Selang Pangeran, Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona di Langkat

Selang Pangeran, Destinasi Wisata Alam yang Kaya Pesona di Langkat
Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Timbang Lawan, Kec. Bohorok, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Berlibur ke wisata alam memang jadi favorit banyak orang. Melepas penat dari kesibukan harian dengan berlibur bersama sejuknya tempat dan indahnya pemandangan mampu memberikan energi tambahan untuk tubuh. Ada salah satu tempat rekreasi alam yang cocok untuk didatangi ketika sedang berada di Sumatera Utara nih namanya Selang Pangeran.

Pemandian asri ini letaknya ada di balik Gunung Leuser National Park yang menjadi tempat ekowisata. Kawasan ini punya beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi, sensasi berpetualang di alam bebas sudah terbayang di depan mata. Ada pemandian alam, air terjun dan sungai.

Sedikit informasi nama Air Terjun Selang Pangeran diambil dari aliran sungai yang melaluinya yaitu Sungai Pangeran. Air terjun dan tempat pemandian ini punya keunikannya sendiri, penasaran dengan apa saja yang menjadi daya tarik tempat ini? Simak pembahasanya berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Selang Pangeran

Daya Tarik Selang Pangeran Langkat
Image Credit: Google Maps Ricky Febriansyah

1. Ekowisata Two in One

Selang Pangeran merupakan kawasan ekowisata yang memiliki dua tujuan tempat wisata sekaligus yaitu air terjun dan juga pemandian alam. Kedua tempat ini masuk dalam lingkar Bukit Lawang. Kedua tempat wisata ini masih belum banyak dijamah oleh wisatawan karena lokasinya yang terpencil dan butuh usaha ekstra untuk bisa sampai kesana.

2. Air Terjun Bertingkat

Air terjun disini bernama Air Terjun Selang Pangeran yang merupakan air terjun bertingkat dengan kondisi air yang jernih dan sejuk. Karakter air terjun yang bertingkat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Tinggi air terjun ini kurang lebih 30 meter untuk masing-masing tingkatannya.

3. Pemandian Alami

Sungai Pangeran dikelilingi oleh hamparan pemandangan alam yang luas dengan kondisi air yang jernih dan juga segar. Di pemandian alam cantik ini wisatawan bisa menemukan batu besar di kiri pemandian sebagai tempat untuk spot foto menarik ketika berada disini. Batu ini juga bisa dipakai sebagai pijakan untuk melompat tinggi masuk ke dalam air.

4. Aliran Sungai untuk Rafting

Sungai Selang Pangeran menjadi daya tarik tersendiri karena bisa dipakai untuk olahraga air seperti rafting. Pengunjung bisa menyusuri sungai dan kemudian akan berhenti di Batu Katak atau batu besar yang ada di Pemandian alam.

5. Hutan Lindung

Kawasan Desa Timbang Lawang ini juga merupakan hutang lindung yang luas membentang di setiap area. Pengunjung bisa merasakan sensasi petualangan alam disini. Supaya tidak nyasar ketika berada di hutan wisatawan bisa menggunakan jasa guide.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Selang Pangeran Langkat
Image Credit: Google Maps Rini Herawati

Alamat Selang Pangeran berada di Desa Timbang Lawang, Wisatawan yang sudah sampai di Desa Timbang Lawang bisa menuju pasar, sesampainya di pasar melanjutkan perjalanan kurang lebih 1 jam lamanya untuk bisa sampai ke pintu gerbang atau pintu rimba. Dari pintu gerbang ini pengunjung perlu melakukan perjalanan tracking kurang lebih 1 jam.

Pintu rimba ini menjadi pintu gerbang untuk bisa sampai ke area wisata, air terjun dan juga kawasan hutan. Bagi pengunjung yang tidak ingin berjalan terlalu lama bisa menggunakan jasa ojek gunung yang ada untuk mengantarnya ke beberapa lokasi sekaligus, ojek gunung ini juga bisa menjadi guide selama di perjalanan.

Lokasi destinasi alam memang masih sulit dilalui sehingga banyak wisatawan yang mengurungkan niatnya untuk berlibur kesini, meskipun demikian rasa lelah di perjalanan akan terbayar lunas setelah sampai di lokasi wisata yang dituju.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Selang Pangeran Langkat
Image Credit: Google Maps bens4indonesia ku

Harga tiket masuk kawasan Selang Pangeran adalah sebesar Rp 15.000,- per orang dengan tambahan biaya untuk parkir bila menggunakan kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000,- saja. Info yang bisa ditambahkan bahwa kendaraan roda empat belum bisa sampai ke pintu gerbang rimba karena kondisi jalannya yang belum memadai.

Wisatawan yang membawa kendaraan roda empat bisa memarkirkan kendaraannya di Pasar Desa Timbang Lawang lalu melanjutkan perjalanan dengan menyewa ojek gunung. Biaya sewa ojek gunung sebesar Rp 100.000,- untuk satu motor. Supaya lebih hemat wisatawan bisa nego harga dengan tukang ojek.

Jam buka gerbang rimba atau pintu masuk kawasan dari pagi hari jam 9 sampai sore jam 5. Sebaiknya pengujung datang di pagi hari ketika matahari belum terlalu terik supaya bisa puas bermain sampai sore di air terjun, sungai maupun kolam pemandian alamnya. Siapkan perbekalan yang cukup untuk satu hari supaya kondisi perut tetap aman.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Selang Pangeran

Aktivitas Selang Pangeran Langkat
Image Credit: Google Maps Riva Fadli

1. Mengunjungi Air Terjun Bertingkat

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Selang Pangeran pertama adalah wisatawan bisa mengunjungi air terjun bertingkat terlebih dahulu. Aliran air yang melalui bebatuan hitam di air terjun cantik ini berkilau menambah keindahan dari alam yang ada. Air terjun bertingkat ini memiliki tinggi pertama 30 meter dan kedua juga 30 meter.

2. Menaiki Ojek Gunung Penuh Lika-Liku

Tidak sembarangan motor bisa melewati medan jalan tracking untuk menuju air terjun maupun pemandian alamnya, motor yang dipakai ojek gunung dimodifikasi sedemikian rupa untuk bisa melalui medan yang ada. Sensasi perjalanan naik turun berkelok bisa jadi kegiatan seru untuk wisatawan yang memang hobi berpetualang.

3. Renang di Pemandian Alam

Pada musim liburan kawasan pemandian alam ini akan ramai didatangi wisatawan. Pemandian alam yang dikelilingi hamparan pemandangan alam dengan aliran sungai yang jernih dan juga luas menjadi perpaduan alam yang menyenangkan untuk berenang.

4. Memacu Adrenalin dengan Melompat

Selain berenang kegiatan seru lain yang bisa dilakukan adalah melompat dari batu besar yang ada di sebelah kiri dari kolam pemandian alam. Melompat dari atas batu ini masih diperbolehkan asalkan dilakukan dengan penuh kesadaran. Rasakan sejuknya air membasahi sekujur tubuh.

5. Rafting Selang Pangeran

Bermain arum jeram serta menyusuri sungai menjadi kegiatan yang mengasyikan di Sungai Selang Pangeran. Untuk bisa melakukan rafting atau arum jeram wisatawan perlu menyewa perlengkapan dari pihak pengelola beserta dengan pemandunya supaya jadi lebih aman.

Aktivitas Seru Selang Pangeran Langkat
Image Credit: Google Maps Riva Fadli

6. Wall Climbing

Kegiatan menarik dari wisata alam selanjutnya adalah wall climbing, bukan hanya tembok biasa yang akan coba didaki tetapi wisatawan bisa mendaki tebing yang cukup curam di area air terjun. Jarak air terjun tingkat dua ke tingkat satu kurang lebih 30 meter. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman ya.

7. Camping

Masuk dalam kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Leuser menjadi tempat Selang Pangeran tempat camping yang asik. Suhu yang dingin ditambah dengan kondisi alam yang indah menambah kenikmatan camping wisatawan. Untuk bisa camping di lokasi ini wisatawan perlu mengurus perizinan terlebih dahulu.

8. Duduk Santai Menikmati Pemandangan

Duduk santai di pinggir kolam pemandian bisa menjadi kegiatan yang cukup mengasyikan. Hijaunya pemandangan, hembusan angin yang segar dan suara alam menjadi perpaduan lengkap untuk teman bersantai. Duduk bersantai ini tentu bisa dilengkapi dengan snack ataupun minuman hangat supaya lebih nikmat.

9. Berfoto-Foto

Sekarang zaman yang sudah serba digital ini, jika belum berfoto rasanya kurang lengkap. Wisatawan bisa mendapatkan foto-foto keren dari berbagai spot foto yang ada, seperti foto air terjun, foto di kolam pemandian, foto di dekat batu besar dan foto hutan selama perjalanan. Setelah berfoto jangan lupa untuk di post ke sosial media.

10. Bersepeda

Untuk wisatawan yang hobi bersepeda di alam terbuka menjelajahi Selang Pangeran bisa menjadi agenda yang mengasyikan. Bersepeda bersama teman maupun komunitas pasti sangat menyenangkan. Lelah bersepeda keringat bercucuran wisatawan bisa langsung nyebur ke kolam pemandian. Rasa lelah akan berganti dengan kesegaran.

11. Bermalam di Penginapan

Wisatawan yang berasal dari luar daerah Sumatera Utara bisa menggunakan fasilitas penginapan untuk bermalam. Harga sewa per malamnya masih sangat terjangkau dengan fasilitas yang diberikan juga lumayan lengkap. Rasakan nikmatnya tinggal di kawasan kaki gunung yang dingin dengan udara yang masih segar.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Selang Pangeran Langkat
Image Credit: Google Maps Broto Kisowo

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung diantaranya ada fasilitas tempat parkir, fasilitas kamar mandi umum, tempat camping, dan juga fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Suhu udara di kawasan air terjun ini sangat dingin bisa sampai 10-15 derajat, sehingga perlu menggunakan atau membawa baju tebal yang bisa menghangatkan tubuh. Sedangkan untuk Fasilitas penginapannya dikelola oleh penduduk setempat sehingga bukan merupakan penginapan mewah.

Fasilitas berupa area camping bisa dimanfaatkan setelah mendapatkan persetujuan dari pihak pengelola, karena pada kondisi tertentu kegiatan camping sulit dilaksanakan di tempat ini. Sebelum camping penting untuk mengurus perizinan kepada pihak pengelola. Di tempat ini juga belum disediakan warung di sekitar air terjun maupun pemandian alamnya.

Semakin tertarik untuk mengunjungi wisata alam Selang Pangeran yang eksotis ini. Tips untuk pengunjung sebaiknya jangan datang di musim penghujan karena kondisi medan jalan akan semakin sulit dilalui karena licin. Selain itu ketika musim penghujan suhunya akan semakin dingin.