Aceh

10 Restoran & Tempat Makan di Banda Aceh yang Paling Enak

Inilah daftar restoran yang paling direkomendasikan di Banda Aceh. Tempat makan yang menawarkan makanan enak dengan harga yang masih terjangkau.

Banda Aceh merupakan sebuah provinsi paling timur di Indonesia. Sehingga begitu banyak tempat pariwisata yang menjadi salah satu destinasi Anda saat berada di Banda Aceh. Kota dengan julukan Serambi Mekkah ini selain memiliki tempat wisata yang begitu mempesona, kuliner di kota ini juga sangat enak untuk dinikmati bersama keluarga.

Dengan letak geografis berdekatan dengan Negeri Jiran Malaysia, hampir semua masakan di Banda Aceh memiliki rasa yang sangat berbeda di tempat-tempat lain. Banyaknya restoran yang berdiri di kota ini telah bercampur dengan masakan Melayu yang sangat khas dengan rempah-rempahnya.

Oleh sebab itu, khususnya bagi Anda yang sedang berkunjung atau liburan di Banda Aceh, sangat disarankan untuk mencoba beberapa restoran atau tempat makan yang begitu terkenal di Aceh. Berikut adalah tempat makan di Banda Aceh yang memiliki makanan yang sangat khas dan reputasinya yang sangat dikenal.

1. Tempat Makan Ayam Pramugari

Tempat Makan Ayam Pramugari

Image Credit: Detik.com

Bila Anda seorang yang sangat menyukai makanan yang berbahan dasar ayam, coba kunjungi Tempat Makan Ayam Pramugari. Keunikan dari nama tempat makan ini adalah berasal dari tinggi badan para pramugari yang sangat tinggi, membuat ide dari sang pemilik untuk menyuguhkan ayam dengan ukuran yang sangat besar.

Dengan bahan dasar ayam kampung yang rasanya sangat berbeda dari ayam potong lainnya, membuat restoran ini semakin mengundang para penikmat kuliner untuk datang ke tempat ini. Bahkan restoran tersebut telah melayani para tamunya dengan menyajikan lebih dari 300 potong ayam setiap harinya.

Dengan baluran rempah-rempah yang khas serta aroma daun kemangi yang begitu menggoda, menjadikan ayam pramugari ini menjadi semakin nikmat untuk disantap. Sangat disarankan untuk segera mencoba berbagai macam masakan ayam di Tempat Makan Ayam Pramugari.

Lokasi: Jl. Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

2. Rumah Makan Hasan

Rumah Makan Hasan

Image Credit: Tripadvisor.ca

Warung Makan Hasan merupakan tempat makan yang menyediakan berbagai macam masakan Aceh yang sangat khas. Banyak pilihan yang dapat Anda pilih sebagai menu makanan bersama keluarga. Terlebih lagi pada siang hari, warung makan ini sangat ramai pengunjungnya.

BACA JUGA:  10 Wisata Pantai di Aceh yang Paling Hits

Makanan yang menjadi andalan dari warung milik Pak Hasan ini adalah kari kambingnya yang bikin nagih. Serta jus mentimun yang siap untuk menyegarkan tenggorokan Anda. Rumah Makan Hasan telah berdiri sudah sejak lama dan mempunyai 3 cabang yang tersebar di sekitaran Banda Aceh.

Lokasi: Jl. Prof. Ali Hasyimi, Pango Raya, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

3. Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen

Image Credit: Tribunnews.com

Bila Anda sedang berjalan-jalan di daerah Seutui, cobalah untuk menjelajah di sekitaran Jalan Teuku Umar. Di sana terdapat sebuah rumah makan yang menyediakan nasi gule bebek yang dijamin kelezatannya, yaitu Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen.

Selain gulai bebek, Anda juga dapat menikmati masakan lain seperti ayam tangkap yang penuh dengan kejutan pada gigitan pertama. Saat jam makan malam, Rumah Makan Bu Sie Itek Bireuen sangat ramai akan pengunjung. Jadi sempatkanlah datang sebelum jam makan malam agar Anda tidak kehabisan tempat maupun menunya.

Lokasi: Geuceu Kayee Jato, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh.

4. Canai Mamak Kuala Lumpur

Image Credit: Tasteem.io

Meskipun menyandang Kuala Lumbur, bukan berarti Canai Mamak Kuala Lumpur ini berada di Malaysia. Warung makan satu ini masih berada di Banda Aceh tepatnya di daerah Seutui. Menu makanan yang disediakan di sini tidak hanya masakan dari Banda Aceh saja, namun Anda dapat menikmati makanan khas Melayu.

Meskipun memiliki varian menu yang dapat Anda pilih, uniknya dari Canai Mamak Kuala Lumpur ialah terdapat menu yang hanya tersedia di hari Sabtu saja, yaitu nasi Arab kambing. Daging kambing yang dibumbui dengan rempah-rempah pilihan menjadikan menu ini sangat laris, bahkan pada hari itu habis terjual.

Meskipun berada di tengah kota, namun harga dari menu makanan dari Canai Mamak Kuala Lumpur ini dibilang sangat bersahabat dengan kantong, yaitu dari 10 ribu rupiah hingga 30 ribu rupiah saja.

Lokasi: Jl. Teuku Umar No.51, Seutui, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

5. Warung Nasi Aceh Tulen

Image Credit: Paminto.com

Bila Anda berkunjung ke Banda Aceh, dan berjalan-jalan ke daerah Sabang, cobalah untuk singgah ke Warung Nasi Aceh Tulen. Banyak menu makanan yang dapat Anda temukan di sini.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Aceh Jaya Terbaru & Terhits Dikunjungi

Menu andalan yang terdapat di Warung Nasi Aceh Tulen adalah mie jalak. Pasalnya, menu mie jalak merupakan menu yang paling banyak peminatnya dan rasanya juga tidak dapat membohongi lidah. Dengan bumbu rempah-rempah yang melimpah membuat rasa mie jalak semakin menggoda.

Lokasi: Santan, Kec. Ingin Jaya, Kab. Aceh Besar.

6. Restoran Banda Seafood

Restoran Banda Seafood

Image Credit: Garnesia.com

Khusus Anda pecinta makanan laut dan sedang berada si Banda Aceh, cobalah singgah di daerah Simpang Lima. Di mana Anda akan menemukan sebuah restoran seafood yang sangat terkenal, yaitu Restoran Banda Seafood. Restoran ini merupakan salah satu incaran dari para wisatawan lokal maupun asing.

Berbagai macam olahan makanan laut dapat Anda temukan di sini. Terutama yang sedang membawa anggota keluarganya berkunjung ke restoran ini, dipastikan akan merasa nyaman karena terdapat ruangan VIP dengan harga paket-paket yang telah disediakan.

Lokasi: Jl. Lintas Banda Aceh – Medan Kejuruan Muda, Gampong Blang, Kec. Meuraxa, Kab.  Aceh Tamiang.

7. Restoran Mie Razali

Restoran Mie Razali

Image Credit: Tribunnews.com

Salah satu restoran yang terkenal di kalangan wisatawan asing yaitu Restoran Mie Razali. Restoran ini telah menyandang gelar restoran legendaris di Banda Aceh khususnya di area jalan Panglima Polem.

Khusus Anda yang sangat doyan makan, sangat dianjurkan ke tempat ini. Karena setiap porsi mie yang dihidangkan memiliki ukuran yang sangat besar. Menu yang menjadi andalan Restoran Razali adalah mie kepiting yang lembut, menjadikan sebuah menu yang sangat nikmat untuk disantap. Harganya juga sangat bersahabat dengan para pengunjung tentunya.

Lokasi: Jl. T. Panglima Polem No.83-85, Peunayong, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

8. Ayam Penyet Pak Ulis

Ayam Penyet Pak Ulis

Image Credit: Garnesia.com

Ayam Penyet Pak Ulis merupakan salah satu restoran yang sangat terkenal di daerah Lamnyong. Meskipun saat ini sudah banyak sekali restoran-restoran ayam penyet, namun restoran milik Pak Ulis ini sangat mengandalkan rasa sambalnya yang sangat khas dan tidak dapat Anda dapatkan di ayam penyet lainnya.

Selain menu ayam penyet, Anda juga dapat menikmati menu lainnya seperti gurami bakar, nasi goreng, udang tauco, dan masih banyak lainnya. Tidak kalah dengan restoran lain, Ayam Penyet Pak Ulis telah memiliki 14 cabang yang tersebar di seluruh Aceh. Dengan harga yang sangat miring yaitu sekitar 15 ribu rupiah, menjadi favorit banyak orang.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Bener Meriah Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Geuceu Kayee Jato, Kec. Banda Raya, Kota Banda Aceh.

9. Warung Sate Matang

Warung Sate Matang

Image Credit: Minumkopi.com

Banda Aceh juga memiliki sate yang sangat terkenal, yaitu Sate Matang. Sate dengan potongan daging sapi yang sangat besar membuat warung ini menjadi tempat yang setiap hari ramai dikunjungi baik itu warga lokal, maupun para wisatawan.

Kelezatan dalam bumbu kacangnya yang dibumbui dengan rempah-rempah yang sangat khas, menjadikan sate ini semakin menggoda selera. Selain itu terdapat juga sate matang yang dihidangkan bersama dengan kuah kaldu sapinya yang dapat memanjakan perut Anda.

Warungnya juga sangat luas untuk dikunjungi bersama anggota keluarga. Untuk Anda yang sering keluar di malam hari, Warung Sate Matang buka hingga puluk 24.00 WIB. Harga untuk satu porsi sate sapi lengkap beserta nasi dan minum, berkisar dari harga 50 ribu rupiah.

Lokasi: Teuku Cik Ditiro No.250, Ateuk Pahlawan, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

10. Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

Warung Nasi Kambing Lem Bakrie

Image Credit: Tripadvisor.co.uk

Warung Nasi Kambing Lem Bakrie merupakan salah satu tempat makan atau restoran yang sangat terkenal di Banda Aceh khususnya di daerah Kecamatan Ulee Kareng. Warung dengan ciri khas bangunan pondoknya yang terbuat dari potongan kayu-kayu, menjadikan tempat ini sangat istimewa dan nyaman saat berada di dalamnya.

Dengan ukuran restoran yang sangat besar, warung ini dapat menampung hingga 50 orang lebih, jadi sangat cocok untuk membawa keluarga besar Anda ke tempat ini. Menariknya dari tempat ini, seperti halnya di rumah makan masakan Padang, semua menu makanan akan tersaji di depan mata Anda. Cukup membayar makanan yang Anda makan saja.

Menu yang paling banyak di cari saat berkunjung di warung ini adalah gulai kambing dan ayam tangkap yang sangat khas. Daging kambing yang sangat lembut dengan tambahan rempah-rempah yang meresap ke dalam dagingnya menjadikan menu ini semakin menggoda.

Lokasi: Jl. Prof. Ali Hasyimi, Lamteh, Kec. Ulee Kareng, Kota Banda Aceh.

Itulah 10 restoran dan rumah makan yang sangat terkenal di Banda Aceh dengan masakan yang khas serta enak. Cobalah kunjungi tempat-tempat tersebut saat Anda sedang singgah ke Banda Aceh untuk urusan bisnis maupun berlibur.