4 Mall Terbaik di Banda Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

4 Mall Terbaik di Banda Aceh yang Wajib Anda Kunjungi

Mall merupakan tempat pijakan masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan lifestyle mereka. Di dalam mall, masyarakat akan menemukan banyak toko yang menjual segala jenis kebutuhan mulai dari pakaian, barang elektronik, kebutuhan rumah tangga dan lain sebagainya. Di Indonesia sendiri, banyak sekali mall yang tersebar di berbagai wilayah, termasuk Banda Aceh.

Banda Aceh merupakan ibu kota Provinsi Aceh yang terletak di Pulau Sumatera bagian paling utara. Kota ini menjadi pusat kegiatan politik, sosial, budaya, dan juga ekonomi. Sehingga tidak mengherankan jika ibu kota Provinsi Aceh ini memiliki beberapa mall dan menjadi pusat kota. Kebutuhan lifestyle bisa ditemukan mall-mall yang ada di kota Islam tertua di Asia Tenggara ini.

Masyarakat yang tinggal di sekitaran Aceh biasanya akan mendatangi beberapa mall untuk berbelanja kebutuhan mereka. Selain berbelanja, masyarakat juga menjadikan mall sebagai tempat refreshing sekaligus tempat ngadem dan juga berwisata kuliner di area food court. Di Banda Aceh sendiri ada 4 mall terbaik yang bisa dikunjungi oleh masyarakat.

1. Suzuya Mall

Suzuya Mall
Image Credit: Google Maps TimRN

Kota yang dijuluki ‘Serambi Makkah’ ini memiliki Suzuya Mall yang merupakan pusat perbelanjaan terlengkap. Lokasinya berada di Lamtemen Tim, Jaya Baru, Banda Aceh, tepatnya di Jl. Teuku Umar. Mall serba ada tersebut dibuka untuk umum setiap hari Senin-Minggu pukul 09.00 hingga pukul 22.00 WIB.

Bangunan mall-nya lebih modern dan lebih luas dengan beraneka macam fasilitas yang tersedia di dalamnya. Suzuya Mall termasuk mall yang selalu ramai pengunjung setiap hari baik saat weekday maupun weekend. Di dalam mall terdapat beragam merchant ternama yang mengisi stand-stand mulai dari restoran, hiburan, hingga tempat perbelanjaan.

Suzuya Mall semakin dikenal masyarakat lokal maupun luar kota karena adanya fasilitas berupa 9D Simulator yang merupakan pusat hiburan dengan konsep modern yang menjadi favorit para pengunjung, terutama anak-anak. Fasilitas umum lainnya adalah area parkir yang luas, mushola, hingga toilet khusus pria dan wanita.

Merchant ternama seperti donat Jco, pizza hut, KFC, ACE Hardware, Bread Talk, hingga Sport Station tersedia di Suzuya Mall. Tersedia pula Fountain Suzuya Mall, rice bowl mall suzuya, dan suzuya home grosir & ecer yang bisa dikunjungi oleh masyarakat yang ingin mencoba makanan resto serba rice bowl, steak, dan berbelanja kebutuhan dekorasi rumah.

Selain Suzuya Mall, Suzuya Group juga memiliki Suzuya Superstore yang berlokasi di Kampung Baru, Baiturrahman, tepatnya di Jalan Pangeran Diponegoro. Pusat perbelanjaan ini dibuka untuk masyarakat umum mulai pukul 09.30 hingga pukul 22.00 WIB. Suzuya Mall dan Suzuya Supermarket berada di bawah naungan satu manajemen perusahaan yang sama.

Kehadiran Suzuya Superstore lebih dulu ada dibandingkan dengan Suzuya Mall sehingga Suzuya Superstore sudah banyak dikenal oleh masyarakat Banda Aceh. Berada di jantung kota, mall di bawah naungan Suzuya Group ini menjadi lokasi berbelanja para pengunjung sekaligus lokasi bermain bagi anak-anak karena disana terdapat area playing ground.

Suzuya Superstore merupakan mall terbesar dan menjadi tempat pijakan masyarakat Banda Aceh maupun luar kota ketika sedang membutuhkan refreshing. Tidak mengherankan jika Suzuya Superstore selalu ramai dikunjungi masyarakat karena lokasinya strategis, tepat di samping Pasar Aceh sebagai pusat pasar tradisional.

Baik Suzuya Superstore maupun Suzuya Mall sama-sama ramai dikunjungi oleh masyarakat. Mereka mendatangi salah satu atau kedua mall ketika sedang membutuhkan sesuatu yang ingin dibeli atau hanya sekedar jalan-jalan saja.

Lokasi: Jl. Teuku Umar, Lamtemen Timur, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh.

2. Pante Pirak Swalayan

Pante Pirak Swalayan
Image Credit: Facebook Banda Aceh Kota Kita

Didirikan sejak 29 September 1970, Pante Pirak Swalayan menjadi pionir pusat perbelanjaan berkonsep modern yang ada di Banda Aceh. Swalayan ini merupakan pusat perbelanjaan pertama yang sudah lama menguasai Aceh dengan menyediakan segala kebutuhan masyarakat. Bahkan, kini sudah banyak cabang yang tersedia di setiap sudut kota ini.

Popularitas Pante Pirak Swalayan mulai meredup ketika hadir mal-mall modern baru yang bermunculan di Banda Aceh. Ada beberapa cabang yang tutup sehingga kini hanya tinggal tersisa Pante Pirak Swalayan Pusat yang masih welcome untuk melayani kebutuhan para pengunjung dari masyarakat lokal atau luar kota yang datang berkunjung kesana.

Swalayan legendaris ini berlokasi di Kampung Baru, Kecamatan Baiturrahman, tepatnya di Jalan Sultan Mansyursyah. Meskipun banyak cabang yang tutup, namun popularitas Pante Pirak Swalayan masih tetap bisa dipertahankan. Akan tetapi yang dipertahankan adalah swalayan pusatnya saja.

Sebelumnya, ada beberapa cabang Pante Pirak Swalayan di kota Banda Aceh. Dua cabangnya berada di daerah Lamgugob, Kecamatan Syiah Kuala dan di Lueng Bata, tepatnya di Jalan Teuku Imun Lueng Bata. Pante Pirak Swalayan Pusat tetap bertahan dan masih menjadi lokasi perbelanjaan yang diminati oleh masyarakat dengan harga terjangkau.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

3. Plaza Barata

Plaza Barata
Image Credit: Google Maps ArChaEograpHy

Konsep Plaza Barata tidak seperti mall-mall modern pada umumnya. Konsep Plaza ini lebih cenderung ke pusat perbelanjaan masyarakat lokal maupun luar kota yang menyediakan beragam kebutuhan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan tempat perbelanjaan lainnya di kota Banda Aceh. Plaza ini termasuk legendaris karena sudah lama ada di Aceh.

Lokasinya strategis karena berada di pusat kota sehingga banyak pengunjung yang datang setiap harinya. Di sebelah kiri Plaza Barata terdapat Masjid Raya Baiturrahman yang populer di Banda Aceh dengan ciri khas tembok putihnya dengan 7 menara, 7 kubah, serta Menara setinggi 35 meter. Masjid tersebut didirikan pada tahun 1879 sehingga sangat ikonik.

Dari pelataran masjid tersebut, terlihat jelas Plaza Barata dengan bangunannya yang terdiri dari dua lantai. Eksterior gedung Plaza tergolong kuno dan sudah tua, sehingga bangunan Plaza terlihat begitu legendaris. Di halaman Plaza Barata terdapat pajangan berupa sebuah lokomotif kereta api Aceh sebagai saksi sejarah perkeretaapian di Tanah Rencong.

Di lantai satu, terdapat beberapa pertokoan yang menjual beraneka ragam kebutuhan seperti pakaian. Sedangkan di lantai duanya terdapat beberapa wahana permainan anak yang menarik untuk dikunjungi. Keberadaan Plaza Barata yakni di daerah Kampung Baru, Baiturrahman, Banda Aceh, sangat dekat dengan Masjid Raya Baiturrahman.

Lokasi: Kampung Baru, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

4. Hermes Palace Mall

Hermes Palace Mall
Image Credit: Google Maps Zall E-Padi

Hermes Palace Mall merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang didirikan sejak tahun 2006. Eksterior mall-nya terlihat sangat khas dengan dinding yang colorful dan eye-catching. Mall yang terdiri dari tiga lantai ini berlokasi di Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, tepatnya di Jalan T. Hasan Dek.

Hermes Palace Mall dibuka untuk masyarakat umum mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 22.00 WIB. Selain populer dengan eksterior bangunannya yang khas, mall satu ini juga populer karena memiliki beragam merchant dan fasilitas yang dapat memudahkan para pengunjung dalam memenuhi berbagai kebutuhan dalam satu lokasi.

Mall ini merupakan bangunan bekas pasar dan bekas bioskop yang kemudian disulap menjadi pusat perbelanjaan. Hermes Palace Mall cukup legendaris karena termasuk mall pertama yang ada di kota Banda Aceh. Terdiri dari tiga lantai dengan beragam stand yang diisi dengan merchant-merchant ternama dari perusahaan berskala besar nasional dan internasional.

Beragam fasilitas tersedia di mall ini, seperti playing area untuk anak-anak, ATM center, food court, hingga shopping area yang terdapat di satu lokasi sekaligus. Tersedia juga mushola, toilet, hingga area parkir yang nyaman dan luas. Walaupun tidak sebesar mall-mall yang ada di Pulau Jawa, namun disana terdapat beberapa merchant ternama yang bisa dikunjungi.

Beberapa merchant ternama yang tersedia di Hermes Palace Mall antara lain Pizza Hut, Timezone, Hypermart, hingga Matahari Depatment Store. Mall ini ramai pengunjung ketika awal kali buka, namun kini popularitasnya semakin meredup karena hadirnya mall baru yang didirikan di kota Banda Aceh.

Selain itu, sejak pembangunan underpass di depan mall, jumlah pengunjung menjadi semakin menurun. Mayoritas masyarakat yang mengunjungi mall ini untuk berbelanja di Matahari Department Store. Akan tetapi, semakin kesini Hermes Palace Mall mengalami perkembangan yang lebih baik dibandingkan sebelumnya dan kini berganti nama menjadi Plaza Mall Aceh.

Sempat kalah saing dan hampir bangkrut, namun Hermes Palace Mall yang telah berganti nama menjadi Plaza Mall Aceh tersebut dapat bertahan dengan adanya merchant Matahari Department Store. Para pengunjung yang merupakan masyarakat lokal maupun masyarakat luar kota senang berbelanja di Matahari Department Store yang ada di mall legendaris ini.

Lokasi: Jl. T. Hasan Dek, Beurawe, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh.

Keempat mall terbaik di Banda Aceh tersebut memang belum semewah dan selengkap mall-mall yang ada di Pulau Jawa. Akan tetapi sudah termasuk kategori lumayan karena terdapat beberapa merchant ternama seperti Matahari Department Store, KFC, D’Cost, dan merchant lain yang banyak dikenal oleh masyarakat. Kehadiran 4 mall ini dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.