Pulau Pamutusan, Pulau Cantik yang Bikin Jatuh Hati

Pulau Pamutusan, Pulau Cantik yang Bikin Jatuh Hati

Pulau Pamutusan salah satu wisata bahari yang memesona di Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Utara. Pulau ini memiliki pantai pasir putih, perbukitan nan hijau dan perairan yang jernih untuk kegiatan snorkling.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Keindahan kepulauan yang ada di nusantara memang tidak perlu dipertanyakan lagi. Tidak hanya pulau yang terkenal saja, pulau terpencil sekalipun banyak yang mencuri perhatian. Salah satu contohnya yakni Pulau Pamutusan yang ada di tepi barat Pulau Sumatra.

Pulau ini menjadi salah satu dari sekian tempat yang wajib untuk Anda kunjungi ketika berada di sekitar Sumatra Barat. Seperti halnya pemandangan khas yang ada di objek wisata pulau, Pamutusan memiliki pemandangan yang sangat indah dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Pulau ini merupakan pulau yang sangat unik karena terdapat sebuah daratan yang seakan terputus sehingga memisahkan dua pulaunya. Itulah sebabnya mengapa pulau ini dinamakan pamutusan atau yang berarti putus.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Pamutusan

Daya Tarik Pulau Pamutusan
Image Credit: Twitter.com @haimagazine

1. Memiliki Pantai yang Indah

Setiap tempat wisata pulau pasti juga memiliki wisata lain lebih dari pada itu, yakni pantai di sekelilingnya. Demikian juga dengan Pulau Pamutusan yang ada di bagian barat Indonesia ini. Walaupun sebagian besar daerah di daratannya sudah didominasi oleh pepohonan, namun ternyata masih ada are berpasir di bagian tepian.

Bentukan alam tersebut membuat suatu pantai yang berukuran mini. Pantai kecil tersebut begitu memukau para turis yang datang. Tak jarang diantara mereka yang singgah ke kawasan tersebut, akan bermain-main dengan pasirnya yang tidak hanya bersih, namun juga sangat lembut ketika mengenai kulit-kulit tubuh.

Salah satu ujung di pulau wisata itu berubah menjadi semacam semenanjung kecil dengan pasir putih yang nampak apik dari kejauhan. Inilah yang menjadikan nama area tersebut sebagai “Pulau Pamutusan”. Seolah ujung tempat tersebut tidak mau putus atau memisah dari area utama area ini dan membentuk bentukan alam yang indah.

Lokasi putusnya daratan ini merupakan tujuan utama bagi wisatawan yang datang. Tidak sedikit yang hanya ingin mengabadikan momen ketika berada di lokasi ini. Menjadikan area ini cukup ramai dikunjungi wisatawan.

2. Kondisi Alam yang Masih Terjaga

Alam yang ada di sekitar pulau Pamutusan memang terlihat begitu indah dan menakjubkan. Hal tersebut akan membuat siapapun yang berkunjung ke sana menjadi tertarik bahkan ingin berlama-lama berada di pulau ini.

Suasana segar memang akan dirasakan begitu sampai di sekitar pulau. Tidak hanya itu, pantai yang ada di bagian pinggir nampak begitu indah dan alami. Tempat ini memang sudah wara-wiri menjadi spot idaman banyak pelancong, baik dari sekitar Sumatra Barat maupun luar daerah.

Kondisi pulau terbilang terjaga dengan baik. Hal serupa juga dapat ditemukan pada laut sekitar pulau. Air bersih akan dijumpai dan bisa dirasakan dengan bebas ketika pertama kali datang. Bahkan, tidak hanya itu saja, bagian dasar laut juga bisa ditelusuri dan dijelajahi lebih dalam dengan snorkeling maupun diving. Karang-karangnya nampak begitu indah dan terjaga ekosistemnya.

Daya Tarikn Dimiliki Pulau Pamutusan
Image Credit: Twitter.com @kuliner_minang

3. Perairan yang Masih Sangat Jernih

Perairan yang ada di sekeliling Pulau Pamutusan memang memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya menarik bagi para wisatawan. Hal tersebut karena kejernihannya begitu mempesona para wisatawan. Bahkan, Anda bisa melihat keindahan dasar laut mengingat airnya yang sangat jernih.

Kejernihan air lautnya memang menjadi salah satu daya tarik sehingga wisatawan datang kesini. Wisatawan bisa melakukan penjelajahan dengan berenang ataupun melakukan berbagai kegiatan yang lain. Bahkan, melakukan penyelaman juga menjadi sesuatu yang cukup direkomendasikan.

4. Hutan yang Rindang

Mengunjungi Pulau Pamutusan, maka pengunjung akan diantar untuk sampai di sebuah pulau yang masih asri keberadaan hutannya. Bahkan, bagi mereka yang pertama kali ke sini, akan merasa seperti ada di pulau terpencil dengan tidak ada tanda-tanda peradaban manusia. Hal itu lantaran banyaknya pepohonan yang hidup di dalamnya.

Keberadaan pepohonan yang rindang ini menjadi ciri khasnya yang paling utama. Jika dilihat dari tempat yang jauh, maka kawasan wisata ini hampir mirip seperti Raja Ampat yang ada di Papua.

Kesamaan antara kedua tempat wisata tersebut, yaitu ada beberapa hal. Pertama, keduanya adalah tempat wisata alam yang berbasis bahari. Kedua, karena sama-sama mempunyai sisi area perhutanan atau pepohonan yang rindang meskipun berbasis bahari. Dan yang terakhir tentu saja karena perairan yang nampak begitu jernih dan menyegarkan.

Jadi, walaupun tempat wisata ini sangat amat mempesona dengan sudut pandang kepulauan, tidak lantas menjadikannya hanya memiliki keindahan bahari saja. Namun, justru di dalam pulaunya terdapat banyak sekali pepohonan yang hidup subur dan asri menghiasi setiap inci dari daratannya. Hal tersebut juga belum termasuk area pasir di bagian pinggirnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Pamutusan

Alamat Pulau Pamutusan
Image Credit: Twitter.com @newspadek

Destinasi wisata yang menakjubkan ini berada di bagian tepi Provinsi Sumatra Barat. Letaknya berada dekat dengan beberapa pulau tropis memukau yang ada di sekitar kawasan tersebut. Jika ingin datang ke sana, tidak perlu rute yang rumit. Walaupun memang sangat perlu untuk mengambil jalur air ketika sampai di selat yang memisahkan antara pulau ini dengan daratan besar di seberangnya.

Agar dapat memulai perjalanan airnya, maka perlu untuk datang ke kawasan Bungus yang ada di Teluk Kabung. Jaraknya tidak sampai 40 kilometer dari Ibukota Provinsi tersebut, yakni Padang. Perlu maksimal dua jam agar sampai di sana dan akhirnya memulai perjalanan menggunakan perahu atau apapun yang diinginkan agar sampai di seberang sana.

Untuk memulai perjalanan tersebut, maka harus terlebih dulu tiba di daerah Sungai Pisang. Dari sana, maka bisa menyewa perahu cepat yang akan mengantarkan tepat ke pulau indah nan memukau yang satu tersebut.

Walaupun tempat wisata pulau banyak yang tidak memasang tarif tertentu ketika wisatawannya masuk ke dalam areanya, namun lain halnya dengan yang satu ini. Pulau Pamutusan ini mengharuskan pengunjungnya untuk membayar biaya sebesar 15.000 sebagai semacam tiket masuknya.

Adanya biaya tersebut nanti digunakan untuk menunjang kebutuhan yang paling mendasar dari sebuah pulau, yakni kebersihan. Kebersihan kawasan lingkungannya memang menjadi prioritas utama dan sangat vital bagi keberlangsungan aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung. Biaya lain yang wajib dikeluarkan yakni menggunakan perahu agar sampai di sana. Biasanya tarifnya hanya ratusan ribu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Pamutusan

Kegiatan di Pulau Pamutusan
Image Credit: Facebook.com @wemeup

1. Snorkeling

Aktivitas penyelaman memang menjadi rekomendasi paling utama dari kunjungan Anda ke pulau ini. Hal itu lantaran bagian perairan yang mengitari tempat ini masih sangat alami dan jernih untuk dijelajahi lebih lanjut lagi hingga ke bagian dasarnya. Menikmati terumbu karang yang masih indah bisa menjadi pemuas hati yang tak terlupakan.

Untuk Anda yang tidak membawa perlengkapan, disini juga tersedia tempat penyewaan snorkling. Namun, sangat penting diperhatikan jika Anda tidak terlalu mahir berenang, alangkah baiknya jika menikmati keindahan air lautnya dari perahu saja.

2. Kegiatan Fotografi

Karena letaknya yang sangat pas, membuat Pulau Pamutusan menjadi lokasi yang sangat pas jika ingin melakukan kegiatan fotografi untuk sekadar mengabadikan momen ketika berkunjung ke sana.

Lokasi yang sangat tepat untuk melakukan hal ini tentu di area terputusnya dua pulau yakni daratan utama dengan pulau kecil di sekitarnya. Saat air laut pasang, kedua daratan ini seolah terpisah dan akan kembali menyatu jika air laut surut. Spot inilah yang bisa dijadikan area untuk berswafoto.

Kegiatan Menarik di Pulau Pamutusan
Image Credit: Instagram.com @kara_lomiv

3. Menikmati Keindahan Pulaunya

Bentangan alam yang indah berdiri kokoh dan sangat memukau di zona tersebut. Dengan begitu, pengunjung bisa melakukan aktivitas sederhana seperti sekadar menikmati panorama yang tersaji. Berbagai hal bisa disinggahi seperti misalnya pepohonannya yang tumbuh rindang.

Spot yang paling utama dan wajib dikunjungi tentu saja daratan yang seolah terputus oleh air laut. Spot ini wajib Anda kunjungi ketika datang ke Pamutusan. Pasalnya, nama Pamutusan berasal dari spot yang indah ini.

Penginapan Murah Terdekat dari Pulau Pamutusan

Penginapan Terdekat Pulau Pamutusan
Image Credit: Booking.com

1. Baga Beach Cottage

Tempat inap yang cukup minimalis ini dapat menjadi pilihan yang sempurna ketika berkunjung ke daerah wisata tersebut. Biayanya pun tidak terlalu mahal dengan fasilitas yang memadai.

2. Jophira Tintin

Tempat tersebut tak ubahnya gubuk kecil yang sudah dibentuk sedemikian rupa hingga nyaman untuk dijadikan tempat tinggal beberapa malam saat berwisata di daerah sekitarnya.

3. Nyalo Beach Cottage

Dengan jaraknya sekitar 5 kilometer dari pulau wisata yang dimaksud, tempat ini cukup direkomendasikan lantaran mempunyai berbagai macam fasilitas dengan harga sewa yang sangat terjangkau.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Pamutusan Padang

Fasilitas di Pulau Pamutusan
Image Credit: Twitter.com @okezonenews

Meskipun belum banyak sarana yang dibangun di Pamutusan, namun tetap saja beberapa fasilitas yang tersedia bisa memenuhi kebutuhan wisatawan. Beberapa diantaranya yakni toilet yang ada di sekitar pantai. Nampak mushola dan beberapa tempat makan juga berdiri di dalamnya.

Mengunjungi daerah barat tanah air memang bisa menemukan beragam destinasi yang sebelumnya mungkin saja belum diketahui. Salah satunya yakni Pulau Pamutusan yang ternyata mempunyai bentukan yang mirip dengan tempat wisata Raja Ampat yang begitu mempesona dan menakjubkan bagi beberapa orang.