Pantai Parai Tenggiri, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Bangka

Pantai Parai Tenggiri, Surga Bahari Tersembunyi Nan Eksotis di Bangka
Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung.

Kabupaten Bangka memang sangat terkenal dengan kekayaan hasil alamnya. Tidak hanya kaya pada sumber daya timahnya, Kabupaten Bangka juga terkenal dengan koleksi pantainya yang sungguh indah. Salah satu pantai indah di Kabupaten Bangka adalah Pantai Parai Tenggiri.

Tidak disangka, pantai menawan ini dulunya merupakan sebuah tempat yang ramai oleh para nelayan yang bersandar dan menjual ikan hasil tangkapannya. Seolah telah berubah wajah, pantai hits ini sekarang justru menjadi sebuah wisata bahari yang menawarkan keindahan panorama alamnya.

Pantai yang dulunya terkenal dengan nama Pantai Hakok ini memiliki keelokan panorama yang mampu memukau siapa saja yang berkunjung. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang rela datang dari luar pulau hanya untuk menikmati suguhan keindahan alamnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Parai Tenggiri

Daya Tarik Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps Toto Hugo

1. Panorama Alam yang Mempesona

Panorama alam yang dimiliki pantai-pantai Bangka Belitung memang tidak bisa diragukan lagi. Alamnya yang masih sari dan jauh dari tangan jahil manusia membuat keindahan pantainya tetap terjaga hingga sekarang.

Pasir pantai yang begitu lembut dan putih bak tepung yang ditebar di sekitar bibir pantai memberikan pemandangan yang begitu indah. Di tambah lagi dengan air laut yang begitu jernih dan berwarna hijau kebiruan menciptakan gradasi warna yang sungguh cantik.

Bebatuan granit yang tertata rapi secara alami menambah kesan artistik panorama Pantai Parai Tenggiri. Pesona laut dan pantai yang terbalut indah dengan hijaunya pepohonan pasti akan membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama.

2. Wahana Air yang Seru

Tidak hanya menyuguhkan keindahan panorama alamnya saja, pantai hits ini juga memberi tawaran menarik bagi wisatawan yang gemar berolahraga. Banyak wahana menarik yang bisa dicoba saat berkunjung kesini.

Wahana yang dimiliki pantai cantik ini diantaranya adalah Banana Boat, Jetski, dan Parasailing. Bagi wisatawan yang suka menantang adrenalin wajib mencoba semua wahana air tersebut. Selain itu, pantai keren ini juga menawarkan aktivitas snorkeling kepada para wisatawan untuk menikmati pertunjukan bawah laut yang sungguh indah dan mempesona.

3. Banyak Spot Foto Cantik

Keindahan alam yang dimiliki Pantai Parai Tenggiri tentu sangat cocok sebagai spot foto keren. Pantai cantik ini menawarkan banyak sekali spot foto estetik di setiap sudutnya.

Gradasi warna yang tercipta begitu cantik dari perpaduan birunya laut dengan taburan pasir putih pasti akan membuat foto yang dihasilkan semakin cantik. Tidak hanya itu saja, batu-batu granit di sekitar pantai juga menjadi spot berfoto andalan para wisatawan untuk mendapat hasil foto yang keren dan instagrammable.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps chan tho shua

4. Jembatan Kecil dan Eksotis

Berbeda dengan pantai-pantai pada umumnya, Parai Tenggiri ini memiliki penataan yang sangat rapi dan terkonsep. Saat berkunjung kesini, anda akan melihat sebuah jembatan kecil dan cukup panjang, yang menghubungkan pantai dengan Rock Island.

Jembatan yang terbentang itu seakan memberi sentuhan artistik panorama pantai cantik ini. Jembatan kecil ini akan terlihat semakin estetik pada malam hari dengan hiasan lampu-lampu kecil di sepanjang jembatan. Bayangkan betapa indahnya panorama pantai hits ini pada malam hari dengan jernihnya air laut yang memantulkan lampu-lampu tersebut.

5. Keindahan Rock Island

salah satu yang menjadi daya tarik Pantai Parai Tenggiri adalah pulau batunya. Pulau yang memiliki ukuran tidak terlalu besar dan tersusun dari bebatuan granit ini diberi nama Rock Island.

Hamparan bebatuan granit yang memiliki ukuran berbeda satu dengan lainnya ini memberikan pemandangan yang sungguh mempesona. Bebatuan granit ini merupakan jenis batu yang bisa didaki, sehingga pengunjung bisa naik ke atas batu dan melihat lanskap keindahan pantai hits ini lebih luas lagi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps Daniel Haposan Marbun

Pantai fenomenal ini memiliki letak yang cukup strategis, yakni tidak terlalu jauh dari pusat Kota Bangka. Bahkan pantai cantik ini hanya berjarak sekitar 40 km saja dari Bandara Depati Amir atau hanya menghabiskan waktu sekitar 40 menit saja untuk sampai lokasi.

Jika anda tertarik berkunjung ke Pantai Parai Tenggiri, maka cukup menggunakan transportasi umum dari Pangkal Pinang menuju Kecamatan Sungai Liat. Dari Sungai Liat, anda bisa menggunakan becak di sekitar terminal menuju ke lokasi pantai.

Namun waktu tempuh itu berbeda jika dari Kabupaten Bangka, yakni butuh waktu sekitar 50 hingga sampai di lokasi. Anda bisa memulai rute perjalanan menuju Sungai Liat. Cukup ikuti jalan tersebut hingga sampai pada Jalan Raya Pangkal Layang.

Setibanya di Pangkal Layang, lanjutkan perjalanan menuju Bakem. Ikuti terus Jalan Raya Sungai Liat – Bakem hingga bertemu pertigaan menuju arah Belinyu. Ambil arah ke kiri menuju Jl Belinyu – Sungai Liat, lalu belok kanan ke arah Jl Hotel Parai Indah.

Kemudian lanjutkan perjalanan menuju Jl Pantai Parai Resort, dan ambil arah ke kiri di persimpangan Hotel dan Resort Parai Beach. Ikuti jalan yang cukup berkelok, lalu ambil arah ke kiri, maka anda akan tiba di Pantai Parai Tenggiri.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps Akbar Rhamadan

Untuk dapat menikmati semua pesona alamnya, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 untuk satu orang wisatawan. Selain itu, jika anda membawa kendaraan sendiri, maka harus mengeluarkan biaya parkir untuk sepeda dan mobil yakni sebesar Rp 5.000 dan Rp 10.000.

Harga tersebut merupakan tarif untuk pengunjung yang tidak menyewa fasilitas resort. Sedangkan pengunjung yang ingin menikmati fasilitas resort, maka akan dikenakan biaya tambahan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Parai Tenggiri

Aktivitas Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps AP Rachiem

1. Hunting Foto

Berfoto tentu menjadi kegiatan wajib saat sedang berlibur, apalagi berlibur di tempat yang sungguh indah. Pantai keren ini banyak menyajikan banyak sekali sudut yang bisa dijadikan latar foto yang unik dan instagrammable.

Gradasi cantik yang terbentuk dari perpaduan warna tosca air laut dengan putihnya pasir pantai di balut dengan hijaunya pepohonan di sekitar pasti akan membuat hasil jepretan anda kian sempurna. Tidak hanya itu, spot batu granit yang tersebar di sekitar pantai indah ini tentu mampu membuat foto anda semakin keren dan instagenic.

2. Berenang

karakteristik daerah di sekitar Pantai Parai Tenggiri yang cukup landai membuatnya memiliki ombak yang relatif kecil dan aman untuk aktivitas berenang para wisatawan. Kondisi air laut yang jernih dan memiliki warna hijau toska tentu akan membuat wisatawan tidak sabar untuk langsung berenang.

Tidak hanya orang dewasa saja, pantai keren ini juga aman untuk aktivitas berenang anak-anak. Berenang bersama buah hati atau keluarga tercinta di tengah keindahan alam yang begitu asri pasti akan menjadikan liburan anda semakin asik dan menyenangkan.

Aktivitas Seru Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps Eka Rahma Nita

3. Snorkeling

Selain keindahan pantainya, wisata bahari ini juga menyimpan pesona bawah laut yang tidak kalah menawan. Wisatawan dapat memanfaatkan fasilitas snorkeling di pantai cantik ini untuk bisa menikmati keindahan tersebut.

Tidak perlu takut saat melakukan snorkeling di pantai cantik ini, karena sudah disediakan pemandu profesional yang siap menemani aktivitas pengunjung. Anda akan diajak menikmati serunya menyelami panorama bawah laut yang sangat indah.

4. Bermain Permainan Air

Bagi para pecinta permainan yang memacu adrenalin, anda bisa mencoba beberapa wahana yang ditawarkan pantai indah ini. beberapa wahana air seperti, Bana Boat dan Jetski siap menantang keberanian anda.

Menarik tuas gas jetski dan berputar di sekitar pantai tentu menjadi kegiatan yang sangat seru dan menantang. Jika ingin adu adrenalin beramai-ramai, anda bisa mencoba wahana Banana Boat. Rasakan sensasi ditarik di atas Banana Bouat dan dihempaskan ke laut olehnya.

5. Memancing

Selain keelokan alamnya, pantai cantik ini juga memiliki potensi bahari yang melimpah. Wisatawan yang berkunjung diberi kebebasan untuk menangkap ikan disini. Peluang ini tentu bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi memancing anda. Sensasi memancing di pantai yang masih asri dan begitu indah akan membuat liburan anda semakin menarik.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Parai Tenggiri
Image Credit: Google Maps Galeri KeretApi

Pantai hits ini telah memiliki fasilitas yang sangat lengkap bahkan terbilang sangat baik. Pantai keren ini telah menyediakan resort atau penginapan yang bisa anda manfaatkan untuk menginap saat berlibur kesini.

Selain itu, Pantai Parai Tenggiri juga menyediakan restaurant dengan menu yang dijamin akan memanjakan perut dan lidah anda. Tidak hanya itu saja, pantai cantik ini juga memberikan fasilitas menarik seperti spa dan outbound.

Fasilitas umum pantai keren ini juga terbilang lengkap dan memadai. Beberapa toilet atau kamar mandi bersih dan nyaman telah tersedia untuk wisatawan. selain itu juga terdapat mushola sebagai tempat ibadah wisatawan.

Pantai yang berada di bawah pengelolaan perusahaan swasta ini memang telah tertata rapi dan begitu indah. Pemberian tata ruang artistik ini kian mempercantik pemandangan Pantai Parai Tenggiri yang terbingkai indah dan mampu menarik perhatian banyak wisatawan.