Kebun Teh Kayu Aro, Panorama Alam Eksotis di Kaki Gunung Kerinci

Kebun Teh Kayu Aro, Panorama Alam Eksotis di Kaki Gunung Kerinci
Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Giri Mulyo, Kec. Kayu Aro, Kab. Kerinci, Jambi.

Kebun Teh Kayu Aro menjadi perkebunan teh yang paling tinggi di dunia setelah perkebunan Darjeeling Tea Plantation yang berada di Bengal Barat, India. Tidak hanya itu, perkebunan teh ini juga sudah ada dan beroperasi sejak zaman kolonial. Dirintis pertama kali oleh sebuah perusahaan milik Hindia Belanda tahun 1925 sebelum diambil alih Pemerintah Indonesia 1959 setelah merdeka.

Karena sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, perkebunan teh ini menjadi yang tertua di Indonesia. Lahannya berada di dua provinsi yaitu Jambi dan Sumatra Barat. Sekarang perkebunan teh ini dalam naungan PTPN VI dengan unit usaha Kayu Aro yang tidak hanya terdapat di daerah Kerinci saja, namun juga ada yang masuk Kabupaten Solok Selatan

Perkebunan teh ini juga sudah sejak lama menjadi salah satu tujuan destinasi wisata. Tidak hanya sebagai liburan keluarga, kawasan ini juga menjadi destinasi yang menarik bagi para anak muda sebagai tempat berburu foto. Meski jalanan untuk menuju kawasan ini cukup menanjak dan berkelok, namun kawasan kebun teh ini tidak pernah kehilangan pesonanya.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Teh Kayu Aro

Daya Tarik Kebun Teh Kayu Aro
Image Credit: Googel Maps Adhy Prasetyo Widodo

Jika bertandang ke Jambi, memang kurang lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Kebun Teh. Dengan sejarahnya yang cukup panjang, di mana sudah ada sejak zaman Belanda, kebun teh ini juga menawarkan berbagai daya tarik yang membuatnya menjadi salah satu destinasi yang harus dikunjungi baik wisatawan lokal ataupun dari luar daerah.

1. Penghasil Teh Terbaik

Perkebunan ini sudah sejak lama memproduksi teh hitam dan termasuk yang terbaik di dunia. Sampai sekarang pengelolaan daun teh di perkebunan ini masih menggunakan cara-caya yang konvensional. Kelebihan lainnya, serbuk teh yang dihasilkan juga tidak ditambah dengan bahan pengawet maupun bahan-bahan lainnya yang mungkin akan merubah aroma ataupun rasa.

Bahkan untuk menjaga kualitas dan aroma tehnya, para karyawan tidak diperbolehkan untuk menggunakan kosmetik. Tidak mengherankan jika banyak dari para pecinta teh mengatakan jika teh yang dihasilkan dari perkebunan the Kayu Aro menjadi yang terbaik nomor 1 di dunia. Dengan produksi hingga 5.500 ton setiap tahunnya, teh ini juga dieskpor ke berbagai negara seperti Inggris dan Belanda.

2. Pemandangan Indah

Perkebunan teh ini juga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah yang menjadi daya tarik terbesar bagi para pengunjung untuk datang berkunjung ke destinasi wisata alam yang satu ini. Pengunjung akan disuguhkan dengan bentangan perkebunan teh berwarna hijau yang menyegarkan mata dan pikiran. Juga Gunung Kerinci berdiri gagah menjadi latar yang menambah keindahan.

Tidak hanya yang tertinggi kedua di dunia, perkebunan teh ini memiliki luas hingga 3.020 hektar sehingga menjadi kebun teh terbesar kedua di dunia. Tidak seperti kebun teh di Himalaya yang terkadang tertutup oleh salju, Kebun Teh berada di kawasan yang tidak bersalju sehingga selalu hijau sepanjang tahun. Hal ini menjadi salah satu pesona tersendiri.

Daya Tarik Dimiliki Kebun Teh Kayu Aro
Image Credit: Twitter ๐–œ๐–†๐–—๐–†

3. Udara yang Sejuk

Berada di dataran tinggi, udara di kawasan ini menjadi sangat segar dan sejuk khas daerah pegunungan. Berada di ketinggian 1.600 mdpl, suhu udara rata-rata antara 17 hingga 23 derajat celsius. Bahkan suhu minimum bisa mencapai 5 derajat celsius. Oleh karena itu, meski pada siang hari yang terik, udara masih terasa sejuk.

Kawasan ini juga sangat tenang. Tidak banyak kendaraan sehingga jauh dari polusi udara. Kesejukannya ditambah juga dengan pepohonan rindang yang tumbuh di sekitar. Dengan suasana yang asri ini, Kebun Teh Kayu Aro menjadi tempat yang sangat cocok sebagai tempat untuk melepaskan lelah dan menenangkan diri.

4. Proses Pengolahan Teh

Jika datang ke perkebunan ini, pengunjung berkesempatan berinteraksi langsung dengan para pekebun yang akan menyambut dengan hangat dan ramah. Para pekebun ini juga akan dengan senang hati mengajarkan bagaimana memetik daun teh. Keramahan para pekebun menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman memetik daun teh.

Tidak hanya itu, jika beruntung pengunjung juga bisa melihat langsung pengolahan teh hitam dengan kualitas terbaik ini. Pengolahan ini termasuk melihat pekerja memisahkan bubuk teh berdasarkan kualitasnya serta melihat pengujian teh di ruang pengujian Pengunjung memang harus mengantongi izin jika ingin melihat bagaimana tahapan teh diolah di dalam pabrik hingga siap untuk dipasarkan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket

Alamat Lokasi Kebun Teh Kayu Aro
Image Credit: Instagram INSPIRASI KEINDAHAN INDONESIA

Kebun Teh berada di Kecamatan Kayu Aro, lokasinya ada tepat di kaki Gunung Kerinci sehingga Anda bisa menggunakan rute menuju Gunung Kerinci. Jika Anda berada di Kota Sungai Penuh, jaraknya hanya sekitar 43 meter saja, kurang lebih 1 jam perjalanan. Sedangkan jika dari Jambi, perjalanan ditempuh selama 10 jam lamanya.

Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk menuju lokasi kebun teh ini, Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus. Meski perjalanan yang harus ditempuh sangat panjang, dengan jalan yang berkelok-kelok, namun Anda tidak akan merasa lelah karena di sepanhang perjalanan akan disuguhkan dengan keindahan alam yang sangat indah.

Untuk memasuki kawasan Kebun Teh, Anda tidak ditarik tiket masuk. Anda hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir kendaraan. Jika Anda dari luar kota, maka Anda juga dapat menyewa homestay atau hotel dengan harga yang cukup murah dan dapat disesuaikan dengan budget liburan Anda di kawasan ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Teh Kayu Aro

Kegiatan Menarik di Kebun Teh Kayu Aro
Image Credit: Instagram Stephen J. Wijaya

Anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang menarik di kawasan Kebun Teh Kayu Aro. Liburan tentu tidak akan terasa membosankan, apalagi didukung dengan suasana alam pegunungan yang tentu tidak akan dapat ditemukan di perkotaan. Berikut beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan di perkebunan teh ini.

1. Hunting Foto

Bagi para pecinta fotografi terutama dengan tema alam, maka kawasan Kebun Teh Kayu Aro bisa menjadi spot yang tepat. Ada banyak tempat yang dapat menjadi objek yang sangat bagus. Hamparan teh hijau pasti akan menarik sebagai latar foto. Juga Gunung Kerinci yang terlihat jelas pasti akan menambah cantik hasil foto Anda. Saat sunset, kawasan ini akan tampak lebih cantik.

Anda juga bisa membawa drone. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan angle gambar yang lebih bagus. Hamparan kebun ini memang akan tampak jauh lebih indah jika diambil dari udara. Karena itu drone akan sangat membantu Anda mendapatkan gambar yang lebih bagus.

Karena tempatnya yang memang menyajikan keindahan yang masih alami, kawasan kebun teh ini tidak hanya menjadi favorit kalangan anak muda untuk selfie. Banyak pula yang menggunakannya sebagai tempat mengambil foto prewedding karena tempatnya yang romantis.

2. Paralayang

Menikmati keindahan kebun the Kayu Aro dari atas udara tidak hanya dapat lewat drone saja. Sekarang Anda juga sudah bisa menikmatinya secara langsung dengan mata kelapa sendiri dengan menggunakan paralayang. Kegiatan olahraga yang cukup memacu adrenalin ini memang baru tersedia, namun bisa menjadi pilihan untuk membuat pengalaman liburan menjadi berkesan.

Kawasan kebun teh ini berada di ketinggian yang pas untuk kegiatan ini. Tanah perkebunan tidak bergelombang sehingga angin cukup aman untuk melakukan kegiatan paralayang baik profesional maupun pemula. Sensasi yang akan Anda rasakan juga akan sangat berbeda jika melakukan kegiatan paralayang di perkebunan teh ini.

3. Menikmati Keindahan Perkebunan

Berada di kawasan ini memang lebih menyenangkan jika duduk bersantai sambil menikmati pemandangan. Anda juga bisa merasakan teh hangat hasil produksi dari perkebunan ini sambil menikmati kesejukan udara pegunungan. Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari ketenangan dan ingin menyegarkan pikiran.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Tersedia di Kawasan Wisata
Image Credit: Instagram Nayla Homestay

Anda sudah tidak perlu khawatir lagi jika berlibur di Kebun Teh Kayu Aro, karena kawasan ini telah tersedia fasilitas-fasilitas yang lengkap dan memadai untuk pengunjung. Tempat parkir tersedia cukup luas bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi. Serta tersedia juga kamar mandi. Musala atau masjid juga mudah ditemukan di kawasan ini.

Selain itu, pengunjung juga dapat berburu kuliner di kawasan ini. Ada banyak penjaja makanan yang menyajikan berbagai menu khas Kerinci. Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati hasil langsung hasil produksi teh hitam terbaik dengan rasa dan aromanya yang sangat khas.

Jika berasal dari luar kota, maka Anda juga bisa bermalam di kawasan perkebunan ini. Sudah tersedia banyak sekali homestay maupun hotel dengan harga yang relatif murah. Beberapa penginapan dibangun tidak jauh dari perkebunan, sehingga Anda dapat menikmati keindahan hamparan kebun teh dari penginapan.

Kebun Teh Kayu Aro menjadi destinasi dengan pemandangan alam yang sangat mempesona. Dengan hamparan perkebunan teh, pengunjung juga dapat merasakan kesegaran udara khas pegunungan. Selain dapat mencoba untuk memetik teh, juga melihat proses pengolahan teh jika diizinkan, pengunjung juga bisa merasakan teh hitam terbaik sambil menikmati hamparan kebun teh.