Riau

10 Oleh-Oleh Khas Dumai yang Paling Populer

Berkunjung ke Dumai rasanya kurang seru jika tidak membeli oleh-oleh khas daerahnya. Beragam buah tangan yang populer dan unik yang menarik untuk Anda bawa pulang.

Kota Industri, Kota Pengantin, Kota Minyak, Kota Pelabuhan atau apa pun sebutannya, Kota Dumai sangat layak disebut dengan julukan-julukan tersebut. Sebagai Ibu Kota Provinsi Riau, Dumai memang menjadi ikon yang sangat istimewa dengan segala kekayaan kandungan alam yang dimilikinya. Maka, tidak heran jika Kota Dumai digadang-gadangkan sebagai Kota Industri.

Hiruk-pikuk kegiatan industri yang terjadi di Kota Dumai sudah barang tentu meningkatkan jumlah kunjungan ke kota ini, baik karena kepentingan pekerjaan atau karena terpesona oleh objek wisata yang ada. Jika dilihat dengan kacamata positif, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk memopulerkan kekayaan kuliner yang dimiliki oleh Kota Dumai.

Terdapat bermacam ragam kuliner khas Dumai yang bisa Anda cicipi bahkan Anda dapat membelinya sebagai oleh-oleh untuk keluarga, kerabat, atau kolega Anda. Kuliner khas Dumai yang juga bisa dijadikan sebagai buah tangan sangat bervariasi, mulai dari camilan hingga makanan berat. Berikut rekomendasi oleh-oleh khas dari Dumai yang paling populer diburu wisatawan.

1. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

Image Credit: Google Maps (Sudiarno Tamba)

Bolu kemojo merupakan salah satu makanan legit dan mengenyangkan khas Dumai. Di beberapa daerah yang lain, makanan ini disebut sebagai bolu kojo. Bolu kemojo memang cukup populer di masyarakat. Di Dumai, bolu kemojo dulunya hanya dibuat pada saat digelar hajatan. Bolu kemojo menjadi makanan wajib yang biasanya dibuat secara bergotong royong.

Asal mula nama bolu kemojo adalah berdasarkan bentuknya yang menyerupai bunga kemojo atau kamboja. Bolu kemojo yang dibuat oleh masyarakat Dumai memiliki warna hijau cerah. Warna hijau tersebut diperoleh dari campuran daun pandan dan daun suji yang dihaluskan, kemudian disaring.

Selain memberikan warna yang cantik pada bolu kemojo, air daun pandan dan daun suji juga memberikan aroma yang khas pada makanan tradisional ini. Jika tidak demikian, maka aroma telur yang akan mendominasi. Oleh sebab itu, cita rasa bolu kemojo khas Dumai ini sangat enak karena melalui proses pengolahan yang benar.

2. Asam Pedas Patin

Asam Pedas Patin Khas Dumai

Image Credit: Google Maps (Galeri DST)

Penggemar ikan dan pecinta pedas wajib mencoba hidangan asam pedas patin. Asam pedas patin khas Dumai sangat menggugah selera, terutama warna merah kuahnya yang diperoleh dari cabai rawit. Rasa asam dan pedas tentu yang paling mendominasi di hidangan ini, akan tetapi racikan rempah dan bumbu penyedap yang pas menghasilkan rasa yang sempurna.

BACA JUGA:  25 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru & Terhits Dikunjungi

Rempah yang digunakan untuk membuat asam pedas patin ini diantaranya bawang merah, bawang putih, cabai, serai, daun kunyit, daun jeruk, lengkuas, dan tomat. Pemberian tomat ini memberikan cita rasa yang segar saat disantap. Selain itu, penggunaan rempah juga menetralkan bau khas ikan patin karena bumbu meresap hingga ke bagian dalam ikan.

Asam pedas patin khas Dumai sangat bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Anda bisa membeli hidangan ini di restoran atau rumah makan yang Anda temui di sekitaran Kota Dumai. Ketika Anda di rumah, Anda bisa menghangatkan kembali asam pedas patinnya. Lalu, menikmati kelembutan ikan patin dan kelezatan kuahnya dengan sepiring nasi hangat.

3. Es Samudra

Es Samudra

Image Credit: Twitter.com @bercandra

Selanjutnya adalah es samudra yang sangat menyegarkan. Es samudra sangat populer di sekitaran masyarakat Dumai. Jika Anda berkunjung ke kota ini, maka Anda dapat dengan mudah menemukan penjual es samudra. Minuman ini sangat cocok untuk dinikmati ketika siang hari bahkan bisa dijadikan sebagai menu takjil ketika berpuasa.

Es samudra khas Dumai terdiri dari berbagai isian dengan bermacam tekstur. Namun, bahan yang paling utama adalah durian. Selain durian, isian es samudra lainnya ialah roti dan rumput laut. Untuk airnya, terbuat dari campuran gula, daging durian, santan, sedikit garam, dan coco pandan. Jika berkunjung ke Dumai, jangan lupa membeli minuman segar ini sebagai oleh-oleh!

4. Gulai Asam Kuning

Gulai Asam Kuning

Image Credit: Cookpad.com

Selain asam pedas patin, makanan pedas yang menggugah selera lainnya adalah gulai asam kuning. Gulai asam kuning memiliki rasa yang sangat sedap. Kuah gulai asam kuning memiliki cita rasa yang kaya akan rempah.

Dari segi rempah, gulai asam kuning tidak jauh berbeda dengan rempah yang digunakan pada asam pedas patin. Perbedaannya terletak pada ikan yang digunakan sebagai bahan utamanya. Gulai asam kuning bisa dipadukan dengan daging ayam atau berbagai jenis ikan lainnya. Oleh-oleh ini sangat pas dibawa ke rumah dan dinikmati bersama keluarga.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Dumai yang Paling Enak

5. Dodol Nenas

Dodol Nenas

Image Credit: Twitter.com @sepdum

Jika sebelumnya sudah disebutkan makanan yang bercita rasa manis pedas, makanan yang satu ini menawarkan cita rasa manis asam. Adapun nama makanan ini adalah dodol nenas. Kehadiran dodol nenas menjadi pintu bagi kebangkitan ekonomi masyarakat lokal. Banyak industri rumahan di Dumai yang bergerak di bidang produksi dodol nenas.

Dodol nenas terbuat dari bahan utama buah nanas, gula pasir, santan, dan tepung ketan. Semua bahan dimasak dalam sebuah wajan besar dan diaduk secara terus-menerus agar matang merata. Dodol diaduk hingga kandungan airnya asat. Selanjutnya, dodol ditata pada loyang untuk kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah itu, dodol dibungkus satu per satu.

Dodol nenas menjadi pilihan oleh-oleh yang difavoritkan oleh siapa pun yang datang ke Kota Dumai. Sejauh ini, dodol nenas dibuat oleh tangan-tangan asli Dumai di industri-industri rumahan. Oleh karena itu, rasanya sangat otentik. Anda bisa membeli dodol nenas di toko oleh-oleh yang dikunjungi.

6. Gulai Udang

Gulai Udang Khas Dumai

Image Credit: Cookpad.com

Masakan khas Dumai memang tak pernah selesai untuk dibahas kelezatannya. Masakan yang menjadi primadona adalah masakan berkuah, terutama gulai. Di Dumai, gulai bisa menjadi kuah untuk berbagai macam jenis ikan, salah satunya udang. Gulai udang memiliki rasa yang tidak kalah nikmat dari gulai asam kuning.

Gulai udang khas Dumai memang sangat terkenal. Gulai udang memiliki kuah yang cukup kental. Secara keseluruhan, cita rasa gurih akan menendang lidah Anda pada suapan pertama. Selain dimakan di tempat, gulai udang tentu cocok juga dijadikan sebagai buah tangan untuk orang-orang tersayang setelah mengunjungi Kota Dumai.

7. Lempuk Durian

Lempuk Durian

Image Credit: Facebook.com @olehkhasdumai

Oleh-oleh selanjutnya adalah lempuk durian. Lempuk durian memiliki rasa yang sangat istimewa karena terbuat dari Raja Buah atau durian. Tekstur lempuk durian hampir mirip seperti dodol nenas, yaitu sangat kenyal. Rasanya pun tidak kalah legit dengan aroma durian yang sangat kuat. Nah, bagi Anda pecinta durian, lempuk durian tak boleh absen dari daftar belanja.

Lempuk durian dibuat dengan komposisi durian yang mendominasi. Selanjutnya, durian yang telah dipisahkan dari bijinya dimasak dengan gula pasir. Cara memasaknya juga tidak jauh berbeda dengan dodol nenas, yakni terus diaduk hingga didapatkan tekstur yang sangat kental. Setelah itu, lempuk durian yang sudah matang dikemas dengan daun jagung kering.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Kampar yang Paling Populer

Lempuk durian yang kenyal dan legit sangat diminati oleh wisatawan karena rasanya yang enak. Selain itu, lempuk durian juga termasuk ke dalam kategori makanan tradisional yang legendaris. Rasanya yang manis tentu akan disukai oleh anak-anak. Oleh sebab itu, Anda wajib membeli oleh-oleh lempuk durian untuk membahagiakan anak-anak Anda.

8. Bubur Lambok

Image Credit: Cookpad.com

Bubur lambok merupakan bubur khas Dumai yang sangat unik. Dahulu kala, bubur ini biasanya menjadi santapan orang-orang Dumai yang kondisi kesehatannya sedang tidak baik. Akan tetapi, di masa sekarang bubur lambok justru menjadi makanan khas Dumai yang melegenda.

Bubur lambok terbuat dari beras dan campuran rempah-rempah. Namun, yang menjadi menarik adalah campuran daun pakis di dalamnya. Inilah yang menjadi pembeda bubur lambok dengan bubur-bubur yang lainnya.

9. Keripik Cabe

Keripik Cabe

Image Credit: Tokopedia.com

Rekomendasi oleh-oleh berikutnya adalah keripik cabe. Nama makanan yang crunchy dan gurih ini mungkin bukan hal yang asing lain di telinga Anda. Keripik cabe khas Dumai memang selalu diburu oleh para wisatawan yang berkunjung ke Dumai.

Keripik cabe berbahan dasar keripik singkong dengan racikan bumbu dan bubuk cabe yang sangat mantap. Namun, seiring berkembangnya waktu berbagai jenis keripik juga diolah dengan sangat kreatif. Bahkan, Anda bisa menemukan pula keripik buah dengan cita rasa yang manis.

10. Mie Sagu

Mie Sagu

Image Credit: Kelanariau.blogspot.com

Mie lovers, sudahkah Anda mencoba mie sagu khas Dumai? Jika belum, mie sagu harus menjadi tujuan wajib ketika Anda tengah berada di Kota Dumai. Mie sagu memiliki tampilan yang berbeda dari mie pada umumnya, yakni berwarna putih.

Mie sagu biasanya dimasak dengan campuran rempah-rempah, ikan teri, dan sayur tauge. Selain itu, kandungan karbohidratnya juga sangat minim sehingga cocok untuk dijadikan menu diet. Mie lovers, sangat harus mencoba dan membungkus makanan ini untuk keluarga yang Anda cintai!

Itulah beberapa oleh-oleh khas Dumai yang populer dan menarik untuk diburu. Potensi industri yang sangat berkembang pesat telah membuat Dumai menjadi kota yang sibuk. Selain itu, keadaan tersebut telah membuat Dumai menjadi kota yang banyak dikunjungi. Jika Anda merupakan satu di antara pengunjung tersebut, oleh-oleh di atas wajib masuk ke dalam daftar belanja Anda.