Air Terjun Siluman, Pesona Air Terjun Indah Nan Menawan di Langkat

Air Terjun Siluman, Pesona Air Terjun Indah Nan Menawan di Langkat
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Namu Ukur Utara, Kec. Sei Bingai, Kab. Langkat, Sumatera Utara.

Wilayah Indonesia memang terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata menarik, salah satunya yaitu di Kabupaten Langkat. Daerah ini memang mampu menyuguhkan pesona keindahan wisata alami yang tidak mungkin bisa Anda temukan di tempat lainnya, tempat wisata tersebut seperti sungai, pantai dan juga Anda bisa menemukan beberapa air terjun.

Salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal dan populer sebagai masyarakat sekitar yaitu Air Terjun Siluman. Pemandangan alam yang ditawarkan membuat banyak wisatawan rela mengunjungi tempat ini sekalipun perjalanan yang harus mereka tempuh cukup jauh. Anda akan menemukan banyak sekali wisatawan, terlebih saat menjelang hari.

Air Terjun Siluman juga memiliki sebutan lain. Sebutan tersebut yaitu Air Terjun Namo Belanga. Terdapat banyak sekali hal-hal seru dan menarik yang nantinya bisa Anda peroleh ketika mengunjungi tempat tersebut. Berikut ini akan diulas dengan lebih lengkap lagi terkait mengenai daya tarik, harga tiket, fasilitas dan lain sebagainya.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Siluman

Daya Tarik Air Terjun Siluman Langkat
Image Credit: Twitter Travellink Indonesia

1. Telaga Biru

Daya tarik pertama yang bisa Anda temukan ketika mengunjungi tempat wisata ini yaitu adanya Telaga Biru. Telaga Biru yang bisa Anda temukan di tempat tersebut memang seolah menyala, terlebih saat siang hari. Telaga ini berada di bawah rimbun pepohonan yang menjulang tinggi. Anda bisa melihat air dari Telaga tersebut tampak begitu jernih.

Cahaya matahari mampu menembus hingga ke bagian dasar kolam. Keberadaan dari Telaga Biru melengkapi air terjun di Langkat tersebut, sehingga sangatlah cocok untuk Anda yang kebetulan ingin berfoto di bawah air.

2. Air Terjun yang Musiman

Air Terjun Siluman ini adalah salah satu destinasi wisata yang saat ini cukup populer dan Didapat Anda temukan saat berada di wilayah Langkat. Menurut sejarahnya sendiri, air terjun ini merupakan tempat pemandian dari bidadari. Maka dari itulah, tak sedikit orang-orang di daerah sekitar menyebut air tersebut sebagai Air Terjun Bidadari.

Daya tarik yang dimiliki oleh tempat wisata ini yaitu lokasi ini merupakan air terjun musiman. Dikatakan demikian karena memang di tempat tersebut Anda tidak akan selalu menemukan air. Hal itulah yang juga kadang membuat seseorang dapat merasa tertantang untuk mendatangi lokasi wisata.

Beberapa dari pengunjung perlu bersiap-siap kecewa saat mereka berada di tempat ini. Karena memang air tidak selalu tersedia. Umumnya air terjun ini akan terisi air dan meluap begitu deras ketika tiba musim penghujan.

Bahkan karena banyaknya air di sana, sehingga luapan tersebut dapat membuat area di sekitar menjadi banjir. Terlebih lagi ketika Anda datang ke tempat ini saat musim kemarau. Air yang semula begitu banyak dan melimpah di air terjun tersebut, akan mendadak kering.

3. Air yang Sangat Berkhasiat

Selain kepercayaan masyarakat sekitar bahwasannya air terjun merupakan tempat untuk mandi bagi para bidadari. Pemandangan yang ada di sekitar pohon juga tidak kalah elok. Selain itu juga air dari air terjun ini sangat dipercaya memiliki khasiat yang tinggi.

Ketika Anda bermain air di tempat ini ataupun mandi, Anda bisa merasakan khasiat yang luar biasa. Khasiat tersebut seperti contohnya, menyembuhkan beragam penyakit. Tidak sedikit para wisatawan yang datang ke tempat tersebut memang sengaja untuk memburu khasiat dari air terjun ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Siluman Langkat
Image Credit: Google Maps awen gozila

Air Terjun Siluman lokasinya berada di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tepatnya yaitu di Desa Rumah Galuh. Jika Anda menuju lokasi wisata ini dari Kota Binjai, maka Anda perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam dan jarak yang ditempuh sekitar 36 km memakai kendaraan pribadi.

Air terjun ini dibuka untuk para wisatawan mulai pukul 9 pagi dan selanjutnya akan ditutup saat sudah menjelang pukul 6 petang. Sebelum nantinya Anda berada di lokasi, maka Anda bisa menemukan dua pos pemberhentian yang nantinya dapat Anda jadikan sebagai tempat beristirahat sementara.

Mengunjungi Air Terjun Siluman lebih disarankan bagi Anda menggunakan kendaraan roda dua. Hal itu dikarenakan akses untuk bisa mencapai pos pemberhentian pertama hanya dapat ditempuh ketika Anda memakai kendaraan roda dua. Setibanya di pos pertama tersebut, Anda bisa menggunakan jasa seorang guide sebagai pemandu menuju ke lokasi air terjun.

Anda sangat disarankan untuk menggunakan jasa dari mereka karena memang medan yang akan Anda lewati tersebut cukup menantang dan terbilang susah. Selain itu, dalam rangka keamanan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Disarankan pula untuk Anda hanya membawa barang-barang yang memang dibutuhkan saja. Untuk barang-barang lainnya yang kurang dibutuhkan Anda bisa menitipkan sementara di posko. Hal tersebut bukan tanpa alasan, medan yang nantinya hendak Anda lalui cukup berat. Sehingga barang-barang yang dirasa kurang penting bisa Anda titipkan.

Setibanya Anda di pos pemberhentian yang kedua, maka Anda perlu memarkirkan kendaraan roda dua. Perjalanan berikutnya akan dilanjutkan dengan berjalan kaki dan melewati jalanan setapak. Selama berada di perjalanan itulah nantinya Anda akan dibuat terkagum-kagum oleh pesona alamnya yang sangat elok dan mengagumkan.

Hamparan sawah dan ladang yang dipenuhi dengan sayuran milik warga sekitar akan membuat pemandangan yang terasa jauh lebih terasa segar. Selain itu juga Anda pun bisa melalui hutan yang begitu rindang yang tanahnya terjal dan licin. Terlebih jika Anda di sini datang saat menjelang musim penghujan.

Tiba di lokasi ini setidaknya Anda akan membutuhkan waktu kurang lebih selama 30 menit. Air Terjun cantik ini memang memiliki debit air yang cenderung berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Ketika Anda datang ke tempat ini, Anda akan melihat debit airnya yang begitu melimpah. Namun debit air tersebut akan tiba-tiba menjadi kering di lain waktu. Karena itulah, akhirnya masyarakat sekitar menamakan lokasi wisata tersebut sebagai Air Terjun Siluman.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Air Terjun Siluman Langkat
Image Credit: Google Maps M Irfan Ansari Barus

Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi destinasi wisata ini, maka anggaran yang diperlukan setidaknya yaitu Rp 50.000 untuk membayar seorang guide. Biaya tersebut terbilang sangat terjangkau jika dibandingkan dengan keseruan dan panorama alam yang bisa Anda dapatkan.

Karena itulah, Anda tidak perlu ragu lagi ketika ingin mengunjungi Air Terjun Siluman menjelang weekend ataupun di hari-hari lain.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Siluman

Aktivitas Air Terjun Siluman Langkat
Image Credit: Google Maps Mass Harys

1. Berburu Foto

Banyak aktivitas menarik yang dapat Anda kerjakan ketika berada di Air Terjun Siluman. Salah satu kegiatan itu adalah tergolong foto. Bagi Anda yang memang hobby dalam seni fotografi, maka datang ke wisata alam ini adalah ide yang menarik untuk dilakukan.

Di tempat inilah nantinya Anda bisa menemukan sebuah telaga yang begitu unik dan eksotik. Air dari telaga ini begitu jernih, sehingga dengan begitu wisatawan bisa melihat dengan jelas bagian dasarnya. Karena itu, Anda perlu mengabadikan momen ketika berada di Telaga Biru.

Mengambil gambar di area bawah air dari Telaga Biru tentu akan membuat hasil dari jepretan makin menarik dan mengagumkan. Selain itu juga halaman instagram Anda pun juga terlihat semakin indah. Tidak hanya cukup di sana saja, di lokasi lain dari air terjun ini juga banyak sekali spot-spot yang tak kalah unik dan menarik.

2. Menikmati Lanskap Wisata

Aktivitas lain yang juga dapat Anda lakukan yaitu menikmati lanskap wisata. Keindahan Air Terjun Siluman yang ditawarkan di tempat ini tidak bisa Anda temukan di lokasi wisata lainnya. Air terjun ini berada di area tengah-tengah hutan. Selain itu juga diapit oleh pepohonan-pepohonan tinggi dan hijau rindang.

Soal debit air di lokasi tersebut begitu deras, Andapun akan mampu menikmati kesegaran air terjun dengan mandi di bawah kucurannya. Selain itu juga air yang dimiliki tempat ini begitu bening, sehingga membuat batu-batu di area dasar bisa Anda saksikan dengan jelas.

Perlu diketahui, kedalaman dari air terjun terbilang dangkal. Karena itulah, bermain air di tempat tersebut memang terbilang aman.

3. Berburu Aneka Kuliner

Aktivitas terakhir yaitu berburu kuliner yang lezat dan dapat menggugah selera. Kuliner yang ditawarkan di tempat ini sangat khas. Anda nantinya dapat menikmati makanan serta minuman yang ditawarkan oleh warung-warung sekitar dengan harga yang relatif terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Air Terjun

Fasilitas Air Terjun Siluman Langkat
Image Credit: Google Maps M Irfan Ansari Barus

Di Air Terjun Siluman ini fasilitas yang tersedia sudah cukup memadai. Anda tidak perlu repot-repot membawa bekal dari rumah, karena memang di tempat tersebut sudah terdapat warung yang menyediakan menu khas daerah Langkat yang dapat Anda nikmati bersama dengan rombongan.

Sementara fasilitas lain berupa kamar mandi umum dan juga toilet umum bisa Anda temukan ketika Anda berada di pos pertama tempat wisata. Selain itu juga di tempat tersebut Anda bisa menemukan area parkir yang luas dan juga aman.

Bagi Anda yang beragama muslim dan ingin menjalankan ibadah ketika berada di tempat wisata, maka bisa meminjam pertama tersebut untuk dijadikan tempat shalat. Bagi yang berencana untuk bermalam di tempat ini masih belum tersedia penginapan. Penginapan terdekat dari lokasi wisata berjarak kurang lebih 33 km.

Itulah ulasan lengkap mengenai destinasi wisata Air Terjun Siluman yang perlu untuk Anda ketahui. Jika Anda kebetulan berkunjung ke Kabupaten Langkat dan tengah mencari tempat wisata yang berbeda dari lainnya, maka air terjun ini sangat direkomendasikan. Dijamin Anda bersama dengan keluarga ataupun pasangan tidak akan kecewa mengunjunginya.