Pantai Nirwana, Pantai Cantik yang Memikat Hati di Padang

Pantai Nirwana, Pantai Cantik yang Memikat Hati di Padang

Pantai Nirwana salah satu destinasi pantai yang hits di Padang, Sumatera Barat. Wisata pantai yang memiliki panorama alam yang menakjubkan, mulai dari pasir putih yang lembut hingga panorama sunsetnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Padang-Painan, Teluk Bayur, Kec. Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat.

Pantai Nirwana merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di Padang, Provinsi Sumatra Barat. Nirwana dalam bahasa Melayu, memiliki arti surga. Tentu ini mendefinisikan Nirwana dalam artian yang sebenarnya. Pemandangan pantai ini begitu cantik dengan pasir putih dan birunya air laut menjadikannya semakin menawan.

Pengunjung yang biasa berenang di area pantai, sangat diperbolehkan juga untuk berenang di pantai ini. Nirwana dikenal sebagai pantai dengan perairan ombak yang tenang. Ombak seperti ini, cocok dijadikan sebagai tempat berenang atau sekadar bermain air di area bibir pantai. Ini menjadikan daya tariknya tersendiri.

Terdapat berbagai kegiatan menarik yang bisa pengunjung lakukan selama berlibur di pantai satu ini. Mulai dari berenang dan diving, hingga sekadar menikmati pemandangan pantai yang luar biasa indahnya. Tidak hanya itu, pihak pengelola juga menyediakan berbagai sarana dan prasarana yang bisa diakses pengujung selama berada di sana.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Nirwana

Daya Tarik Pantai Nirwana
Image Credit: Twitter.com @infoSumbar

1. View Pantai yang Mempesona

Perairan wisata Nirwana berada dekat dengan lokasi Teluk Bayur. Hal ini menjadikan Anda dapat melihat indahnya area pantai dan pengujung pun bisa melihat Teluk Bayur dari lokasi pantai ini berada. Banyak fotografer alam yang biasanya menuju kawasan Nirwana hanya demi membidik view terbaik semacam ini.

Putihnya pasir yang terhampar luas di hampir seluruh area pantai, lalu ditabrak dengan jernihnya perairan laut Nirwana, menciptakan suatu perpaduan yang unik, cantik, serta menakjubkan jika dipandang oleh mata. Suasana seperti ini tentu akan membuat pengunjung merasa tenang dan rileks, serta dapat membantu mengurangi stress.

2. Jejeran Kapal para Nelayan Setempat

Di waktu pagi biasanya banyak para pedagang dan nelayan yang memarkirkan kapan mereka di area bibir pantai. Nelayan setempat akan berangkat di waktu malam dan kembali pulang ketika matahari mulai terbit. Tidak hanya itu, masih banyak pedagang di sekitaran area pantai yang berdagang menggunakan kapal untuk pendistribusian barang.

Jejeran kapal pedagang dan nelayan ini sudah menjadi pemandangan khas yang bisa pengunjung jumpai selama menghabiskan waktu liburan di Pantai Nirwana. Pemandangan kapal seperti ini bisa dijadikan sebagai spot foto yang menarik dan instagramable abis. Anda bisa menikmati indahnya Nirwana dengan menaiki badan kapal.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Masril Rustam)

3. Menikmati Indahnya Panorama Sunset

Daya tarik lainnya yang dimiliki Nirwana adalah indahnya panorama sunset menjelang waktu senja. Sunset sudah menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu dan dinanti saat berlibur ke pantai Padang satu ini. Anda bisa menikmati indahnya sunset Nirwana dengan duduk di area pinggir pantai yang terhindar dari air laut.

Anda bisa menikmatinya saat sore hari menjelang waktu senja. Sudah dipastikan pengunjung akan mulai berdatangan menunggu indahnya pemandangan matahari terbenam. Angin sepoi-sepoi dengan banyaknya tanaman tropis di sekitar membuat suasana pantai akan semakin nyaman. Dijamin ngabuburit sunset akan semakin seru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Nirwana

Alamat Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Budi Aslan)

Destinasi wisata Pantai Nirwana terletak di Jalan Raya Padang, Padang Selatan, masih masuk kawasan Padang Kota, Provinsi Sumatra Barat. Dari Kota Padang sendiri, lokasi pantai ini diperkirakan berjarak sejauh 14 kilometer. Selain itu, lokasi pantai terkenal di pantai ini juga berada tidak jauh dari Teluk Bayur dan pelabuhannya.

Untuk bisa mencapai area Nirwana, rute yang ditempuh sangat mudah. Anda bisa berangkat melalui kawasan Kota Padang. Akses jalan yang sudah memadai, memungkinkan Anda untuk bisa membawa kendaraan pribadi. Bawa kendaraan Anda menuju arah selatan, yang notabenenya merupakan arah menuju lokasi Teluk Bayur.

Namun, bagi Anda yang tidak berkeinginan membawa kendaraan pribadi, ada juga kendaraan umum yang dengan mudah Anda temui saat ingin berlibur ke Nirwana. Anda bisa memilih jalur 437 dengan tujuan Pasar Raya Padang. Jalur ini akan melewati area Jalan Sutan Syahrir, setelahnya menuju Jalan Padang-Bengkulu.

Perlu diingat jika jalanan yang Anda lewati tadi, merupakan jalanan umum yang biasanya digunakan masyarakat Kota Padang sebagai jalan sehari-hari. Ini memungkinkan di waktu tertentu, seperti di jam berangkat kerja atau pulang kerja, jalanan akan macet. Sebagai antisipasi, Anda bisa berangkat lebih awal agar bisa sampai di lokasi tepat waktu.

Harga Tiket Masuk Pantai Nirwana Padang

Harga Tiket Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Luke Samantha)

Tidak jauh berbeda dengan objek wisata pantai pada umumnya, yang memberlakukan biaya masuk atau tiket masuk wisata pada pengunjung, tentu ini juga berlaku pada Pantai Nirwana, Padang. Untuk bisa menikmati indahnya view pemandangan pantai yang sangat murah, bahkan bisa dijangkau semua kalangan.

Untuk setiap wisatawan yang datang, pengelola membebankan biaya sebesar Rp 3.000,00 bagi kisaran anak-anak dan sebesar Rp 5.000,00 bagi orang dewasa. Dengan tiket masuk yang sangat terjangkau tadi, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan Nirwana dan Teluk Bayur. Jam operasional pun diberlakukan selama 24 jam penuh.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Nirwana

Kegiatan Dilakukan di Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Nur Diana)

1. Menikmati Keindahan Pantai di Malam Hari

Sudah menjadi rahasia umum jika letak Pantai Nirwana berada dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur. Kondisi geografis seperti ini menjadikan daya tarik tersendiri. Perlu diketahui jika pihak pengelola pantai memberlakukan jam operasional selama 24 jam penuh. Itu artinya pengujung juga diperbolehkan untuk menikmati view pantai di malam hari.

Biasanya banyak keberangkatan melalui Pelabuhan Teluk Bayur di malam hari. Maka jangan heran, saat malam Anda bisa melihat lampu-lampu kapal yang luar biasa cantiknya. Ini akan menjadi spot foto yang sangat luar biasa indahnya. Jangan lupa untuk membidik objek-objek menarik selama berada di wisata satu ini.

2. Olahraga Diving

Bagi wisatawan yang menyukai olahraga diving, tentu Anda juga bisa melakukannya di pantai satu ini. Nirwana memiliki karakteristik perairan yang sangat jernih dan bening. Selain itu, ombak di sekitaran area pantai juga aman, sehingga juga cocok digunakan sebagai tempat berenang dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku.

Pengujung akan dengan mudah menjumpai berbagai jenis makhluk laut yang hidup di perairan Nirwana. Terdapat banyak ikan-ikan kecil dan terumbu karang yang hampir menyelimuti seluruh area dasar pantai. Selain itu, jika Anda tidak ingin menyelam, Anda juga bisa menikmati indahnya dasar laut hanya dengan melihat dari atas permukaan laut.

Kegiatan di Pantai Nirwana
Image Credit: Google Maps (Ezzam M. Nur)

3. Menikmati Sunset

Melihat fenomena sunset sudah menjadi kegiatan wajib dan musti dilakukan saat berlibur ke wisata air pantai. Jika Anda berkesempatan mendatangi wisata air Nirwana, sunset juga tidak boleh Anda lewatkan. Keindahan pemandangan alam di siang hari tentu sudah cukup mendefinisikan sunset Nirwana tidak akan mengecewakan.

Anda bisa menunggu sunset Nirwana sambil menikmati sejuknya angin yang menerpa di waktu sore hari. Ini akan menciptakan suasana yang nyaman. Anda juga bisa menikmati sunset dengan menyantap hidangan khas Padang yang banyak disediakan di sekitar area pantai. Dijamin Anda pasti akan menikmati liburan Anda selama di pantai satu ini.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Nirwana

Image Credit: Agoda.com

1. RedDoorz Plus Shariah

Penginapan yang banyak mendapat rating tinggi pertama adalah RedDoorz Plus Syariah. Menyediakan konsep kamar yang mewah dengan berbagai fasilitas yang memadai, menjadikan penginapan ini banyak dijadikan pilihan. Selain itu, pihak penginapan juga menyediakan memberi pelayanan resepsionis selama 24 jam tanpa henti.

2. Yani Homestay

Penginapan di sekitar Pantai Nirwana selanjutnya adalah Yani Homestay. Terletak di area yang strategis, membuat penginapan satu ini bisa dijadikan pilihan. Fasilitas yang disediakan, yakni kamar dengan AC, jemputan bandara, hingga pelayanan khusus bagi penyandang disabilitas. Yani Homestay dapat menjadi pilihan saat berlibur ke Padang.

3. OYO 1538 Pesona Beach Travelodge

Penginapan dengan fasilitas akses langsung ke pantai ini, juga menjadi salah satu rekomendasi yang wajib masuk waiting list Anda. Memberi akses parkir di depan kamar, tentu membuat penginap merasa aman. Pelayanan yang ramah, dijamin membuat Anda semakin nyaman dan betah selama menginap di OYO 1538 Pesona Beach Travelodge.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Nirwana Padang

Fasilitas di Pantai Nirwana

Terdapat fasilitas yang disediakan pengelola Pantai Nirwana demi menjaga kenyaman pengujung yang datang. Mulai dari persewaan alat diving, tempat bermain anak, dan masih banyak lainnya. Fasilitas ini tentu bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung ke Nirwana dengan bebas dan kapan pun, tanpa ditentukan.

Fasilitas pendukung lainnya, seperti beribadah, toilet, hingga rumah makan atau pun restoran dapat dengan mudah Anda temukan. Jarak antar fasilitas pun juga tidak terlalu jauh, dan bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. Dijamin Anda akan menikmati waktu liburan Anda selama berada di destinasi wisata Kota Padang satu ini.

Informasi singkat mengenai Pantai Nirwana di atas, bisa Anda jadikan referensi sebelum berkunjung ke wisata pantai ini. Diharapkan dengan adanya informasi singkat ini, akan menjadikan Nirwana semakin banyak dikenal oleh masyarakat luas, utamanya warga mancanegara dan warga Indonesia sendiri.