Aceh

10 Tempat Wisata di Bener Meriah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Jika Berencana Liburan ke Aceh, Berikut Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Bener Meriah. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Sedang Hits yang Wajib Anda Kunjungi untuk Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Banyaknya destinasi wisata baru yang bermunculan di Aceh menjadikan banyak orang mulai berbondong-bondong untuk bisa merasakan pengalaman bagaimana berada di tempat wisata tersebut. Salah satu kabupaten di Aceh yang sedang naik daun dari tempat wisatanya adalah Bener Meriah. Dulunya Kota Bener Meriah adalah sebuah kecamatan di Aceh Tengah, namun seiring berjalannya waktu kota ini mengalami pemekaran dan berkembang menjadi kota yang sangat maju akan tempat wisatanya.

Bagi traveller yang ingin merasakan bagaimana serunya pengalaman berlibur di Bener Meriah, maka daftar dibawah ini bisa membantu Anda untuk menentukan tempat wisata mana saja yang harus dikunjungi.

1. Air Terjun Tansaran Bidin

Air Terjun Tansaran Bidin

Image Credit: Tempatwisata.pro

Air Terjun ini berlokasi di Desa Wonosari, Bandar. Diketahui bahwa kabupaten ini memiliki destinasi air terjun yang cukup banyak, dan salah satunya adalah dari Air Terjun Tansaran Bidin. Air Terjun ini memiliki aliran air yang cukup deras dan ketinggian air sekitar 50 m, serta udara yang ada di sekelilingnya sangatlah segar.

Untuk bisa sampai ke objek wisata ini pengunjung diharuskan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit melewati hutan dikarenakan letak Air Terjun Tansaran Bidin berada di tengah hutan. Bagi pengunjung yang ingin berkunjung ke Air Terjun Tansaran Bidin sebaiknya membawa bekal air dan minuman serta alat keperluan sholat karena di tempat wisata ini fasilitasnya masih sangat minim.

Lokasi: Tansaran Bidin, Kec. Bandar, Kab. Bener Meriah.

2. Air Terjun Reje Ilang

Image Credit: steemit.com

Air Terjun Reje Ilang berlokasi di Desa Meriah Jaya, Timang Gajah. Air Terjun ini memiliki pemandangan yang masih asri dari banyaknya pohon dan air terjun yang deras serta segar. Pengunjung diharuskan berjalan kaki sekitar 1000 meter dari desa dikarenakan tempat wisata yang jauh dari pemukiman penduduk.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Tengah Terbaru & Terhits Dikunjungi

Faslitias yang ada juga masih minim, ada baiknya pengunjung membawa sendiri perbekalan dan alat-alat keperluan lainnya. Harga tiket untuk masuk terkadang berubah-ubah dalam beberapa waktu tertentu, namun masih sangat terjangkau bagi semua kalangan wisatawan yang berkunjung.

Lokasi: Meriah Jaya, Kec. Gajah Putih, Kab. Bener Meriah.

3. Air Terjun Bintang Musara

Air Terjun Bintang Musara

Image Credit: Lintasgayo.co

Selanjutnya masih seputar wisata air terjuna yang berlokasi di Bintang Musara, Kecamatan Bandar. Air Terjun Musara menyuguhkan keindahan alam yang memukau, dimana airnya yang jernih dan segar. Untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke Air Terjun ini harus menempuh jarak sekitar 4 km dari Kampung Bintang Musara hingga ke titik awal lokasi dan harus berjalan lagi sekitar 25 meter agar bisa sampai ke lokasi Air Terjun.

Pengunjung yang kesulitan untuk menemukan lokasi tempat wisata bisa bertanya pada penduduk sekitar dan dapat dipandu sampai ke lokasi wisata ini.

Lokasi: Bintang Musara, Kec. Bandar Kab. Bener Meriah.

4. Makam Datu Beru

Makam Datu Beru

Image Credit: Takengonnews.blogspot.com

Makam Datu Beru merupakan objek wisata yang berlokasi di Desa Tunyang, Kecamatan Timang Gajah. Makam ini menyuguhkan wisata sejarah tentang daerah ini. Datu Beru sendiri merupakah nama dari seseorang yang berpengaruh di kawasan Tanah Gayo.

Sebenarnya nama aslinya adalah Qurrata’aini, Datu Beru adalah nama panggilan ketika ia masih kecil dulu. Pengunjung yang berkunjung ke Makam Datu Beru bisa berlibur sembari belajar mengenai sejarah Aceh.

Lokasi: Tunyang, Kec. Timang Gajah, Kab. Bener Meriah.

5. Pemandian Air Panas Wih Pesam

Image Credit: Gayokreatif.blogspot.com

Jika butuh kehangatan, maka objek wisata Pemandian Air Panas Wih Pesam yang berlokasi di Simpang Balik ini menjadi tempat yang pas. Pemandian Air Panas ini memiliki air yang hangat baik untuk Kesehatan, dan udara yang sangat sejuk di sekitar kawasan pemandian. Pemandian air panas ini berada di datarang tinggi, sekitar 1500 dari permukaan air laut.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Nagan Raya Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Pemandian Air Panas Wih Pesam sangat cocok bagi Anda yang senang berendam di air panas untuk merilekskan tubuh. Pengunjung bisa bermain dan mandi air panas sepuasnya disini.

Lokasi Simpang Balek, Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah.

6. Arung Jeram Samar Kilang

Arung Jeram Samar Kilang

Image Credit: Benermeriahkab.go.id

Bagi yang suka wisata petualangan, maka wisata Arung Jeram Samar Kilang bisa Anda coba. Objek wisata ini berlokasi di Sungai Jambu Aye, Kampung Samar Kilang. Arung Jeram ini merupakan tempat wisata yang tergolong baru di Bener Meriah, bahkan tempat ini juga masih dalam tahap perkembangan. Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang menyukai tantangan ekstrem serta memacu adrenalin.

Fasilitas yang ada di objek wisata satu ini masih sangatminim mengingat masih dalam tahap perkembangan. Namun Anda tetap bisa menikmati kegiatan seru arum jeram menyusuri sungai berbatu. Pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini bisa menempuh jarak sekitar 38 km dari Simpang Tiga Redeolong dan menghabiskan sekitar kurang lebih satu jam untuk berkendara.

Lokasi: Samar Kilang, Kec. Syiah Utama, Kab. Bener Meriah.

7. Puncak Burni Telong

Puncak Burni Telong

Image Credit: Lintasgayo.co

Puncak Burni Telong berlokasi di Gayo Takengon. Puncak ini memiliki ketinggian sampai 2600 mdpl, dimana ketinggiannya bisa dikatakan cukup sedang untuk melakukan kegiatan pendakian. Untuk bisa sampai ke lokasi membutuhkan perjuangan yang cukup lumayan melelahkan.

Di Puncak Burni Telong pengunjung juga bisa melihat awan yang bergerak layaknya sedang berada di atas awan. Pengunjung juga berkemungkinan bisa melihat bunga Edelweis, namun tidak diperbolehkan untuk memetiknya karena bunga tersebut sangatlah langka.

Lokasi: Burni Telong, Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Aceh Besar Terbaru & Terhits Dikunjung

8. Danau Lut Kucak

Danau Lut Kucak

Image Credit: Aweaceh.blogspot.com

Wisata alam favorit di Bener Meriah adalah Danau Lut Kucak. Danau ini berlokasi di sebelah Burni Telong. Lut Kucak merupakan bahasa dari Aceh yang memiliki arti Laut Kecil. Dulunya Danau ini sempat terabaikan dan tak terawat namun seiring berjalalannya waktu tempat wisata ini mulai berkembang. Danau Lut Kucak menyuguhkan keindahan pemandangan yang indah dan asri serta perkebunan yang ada di sekitar rumah warga.

Lokasi: Lut Kucak, Kec. Wih Pesam, Kab. Bener Meriah.

9. Tugu Radio Rimba Raya

Tugu Radio Rimba Raya

Image Credit: Mercinews.com

Tugu Perjuangan Radio Rimba Raya merupakan salah satu stasiun radio yang bersejarah di Indonesia. Sayangnya, stasiun radio ini sekarang sudah ditutup dan namanya pun diganti dengan Radio Republik Indonesia (RRI). Tugu Radio Rimba ini memiliki arti penting bagi sejarah Indonesia karena dengan adanya stasiun radio ini menandakan bahwa eksistensi negara masih ada. Tugu Radio Rimba Raya menyuguhkan wisata sejarah ketika masih memperjuangkan keberadaan Indonesia kepada pengunjung.

Lokasi: Rimba Raya, Kec. Pintu Rime Gayo, Kab. Bener Meriah.

10. Air Panas Bandar Lampahan

Air Panas Bandar Lampahan

Image Credit: Detik.com

Wisata Air Panas Bandar Lampahan berlokasi di Kecamatan Timang Gajah. Objek wisata air panas ini memiliki pemandangan sekitar yang memukau, bisa dinikmati sembari berendam di dalam air panas. Fasilitas yang ada di tempat wisata ini penyewaan ban untuk berenang, toilet umum, dan mungkin sekarang sudah ada fasilitas tambahan yang baru.

Tiket masuknya pun cukup terjangkau dan selalu ramai di hari Sabtu dan Minggu. Pengunjung yang ingin ketenangan bisa berkunjung di hari aktif agar bisa menikmati liburan dengan leluasa.

Lokasi: Bandar Lampahan Kec. Timang Gajah, Kab. Bener Meriah.

Itulah 10 rekomendasi tempat wisata di Bener Meriah yang siap mengisi liburan Anda jika memiliki kesempatan berkunjung. Didominasi dengan wisata alam membuat kabupaten ini sangat pas bagi Anda yang suka berpetualang menyusuri daerah baru.