20 Makanan Khas Padang yang Unik dan Terkenal Lezat

20 Makanan Khas Padang yang Unik dan Terkenal Lezat

Padang merupakan salah satu kota terbesar di Sumatera Barat yang sekaligus menjadi ibukota provisinya. Ada banyak sekali makanan khas dari daerah ini dan membuat “masakan Padang” terkenal di seluruh Indonesia. Makanan-makanan khas daerahnya terkenal dengan rasa pedas dan rempahnya.

Di tanah Jawa, orang-orang juga sudah bisa dengan mudah menikmati masakan Padang karena sudah banyak warung-warung makan yang menjajakan dan tersebar luas di tiap daerah. Masakan-masakan ini mungkin ada yang bisa ditemukan di warung makan Padang biasa, layaknya di Jawa, tapi ada juga sebagian memang khas dan otentik sehingga hanya bisa ditemukan di daerah aslinya. Berikut daftar makanan khas asal Padang yang wajib Anda cicipi saat berkunjung.

1. Kacang Tojin

Kacang Tojin
Image Credit: Facebook.com (Makanan Khas Padang)

Kita mulai dulu dari snack. Snack atau camilan yang terkenal di Padang salah satunya adalah kacang tojin. Kacang ini jika dilihat sekilas mirip dengan kacang bawang, aromanya pun nyaris sama.

Bedanya dengan kacang bawang, kacang tojin bumbunya tak hanya bawang putih yang digoreng saja, tapi juga dengan daun seledri. Alhasil, rasanya lebih gurih dan aromanya juga lebih unik.

2. Gulai Kapau

Gulai Kapau
Image Credit: Facebook.com (Baiq Ayu Andhyra Ahmad)

Gulai kapau adalah gulai yang bahan dasarnya bukan daging-dagingan melainkan nangka. Ya, gulai ini adalah semacam sayur nangka yang biasa ditemui di warung masakan Padang di luar sana.

Nangka dimasak dengan berbagai bumbu dan santan sehingga menjadi gulai dengan kuah yang lezat dan sedikit kental. Gulai kapau ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan lauk-pauk lainnya sebagai pelengkap.

3. Lompong Sagu

Lompong Sagu
Image Credit: Facebook.com @elsa dzana

Beralih ke makanan manis, kota Padang memiliki lompong sagu. Lompong sagu adalah camilan manis berbentuk seperti lontong yang berbahan dasar tepung dan buah pisang. Keduanya dicampur kemudian ditambahkan bumbu.

Setelah itu, adonan dibungkus daun pisang dan diikat di kedua ujungnya menggunakan lidi kecil. Lompong sagu dimasak dengan cara dibakar, namun ada juga beberapa orang yang lebih suka jika lompong sagunya dikukus.

4. Kue Bika

Kue Bika
Image Credit: Twitter.com @infoSumbar

Kue bika adalah kue khas Padang. Bahan utamanya tepung beras dan bentuknya kecil-kecil, mirip cupcake atau muffin jika dilihat sekilas. Rasanya manis, legit dan enak disajikan sebagai teman pendamping minum teh.

Kue ini bisa dibeli di pasar-pasar tradisional maupun di toko-toko kue. Harganya pun cukup ramah di kantong, hanya sekitar 1,000 hingga 2,000 rupiah saja per kuenya. Tak heran jika kue ini menjadi camilan wajib bagi banyak penduduk kota Padang.

5. Katan Durian

Image Credit: Facebook.com (Katan Durian Pak Dapit)

Katan durian adalah masakan dengan bahan dasar ketan yang disajikan dengan daging buah durian. Ya, buah durian cukup mudah ditemukan di Padang ketika musimnya. Buah durian dengan harum yang khas ini kemudian dicampur dengan ketan matang.

Santapan manis ini menjadi salah satu favorit penduduk kota Padang dan juga menjadi salah satu kuliner yang boleh dikata wajib bagi turis atau pengunjung kota Padang. Makanan ini bisa didapatkan di banyak restoran dan rumah makan di sana.

6. Satai Lokan

Satai Lokan
Image Credit: Twitter.com @pegimakan

Lokan adalah nama sejenis kerang yang bisa ditemukan di Padang. Sate lokan menggunakan kerang tersebut sebagai bahan utama. Daging kerang dicuci bersih kemudian direndam dengan bumbu rempah.

Daging kerang kemudian ditusukkan ke tusuk sate baru kemudian dibakar. Sate ini bisa dimakan sebagai camilan ataupun bisa dengan mudah dijadikan lauk sepiring nasi hangat. Rasanya mantap dan super lezat.

7. Dendeng Balado

Dendeng Balado
Image Credit: Twitter.com @ParkChimChimBTS

Dendeng balado adalah sajian daging sapi yang diiris tipis kemudian dimasak dengan aneka bumbu dan rempah hingga meresap ke daging dan teksturnya menjadi sedikit kering.

Dendeng balado menggunakan siraman atau topping bumbu balado merah yang rasanya pedas mantap. Makanan ini sering kita temui di warung-warung makanan Padang.

8. Dendeng Batokok

Dendeng Batokok
Image Credit: Twitter.com @Marco_Padang

Dendeng batokok irisan dagingnya lebih kering dan tipis dibandingkan dengan jenis dendeng lainnya. Hal ini sesuai dengan namanya di mana batokok berarti dipukul-pukul hingga tipis.

Dendeng ini disajikan dengan irisan cabai dan bawang merah yang sudah dimasak dalam minyak. Rasanya gurih-gurih pedas dan bisa menjadi lauk makan yang sangat lezat rasanya.

9. Lontong Lado Hijau

Lontong Lado Hijau
Image Credit: Facebook.com (Lapau Ni Upik)

Daerah Padang memang banyak masakan yang menggunakan tambahan cabai hijau. Salah satunya adalah lontong lado hijau. Ya, sajian ini berupa lontong yang telah dipotong-potong kemudian diberi siraman kuah cabai hijau.

Rasanya pedas namun gurih. Bagi penyuka kuliner pedas, masakan ini mungkin dirasa kurang pedas karena yang digunakan adalah cabai hijau. Namun, bagi mereka yang tidak terbiasa dengan masakan pedas, rasa dari masakan ini sudah jelas menantang lidah.

10. Soto Padang

Soto Padang
Image Credit: Facebook.com @evvinelda

Soto Padang merupakan sajian segar berkuah khas Padang. Jika di tanah Jawa soto identik dengan warna kuah kuning, kuah soto di Padang terlihat lebih bening. Daging yang digunakan untuk soto ini adalah daging sapi yang sudah dimasak terlebih dulu.

Soto ini merupakan sajian yang cocok untuk sarapan pagi. Maka, jangan heran jika pagi-pagi di Padang akan banyak sekali penjual soto jenis ini, baik yang berkeliling maupun yang buka di warung-warung.

11. Gulai Paku

Gulai Paku
Image Credit: Twitter.com @Aviatour

Tenang saja, isi dari masakan ini bukan paku yang biasa digunakan untuk menggantung pigura di tembok, kok. Gulai paku menggunakan tanaman paku atau pakis yang gampang ditemukan di daerah Padang ini. Ya, tanaman pakis bisa dimakan dan diolah menjadi banyak masakan, salah satunya gulai ini.

Tanaman pakis dicuci bersih kemudian diolah dalam kuah gulai kuning yang sudah biasa ditemui. Alhasil, tanaman pakis akan menjadi lebih lunak dan teksturnya mirip dengan daun singkong. Makanlah dengan nasi hangat sepiring dan kita dipastikan akan kenyang.

12. Ikan Balado

Ikan Balado
Image Credit: Facebook.com @Marrasa

Ikan balado mirip dengan sajian balado lainnya. Ikan yang digunakan di sini biasanya adalah ikan gabus atau ikan jenis lainnya. Bumbunya juga dibuat layaknya masakan balado lainnya yaitu dengan bahan dasar tomat dan cabai.

Masakan ini banyak ditemukan di luar Padang juga, termasuk di luar negeri seperti di Malaysia maupun di negara yang masakan peranakan terkenal, salah satunya adalah di Singapura.

13. Gulai Itiak

Gulai Itiak
Image Credit: Facebook.com (Ramacil Afsan Notoprawiro)

Itiak di sini berarti adalah itik atau bebek. Ya, bagi pecinta bebek, masakan yang satu ini harus dicoba. Masakan ini adalah gulai daging bebek. Daging bebek yang terkenal keras dan alot dimasak dalam kuah gulai dalam waktu lama sehingga menjadi empuk.

Kuliner ini menjadi salah satu yang paling menarik di Padang, apalagi jika kita sudah bosan dengan protein hewani yang sudah umum di sini, seperti daging sapi, daging ayam, ataupun ikan.

14. Sate Padang

Sate Padang
Image Credit: Facebook.com (Gerobak Denai)

Siapa tak kenal sate Padang? Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Sate Padang menggunakan daging sapi, biasanya bagian lidah yang dibakar setelah diberi bumbu marinasi khas Padang.

Sate disajikan dengan ketupat, siraman kuah kental khas Padang, dan taburan keripik singkong renyah. Jika dimakan bersama, teksturnya lembut sekaligus renyah. Cocok sekali sebagai santapan makan siang ataupun makan malam.

15. Nasi Sala

Nasi Sala
Image Credit: Facebook.com @amelly.rasli

Nasi sala adalah sajian nasi bungkus khas Padang. Jika nasi bungkus yang lainnya menggunakan bungkusan kertas, maka nasi sala menggunakan bungkus daun pisang. Isinya adalah nasi putih, ikan kembung, dan juga sambal.

Nasi sala mirip dengan nasi kucing di mana porsinya tidak terlalu besar. Namun tenang saja, rasanya tetap nikmat dan tentu akan nambah 1-2 kali setiap makan nasi bungkus khas Padang ini.

16. Rendang Paru

Rendang Paru
Image Credit: Facebook.com @Dapur-Rendang-Janti

Rendang paru juga merupakan makanan khas Padang yang sudah tidak asing lagi di mata orang-orang, bahkan yang di luar Padang. Jika rendang biasanya menggunakan daging sapi, maka rendang paru menggunakan paru sapi.

Paru diolah dengan bumbu rendang sehingga hasilnya kering. Meski demikian, rasanya sangat gurih karena bumbu meresap dengan baik ke paru-paru. Rendang ini juga banyak dijual dalam kemasan sebagai oleh-oleh.

17. Gulai Gajebo

Gulai Gajebo
Image Credit: Twitter.com @KlikDapur

Gulai gajebo adalah gulai yang dagingnya menggunakan potongan daging penuh lemak. Daging yang biasa digunakan adalah daging sapi dan akan dipilih bagian-bagian yang penuh dengan lemak.

Alhasil, gulai ini menjadi salah satu masakan khas Padang yang diklaim mengandung kadar kolesterol paling tinggi. Tapi yang jelas, rasanya enak dan jika sedang wisata kuliner, pastikan masakan yang satu ini dicoba.

18. Ayam Pop

Ayam Pop
Image Credit: Twitter.com @Marco_Padang

Jika kita ada di Jawa dan masuk ke rumah makan Padang, pasti salah satu menu utama di sana adalah ayam pop. Ya, jenis masakan ayam ini memang sudah sangat terkenal. Ayam dimasak dengan bumbu dan kaldu sehingga sangat gurih rasanya.

Ayam pop kerap disajikan dengan nasi hangat dan sambal cabai hijau. Rasanya jangan ditanya, sangat enak dan menggugah selera. Tak heran jika banyak sekali orang yang memesan menu ini saat ada di restoran masakan Padang.

19. Rakik Maco

Rakik Maco
Image Credit: Facebook.com @ArdianesSaputra

Rakik maco adalah camilan semacam rempeyek. Jika rempeyek yang kita kenal memiliki taburan kacang tanah atau ikan teri, maka taburan dari rempeyek khas Padang ini adalah ikan maco. Ikan ini bentuknya cukup kecil dan biasanya ada 4-5 ikan per rempeyek.

Karena kering dan awet, maka makanan ini kini menjadi salah satu oleh-oleh wajib khas Padang yang semua orang harus mencobanya. Rakik maco bisa ditemukan di aneka toko oleh-oleh yang ada di padang.

20. Roti Randang

Roti Randang
Image Credit: Twitter.com @RotiRandang

Rendang sudah pasti menjadi salah satu masakan khas Padang yang mendunia. Tapi, bagaimana kalua rendangnya ada di dalam roti? Inilah hal yang menarik dari roti randang. Roti yang terlihat seperti roti sobek ini isiannya bukan keju ataupun coklat, tapi rendang.

Tak heran, roti ini menjadi oleh-oleh wajib dari Padang karena memang unik dan tak bisa ditemui di daerah lain. Untuk membeli roti ini, biasanya harganya adalah sekitar 6-10 ribu rupiah per rotinya. Cukup murah, bukan?

Itulah beberapa makanan khas dari Padang yang bisa dinikmati oleh wisatawan atau siapa saja yang tengah jalan-jalan ke kota ini. Kota Nan Elok memang kaya akan warisan kuliner dan jenis masakannya pun beragam. Jadi, jika sedang ke Padang, jangan lupa wisata kuliner dengan menu-menu di atas, ya.