20 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

20 Tempat Wisata di Pariaman Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Favorit di Pariaman, Sumatera Barat. Objek Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi oleh Wisatawan.

Sejatinya, objek wisata di suatu daerah memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Salah satunya destinasi wisata di Pariaman yang beragam, ada objek wisata budaya, kuliner, wisata alam dan beragam objek wisata lainnya. Jangan salah loh, Pariaman menjadi incaran banyak wisatawan karena kebanyakan wisatanya strategis sehingga mudah dijangkau dari berbagai arah.

Perlu diketahui, Pariaman adalah kota yang berada di Provinsi Sumatera Barat. Bukan rahasia lagi Provinsi ini menyimpan pesona keindahan yang menawan dan wajib dikunjungi agar liburan Anda semakin menarik, dan usahakan mengajak teman-teman dan keluarga Anda sehingga kebahagiaan bias semakin lengkap.

Sah-sah saja berkunjung ke seluruh sudut kota Pariaman karena semuanya menyimpan keindahan yang memanjakan mata, selain usahakan menyeimbangkan budget agar liburan tak menjadi masalah keuangan di kemudian hari. Untuk itulah, berikut ini ada 20 rekomendasi tempat wisata di Pariaman yang wajib dikunjungi:

1. Pantai Kata Pariaman

Pantai Kata Pariaman
Image Credit: Google Maps (RMPD CHANNEL)

Kota Pariaman yang menjadi bagian dari Sumatera Barat memang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi. Anda yang kebetulan singgah di kota ini, Pantai Kata Pariaman menjadi destinasi yang tak boleh Anda lewatkan. Menawarkan panorama yang mengesankan, pantai satu ini juga sangat cocok untuk berburu spot spot yang instagramable.

Hutan pinus yang rindang akan menyambut Anda ketika menginjakkan kaki di pantai ini. Dengan begitu Anda seakan akan mengunjungi dua tempat berbeda yakni pantai dan hutan pinus. Padahal keduanya berada dalam lokasi yang sama, dan tujuan hutan pinus ini adalah untuk menahan abrasi. Yang ternyata juga bisa difungsikan sebagai spot foto kekinian.

Memiliki hamparan pasir putih yang lembut, Anda bisa berlarian diatas pasirnya. Belum lagi jika dipadukan dengan biru dan jernihnya airnya, sudah pasti akan membuat wisatawan jatuh hati. Ombak yang meliuk juga seakan mengajak Anda untuk segera bermain air atau berenang. Apalagi keindahan biota laut di Pantai Kata juga begitu beragam.

Anda tidak harus snorkeling, mengingat di beberapa spot yang dekat dengan daratan juga bisa bertemu dengan biota lautnya. Kondisi pantai yang bersih dan terjaga semakin menambah daftar daya tarik dari pantai ini. Cocok untuk liburan bersama keluarga, Pantai Kata juga menawarkan fasilitas pendukung yang memadai.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taluk, Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

2. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai
Image Credit by Lubuk-aluang.blogspot.com

Jangan salah loh, kota Pariaman memiliki destinasi wisata berupa air terjun Nyarai yang menawarkan keindahan air terjun. Dijamin Anda dan rombongan betah berlama-lama bermain air di air terjun tersebut, suasana eksotik semakin mendukung karena air terjun tersebut terletak di Cagar Alam Nasional, tepatnya di Bukit barisan. Anda tak perlu risau akan menempuh perjalanan jauh karena hanya menempuh jarak 60 menit menggunakan kendaraan roda empat dari kota Pariaman.

Sementara air terjun Nyarai memiliki ketinggian mencapai 8 meter yang dikelilingi batu-batu besar alami, walaupun sekitar air terjun dikelilingi bebatuan tetapi airnya cukup unik. Yaitu memiliki warna kehijauan tetapi sangat jernih.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Alung, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

3. Taman Orang Piaman

Taman Orang Piaman
Image Credit by Klikpositif.com

Kota Pariaman selalu menjalankan bisnis pariwisatanya dengan baik, tentunya menghadirkan berbagai destinasi wisata baru. Salah satunya objek wisata Taman Orang Piaman yang memiliki berbagai spot foto menarik, dijamin liburan sangat berkesan karena pihak wisata mendesian objek wisata sedemikian rupa agar wisatawan puas liburan di Pariaman.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

4. Pantai Cermin

Pantai Cermin
Image Credit by Raunsumatra.com

Lokasi pantai Cermin hanya sekitar 1.5 km dari pusat kota Pariaman, Anda akan merasakan suasana yang rileks karena suasananya sangat teduh. Hal tersebut karena di tumbuhi dengan pohon kelapa maupun pohon pinus sehingga membuat semilir angin menyejukkan dan membuat wisatawan betah liburan lama di pantai Cermin.

Menariknya lagi, pantai Cermin berada di daerah strategis sehingga mudah di jangkau dari berbagai arah. Bahkan Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Yang terpenting usahakan berkunjung saat waktu tepat sehingga dapat mencoba berbagai wahana yang disajikan. Selalu membawa serta orang tercinta ya agar kebahagiaan liburan semakin lengkap.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karan Aur, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

5. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak Pariaman
Image Credit: Instagram.com @suryaselfika

Untuk melanjutkan perjalanan bahari Anda di Pariaman, Anda bisa menjadikan Pulau Kasiak sebagai tujuan wisata. Pulau satu ini masih memiliki kondisi alam yang sangat terjaga dan alami. Pasir putih dengan air laut yang jernih menjadikan perpaduan yang luar biasa. Belum lagi suasananya yang tenang, sangat cocok untuk melepas penat dari aktivitas harian.

Mengunjungi pulau Kasiak serasa Anda sedang berada di pulau pribadi. Jernihnya air laut mengundang Anda untuk segera menjelajah alam bawah lautnya atau sekedar bermain air. Hal menarik lagi, di Pulau Kasiak Anda bisa bertemu penyu mengingat pulau ini menjadi habitatnya. Penyu yang bisa ditemukan adalah jenis penyu sisik dan penyu belimbing.

Selain menikmati baharinya, Anda yang ingin berburu spot spot instagramable juga sangat memungkinkan. Hadirnya mercusuar yang tingginya sekitar 40 meter menjadikan pulau ini begitu unik. Berbagai aktivitas menarik juga bisa Anda lakukan, sangat cocok untuk berkunjung bersama keluarga atau teman teman.

Anda yang gemar memancing, juga bisa melakukannya di pulau ini. Hanya saja untuk memancing Anda harus membawa peralatan pribadi. Keindahan bawah laut bisa Anda intip dengan snorkeling mengingat ombaknya yang tenang. Perjalanan menuju pulau Kasiak membutuhkan perjalanan yang tidak sebentar dan tetapi aksesnya sudah memadai.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patamuan, Kampung Perak, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

6. Pulau Angso Duo

Pulau Angso Duo
Image Credit by Kelanaku.com

Anda menginginkan liburan ke Kota Pariaman dengan mengeksplor keindahan alam bawah laut? Tenang saja karena pulau Angso Duo adalah pihan tepat, apalagi kegiatan snorkeling adalah tujuan utama wisatawan karena sangat menyenangkan. Cukup menggunakan motor boat saja sekitar 21 menit dan Anda puas menikmati suasana pulau dengan pasir putih tersebut.

Pastikan membawa kamera canggih agar kegiatan di pantai Angso Duo dapat diabadikan dengan baik, dengan begitu dapat menjadi kenangan nyata maupun di sebarkan di media sosial Anda. Pastinya banyak orang yang takjub dengan keindahan pantai karena sangat bersih dan alam bawahnya yang masih perawan. Pasalnya alam bawah laut selalu dijaga dengan baik sehingga terumbu karangnya masih terjaga dengan baik.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

7. Air Terjun Batu Basurek

Air Terjun Batu Basurek
Image Credit by Facebook.com @Fanpage.mtma.padang

Sejatinya, objek wisata air terjun Batu Basurek berada di Korong Ladang Rimbo. Tepatnya di Nagari Sungai Sirah di Kabupaten Padang Pariaman yang memiliki keindahan eksotik, wisatawan dapat bermain air di sekitar air terjun karena airnya sangat segar dan memberikan ketenangan bagi Anda. Bahkan cocok untuk penyuka trekking loh karena jalan menuju aor terjun masih alami, alhasil di penuhi semak belukar sehingga membeirkan sensasi tersendiri bagi wisatawan.

Untuk itulah sebaiknya mengajak orang tercinta seperti pasangan suami istri maupun kekasih, kerabat maupun rekan kerja. Pasalnya destinasi wisata air terjun tidak cocok untuk anak-anak lantaran dikhawatirkan menimbulkan bahaya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kuranji Hulu, Kec. Sungai Geringging, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

8. Taman Hutan Mangrove Pariaman

Taman Hutan Mangrove Pariaman
Image Credit by Facebook.com @Tamanwisatahutanmangrove

Masyarakat zaman now pasti menyukai objek wisata berupa hutan mangrove karena populer di kalangan anak muda, jangan salah loh. Kota Pariaman juga memiliki tempat wisata taman hutan Mangrove Pariaman yang selalu dipadati wisatawan di berbagai daerah, apalagi Anda akan mendapatkan berbagai edukasi secara lengkap. Yaitu banyaknya pohon mangrove yang sangat indah dan berbagai hewan langka.

Menariknya lagi pengunjung dapat melepas anakan penyu ke laut, pasalnya taman Mangrove telah mengembangbiakan penyu dengan jumlah puluhan ribu agar tidak punah. Dengan begitu generasi penerus dapat melihat hewan penyu yang mulai langka.

Harga Tiket: Rp 8.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Apar, Kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

9. Muara Manggung

Muara Manggung
Image Credit: Instagram.com @komunikasi.pariwisata

Muara Manggung merupakan salah satu destinasi wisata di Pariaman yang belakangan hits. Muara Manggung sendiri berarti rawa mati yang menawarkan spot foto yang unik dan menarik. Pohon pohon bakau yang ada nampak mati, dan justru kehadiran pohon ini semakin artistik. Rawa rawa yang ada berbeda dari rawa pada umumnya.

Dimana rawanya memiliki air yang begitu bersih dan juga nyaman. Tidak hanya mengasah kemampuan fotografi Anda, Anda juga bisa menyusuri rawa ini dengan menggunakan perahu layar. Dari perahu layar ini, Anda justru bisa mendapatkan spot foto yang makin menarik. Tidak ketinggalan sunset yang menjadikan panoramanya makin cantik dan sayang dilewatkan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Manggung, Kec. Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

10. Pantai Talao Indah

Pantai Talao Indah
Image Credit by Lintassumbar.id

Sementara pantai Talao Indah berada di Jalan Pasir pauh tepatnya di Pariaman tengah dan menjadi objek wisata paling hits sehingga wajib dikunjungi. Pengunjung betah berlama-lama karena ditemani lanskap laut lepas dengan berbagai spot foto menarik, pastinya lokasinya tak terlalu jauh dari perkotaan sehingga masih strategis.

Ditambah lagi terdapat gazebo-gazebo yang menghubungkan dengan jembatan. Dengan begitu pengunjung dapat melihat keindahan sunset, bahkan setiap harinya gazebo dan jembatan tersebut dipadati wisatawan yang menunggu sunset yang sangat menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasir Pauh, Pauh Barat, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

11. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak
Image Credit by Beritagar.id

Kota Pariaman patut diacungi jempol karena memiliki beragam pantai wisata yang menawarkan keindahan alam bawah lautnya, terutama pulau Kasiak yang alam bawah lautnya sangat indah. Walaupun termasuk pulau yang tidaka ada penghuninya, tetapi wisata terebut selalu dikunjungi wisatawan lokal maupun manacenagara. Apalagi memiliki terumbu karang dan alam bawah laut yang selalu terjaga.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patamuan, Kampung Perak, Kec. Pariaman Tengah, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

12. Pulau Tangah

Pulau Tangah
Image Credit by Wisatapulausumbar.com

Objek wisata pulau Tangah terbilang unik dan disebut-sebut sebagai pulau pribadi bagi pengunjung yang berlibur, pasalnya pulau tersebut luasnya hanya 3 hektar saja di Samudra. Wisatawan yang menginginkan mengunjungi pulau pribadi tersebut cukup menggunakan speed boat selama 30 menit, Anda akan dimanjakan dengan relief terumbu karang yang menawan, butiran pasir yang sangat halus dan keindahan lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lohong, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

13. Pulau Ujung

Pulau Ujung Pariaman
Image Credit: Google Maps (Alphine Park)

Destinasi di Pariaman memang paling banyak didominasi dengan wisata perairan. Kendati demikian, setiap tempat wisata memberikan keunikan tersendiri. Untuk membuat perjalanan Anda makin lengkap, Anda bisa mengunjungi Pulau Ujung. Daya tarik utama destinasi ini adalah airnya yang kebiruan dan sangat jernih.

Dikelilingi pasir putih yang lembut, Pulau Ujung memang memiliki keindahan tersendiri. Vegetasi pepohonannya juga beragam sehingga membuat panoramanya makin asri. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik, mulai dari bersantai di tepi pantai hingga snorkeling. Bawah laut Pulau Ujung ini juga begitu cantik sehingga sayang untuk tidak Anda singgahi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lohong, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

14. Taman Bendungan Anai

Taman Bendungan Anai
Image Credit by Facebook.com @Bendungan-ANAI

Dahulu, objek wisata Taman Bendungan Anai adalah sebuah lubuk Alung yang dibangun untuk mengatasi banjir ke permukiman warga. Namun seiring berjalannya waktu, bendungan tersebut selalu diperbaharui dan mendapat sambutan baik dari masyarakat karena keindahannya. Alhasil dijadikan sebagai objek wisata menarik yang ramai dikunjungi. Tentunya bagus untuk spot foto yang instagaramable.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Alung, Kec. Padang Pariaman, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

15. Pantai Belibis

Pantai Belibis
Image Credit by Viva.co.id

Jangan salah loh, objek wisata yang instagaramable di Pariaman umumnya tidak jauh dari pusat kota sehingga mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Salah satunya pantai Belibis yang menawarkan pesona yang sangat indah sehingga banyak wisatawan rela berkali-kali mendatangi pantai tersebut.

Sementara letaknya di daerah Naras 2, tepatnya di Pariaman Utara. Bahkan pantai tersebut memiliki telaga atau disebut Talao bagi masyarakat sekitar. Anda dapat menghasbikan liburan dengan berbagai kegiatan seru, seperti berenang, diving, menikmati sunset dan lain-lain.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Solok – Simpang Tanjung Nan IV, Kampung Jawa, Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatera Barat.

16. Panorama Puncak Kiambang

Panorama Puncak Kiambang
Image Credit by Zoera-tourtravel.com

Keindahan panorama objek wisata panorama puncak Kiambang sangat eksotik bagaikan surga dunia. Tentunya dengan pemandangan alam yang indah sehingga pengunjung betah berlama-lama di objek wisata tersebut.

Untuk mencapai objek wisata instagaramable dapat ditempuh dengan kapal motor dari muara pantai Gendoriah. Dijamin selama dalam perjalanan sangat menyenangkan dan tak terlupakan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Padang – Bukittinggi, Lubuk Pandan, Kec. Enam Lingkung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

17. Tapian Puti

Tapian Puti
Image Credit: Google Maps (Aris Arianto)

Perjalanan Anda di Pariaman akan semakin tidak terlupakan jika mengunjungi destinasi satu ini. Tapian Puti adalah sebuah pemandian yang terbentuk secara alami. Uniknya lagi pemandian ini memiliki 7 tingkatan yang membentuk kolam kolam alami. Dan Anda juga mencapai tingkatan paling atas hanya saja membutuhkan perjuangan yang besar.

Perlu Anda tahu, pemandian ini memiliki air panas sehingga Anda juga bisa sekalian merilekskan tubuh. Masing masing tingkatan memiliki tingkat panas yang berbeda. Hadirnya kerikil kerikil kecil justru akan membuat tubuh makin rileks. dari kolam kecil ini kemudian membentuk aliran air terjun kecil yang menarik.

Selain menjadi tempat berendam dengan air hangat, Anda juga bisa berburu foto foto instagenik di Tapian Puti. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa menyaksikan tradisi Balimau yang akan diadakan masyarakat setiap tahunnya. Tradisi Balimau ini biasanya akan dilakukan ketika memasuki bulan Ramadhan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Buluh, Kec. Batang Anai, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

18. Pemandian Tirta Alami Malibo Anai

Pemandian Tirta Alami Malibo Anai
Image Credit by Alamattempatdankodepos.blogspot.com

Anda pasti mengenal objek wisata pemandian Tirta alami Malibo Anai karena sudah terkenal ke berbagai daerah, apalagi suasananya sangat alami dan menyejukkan sehingga pengunjung betah berlaam-lama disana. Apalagi airnya yang mengalir selalu bersih dan tanpa kaporit, lengkap dengan kesejukan dan pemandangan hijau yang mempesona.

Bahkan pemandiannya terbagi menjadi beberapa bagian sesuai kedalamannya loh. Untuk itulah Anda dapat menyesuaikan dengan anak-anak dan orang dewasa, ditunjang dengan biaya tiket masuk yang terjangkau sehingga aman untuk semua kalangan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Guguak, Kec. 2 X 11 Kayu Tanam, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

19. Pantai Gandoriah

Pantai Gandoriah
Image Credit by Ksmtour.com

Pantai Gandoriah termasuk destinasi wisata alam Pariaman yang terhits karena menyuguhkan keindahan pantai yang menawan, pastinya selalu bersih karena kebersihan senantiasa di jaga. Sementara letaknya di Jalan Pasir Pariaman Tengah, Kota Pariaman di Sumatera Barat. Anda dapat berkunjung bersama keluarga atau sanak saudara sehingga kebahagiaan semakin lengkap, usahakan membawa kamera yang canggih ya agar liburan semakin seru.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Nasri Nasar Komplek Wisata Gandoriah, Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

20. Pantai Tiram

Pantai Tiram
Image Credit by Pegipegi.com

Pantai Tiram wajib dikunjungi saat Anda berkunjung ke Pariaman karena sangat eksotik, bahkan setiap hari dikunjungi berbagai wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu lokasinya pun strategis, yaitu di Ulakan, tepatnya di Ulakan Tapakis, di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tiram, Tapakis, Kec. Ulakan Tapakis, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Berkunjung ke objek wisata memberikan banyak manfaat secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itulah ke 20 tempat wisata di Pariaman yang disajikan di atas dapat dijadikan pilihan liburan Anda bersama orang tercinta, pilihlah destinasi wisata yang menarik sesuai dengan budget.