat senang sekali, berkeliling di area curup. Pengelola menyediakan layanan tour guide yang bisa Anda sewa kapan pun dan dimana pun. Fasilitas ini diharapkan menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang mengunjunginya.

Informasi mengenai Curup Gangsa di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum memilih Gangsa sebagai tujuan destinasi liburan Anda. Jangan lupa untuk selalu mengabadikan moment di sana dalam sebuah bidikan foto atau video. Sebarkan juga mengenai keberadaan wisata air satu ini agar Gangsa semakin dikenal banyak orang.