7 Taman di Medan yang Cocok untuk Refreshing

7 Taman di Medan yang Cocok untuk Refreshing

Selain menjadi kota terbesar di Sumatera, Medan juga memiliki keindahan taman yang sangat mengagumkan. Inilah daftar taman wisata di Medan yang menarik dikunjungi untuk bersantai.

Medan adalah salah satu kota yang memiliki sejarah yang cukup menarik, kota yang dulunya bernama Tanah deli ini selain menjadi ibu kota provinsi Sumatera utara juga merupakan kota terbesar di Indonesia yang menempati urutan ketiga di bawah kota Jakarta dan Surabaya. Selain itu kota yang dihuni oleh mayoritas suku melayu dan suku karo ini juga memiliki bandara terbesar nomor 2 di Indonesia.

Menjadi pusat pergerakan pemerintahan di Sumatera utara membuat Medan menjadi kota dengan pembangunan yang cukup pesat, sehingga membuat kota ini memiliki daya tarik yang cukup kuat. Selain keindahan bangunannya yang menarik, medan juga menyuguhkan wisata-wisata yang sangat indah untuk para wisatawan yang berkunjung ke Medan. Dari wisata alami hingga buatan semuanya ada disini.

Namun, secara umum kota Medan memiliki cuaca yang sangat panas, sehingga pemerintah kota Medan memiliki inisiatif untuk mengurangi panas tersebut dengan membangun taman-taman yang cukup indah. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke kota kesultanan deli ini alangkah baiknya Anda tidak melewatkan taman-taman indah yang ada di dalam kota Medan, berikut rekomendasi taman terbaiknya.

1. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli
Image Credit: Instagram.com @daniel_phographic

Tidak sah rasanya jika Anda berkunjung ke Medan tapi melewatkan taman yang satu ini. Karena selain memiliki estetika keindahan yang menarik, taman ini merupakan salah satu taman tertua di kota Medan. Taman ini ada sejak jaman Sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alamsyah (Raja ke 9 kesultanan Deli) memimpin tahta, yaitu sekitar tahun 1879 hingga 1924.

Menurut sejarah, taman yang memiliki luas sekitar 14.884 m2 ini dulunya dibangun untuk dijadikan lahan bersantai oleh Sultan Deli beserta keluarga besarnya pada masa itu. Letak taman ini berada di area kawasan bersejarah, berdekatan dengan tempat bersejarah lainnya seperti Masjid Raya Al Mansoen dan Istana Maimun. Hal tersebutlah yang membuat taman ini sangat menarik untuk di kunjungi.

Hal menarik lainnya yang ada pada taman ini adalah dari segi arsitekturnya yang memiliki perpaduan khas arsitektur India, Mesir dan Turki pada masa itu. Jika Anda mengunjungi taman sri deli ini, Anda juga bisa mengabadikan momen dengan background sejarah dari taman deli dan sejarah kesultanan deli. Sehingga taman ini sangat direkomendasikan karena dapat menambah pengetahuan tentang sejarah.

Bentuk dari taman sri deli sendiri hampir sama seperti alun-alun yang di dalamnya terdapat bangunan-bangunan modern, pepohonan, taman bermain anak beserta beberapa wahananya, lalu di tengahnya juga terdapat kolam yang cukup besar. Hal inilah yang membuat taman deli cukup menarik untuk dikunjungi dan dijadikan tempat mencari angin.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sisingamangaraja, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara.

2. Taman Burung Cemara Asri

Taman Burung Cemara Asri
Image Credit: Google Maps (Darwis Pangaribuan)

Taman yang satu ini adalah taman yang wajib Anda datangi karena taman ini sangat direkomendasikan untuk Anda, terlebih jika Anda adalah seorang pecinta burung. Sesuai dengan namanya, taman ini adalah satu-satunya taman di tengah kota Medan yang dihuni oleh ribuan burung. Aneka jenis burung hidup menjadi satu di taman ini sehingga menambah daya tarik dari Ibukota Provinsi Sumatera ini.

Taman yang satu ini memang di desain untuk menjadi tempat tinggal banyak burung, terlihat dari isi tamannya yang terdapat banyak rumah burung yang sengaja disediakan. Selain itu di dalam taman ini juga terdapat kolam ikan air tawar. Jika diperhatikan sepertinya taman ini memang dijadikan taman untuk memperbanyak populasi dari beberapa hewan supaya tidak punah.

Di dalam taman ini selain 2 hewan diatas tadi juga bisa ditemui hewan lain seperti kadal dan beberapa ular yang dipelihara di dalam kandang, sehingga taman ini sangat aman untuk dikunjungi. Keseruan lainnya yang disuguhkan oleh taman ini adalah kebebasan pengunjung untuk memberi makan hewan-hewan yang ada di dalam. Taman ini juga bisa dijadikan edukasi untuk anak mengenai hewan-hewan yang ada di dalam.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cemara Asri Boulevard Raya, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

3. Taman Labirin Simalem

Taman Labirin Simalem
Image Credit: Google Maps (irfan Sahabat)

Di kota Medan, taman Labirin ini sangat terkenal bahkan taman ini menjadi salah satu taman terbaik kota Medan. Jika Anda berfikir “bukannya taman labirin sama saja seperti di tempat lain?” jawabannya “Ya, memang benar”. Tetapi yang menarik dari taman ini adalah terdapat beberapa wisata lain di sekitarnya yang menjadi satu dengan taman ini.

Wisata lainnya yang berada di sekitar tempat ini antara lain kebun binatang, pearl of lake Toba, lapangan outbond, paintball, one tree hill, dan air terjun. Sehingga jika Anda berkunjung ke tempat ini sudah dipastikan Anda memiliki banyak opsi wisata yang berdekatan dan tidak akan kehabisan spot berfoto. Taman ini beroperasi mulai jam 08.00 sampai 17.00, dan taman ini menerapkan sistem berbayar.

Mungkin meskipun tidak sama dengan 2 taman lain sebelumnya yang tidak menerapkan sistem berbayar, Anda pasti juga bisa memahami hal tersebut. Karena pengelolaan dari taman yang memiliki banyak tempat wisata seperti ini pastinya membutuhkan tenaga dan dana perawatan yang lebih. Namun, Anda tidak akan menyesal karena fasilitas yang disediakan taman ini tidak akan mengecewakan.

Dengan datang ke tempat ini, Anda juga dapat merasakan sensasi seperti sedang berjalan di negeri dongeng karena labirinnya yang begitu bagus. Di depan dari pintu keluar labirin ini juga terdapat sebuah cafe, sehingga ketika selesai bermain di labirin ini Anda bisa langsung bersantai di café tersebut. Untuk kesejukan tidak perlu ditanyakan lagi karena hal itu sudah pasti.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya, Kodon-Kodon, Kec. Merek, Kab. Karo, Sumatera Utara.

4. Taman Edukasi Avros

Taman Edukasi Avros
Image Credit: Google Maps (Bambang BK)

Taman yang satu ini tidak kalah menarik dari taman sebelumnya dikarenakan dengan fasilitas yang sangat super banyak dan seru, taman ini tidak memberikan biaya masuk untuk pengunjung. Taman yang satu ini juga menyulap pinggiran sungai deli yang dulu sering kali dilihat kumuh menjadi sesuatu yang begitu menarik dan enak dipandang.

Sepertinya memang benar-benar wajib bagi Anda datang ke taman ini karena di dalam taman ini Anda dapat menggunakan fasilitas seperti lapangan outbond, tempat edukasi tanaman, rumah pohon live accoustic dan tempat kuliner. Untuk wahana outbondnya sendiri cukup seru, antara lain adalah flying fox, paintball, river cruise dan tempat jogging. Di tempat taman ini Anda juga bisa melakukan camping.

Tidak hanya berhenti sampai disitu saja, taman ini juga menyediakan terapi ikan atau fish spa. Taman ini cukup menarik, bukan? Jika Anda tertarik berkunjung ke taman ini, Anda bisa berkunjung mulai pukul 09.00 sampai 18.00.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Avros No.60B, Kp. Baru, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

5. The Le Hu Garden

The Le Hu Garden
Image Credit: Instagram.com @off_marketing_thelehugarden

Jika Anda menyukai tempat yang ASRI, sebaiknya Anda datang ke taman The le Hu Garden ini. Taman penuh bunga yang dibentuk dengan bentuk cinta ini merupakan taman yang bisa dikatakan romantis. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin menghilangkan penat karena pekerjaan. Flora yang ada di dalam taman ini cukup berwarna-warni sehingga memberikan efek segar dipandang.

Taman ini juga direkomendasikan untuk para photographer yang ingin mendapatkan gambar segar yang indah. Di dalam taman Le Hu Garden ini juga terdapat sungai, sawah dan tempat outbond. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah mengelilingi sungai dengan perahu, belajar menanam padi dan juga outbond.

Taman yang satu ini memiliki konsep pedesaan dan memiliki luas tanah sebesar 2 hektar. Banyaknya keindahan di taman ini pastinya dapat menghilangkan kebosanan Anda dengan tempat wisata yang lainnya yang monoton. Untuk masuk ke dalam taman ini Anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 saja.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pendidikan, Deli Tua Bar., Kec. Deli Tua, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

6. Taman Beringin

Taman Beringin
Image Credit: Instagram.com @iidyanie_

Taman beringin atau yang memiliki nama lain taman sudirman di kota Medan ini adalah taman yang berada di tengah kota sehingga taman ini biasanya juga disebut dengan taman hutan kota. Taman hijau penuh dengan tanaman beringin ini ternyata juga memiliki cerita yang menarik. Taman merupakan simbol dari persahabatan antara Tentara Medan dengan Tentara Amerika Serikat.

Jika Anda menyukai ketenangan dan suasana yang sepi, Anda bisa masuk ke taman ini karena di taman ini hanya ada pepohonan dan tanaman yang rimbun serta air mancur di dalamnya. Jika Anda ingin mengajak anak Anda bermain, taman ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.41, Anggrung, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara.

7. Taman Cadika Pramuka

Taman Cadika Pramuka
Image Credit: Google Maps (Yuda Putra Wijaya)

Cadika adalah akronim dari Cabang Pendidikan Pramuka, sesuai dengan namanya taman ini adalah bumi perkemahan. Selain itu taman ini menyediakan tempat jogging, tempat bersantai keluarga dan juga tempat bermain anak.

Taman candika juga merupakan taman dengan bentangan hijau penuh dengan rumput dan pepohonan, di tempat ini juga terdapat jembatan gantung diatas sungai yang jernih.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor, Kota Medan, Sumatera Utara.

Itulah rekomendasi taman terbaik yang ada di Medan untuk tempat bersantai. Banyaknya keindahan wisata taman yang ada di Tanah Deli tersebut menjadikannya sangat menarik jika dijadikan tempat berlibur untuk menghilangkan penat.