10 Mall Terbaik di Palembang yang Wajib Anda Kunjungi

Kota Pempek memiliki banyak pusat perbelanjaan dengan berbagai kelebihan dan keunikannya. Inilah deretan mall favorit di Palembang yang menarik dikunjungi untuk memuaskan Hasrat belanja atau hanya sekedar nongkrong.

Menghabiskan waktu liburan atau waktu akhir pekan bisa dengan berkunjung ke pusat perbelanjaan. Di Palembang, banyak mal yang didirikan selain sebagai tempat bermain juga sebagai tempat berbelanja dan tempat berkumpul.

Wisatawan luar daerah juga bisa pergi ke pusat perbelanjaan bila ingin mendapatkan oleh-oleh dari Palembang yang mudah untuk dicari. Sekalian dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari yang sudah habis dijadikan bekal liburan. Atau bersegera mengejar jadwal tayang film baru incaran yang bertepatan dengan jadwal liburan di salah satu mal Palembang.

Hadirnya berbagai pusat perbelanjaan di Palembang menawarkan berbagai produk barang dan jasa sebagai tawaran kepuasan layanan terhadap pengunjung yang datang. Anda pun bisa menyesuaikan dengan keinginan hendak pergi ke mal mana. Berikut daftar lengkap mall terbaik di Palembang.

1. International Plaza

International Plaza
Image Credit: Google Maps (Januariansyah Arfaizar)

International Plaza merupakan mal pertama di Palembang. Mal ini berdiri dari tahun 1996 sampai sekarang. Dulunya, mal ini dipanggil dengan sebutan Indah Plaza. Mal ini masih ramai dikunjungi karena semua angkutan umum melewati gedung ini sehingga bisa dikatakan strategis. Mal ini memiliki luas lahan sekitar empat belas meter dengan sebelas meter luas bangunan.

Mal ini menjadi pusat perbelanjaan ponsel paling besar di Palembang dengan tinggi sebanyak lima lantai. Lantai pertama diisi dengan gerai iPhone, KFC, Super Indo, gerai Puma, MCDonald’s, Texas Chicken, Pizza Hut, Sports Station, Sony Xperia Center, Optik Melawai, Gramedia, Keiko, ACE Hardware, gerai iPhone, dan Pujasera. Lantai dua hingga empat disewakan kepada pihak Matahari Departement Store.

Lantai paling atas International Plaza diisi dengan Timezone, International 21, dan Gold Gym. Adanya bioskop dan tempat bermain menjadikan lantai ini ramai dikunjungi ketika akhir pekan tiba. Di semua lantai mal ini, tersebar banyak gerai mini yang menjual berbagai peralatan kosmetik, parfum, aksesoris, wig, dan banyak lainnya. Mal ini dibuka dari pukul delapan pagi hingga pukul sepuluh malam.

Beberapa orang menyebut mal ini dengan nama “Palembang Celuller” karena saking banyaknya tempat servis dan penjual ponsel. Dan dulu di tahun 90-an, mal ini begitu difavoritkan oleh remaja dan dewasa muda Palembang sebagai tempat berkumpul.

Adanya aturan larangan masuk untuk pelajar yang memakai seragam, membuat para pelajar yang ingin masuk ke mal ini membawa kaus cadangan sebagai baju ganti.

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, 18 Ilir, Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

2. Palembang Square Mall

Palembang Square Mall
Image Credit: Google Maps (Muhammad Arzaqel Majid Hariri)

Palembang Square Mall didirikan tahun 2004. Mal ini menjadi bagian dari Lippo Group sejak tahun 2011. Mal ini juga memiliki nama alias yakni Palembang Village. Mal ini berada di dekat Rumah Sakit Siloam dan hotel Aryaduta sehingga sering dikunjungi pelancong. Lantai yang dimiliki mal ini ada sebanyak empat lantai yang disewakan kepada J.Co dan Gramedia.

Mal ini juga memiliki gerai mini yang menjual squishy. Bangunan mal ini terkesan modern karena dicat dengan warna abu dan putih dengan belasan pohon palem tinggi. Di dalamnya juga terdapat kafe yang menjajakan minuman berbau Thailand. Mal ini memiliki jam tutup yang sama dengan International Plaza. Lalu, dibuka pada pukul sepuluh pagi.

Lokasi: Jl. Angkatan 45, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

3. Palembang Icon

Palembang Icon
Image Credit: Hallo.palembang.go.id

Palembang Icon biasa disingkat dengan sebutan Picon. Picon ini didirikan di tahun 2014 dengan mengusung tema simpel yang menggunakan warna emas, perak, hijau, dan hitam sebagai warna luar gedung. Picon sendiri memiliki lima lantai. Mal ini menjadi pusat perbelanjaan pertama Sumatra Selatan yang menjual barang mewah dan bermerek dari banyak negara seperti Converse, Rusty, dan Adidas.

Lantai atas Picon dijadikan sebagai tempat menonton film yang masih anyar dirilis dengan total delapan studio. Mal ini dibangun di lahan seluas 43 meter dan dirancang oleh seorang arsitek dari Singapura dengan desain menghadap danau. Di sebelah danau, disediakan banyak dudukan dan sebuah panggung sebagai ruang terbuka.

Macam restoran dan kafe yang ada di Picon yakni Yoshinoya, Burger King, OneZo, Pizza Hut, D’Cost, Excelso, Jiro Ramen, Marugame Udon, Kkuldak, dan banyak lainnya. Pengunjung pun bisa menjajal beberapa kuliner ini dari harga tiga puluh ribu sampai dua ratus ribu per orang.

Lokasi: Jl. POM IX, Lorok Pakjo, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

4. Lippo Plaza Jakabaring

Lippo Plaza Jakabaring
Image Credit: Google Maps (Ichan Ijongboy)

Lippo Plaza Jakabaring menjadi mal yang dikembangkan sebagai sarana penunjang kebutuhan atlet Asian Games tahun 2018 dengan mengusung tema minimalis modern. Mal ini juga disewakan ke Hypermart dan Matahari Department Store. Dari namanya, mal ini menjadi bagian dari Lippo Group, sama seperti Palembang Square Mall.

Mal ini baru berjalan dari tahun 2013 dengan luas dua belas ribu meter. Serta dapat menampung tiga ratus unit mobil dan seribu unit sepeda motor di lahan parkirnya. Dan masuk di kawasan Kompleks Olahraga Jakabaring. Jam buka-tutupnya sama dengan mal yang menjadi bagian dari grup pemilik gedung ini.

Lokasi: Jl. Gub H Bastari, 15 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

5. OPI Mall

OPI Mall
Image Credit: Google Maps (Like Erlie)

OPI Mall menjadi mal terlengkap dan terbesar di Palembang. Mal ini mengusung tema modern dan didirikan di kawasan elit OPI Regency. Yang menjadi daya tarik dari mal ini adalah wahana seluncur es. Tidak ada tempat lain di Palembang yang menyediakan wahana ini. Wahana seluncur es tersebut dapat ditemui di lantai tiga dengan luas sekitar tujuh ratus meter.

OPI Mall, pusat perbelanjaan keluarga ini mempunyai luas area sebesar 25 hektar. Kerennya, mal ini menyediakan jalur sirkuit gokar, kotak karaoke, dan area bermain trampolin. Di mal ini tersedia bioskop ternama seperti Cinema 21 yang memiliki banyak koleksi film rilis baru. Mal ini dibuka di jam sepuluh pagi dan ditutup pada jam sepuluh malam.

Lokasi: Jl. Gubernur HA Bastari, 15 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

6. Palembang Indah Mall

Palembang Indah Mall
Image Credit: Google Maps (Lucky de Rachman)

Palembang Indah Mall dipanggil dengan nama PIM. Mal ini menjadi mal terbaik di Palembang. Mal ini berdiri di lahan seluas dua puluh ribu meter. Banyak gerai-gerai ternama yang menyewa tempat di pusat perbelanjaan ini. Serta juga ada gerai minuman kekinian seperti J.Co dan Starbucks.

Mal ini memiliki Cinema 21 sebagai aula teater pemutaran film perdana rilis. Banyaknya tempat berkumpul yang hits menjadi pilihan masyarakat muda Palembang untuk berkunjung. Serta warna luar gedung yang mengusung warna-warna vintage juga menjadi sasaran berswafoto yang bagus. Palembang Indah Mall dibuka dari jam sepuluh pagi hingga jam sepuluh malam.

Lokasi: Jl. Letkol Iskandar No.18, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

7. Ramayana Department Store

Ramayana Department Store
Image Credit: Google Maps (Hadi Putra)

Mal selanjutnya yakni Ramayana Department Store. Mal ini menyediakan banyak pilihan baju, sepatu, tas, dan lain-lain dengan harga potongan. Mal ini juga mempunyai area swalayan sebagai penunjang kebutuhan belanja pengunjung.

Mal berikon warna merah terang ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan yang banyak memberikan diskon di akhir tahun. Dan di Palembang, mal ini sudah berdiri lebih dari dua puluh tahun. Jam buka-tutup dari mal ini sama dengan kebanyakan mal di Palembang. Sayangnya, mal ini kini ditutup karena sudah tidak ada lagi perpanjangan kontrak gedung antara pihak Ramayana dan pemilik gedung.

Lokasi: Komp. Ilir Barat Permai, Jl. Letkol Iskandar, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

8. Palembang Trade Center

Palembang Trade Center
Image Credit: Facebook.com @PalembangIndonesia

Palembang Trade Center didirikan di tahun 2004. Mal ini sering sekali dipakai sebagai tempat acara. Di mal ini pula tersedia klinik kesehatan yang biasanya tidak dimiliki pusat perbelanjaan lain. Di sini, juga terdapat atrium, restoran, kafe, Pujasera, bioskop, tempat karaoke, Miniso, pijat refleksi, dan toko emas sebagai ragam fasilitas penunjang.

Palembang Trade Center memiliki kolam air mancur besar yang airnya bisa menari-nari. Bila di malam hari, air mancur akan menyala di tengah cahaya lampu berwarna ungu, biru, dan kuning. Harga parkir untuk roda dua sebesar sepuluh ribu dan harga parkir untuk roda empat sebesar empat belas ribu.

Lokasi: PTC Mall, 8 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

9. Giant Hypermarket

Giant Hypermarket
Image Credit: Hallo.palembang.go.id

Giant Hypermarket mengusung konsep supermarket yang sama seperti Lotte Mart Wholesale. Mal ini memajang berbagai produk kebutuhan sehari-hari seperti minuman bersoda, deterjen pakaian, buah-buahan segar, sabun cuci piring, makanan kaleng, mi instan, dan sebagainya.

Mall ini merupakan kepunyaan Dairy Farm International Holding cabang Indonesia. Mal ini identik dengan warna hijau dan kuning sebagai warna merek. Giant Hypermarket dibuka di jam sepuluh pagi dan ditutup di jam sepuluh malam.

Lokasi: Jl. MP. Mangkunegara, 8 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

10. Lotte Mart Wholesale

Lotte Mart Wholesale
Image Credit: Google Maps (di putar)

Lotte Mart Wholesale menjadi daftar pusat perbelanjaan terakhir di Palembang yang berdiri di tahun 2004. Mal ini masuk ke dalam daftar mal terbesar di Palembang dengan luas sepuluh ribu meter. Mal ini mampu menampung seribu unit kendaraan.

Mal ini menjadi pusat swalayan Kota Palembang yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dalam jumlah besar. Aneka produk yang bisa ditemukan yakni peralatan kecantikan, makanan, benda elektronik, minuman, pakaian, dan kacamata.

Lokasi: Jl. R. Sukamto, 8 Ilir, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Itulah beberapa mall favorit di Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa pilihan pusat perbelanjaan di atas bisa menjadi pilihan tempat berkumpul bersama teman atau keluarga dalam menciptakan waktu yang berkualitas. Berbelanjalah sesuai uang yang dipunya dengan bijak agar niat yang semula untuk bersenang-senang tidak menjadi bersusah-susah kemudian.