Sumatra Barat

10 Tempat Wisata di Padang Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Menarik di Padang Pariaman, Sumatera Barat. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Membuat Liburan lebih Berkesan.

Liburan adalah salah satu agenda yang tentu tak dapat di tolak oleh semua orang. Berliur bisa dikatakan mujarab sebagai obat penghilang rasa stress yang sedang di hadapi. Nah untuk Anda yang sedang berniat untuk liburan ke suatu tempat, tak ada salahnya mencoba destinasi wisata yang ada di daerah Padang Pariaman. Bagi Anda yang berada di perkotaan, destinasi wisata satu ini layak untuk dijadikan pilihan yang berkualitas, sebab banyak tempat- tempat wisata dijamin seru dan menyenangkan serta sayang untuk dilewatkan.

Padang Pariaman sendiri merupakan sebuah kabupaten di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Banyak terdapat destinasi wisata yang bisa dikunjungi dari wisata alam, sejarah, kuliner, serta budaya semua ada di kabupaten ini. Salah satu kejadian besar yang masih kita ingat tentang kabupaten ini adalah gempa besar dengan kekuatan 7,6 SR yang sempat mengguncang Padang Pariaman membuat banyak kerusakan hampir di seluruh sendi kehidupan kabupaten tersebut. Namun lambat laun Padang Pariaman semakin bangkit dan menata kehidupan kea rah yang lebih baik.

Saat Anda membutuhkan liburan yang lengkap, berikut ini ada 10 tempat wisata di Padang Pariaman dengan pemandangan yang memukau dan paling hits dikunjungi wisatawan.

1. Pantai Cermin

Pantai Cermin

Image Credit by Wisato.id

Tak bisa dipungkiri, Padang Pariaman memiliki banyak pesona wisata alam yang sayang untuk di lewatkan, salah satunya adalah pantai cermin yang berlokasi di Karan Aur, Pariaman Tengah. Disini Anda bisa menyaksikan pemandagan sunset denagn semburat senja berwarna jingga yang sungguh indah.

Untuk Anda yang menyebut diri sebagai pengabdi senja, maka spot satu ini wajib untuk di datangi. Anda bisa menyaksikaan matahari mulai menyentuh bibir pantai sampai tenggelam dan menggantikan warna di kota tersebut menjadi gelap.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Pariaman yang Paling Populer

Lokasi: Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

2. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman

Image Credit by Harianhaluan.com

Jika Anda datang ke Padang Pariaman saat sedang musim panas, waktu ini adalah saat yang tepat dan pas untuk mendatangi wisata alam seperti pantai. Salah satu pantai iconik yang instagramable banget adalah pantai Kata Pariaman yang menyegarkan. Pantai ini menawarkan sejuta pesona alam yang sangat menawan, dengan hamparan pasir putih di sepanjang mata memanjang dan ombak sedang yang jernih membuat siapapun tergoda untuk bermain air.

Pantai Kata ini juga bisa disebut sebagai kebanggan masyarakat setempat, ada beberapa spot foto juga seperti hutan pinus yang rindang, dan beberapa macam wahana air seperti snorkeling, dan diving juga ada.

Lokasi: Taluk Karan Aur, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

3. Pantai Tiram

Pantai Tiram

Image Credit by Pegipegi.com

Destinasi selanjutnya cocok untuk Anda yang sedang mencari ketenangan adalah Pantai Tiram. Meski belum di kelola secara profesional oleh pemerintah pantai  satu ini tertata dengan baik dan dirawat oleh masyarakat setempat. Disini Anda bisa mendapatkan suasana yang menenangkan, cocok sekali untuk penyembuhan psikis atau pereda stress yang sedang melanda. Namun saat ini pemerintah dan masyarakat setempat tengah mengupayakan untuk mengelola pantai ini menjadi destinasi yang lebih baik lagi.

Lokasi: Tiram, Tapakis, Kec. Ulakan Tapakis, Kab. Padang Pariaman.

4. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai

Image Credit by Passgal.blogspot.com

Wah siapa yang selalu jatuh cinta dengan pesona air terjun? Padang Pariaman sendiri terdapat salah satu destinasi alam air terjun yang sayang sekali untuk dilewatkan. Air terjun ini memang tidak begitu tinggi, hanya 7 sampai 8 meter saja, tetapi yang menjadikan air terjun ini cantik dan terlihat menonjol adalah airnya yang terlihat berwarna kehijau-hijauan serta diapit oleh tebing yang brbatasan langsung dengan hutan- hutan yang masih alami dan rimbun sekali.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tanah Datar Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman.

5. Pulau Ujung

Pulau Ujung

Image Credit by Pustaka.pandani.web.id

Belum puas dengan wisata pantai yang Anda datangi, Anda masih bisa menambah daftar kunjungan pantai Anda ke Pantai Ujung yang mempesona. Disebut Pantai Ujung karena lokasinya yang memang berada di ujung pulau Padang Pariaman.

Nah jika Anda berkesempatan ke pantai ini, Anda juga akan melewati satu lokasi pantai yang tak jauh dari pantai ujung yaitu Pantai Gondoriah. Dengan sekali dayung, satu dua pulau bisa terlampaui. Jangan lewatkan juga agenda foto- foto di Pantai Ujung , ada satu spot foto cantik yang instagramable banget.

Lokasi: Lohong, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

6. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat

Image Credit by Wikipedia.org

Salah satu destinasi religi yang sedang menjadi perbincangan hangat di media sosial adalah Masjid Raya Sumatra Barat. Sebagai seorang muslim pasti Anda akan senang menyaksikan kemegahan masjid dengan kesan Minangkabau yang kental dan ornamen–ornament mewah yang melekat pada masjid.

Lokasi: Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang.

7. Taman Marga Satwa Budaya Kinatan

Taman Margasatwa Budaya Kinantan

Image Credit by Travelingyuk.com

Ingin berwisata keluarga, sekedar beristirahat sebentar sebelum melakukan perjalanan wisata alam kembali, Anda bisa menyisipkan taman marga satwa satu ini sebagai pilihan yang tepat. Sejenak Anda akan merasa tenang mendengar kicauan burung yang ada di taman marga satwa tersebut. Selain itu Anda juga melihat koleksi- koleksi binatang lain yang dijamin mebuat Anda betah di dalamnya wisata satu ini juga rekomendasi yang bagus untuk wisata bersama keluarga Anda selama berada di Padang Pariaman.

Lokasi: Jl. Cindua Mato, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

8. Wisata Tapian Puti

Wisata Tapian Puti

Image Credit by Disparpora.padangpariamankab.go.id

Karena kondisi alam yang masih banyak berupa perbukitan dan kawasan hutan membuat Padang Pariaman memiliki wisata dengan pemandangan yang unik. Salah satunya adalah wsata Tapian Puti ini. Wisata ini merupakan tempat pemandian yang ada karena pembentukan alami dari proses alam.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Bukittinggi yang Murah & Enak

Air di pemandian ini sangat bersih dan jernih, lokasinya yang berada di alam cocok sekali untuk Anda yang mengaku sebagai pecinta alam sejati. Jangan khawatir pemandangan dan pesona alam akan sebanding dengan lelahnya Anda untuk sampai ke objek wisata ini.

Lokasi: Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman.

9. Bukit Siriah

Bukit Siriah

Image Credit byDisparpora.padangpariamankab.go.id

Masih kurang dengan wisata alam yang sudah dikunjungi, Anda bisa mencoba berkunjung ke Bukit Siirah. Konsep tempat wisata alam ini sekilas nampak mirip dengan banyu biru yang ada di Yogyakarta, hanya saja Bukit Siriah menawarkan pemandangan alam berupa sawah-sawah dan ladang pertanian lainnya dari masyarakat setempat. Mengajak orang terkasih adalah pilihan yang tepat untuk dibawa ke tempat wisata satu ini.

Lokasi: Jl. Bukit Siriah, Malai III Koto, Kec. Sungai Geringging, Kab. Padang Pariaman.

10. Konservasi Penyu

Konservasi Penyu

Image Credit by Indonesiakaya.com

Untuk menjadi penutup wisata mu di Padang Pariaman, Anda bisa mencoba datang ke konservasi penyu yang berada di Ampalu, Pariaman Utara. Anda bisa menyaksikan penangkaran penyu dan perawatannya saat masih dalam telur sampai siap di lepas ke pantai lepas. Ini akan menjadi pengalaman yang berbeda dan mengesankan. Wisata ini juga baik untuk dijadikan edukasi bagi anak- anak.

Lokasi: Apar, Kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman.

Sampai saat ini masih banyak tempat wisata di Padang Pariaman terbaru dan terhits yang bisa Anda temukan. Beruntungnya lagi akses dan tariff untuk menuju ke setiap lokasi mudah dijangkau dan aman di dompet untuk Anda yang masih mengabdi  pada konsep liburan ala traveller. Nah bagaimana, sudah siap ya untuk liburan musim panas ke Padang Pariaman, jangan khawatir akan susah sinyal atau masih jauh dengan peradaban. Padang Pariaman sudah siap menjadi kota yang modern yang maju dan berkembang.