Sumatra Barat

10 Oleh-Oleh Khas Bukittinggi yang Paling Populer

Inilah rekomendasi oleh-oleh khas dari Bukittinggi yang populer dan diburu wisatawan. Buah tangan berupa makanan khas hingga cideramata dapat dengan mudah ditemukan saat berkunjung.

Bukittinggi merupakan salah satu kota di Sumatra Barat yang menyimpan banyak pesona, baik wisata maupun kuliner. Disini, ada banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak heran jika banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang ke kota yang pernah menjadi ibukota negara Indonesia di masa pemerintahan darurat dulu.

Jika berbicara tentang wisata tentu akan terasa kurang jika tidak membawa pulang oleh-oleh khasnya. Begitu pula jika berkunjung ke Bukitinggi, Anda tentunya ingin membawakan buah tangan untuk keluarga tercinta di rumah, bukan? Tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan oleh-oleh yang bisa membuat wisata Anda semakin berkesan.

Memiliki banyak destinasi wisata serta pernah menjadi salah satu kota terpenting di Indonesia membuat Bukittinggi memiliki banyak buah tangan menarik. Oleh karena itu, berikut ini daftar oleh-oleh khas yang bisa direkomendasikan dari Bukittinggi.

1. Karak Kaliang

Karak Kaliang

Image Credit: Wikipedia.org

Makanan khas Bukittinggi lain yang berbahan dasar singkong adalah karak kaliang. Berbahan dasar tepung ubi yang kemudian diberi bumbu ini memiliki citarasa yang gurih. Karak kaliang akan dibentuk menyerupai angka 8 sebelum digoreng.

Makanan yang satu ini tidak kalah enak dibanding keripik sanjai. Ukurannya yang kecil sebesar jempol tangan ini cocok dijadikan cemilan untuk menemani menonton tv atau film.

Karak kaliang memiliki tekstur keras, tapi tidak perlu khawatir untuk membelinya karena sekarang para pedagang sudah banyak yang membuatnya dengan tekstur yang lebih rapuh sehingga tidak sekeras karak kaliang pada umumnya.

Apabila datang ke Bukittinggi, makanan yang satu ini tidak boleh terlewat untuk dimasukkan list oleh-oleh yang harus dibeli dan dibawa pulang. Selain rasanya yang enak, cita rasanya juga banyak digemari oleh banyak orang.

2. Dendeng Bukittinggi

Dendeng Bukittinggi

Image Credit: Saribundo.biz

Makanan lain khas Bukittinggi yang dapat dijadikan oleh-oleh adalah dendeng. Daging yang sudah diolah hingga dapat tahan lama ini cocok untuk dibawa pulang. Rasa dendeng yang manis dan gurih akan ketumbar membuat banyak lidah yang menyukai makanan khas kota Bukittinggi ini.

Walaupun banyak ditemukan di daerah lain, tetapi dendeng dari Bukittinggi memiliki karakteristik rasa khasnya yang tentu saja berbeda dari yang lainnya. Lauk yang enak dimakan Bersama nasi hangat ini menjadi primadona bagi wisatawan yang datang dan kemudian mencicipinya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pasaman Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Cara pembuatan dendeng yang diasapi setelah daging diiris tipis akan membuatnya menjadi kering dan tahan hingga berbulan-bulan. Untuk memakannya jika sudah dibawa pulang, Anda dapat memanasinya dengan cara menggoreng atau dimasak dengan bumbu lain.

3. Lamang Tapai

Lamang Tapai

Image Credit: Kompas.com

Makanan yang satu ini juga merupakan salah satu makanan khas Bukittinggi. Kombinasi lamang yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan lalu dimasukkan ke dalam bambu untuk dibakar dan kemudian dinikmati menggunakan tape hasil fermentasi dari ketan hitam ini memang memiliki rasa yang lezat.

Lemang ini akan disajikan dengan tambahan campuran gula aren yang manis. Gurihnya lemang yang kemudian dimakan dengan manisnya gula aren tentu saja menghasilkan rasa enak di lidah Anda.

Banyak wisatawan yang tidak ingin melewatkan makanan ini untuk dicicipi. Sayangnya lemang tapai tidak begitu tahan lama, jadi harus hati-hati apabila ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh.

Untuk Anda yang sedang berada di Bukittinggi jangan lewatkan untuk makan lemang tapai. Makanan khas ini sulit dicari di daerah lain dan rasa otentiknya hanya ditemukan di sini, sehingga jangan sampai menyesal dan melewatkan lemang tapai untuk dicoba.

4. Arai Pinang

Arai Pinang

Image Credit: Shopee.co.id

Arai pinang merupakan kue kering khas minang yang cocok untuk disajikan saat lebaran. Bentuk kue kering ini seperti keripik kentang yang populer di Indonesia. Aria pinang berbahan dari tepung beras yang diberi kapur sirih dan garam.

Arai pinang kemudian dicetak menggunakan garpu atau arai. Sebelum digoreng, keripik ini akan dibaluri dengan minyak kelapa untuk menambah aromanya sehingga semakin gurih.

Rasanya yang gurih serta teksturnya renyah akan membuat orang ketagihan setelah mencicipi makanan yang satu ini. Apalagi ditambah dengan aroma minyak kelapa yang diberikan ke arai pinang.

5. Mukena Kerancang

Mukena Kerancang

Image Credit: Shopee.co.id

Mayoritas penduduk Bukittinggi yang merupakan pemeluk agama Islam menjadikan daerah ini banyak menjual peralatan sholat untuk sehari-hari. Perlengkapan sholat di Bukittinggi merupakan salah satu barang krusial. Oleh-oleh yang dituju oleh wisatawan untuk alat sholat yaitu mukena kerancangnya.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bukittinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk wanita, mukena kerancang ini tentu saja sangat bermanfaat dan merupakan suatu hal unik apabila dijadikan oleh-oleh. Mukena ini memiliki warna putih dengan ciri khasnya terdapat lubang-lubang kecil yang kemudian membentuk motif tertentu.

Adapun motif dari mukena kerancang biasanya berupa tumbuhan, hewan, maupun kaligrafi. Pola mukena dapat diselesaikan dalam kurun waktu 15 hari hingga 2 bulan. Tingkat kesulitan mukena inipun dapat mempengaruhi waktu pengerjaanya. Semakin susah pola maka semakin lama juga waktu untuk menyelesaikannya.

6. Songket

Songket

Image Credit: Gotravelly.com

Songket merupakan kain yang berasal dari suku melayu. Songket tidak saja hanya ada di Minang tetapi daerah melayu lain pun juga menjadikan songket sebagai kain tradisional. Yang membedakan kain songket melayu dan minang terdapat pada motif sulamannya.

Songket memiliki banyak jenis motif sulaman yang menjadi ciri khasnya. Beberapa contoh motif songket misalnya rabah, bijo, pucuak rabuang, kaluak paku, bungo antimun, dan masih banyak yang lainnya.

Provinsi Sumatera Barat memiliki 4 varian kain songket dan itu semua dibedakan tergantung jumlah benang yang digunakan. Benang yang digunakan yaitu 1,2,3, dan 4. Semakin sedikit benang yang digunakan maka semakin tinggi pula tingkat kesulitan pembuatan kain.

Jika menenun dengan 1 benang, penenun akan memasukan sehelai demi sehelai benang hingga menjadi kain. Jika menggunakan benang 4 maka penenun akan langsung memasukkan 4 benang ke dalam mesin sehingga pekerjaan lebih cepat selesai.

7. Serunai

Image Credit: Santrijawa.com

Serunai merupakan salah satu alat musik yang berbentuk seperti clarinet. Alat music yang satu ini merupakan produk yang dapat dijadikan buah tangan khas Bukittinggi dan akan memberi kesan bagi penerimanya.

Serunai dapat memainkan instrument music dengan nada pentatonis dengan cara ditiup dalam memainkannya sama seperti memainkan klarinet pada umumnya. Pembuatan alat music ini menggunakan dua potong bambu ataupun kayu yang memiliki ukuran berbeda.

Ukuran bambu atau kayu yang digunakan juga harus yang satu besar dan satu lagi kecil. Bambu ukuran kecil akan digunakan untuk meniup. Bambu ukuran besar akan diberi 4 lubang yang berfungsi mengatur nada yang akan dibunyikan.

BACA JUGA:  12 Tempat Wisata di Pesisir Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

8. Saluang

Saluang

Image Credit: Makananoleholeh.com

Rekomendasi souvenir lain yang dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh dari kota Bukittinggi adalah Saluang. Alat music khas Minangkabau bernama saluang ini memiliki 4 lubang, hamper sama seperti seruling. Selaim dari bambu, alat music yang satu ini juga dapat dibuat dengan bahan pipa.

Ada hal menarik dari masyarakat Minangkabau mengenai bahan baku pembuatan saluang ini. Konon katanya membuat saluang dengan talang bekas jemuran yang sudah terlebih dahulu hanyut di sungai merupakan bahan baku terbaik untuk alat musik yang satu ini.

9. Sanjai

Sanjai

Image Credit: Ksmtour.com

Sanjai merupakan makanan khas Bukittinggi yang banyak diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Makanan ini berupa sejenis keripik yang terbuat dari singkong diiris tipis lalu digoreng hingga kering.

Keripik sanjai yang satu ini sangat terkenal di daerah Bukittinggi dan menjadi salah satu makanan wajib untuk dijadikan buah tangan. Rasa dari keripik sanjai ini beragam, mulai dari rasa original, balado, hingga manis.

Untuk lokasi untuk membelinya pun mudah ditemukan karena banyak yang menjualnya di jalanan ke pasar ateh dan jam gadang. Sebelum memutuskan untuk membeli, para pedagang akan membolehkan kalian mencicipi keripik sanjai terlebih dahulu jadi tidak perlu khawatir akan salah pilih.

10. Pernak Pernik Khas Bukittinggi

Image Credit: Bagasikreasi.wordpress.com

Untuk Anda yang ingin membeli buah tangan kecil untuk dibagikan kepada sanak saudara dan teman-teman, maka pernak pernik ini cocok untuk dijadikan rekomendasi. Anda bisa memborong ini untuk dijadikan oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau.

Pernak Pernik ini biasanya berupa gantungan kunci, miniatur alat music khas minang, atau miniatur jam gadang yang banyak disukai. Tidak hanya jam kunci saja, tetapi banyak pernak-pernik lain yang dapat kalian jumpai di lapak pedagang yang berada di pinggir jalan.

Terdapat pula gelang dengan ukiran khas minang yang lucu dan tentunya unik untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga maupun teman. Selain itu terdapat pula miniature yang bisa dijadikan hiasan meja agar terlihat lebih cantik lagi.

Itulah rekomendasi oleh-oleh khas Bukittinggi yang paling populer dan cocok untuk dibawa pulang. Anda dapat memilih mana saja yang akan dibawakan untuk keluarga serta teman di rumah. Sebenarnya masih banyak lagi cendera mata yang ada di sana, memang kekayaan daerah Bukittinggi membuat kita bangga dengan nusantara.