Benteng Kuto Besak, Kraton Kesultanan Palembang yang Megah

Benteng Kuto Besak, Kraton Kesultanan Palembang yang Megah

Benteng Kuto Besak merupakan kraton yang menjadi pusat Kesultanan Palembang pada Abad XVII. Bangunan bersejarah yang megah dekat Sungai Musi yang menarik untuk dikunjungi saat liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

Wisata sejarah memang memiliki daya tarik tersendiri terhadap beberapa kalangan wisatawan. Tidak jarang juga sebagian orang lebih memilih untuk berlibur ke tempat tempat bersejarah, karena memilik kesan tersendiri. Terdapat banyak sekali objek-objek wisata di Indonesia yang sangat menarik untuk dikunjungi saat berlibur.

Salah satu objek wisata di Indonesia yang memiliki keunikan berada di daerah Sumatra tepatnya Palembang. Di daerah ini terdapat sebuah objek wisata sejarah yang sudah sangat lama dibangun, nama tempat ini adalah Benteng Kuto Besak yang berdiri pada tahun 1780. Bangunan ini juga menjadi salah satu bukti supremasi kesultanan Palembang pada masa pemerintahan Sultan Mahmud Badaruddin I.

Benteng ini sendiri sudah ada sejak masa Sultan Mahmud badaruddin I. Pada umumnya setiap bangunan sejarah yang ada di Indonesia dibangun oleh penjajah untuk keperluan mereka sendiri, namun berbeda dengan objek wisata yang satu ini. penasaran apa saja hal menarik yang ada di objek wisata sejarah ini?.

Daya Tarik yang Dimiliki Benteng Kuto Besak

Daya Tarik Benteng Kuto Besak
Image Credit: Google Maps (Albert Ki Vusiuz)

Setiap objek wisata pasti memiliki daya tarik tersendiri yang mampu membuat pengunjung merasa senang ketika berada disana. Benteng bersejarah ini juga memiliki daya tarik sehingga menjadikan tempat ini sangat terkenal di Palembang. Tidak hanya pada siang hari, namun pada malam hari juga tempat ini mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pengunjung seperti.

1. Memiliki Nilai Sejarah

Bangunan sejarah ini memang memiliki keunikan dari segi desain arsiteknya. Sampai sekarang tidak diketahui siapa yang mendesain bangunan-bangunan yang di sana, bahkan dari catatan sejarah pun tidak ada. Namun satu hal yang diketahui dari tempat ini adalah meski dibangun pada masa penjajahan namun tempat ini dibangun oleh Sultan Mahmud Badaruddin I.

Adanya Benteng Kuto Besak ini menjadi buktinya bahwa system pemerintahan di daerah tersebut pada masa lalu menggunakan system kesultanan dengan pusat pemerintahan Keraton. Banyak sekali nilai sejarah yang didapat ketika berkunjung kesini, mulai dari bukti bahwa benteng ini menjadi satu-satunya bangunan peninggalan sejarah yang dibangun oleh orang Indonesia.

2. Plaza Sebagai Tempat Hiburan

Selain menawarkan nilai sejarah, tempat wisata ini juga memiliki daya tarik lain. Salah satu hiburan yang paling terkenal di objek wisata ini adalah plaza yang memiliki penataan yang sangat bagus, selain itu melalui dari tempat ini Anda bisa menikmati pesona sungai musi. Menikmati pemandangan Benteng Kuto Besak dari sini yang dihiasi pepohonan palm memang sangat menyenangkan.

3. Wisata Malam yang Menarik

Tidak hanya siang hari, namun ketika malam Anda juga bisa menikmati suasana yang sangat unik di tempat ini. Pada malam hari suasana di tempat ini begitu dramatis, karena sinar-sinar lampu yang berwarna kuning direfleksikan oleh air sungai musi yang tenang serta suasana malam hari si tempat ini cenderung sepi.

Bagi Anda yang senang dengan wisata yang memiliki nilai mistis bisa mencoba objek wisata ini ketika berkunjung ke Palembang. Tidak mengherankan memang setiap objek wisata sejarah memiliki aura-aura mistis, hal tersebut memang terjadi karena sebagian besar bangunan sejarah sudah lama tidak di tempati.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Benteng Kuto Besak

Alamat Benteng Kuto Besak
Image Credit: Google Maps (Kawi Boedisetio)

Bagi Anda yang ingin menunjungi salah satu objek wisata sejarah yang paling terkenal di Indonesia ini, Benteng Kuto Besak yang ada di Palembang ini terletak di, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan angkutan umum untuk sampai kesini.

Terdapat banyak sekali rute yang bisa anda lalui untuk sampai ke lokasi wisata ini, baik Anda yang berasal dari Sumatra maupun berasal dari luar Sumatra. Untuk rute terdekatnya yakni melalui Palembang, untuk rute ini Anda terlebih dahulu melaju ke arah jembatan Ampera kemudian menuju ke Jalan Merdeka, setelah itu menuju ke Jl. Sultan Mhmud Badaruddin II dan Anda sampai di lokasi.

Waktu tempuh dari kota Palembang menuju objek wisata ini membutuhkan sekitar 15 menit menggunakan mobil dan sekitar 13 menit bila menggunakan sepeda motor. Memang jarak yang tidak terlalu jauh jika dibandingkan berangkat dari daerah di luar kota Palembang. Sedangkan jika berangkat dari Jambi dengan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil bisa menghabiskan waktu sekitar 7 jam.

Jika Anda ingin mencoba perjalanan ke Objek wisata ini menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dari Jakarta, waktu perjalanan yang Anda butuhkan bisa sampai 8 atau 10 jam perjalanan. Jika dilihat dari lama perjalananya lebih disarankan untuk menggunakan transportasi udara, jarak dari Bandara menuju objek wisata ini sekitar 30 menit.

Untuk kendaraan dan rute yang akan dipilih tergantung pada Wisatawan masing-masing. Ketika kesulitan dengan petunjuk arah yang sudah disediakan di jalan raya, Anda bisa menggunakan GPS atau Google Maps. Cukup mengetikan Keyword nama benteng maka akan ditujukan jalur serta rute yang dapat anda lalui tergantung jenis yang Anda gunakan.

Agar bisa memasuki objek wisata Benteng Kuto Besak, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi masuk. Hal ini memang sudah sangat wajar ketika berkunjung ke objek wisata baik wisata alam, wisata hiburan bahkan wisata sejarah. Di tempat ini juga menerapkan hal yang sama dimana setiap pengunjung yang ingin masuk harus membayar tiket terlebih dahulu.

Harga tiket masuk ke objek wisata ini bisa dibilang murah, karena harga tiket per satu orangnya hanya Rp 5.000 saja. Dengan biaya tersebut Anda sudah bisa menikmati dan melihat bangunan-bangunan sejarah serta keindahan sungai musi. Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri juga bisa dikatakan sangat wajar bila dibandingkan dengan objek wisata lain. Untuk motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Benteng Kuto Besak

Kegiatan di Benteng Kuto Besak
Image Credit: Google Maps (Ez gaming)

Ketika berkunjung ke objek wisata sejarah ini Anda bisa melakukan berbagai macam kegiatan menarik. Beberapa kegiatan tersebut dapat memberikan kesan serta pengalaman yang akan terus dikenang ketika berkunjung kesini. Tidak seperti objek wisata alam, ataupun wisata taman bermain, objek wisata sejarah memiliki kegiatan-kegiatan yang tak kalah menarik antara lain:

1. Festival Sriwijaya

Jika berkunjung ke tempat ini pada waktu yang tepat, Anda bisa menjumpai festival sriwijaya yang sering diadakan di tempat ini. Banyak sekali hal-hal menarik yang akan Anda temui seperti, pentas kesenian, aneka pameran makanan khas Palembang serta masih banyak hal hal menarik lainnya. Tidak hanya itu Anda juga bisa sekaligus membeli oleh-oleh ketika festival berlangsung.

2. Mengelilingi Sungai Musi Dengan Perahu

Selain memiliki daya tarik sejarahnya tempat ini juga mempunyai beberapa hiburan, salah satunya adalah mengelilingi sungai musi dengan perahu. Pengunjung bisa menikmati keindahan sungai musi menggunakan perahu yang sudah disediakan, namun jelas Anda harus menyewa terlebih dahulu. Kegiatan ini merupakan hal yang menarik dan berkesan ketika berlibur ke Benteng Kuto Besak.

3. Menikmati Pemandangan Malam Jembatan Ampera

Tidak hanya bisa menikmati keindahan yang ada disana, namun ketika malam hari Anda bisa menikmati Pemandangan yang begitu memukau. Dari tempat ini Anda bisa melihat pemandangan gemerlapnya lampu Jembatan Ampera yang di refleksikan oleh tenangnya air sungai musi. Suara gemercik aliran air sungai semakin menambah suasana tenang di tempat ini.

4. Berbelanja Oleh-Oleh Khas Palembang

Membawa oleh-oleh setelah berlibur memang kegiatan yang wajib dilakukan oleh beberapa pengunjung. Bisanya objek wisata dan pusat oleh-oleh memiliki lokasi yang terpisah, namun di tempat ini Anda bisa membeli berbagai macam pernak-pernik khas Palembang. Tidak hanya itu banyak sekali terdapat gerai makanan khas Palembang di objek wisata ini.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Benteng Kuto Besak

Fasilitas Wisata di Benteng Kuto Besak
Image Credit: Google Maps (ocha maosawati)

Setiap Objek Wisata atau tempat wisata pasti memiliki berbagai jenis fasilitas penunjang untuk pengunjungnya. Baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan umum, seperti tempat-tempat ibadah, parkir kendaraan dan sebagainya. Benteng Kuto Besak juga sudah menyediakan banyak fasilitas kebutuhan wisatawan sepeti.

Fasilitas ini merupakan fasilitas yang sangat penting dan harus ada di setiap objek wisata. Toilet umum memang sangat dibutuhkan dalam keseharian berlibur, bila fasilitas ini tidak ada makan tentu pengunjung akan merasakan kesulitan. Di objek wisata sejarah ini sudah terdapat Toilet Umum yang memadai dengan jumlah yang cukup banyak.

Kegiatan beribadah memang hal yang sangat penting dan termasuk kebutuhan setiap manusia. Di benteng ini terdapat masjid yang dapat digunakan oleh pengunjung, ukuran masjid yang luas serta toilet yang bersih menjadi kebutuhan saat beribadah. Masjid ini sendiri sudah dibangun cukup lama sehingga sangat menarik untuk beribadah disini.

Lahan parkir yang memadai memang salah satu akses penunjang sebuah objek wisata. Ketika objek wisata tersebut sudah ramai pengunjung, tentu tempat parkir akan penuh juga, sehingga pengunjung akan sulit mencari tempat memarkirkan kendaraannya.

Itulah ulasan mengenai destinasi wisata Benteng Kuto Besak yang terletak di kota Palembang. Menjelajahi wisata sejarah tentu bisa jadi pilihan yang menarik.