Pantai Lhoknga, Pantai Eksotis Favorit Peselancar di Aceh Besar

Pantai Lhoknga, Pantai Eksotis Favorit Peselancar di Aceh Besar

Pantai Lhoknga salah satu wisata pantai yang kaya pesona di Aceh Besar yang menjadi tujuan favorit para peselancar. Pantai eksotis dengan hamparan pasir putih menyuguhkan pemandangan perbukitan, air laut yang jernih untuk berbagai aktivitas liburan seru.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Lhoknga Kab. Aceh Besar, Aceh.

Pantai Lhoknga adalah satu dari banyaknya tempat wisata alam yang ada di Aceh. Pantai yang satu ini mempunyai pesona alam dan laut yang begitu indah. Siapapun yang datang ke tempat wisata ini dijamin tidak akan pernah menyesal. Bahkan, ingin kembali mengunjunginya lagi.

Tak heran apabila pantai yang satu ini selalu menjadi destinasi pilihan saat sedang berkesempatan berlibur di Aceh. Para pengunjung banyak yang penasaran dengan keindahan yang disajikan oleh pantai tersebut. Sampai sekarang, pantai ini selalu menjadi andalan sebagai salah satu pantai terbaik di kawasan sana.

Pengunjung yang datang ke sana juga tidak hanya berasal dari tanah air saja. Melainkan, juga banyak yang berasal dari manca negara. Supaya Anda tidak semakin merasa penasaran dengan tempat wisata yang satu ini, maka berikut ini berbagai macam informasi yang berkaitan dengan Pantai Lhoknga.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lhoknga

Daya Tarik Pantai Lhoknga
Image Credit: Google Maps (Fatra Sugiono)

1. Panorama Alam Sekitar

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh tempat wisata alam yang satu ini tentu dari keindahan alam sekitarnya sang begitu elok dan menawan. Banyak bukit kecil yang berada di sekeliling pantai semakin memperlengkap keestetikan yang ditawarkan di tempat wisata tersebut.

Pantai ini cocok sekali untuk para traveler yang menyukai alam yang masih asri dan segar. Keindahan alam sekitar tersebut membuat momen berlibur ke pantai ini semakin menyenangkan.

2. Pantai yang Romantis

Bagi para pengunjung yang baru saja menikah serta ingin menemukan tempat untuk menikmati suasana bulan madu, maka Pantai Lhoknga ini bisa menjadi pilihan yang romantis. Suasana romantis di pantai ini akan semakin terbangun dengan cahaya langit mulai temaram dan angin laut pada sore hari yang sepoi-sepoi.

3. Ombak

Ombak yang ada di pantai ini sangat cocok untuk melakukan berbagai kegiatan air bersama dengan teman maupun keluarga. Ombaknya memiliki ketinggian sekitar 1,5 sampai dengan 2 meteran saja. Ditambah lagi dengan kondisi air yang ada di sana terbilang cukup bersih.

Sehingga, akan nyaman bila digunakan beraktivitas serta sedap apabila dipandang mata. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun Anda harus tetap memperhatikan keselamatan dengan baik saat bermain ombak di pantai ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @dutaambiya

4. Sunset yang Indah

Pantai yang satu ini pun menawarkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah saat sore hari mulai tiba. Terdapat banyak kalangan anak muda yang mulai berkunjung ketika sudah menjelang sore hari.

Sehingga, pada saat sore hari, para pengunjung pantai akan penuh demi bisa menyaksikan keindahan sunset. Apabila, Anda datang ke pantai ini untuk menyaksikan pemandangan sunset bersama dengan pasangan, maka suasana hangat dan romantis akan tercipta dengan indah.

5. Biota Laut

Biota laut yang ada di tempat wisata yang satu ini juga tidak kalah banyak dan beragam dengan tempat wisata pantai lain yang ada di berbagai daerah lain. Anda akan menemukan ikan-ikan cantik yang akan berenang secara bergerombol kesana kemari. Ada juga bintang laut yang sesekali menampakkan dirinya kepada pengunjung yang datang ke sini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Lhoknga

Alamat Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @HiCityID

Ternyata masih orang yang belum mengetahui dimana letak dari tempat wisata alam Pantai Lhoknga ini. Pantai yang satu berada di Aceh, tepatnya ada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Nama dari pantai ini sendiri ternyata juga terinspirasi oleh nama kecamatan dimana tempat wisata ini berada.

Masyarakat pada umumnya menyebut bahwa lokasi dari pantai yang satu ini ada di kawasan belakang lapangan golf Lhoknga hingga ke taman sesudah dari Komplek Pabrik Semen Andalas. Rute perjalanan yang ditempuh untuk bisa menuju ke pantai ini juga tidak terlalu sulit.

Para wisatawan hanya perlu melakukan perjalanan yang dimulai dari Kota Aceh Besar menuju ke pantai dengan mengikuti seluruh petunjuk arah akan akan terlihat di sepanjang perjalanan. Anda juga bisa menggunakan kendaraan milik pribadi seperti mobil dan motor.

Jarak yang akan ditempuh juga tidak terlalu jauh, melainkan hanya sekitar 20 km saja. Jarak tersebut pun bisa dilalui dengan waktu yang juga tidak terlalu lama, yaitu kurang lebih 20 sampai 30 menitan saja. Sehingga, para wisatawan tidak akan merasa terlalu capek saat ada di perjalanan menuju ke lokasi pantai yang satu ini.

Namun, apabila Anda tidak tidak ingin membawa kendaraan milik pribadi, sudah ada angkutan umum yang siap mengantarkan sampai ke tujuan. Angkutan umum yang sering dipilih oleh para wisatawan yaitu becak motor yang jalur operasinya Aceh-Lhoknga. Akan tetapi, waktu perjalanan yang dibutuhkan akan sedikit lebih lama, yaitu kurang lebih 35 menitan.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai Lhoknga

Harga Tiket Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @kemendespdtt

Pantai ini sudah menjadi tempat wisata yang populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan jauh sebelum terjadinya bencana berupa Tsunami Anceh pada tahun 2004 silam. Pada saat itu, harga dari tiket masuk ke Pantai Lhoknga ini dibandrol dengan sebesar 15 ribu rupiah saja untuk satu orang pengunjung.

Namun, adanya yang mengatakan bahwa sampai saat ini harga tiketnya masih sama yaitu 15 ribu rupiah untuk satu orang pengunjung. Kabar tersebut belum bisa dipastikan kebenarannya karena belum ada informasi resmi yang ditemukan. Kemungkinan untuk harga tiket yang sekarang bisa lebih besar ataupun bisa lebih kecil. Untuk mengantisipasi kenaikan harga, sebaiknya Anda menyiapkan dana yang lebih.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Lhoknga

Kegiatan Dilakukan di Pantai Lhoknga
Image Credit: Facebook.com @helfandra.busrian.9

1. Wisata Golf

Lapangan golf yang letaknya ada di dekat Pantai Lhoknga ini juga sering dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasinya sangat menarik karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Terlihat pula pemandangan berupa pegunungan yang sangat indah.

2. Memancing

Saat Anda berkunjung ke pantai yang satu ini, memancing juga merupakan salah satu kegiatan menarik yang banyak dilakukan oleh para wisatawan lain. Memancing bisa juga sebagai aktivitas untuk menenangkan diri dan menghabiskan waktu luang.

Kegiatan di Pantai Lhoknga
Image Credit: Twitter.com @BTJ_AP2

3. Bermain Pasir

Apabila mengajak anak kecil, sebaiknya arahkan saja mereka untuk melakukan kegiatan bermain pasir. Sehingga, kegiatan yang anak lakukan bisa lebih nyaman dan jauh dari bahaya ombak laut. Pasir di pantai ini sangat bersih dan lembut. Dengan begitu, sangat pas untuk anak kecil dalam menuangkan ide dan kreativitas mereka menggunakan media pasir.

4. Surfing

Surfing juga bisa Anda lakukan di pantai yang satu ini. Kegiatan ini sangat seru dan mengasikan terutama untuk kalangan anak muda. Banyak wisatawan yang datang kesini hanya untuk merasakan sensasi surfing di sini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pantai Lhoknga

Penginapan Pantai Lhoknga
Image Credit: Tripadvisor.com

1. Lhoknga Riverside

Penginapan bernama Lhoknga Riverside ini merupakan yang banyak dipilih oleh para wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Lhoknga. Fasilitas yang ada disini sangat beragam seperti akses pantai, wifi, restoran, room service, rental perahu, dan lain-lain. Penginapan ini juga mengizinkan pengunjung untuk membawa hewan peliharaan.

2. Nurma’s Homestay

Penginapan yang satu ini terbilang sangat nyaman, bersih, dan memiliki pelayanan yang bagus. Fasilitas yang bisa Anda nikmati seperti kamar dengan Ac, akses ke pantai, dan lain-lain. Nurma’s Homstay ini juga disebut-sebut sebagai penginapan yang cocok jika Anda membawa anak kecil.

3. Joel’s Bungalows Lampuuk

Penginapan terdekat selanjutnya yaitu Joel’s Bungalow Lampuuk yang sudah terkenal ini. Di sana sudah ada beberapa kamar yang menyediakan pancuran untuk mandi. Lokasinya juga bagus karena ada di tepi pantai yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Lhoknga Aceh Besar

Fasilitas Pantai Lhoknga
Image Credit: Google Maps (Ummie Al’Ikhsan)

Karena jumlah wisatawan yang datang semakin banyak, maka para pengelola juga semakin meningkatkan fasilitas yang ada di Pantai Lhoknga ini. Di pantai ini sudah ada area parkir yang luas lengkap dengan penjaganya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai keamanan dari kendaraan yang dibawa.

Sudah disediakan pula fasilitas toilet yang bersih dan terawat. Sehingga, para wisatawan tidak harus bingung lagi apabila ingin buang air. Selain itu, ada mushola yang bisa digunakan oleh wisatawan muslim melaksanakan ibadah tanpa harus meninggalkan area pantai. Sehingga, Anda bisa lebih puas lagi menghabiskan waktu di pantai ini.

Untuk Anda yang berniat melakukan surfing di pantai ini, namun lupa tidak membawa perlengkapan. Maka, sudah disediakan tempat untuk menyewa perlengkapan untuk surfing. Kemudian, di sekitar area pantai juga sudah terdapat banyak tempat makan atau warung yang berjejeran.

Berbagai makanan yang dijual sangat enak dan kebanyakan merupakan khas Aceh. Harganya pun juga beragam dan bisa Anda sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Sehingga, Anda tidak perlu susah payah menyiapkan bekal makanan dari rumah.

Nah, itulah berbagai macam informasi yang sudah dijelaskan yang berkaitan dengan tempat wisata Pantai Lhoknga yang ada di Aceh Besar. Semoga beberapa informasi tersebut sudah bisa menjawab rasa penasaran Anda dengan tempat wisata yang satu ini. Jangan lupa untuk menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu referensi tempat berlibur yang harus dikunjungi.