Benteng Fort De Kock, Benteng Unik Peninggalan Belanda di Bukittingi

Benteng Fort De Kock, Benteng Unik Peninggalan Belanda di Bukittingi

Benteng Fort De Kock salah satu objek wisata yang kaya nilai sejarah di Bukittingi, Sumatera Barat. Benteng peninggalan Belanda ini memiliki meriam kecil di setiap sudutnya dan berada dalam kawasan Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Yos Sudarso, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat.

Benteng Fort De Kock merupakan suatu tempat wisata yang memiliki nilai sejarah sangat tinggi. Hal tersebut karena tempat ini dipenuhi oleh beberapa barang peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda, yang terjadi beberapa tahun silam di daerah Bukittinggi.

Karena bentuknya adalah benteng, maka tidak mengherankan apabila tempat ini memiliki struktur bangunan yang seringkali dipakai untuk perang. Akan tetapi, karena perang sudah berakhir maka benteng ini pun ditinggalkan begitu saja oleh Belanda dan oleh penduduk setempat pun disulap hingga menjadi tempat wisata.

Meskipun bangunannya cukup kecil, namun nilai sejarah yang terkandung di dalamnya begitu besar. Benteng Fort De Kock ini menjadi tempat wisata yang harus dikunjungi terlebih apabila Anda merupakan pecinta sejarah yang penasaran dengan banyak hal.

Daya Tarik yang Dimiliki Benteng Fort De Kock

Daya Tarik Benteng Fort De Kock
Image Credit: Google Maps (Fandhy Abe)

Benteng ini adalah peninggalan sejarah yang senantiasa ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik itu wisatawan yang ingin bersenang-senang ataupun mereka yang ingin memperoleh informasi mengenai sejarah. Tidak hanya itu saja, benteng ini pun memiliki beragam daya tarik yang tentunya akan memikat para pengunjung.

1. Udara Sekitar yang Segar

Daya tarik yang dimiliki oleh Benteng Fort De Kock pertama adalah udaranya yang begitu segar. Karena tempat ini memang memiliki lokasi yang strategis, maka tidak mengherankan apabila udara yang dihasilkan begitu menyegarkan dan bisa membuat Anda melupakan polusi udara yang biasa ditemukan di kota-kota.

Udaranya yang sangat segar juga membuat siapapun merasa betah untuk berlama-lama di tempat wisata ini. Karena itulah, tempat ini juga sangat sempurna untuk melakukan relaksasi sebab Anda tidak akan menemui udara yang mengganggu pernapasan.

2. Penuh Nilai Sejarah

Sebagai tempat yang menyimpan barang-barang bukti akan kejadian masa lalu, tentu saja hal tersebut membuat benteng ini menjadi tempat yang penuh nilai sejarah. Benda-benda tersebut dijaga dengan sangat baik oleh para pengelola, sehingga pengunjung pun akan senantiasa melihatnya berada di dalam keadaan yang bersih dan terawat.

3. Dekat dengan Tempat Wisata Lain

Apabila Anda masih ingin mengunjungi tempat wisata lain setelah mengunjungi benteng ini, maka tidak perlu terlalu khawatir sebab lokasi benteng ini begitu berdekatan dengan tempat wisata lain. Contoh dekatnya adalah kebun binatang yang memiliki lokasi berseberangan dengan benteng, dan hanya perlu berjalan beberapa langkah saja untuk mencapai tempat tersebut.

Selain kebun binatang, ada pula Museum Rumah Adat Baanjuang yang sangat dekat dengan benteng ini. Kedua tempat tersebut dapat diakses dengan sangat mudah, sehingga Anda pun tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan hanya untuk mengunjungi kedua tempat ini.

Daya Tarik Dimiliki Benteng Fort De Kock
Image Credit: Google Maps (On The Bike BMW R1200GS ADVENTURE)

4. Jembatan Besar untuk Melihat Pemandangan

Hal yang menjadi ciri khas Benteng Fort De Kock adalah adanya jembatan berukuran besar yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk melihat pemandangan sekitar. Bahkan dengan menaiki jembatan tersebut, Anda bisa mengakses tempat wisata yang ada di sekitar benteng ini seperti Museum Rumah Adat Baanjuang dan juga Kebun Binatang Bukittinggi.

Tidak hanya itu, Anda pun juga bisa menyaksikan keindahan dan keagungan pemandangan yang ditawarkan oleh Kota Bukittinggi di jembatan ini. Pemandangannya yang menakjubkan tentu akan membuat siapapun merasa terkesima dan terpatri di benak mereka dalam waktu yang lama.

5. Taman yang Indah

Di benteng ini, terdapat suatu taman yang penuh bunga-bunga dan sudah ditata sedemikian rupa sehingga tampak sangat indah untuk dilihat. Bunga tersebut pun terdiri atas beberapa jenis yang bervariasi sehingga tidak akan terlihat monoton ketika dilihat oleh pengunjung yang datang secara silih berganti.

Lalu, di pintu masuknya pun Anda juga bisa melihat beberapa sangkar burung berukuran besar yang terdiri atas beberapa burung daerah tropis yang bervariasi. Kicauan burung-burung tersebutlah yang seringkali menjadi bukti bahwa mereka menyambut wisatawan untuk mengunjungi benteng ini setelah melalui pintu masuk.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Benteng Fort De Kock

Alamat Benteng Fort De Kock
Image Credit: Google Maps (Umi Muniroh)

Lokasi benteng ini bisa dibilang sangat strategis karena masih termasuk di kawasan Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan yang ada di Bukittinggi. Selain itu, Benteng Fort De Kock pun juga memiliki lokasi yang berjarak sangat dekat dengan simbol ikonik dari Bukittinggi yaitu Jam Gadang.

Untuk mencapai tempat ini, Anda dapat menggunakan angkutan atau bus dan memilih untuk melalui rute Pasar Bawah menuju Simpang Alur. Setelah berkendara kurang lebih 10 menit, maka Anda dapat berenti di depan RSUD Dr. Achmad Mochtar. Dari rumah sakit tersebut, Anda dapat mencapai benteng dengan berjalan kaki selama kurang lebih 150 meter saja.

Ketika ingin memasuki area benteng, maka pengunjung akan dikenai harga tiket masuk yang berbeda tergantung kategori. Untuk pengunjung lokal yang sudah berusia dewasa maka akan dikenai harga sebesar 15 ribu, dan untuk anak-anak hanya sekitar 10 ribu saja. Sedangkan pengunjung yang berasal dari mancanegara akan dikenai tiket yang lebih tinggi yaitu 20 ribu.

Selain itu, apabila Anda ingin menikmati wahana yang ada di sekitar benteng ini pun juga harus mengeluarkan uang lagi. Apabila ingin menunggangi gajah atau kuda, biaya yang harus dikeluarkan adalah 10 ribu rupiah. Lalu apabila ingin menaiki wahana sepeda gantung maka Anda harus membayar biaya sebesar 20 ribu saja.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Benteng Fort De Kock

Kegiatan Menarik di Benteng Fort De Kock
Image Credit: Facebook.com @agus.s.budiawan

1. Jalan-Jalan Menyusuri Benteng

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di Benteng Fort De Kock tentu saja adalah berjalan menyusuri area sekitar benteng. Tidak akan afdol rasanya apabila hanya menikmati benda-benda peninggalan zaman penjajahan Belanda hanya di satu area saja, sehingga berjalan-jalan merupakan pilihan yang tepat sekaligus menyaksikan keindahan benteng ini.

2. Melihat Benda Peninggalan Perang Paderi

Di benteng ini, terdapat beberapa barang peninggalan sejarah yang sangat berharga, salah satunya yaitu benda-benda yang merupakan peninggalan Perang Padri. Benda-benda tersebut merupakan saksi bisu atas kejadian tersebut, sehingga Anda dapat menghayati benda itu dan memahami apa saja yang sudah terjadi di masa lalu.

3. Menaiki Sepeda Gantung

Kegiatan selanjutnya yang dapat Anda lakukan di benteng ini adalah dengan menaiki sepeda gantung. Sepeda tersebut digantung di ketinggian yang cukup menakutkan, sehingga wahana ini begitu sempurna bagi Anda yang memang menyukai tantangan dan ingin menguji adrenalin yang Anda miliki.

4. Piknik di Sekitar Benteng

Karena pemandangan dan suasana sekitarnya yang sangat menenangkan, piknik di area sekitar benteng merupakan hal yang tepat. Anda dan sekeluarga pun dapat menikmati kicauan burung dan suasana alami yang disajikan oleh benteng ini.

Selain itu, Anda pun dapat membawa karpet atau tikar sendiri dari rumah dan menggelarnya di benteng ini. Sambil menikmati makanan yang enak, pemandangan indah yang ada di area benteng tentu akan membuat Anda merasa tenang dan bisa menikmati waktu bersama keluarga dengan lebih nyaman.

Kegiatan di Benteng Fort De Kock
Image Credit: Google Maps (Rinda Eka Chaniago)

5. Menunggangi Gajah dan Kuda

Tidak hanya piknik, namun Anda pun juga bisa menikmati wahana menunggangi gajah dan juga kuda di benteng ini. Apabila Anda sebelumnya tidak pernah menunggangi kedua hewan tersebut, maka tidak perlu terlalu takut sebab akan ada pihak yang membantu Anda untuk menungganginya dengan aman.

6. Fotografi

Ketika berkunjung ke Benteng Fort De Kock, tidak lengkap rasanya apabila tidak memotret setiap kenangan dan benda yang ada di tempat ini melalui kamera. Untuk itu, Anda pun dapat mengabadikan setiap momen yang Anda rasakan di dalam benteng sebagai foto yang akan Anda ingat untuk waktu yang lama.

7. Menikmati Pemandangan Matahari

Karena memiliki lokasi yang cukup tinggi, tempat ini pun juga menyajikan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Untuk itu, waktu yang tepat untuk mengunjungi benteng ini adalah ketika sore hari di mana matahari akan hilang untuk perlahan. Pemandangan yang dihasilkan dijamin akan membuat Anda merasa terkagum dan terpanas.

Fasilitas yang Tersedia di Benteng Fort De Kock

Fasilitasdi Benteng Fort De Kock
Image Credit: Google Maps (Abdul Malik Zaky Repdemen)

Sama halnya dengan tempat wisata yang merupakan benteng peninggalan sejarah lainnya, fasilitas yang tersedia di Benteng Fort De Kock cukup memuaskan bagi pengunjung. Di tempat ini, tidak hanya tersedia fasilitas hiburan seperti sepeda gantung saja, namun ada pula beberapa fasilitas lain yang tak kalah menarik.

Beberapa di antaranya adalah kursi-kursi yang disediakan di sekitar area taman atau luar benteng, yang membuat pengunjung dapat duduk santai ketika merasa kelelahan. Selain itu ada pula toilet, tempat ibadah, toko oleh-oleh, dan lain-lain.

Nah, demikian beberapa informasi yang bisa Anda dapatkan mengenai Benteng Fort De Kock yang ada di Bukittinggi ini. Karena banyak daya tarik yang dimilikinya, tidak ada salahnya apabila menjadikan benteng ini sebagai salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika sedang berada di daerah Bukittinggi.