Air Terjun Langkuik Tinggi, Panorama Alam Eksotis Nan Menawan di Agam

Air Terjun Langkuik Tinggi, Panorama Alam Eksotis Nan Menawan di Agam
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Malalak Barat, Kec. Malalak, Kab. Agam, Sumatera Barat.

Liburan memang menarik jika diisi dengan berbagai kegiatan seperti melepas penat. Ada berbagai macam wisata yang dapat menjadi opsi dari liburan. Sumatera Barat merupakan salah satu kota besar yang memiliki berbagai tempat wisata berbasis nasional, salah satunya yaitu Air Terjun Langkuik Tinggi.

Air terjun ini terdapat di kawasan tersembunyi. Pengunjung dapat menuju lokasi baik dari Bukittinggi maupun dari Kota Padang. Air terjun yang berada di kaki Gunung Singgalang dan Tandikek memiliki pesona yang indah layaknya air terjun lainnya disertai debit air yang deras yang berada di Agam.

Objek wisata alam yang menyegarkan menghadirkan keindahan yang cocok untuk mewarnai liburan anda. Selain pesona air terjun, membentang juga pemandangan alam yang asri dan alami, Tak heran banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke air terjun.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Langkuik Tinggi

Daya Tarik Air Terjun Langkuik Tinggi Agam
Image Credit: Goolge Maps Wahyudi Maswar

1. Pesona Kawasan Air Terjun

Air Terjun Langkuik Tinggi memiliki ketinggian air sekitar 100 meter di atas permukaan air. Oleh karena itu, pantulan dari air terjun yang mendarat di bawah bebatuan tepi sangat deras bahkan cipratan airnya sampai mencapai radius sekitar 18 meter dari tepi air terjun.

Di bawah air terjun terdapat bebatuan-bebatuan yang berwarna kehitaman. Batuan ini selalu basah disiram air yang meluncur. Pengunjung dapat menaiki beberapa bebatuan yang aman untuk menikmati keindahan.

Sekitar air terjun terdapat tebing-tebing yang menjulang. Tebing ini diperkirakan memiliki ketinggian yang sama dari air terjun yaitu 100 meter lebih dengan beberapa lapisan. Tebing memiliki warna kecoklatan gelap dengan ditumbuhi oleh beberapa macam tanaman.

Tanaman ini tumbuh dengan subur karena kondisi tebing yang selalu lembab dan berair. Tanaman tersebut seperti lumut-lumut yang menghijau ataupun jamur dan tumbuhan hijau lainnya. Di bawah tebing terdapat bebatuan-bebatuan yang juga ditumbuhi oleh tanaman.

Pengunjung harus berhati-hati pada bebatuan yang ditumbuhi tanaman hijau, karena kerapkali hal ini menandakan bahwa bebatuan tersebut sangat licin. Di sekeliling Air Terjun Langkuik Tinggi terdapat beberapa air terjun yang memiliki ketinggian lebih kecil tetapi tak kalah meninggalkan pemandangan yang indah.

Sekeliling air terjun terdapat pepohonan yang menghijau. Salah satu hal menarik, air terjun ini merupakan air terjun yang tersembunyi di lebatnya hutan belantara. Karena tersembunyi, tentu sekitar air terjun ditumbuhi pepohonan yang menghijau. Pepohonan yang rimbun dan lebat menambah kecantikan lanskap air terjun.

Udara yang dirasakan sekitar air terjun merupakan udara yang segar, sejuk dan tentram. Pengunjung yang berasal dari kota tidak akan pernah mendapatkan kesegaran udara seasri air terjun ini. Selain itu, air terjun jauh dari hiruk pikuk kebisingan suara maupun polusi.

Merasakan ketenangan yang dirasakan. Saat berada di kawasan air terjun, pengunjung hanya akan mendapati suara dari deburan air yang keluar dari atas perbukitan, turun dengan ritme cepat menghantam bebatuan di bawah. Suara hantaman air terjun sangat deras terdengar di telinga.

2. Air Lubuk Bara Angin

Sebenarnya kawasan Air Terjun Langkuik Tinggi memiliki 3 macam air terjun lainnya yang intensitas ketinggiannya sedikit lebih rendah. Salah satunya adalah air lubuk bara angin. Air terjun ini juga memiliki frekuensi yang deras. Dengan bentangan yang luas. Terdapat beberapa bebatuan di tepi bawah air.

Aliran yang deras ini tidak cocok untuk dijadikan tempat berendam ataupun berenang, tetapi pengunjung dapat mengabadikan momen indah di kamera. Sebelum memasuki air di kawasan ini terdapat bebatuan yang harus dilewati. Bebatuan tersebut sangat terjal dan licin, anda harus berhati-hati.

Selanjutnya, untuk melanjutnya perjalanan pengunjung harus menyeberangi sungai dengan debit yang deras. Ada beberapa tanjakan batu sebagai alas tumpu tetapi harus tetap berhati-hati karena jika salah melangkah akan kehilangan keseimbangan dan jatuh ke derasnya air.

Daya Tarik Lain Air Terjun Langkuik Tinggi Agam
Image Credit: Twitter @LansekManih_Id 

3. Air Karak Pipiak

Menariknya, air di kawasan ini lebih tenang. Untuk menuju ke kawasan harus menelusuri pepohonan hutan-hutan yang rimbun tetapi sangat meneduhkan. Lokasi kawasan yang tenang cocok bagi yang ingin bermain air sejenak sambil menikmati pemandangan yang indah.

Panorama yang diberikan sama halnya dengan air terjun utama, memiliki pemandangan yang hijau dengan bebatuan yang menghitam. Bedanya hanya di kawasan ini air yang mengalir lebih bersahabat dibanding air terjun yang lainnya. Kondisi ini dapat melakukan aktivitas seperti berendam ataupun bermain air.

4. Air Terjun Ketiga

Air terjun yang ketiga ini memiliki debit air yang lebih deras, dengan ketinggian yang tinggi. Walaupun tinggi tetapi air terjun yang satu ini memiliki beberapa lapisan yang mencondong. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sejenak di atas bebatuan tebing yang condong tersebut.

Salah satu aktivitas yang menantang, pengunjung harus menaiki tebing di air terjun ini dengan memanjat bebatuan yang terjal dalam kondisi yang basah dan lembab. Disarankan untuk menggunakan sepatu khusus agar tidak terpeleset dengan pendakian menuju ke atas tebing.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Langkuik Tinggi Agam
Image Credit: Goolge Maps Dedi Suwandi

Destinasi wisata air terjun yang eksotis ini berada di Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Keberadaan air terjun cukup tersembunyi dengan posisinya yang terletak di dalam hutan belantara.

Jarak tempuh perjalanan dari titik pusat Bukittinggi menuju ke lokasi wisata ini berjarak sekitar 40 kilometer di perjalanan. Rutenya dari Bukittinggi, pengunjung dapat mengambil Jalan ke arah Simpang Padang Luar. Lanjutkan perjalanan jika bertemu dengan persimpangan belokkan kendaraan ke kanan menuju ke Simpang Malalak.

Setelah tiba di kawasan simpang Malalak, terdapat persimpangan lagi, lanjutkan perjalanan dengan belok kiri dari persimpangan menuju ke Jorong Nyiur. Sampai di depan posko, perjalanan menuju ke depan posko ini menempuh waktu sekitar 1 jam lebih.

Dari posko, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki sejauh sekitar 2 jam di perjalanan. Perjalanan ini menempuh jalanan yang menantang, seperti melewati hutan belantara, perkebunan penduduk, area persawahan, sungai yang mengalir cukup deras dan banyak rintangan lainnya.

Setelah melalukan perjalanan kurang lebih 700 meter dari pusat posko, pengunjung akan bertemu dengan air terjun pertama yang tidak memiliki ketinggian menjulang. Lanjut ke perjalanan kedua sekitar 200 meter dari air terjun pertama, pengunjung menemui air terjun kedua.

Setelah itu lanjutkan perjalanan yang terakhir menuju ke Air Terjun Langkuik Tinggi. Perjalanan sangat menantang dan ekstrim, walaupun sudah disediakan jalanan setapak maupun fasilitas jalanan untuk pengunjung tetapi disarankan untuk tetap berhati-hati karena kondisi yang sangat terjal dan licin.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Langkuik Tinggi

Tiket Air Terjun Langkuik Tinggi Agam
Image Credit: Goolge Maps Muhammad Alfi

Destinasi wisata air terjun ini dikelola dengan baik oleh pihak pengelola. Untuk dapat menikmati keindahannya hanya dibanderol retribusi tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang.

Adapun bagi yang membawa kendaraan dapat membayar biaya parkir tiap kendaraan sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Untuk yang ingin menambah pemandu perjalanan agar selama perjalanan tidak mengalami kesesatan, anda dapat membayar pemandu sebesar Rp 10.000 per orang.

Sementara, untuk waktu operasionalnya, Air Terjun Langkuik Tinggi dibuka setiap hari dari pukul 08.00 WIB pagi hari sampai dengan pukul 15.00 WIB sore hari.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Langkuik Tinggi

Aktivitas Air Terjun Langkuik Tinggi Agam
Image Credit: Goolge Maps Dafitrah Utama

1. Bermain Air

Pengunjung dapat melakukan aktivitas bermain air. Walaupun debit air deras tetapi ada di beberapa spot tempat yang aman untuk bermain air. Menikmati dinginnya air yang berasal langsung dari atas perbukitan. Air ini sangat jernih dengan khas kesegaran bukit.

2. Berfoto

Air Terjun Langkuik Tinggi menampilkan keindahan yang sangat indah. Sekitar air terjun terdapat pepohonan yang rimbun dengan bebatuan yang berada di dasar tepi air yang jatuh. Panorama ini sangat indah untuk difoto. Anda dapat mengabadikan momen berfoto dengan selfie ataupun foto bersama dengan rekan-rekan.

3. Menyusuri Sungai

Akses untuk menuju ke air terjun ini adalah melewati sungai. Anda harus menyeberangi sungai yang tidak terlalu dalam tetapi memiliki arus air yang cukup deras. Cukup berpangku pada injakan bebatuan yang tersedia. Disarankan untuk tetap hati-hati karena ada beberapa bebatuan yang licin dan terjal.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Langkuik Tinggi Agam
Image Credit: Goolge Maps Ivan Boncel

Fasilitas yang disediakan di kawasan Air Terjun Langkuik Tinggi bisa dikatakan lengkap. Sebelum memasuki air terjun disediakan kawasan parkir dengan lahan yang luas. Selain itu tersedia toilet umum juga di pintu masuk area air terjun.

Perjalanan menuju air terjun telah dikelola dengan baik dengan memberikan jalur yang benar agar tidak tersesat. Terdapat juga beberapa tali untuk menuju ke medan-medan terjal seperti menaiki tebing ataupun menyusuri sungai.

Namun sayangnya, kawasan air terjun belum menyediakan beberapa warung-warung makanan dan minuman. Anda dapat membawa sendiri bekal. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk tetap menjaga lingkungan.

Air Terjun Langkuik Tinggi adalah salah satu air terjun di Sumatera Barat yang memiliki pesona menarik. Walaupun tempat tersembunyi dengan perjalanan yang menantang, tetapi air terjun ini menampilkan keindahan yang sangat layak untuk dinikmati.

REKOMENDASI DESTINASI