Pantai Tanjung Pendam, Spot Terbaik Menikmati Sunset Sembari Kulineran di Belitung

Pantai Tanjung Pendam, Spot Terbaik Menikmati Sunset Sembari Kulineran di Belitung
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kemuning, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Pergi berlibur memang merupakan hal yang sangat menyenangkan. Terlebih jika disini Anda berlibur ke daerah pantai. Wilayah Indonesia sendiri memang memiliki banyak sekali tempat wisata pantai yang begitu mengagumkan. Salah satunya bisa Anda temukan di Bangka Belitung. Bangka Belitung sudah lama terkenal memiliki wisata yang sangat mempesona.

Karena itu Anda harus menyempatkan diri pergi ke Bangka Belitung. Salah satu pantai yang sangat direkomendasikan bagi Anda untuk dikunjungi yaitu Pantai Tanjung Pendam. Pantai tersebut berada di area pusat kota. Pantai ini cukup ramai dan mudah untuk dijangkau.

Pantai Tanjung merupakan tempat wisata yang dikelola oleh pihak pemerintah setempat. Sehingga dengan begitu suasana di pantai sangatlah nyaman dengan beragam fasilitas yang disediakan. Untuk lebih mengetahui lagi mengenai apa saja daya tarik, harga tiket, fasilitas, rute dan lain sebagainya terkait pantai, maka berikut ulasannya

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tanjung Pendam

Daya Tarik Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps Andini Maheswari

1. Merupakan Pantai Bersejarah

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Pendam memang telah terkenal sejak lama. Bahkan ketika zaman Hindia Belanda pun pantai tersebut telah banyak dikunjungi. Terbukti dari banyaknya foto bersejarah saat orang-orang dahulu mengunjungi pantai tersebut untuk berwisata.

Dari sejarah yang tercatat, ketika awal abad ke 20 pantai tersebut merupakan area perumahan elit dari sebuah perusahaan timah. Hal itu dikarenakan keindahan dari Tanjung Pendam yang begitu menarik, sehingga membuat mereka memutuskan untuk mendirikan perumahan tersebut di area ini.

Ketika masa itu, dibangunlah sebuah hotel oleh perusahaan bagi para wisatawan dan investor. Lokasi dari hotel itu sendiri terdapat di sebelah kanan panggung utama pantai di balik pagar. Makin lama tempat tersebut pun makin populer, sehingga banyak perusahaan timah yang mulai berdiri di area ini.

Oleh karena panorama alam yang begitu memukau serta lokasinya yang sangatlah tepat, pemerintah setempat pun mulai melakukan kerjasama dengan dinas pariwisata untuk mulai melakukan pengelolaan kawasan pantai dengan menyiapkan berbagai macam fasilitas pendukung bagi para pengunjung.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps kapekupihapix bandung

2. Panggung Terbuka

Pantai Tanjung Pendam memang menyuguhkan keindahan yang begitu mengagumkan. Para wisatawan pun nantinya juga akan bisa menikmati berbagai macam hiburan yang terdapat di area pantai tersebut.

Anda nantinya bisa bersantai sambil lalu menikmati berbagai macam hiburan yang yang disuguhkan di waktu-waktu tertentu. Itulah salah satu daya tarik yang membuat Pantai Tanjung begitu populer dan menarik banyak wisatawan untuk berkunjung.

Selain itu Anda pun akan disuguhkan penampilan live musik saat menjelang malam hari. Tapi perlu untuk Anda ketahui, bahwa live musik hanya dilangsungkan ketika terdapat festival ataupun pertunjukan tertentu saja.

3. Buang Jong

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Pendam ini yaitu ada banyak sekali hiburan yang dipertontonkan di sana. Salah satu hiburan yang cukup menarik dan membuat banyak orang terhibur yaitu acara tradisi Buang Jong. Buang Jong nantinya akan dilaksanakan di tepi pantai oleh para Suku Sawang.

Bagi Anda yang disini ingin melihat acara Buang Jong tersebut, maka dapat mendatangi area Pantai Tanjung ketika menjelang bulan Agustus hingga bulan November.

4. Jogging Track dan Taman Bermain

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh pantai ini yaitu pantai tersebut seringkali dijadikan sebagai jogging track. Hal tersebut wajar saja, karena memang kawasan pantai mempunyai jalanan yang lebar, mulus dan juga bersih. Hal itulah yang akhirnya membuat banyak orang yang suka jogging ataupun bersepeda di area pantai ini ketika hari Minggu.

Di tempat ini pulalah nantinya Anda bisa menemukan adanya taman bermain. Sehingga bagi Anda yang datang ke tempat tersebut bersama dengan anak kecil, maka bisa membawa mereka ke taman bermain yang dilengkapi dengan banyak lampu-lampu Indah tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Twitter Ladang Tour_Travel

Alamat tepatnya wisata pantai tersebut yaitu di Desa Tanjung Pendam. Lokasinya sendiri berada cukup dekat dengan pusat kota Kabupaten Belitung. Maka dari itu, untuk akses jalan yang nantinya harus dilalui pun juga sudah sangatlah bagus. Anda akan menemukan jalanan yang sudah beraspal.

Terdapat juga beberapa jalan setapak yang dibuat dari batu dan sudah tertata rapi khusus bagi para pejalan kaki. Untuk Anda yang berasal dari tempat jauh, maka bisa menaiki pesawat dan turun di bandara H.A.S. Hanandjoeddin. Dari bandara tersebut untuk bisa sampai di tempat wisata Anda membutuhkan waktu kurang lebih 25 menit saja.

Harga Tiket Masuk Wisata Pantai

Tiket Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps Rakhmad Ramadhanjaya

Pantai Tanjung Pendam merupakan salah satu pantai yang memiliki panorama yang sangat indah dan memukau. Namun meski begitu, diketahui harga tiket untuk masuk ke kawasan pantai itu sendiri sangatlah terjangkau. Anda hanya perlu mempersiapkan uang Rp 2.000 untuk bisa. menikmati keindahan pantai yang ada di sana.

Selain itu tidak ada jam operasional untuk berkunjung ke pantai ini. Anda dapat memasukinya kapanpun Anda mau sebab pantai dibuka setiap hari dan 24 jam penuh. Karena itulah jika kebetulan Anda berkunjung ke Pulau Bangka, maka sempatkan diri untuk berwisata di pantai Tanjung ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Tanjung Pendam

Aktivitas Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps Rianthie Hanazk

1. Menikmati Sunset

Banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke Pantai Tanjung Pendam. Aktivitas tersebut salah satunya yaitu menikmati pemandangan matahari tenggelam. Sunset yang ada di pantai tersebut memang dikenal sangatlah indah. Bahkan bisa dikatakan paling indah di antara pantai-pantai lain yang terdapat di pulau Bangka.

Hal itu dikarenakan posisi dari pantai yang kebetulan menghadap ke barat. Sehingga sangatlah strategis dan tepat sekali untuk menikmati panorama dari Sunset. Untuk Anda yang sangat suka melihat pemandangan senja, maka mengabadikan momen ketika matahari tenggelam di pantai tersebut merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

2. Bersantai dan Menikmati Pemandangan

Tidak hanya pemandangan dari Sunset saja yang mampu membuat para wisatawan terpukau, tapi pemandangan sekitar pun juga tak kalah indah. Saat berkunjung ke Pantai Tanjung Anda akan disuguhkan keindahan dari sebuah pulau yang bernama Pulau Kalamoa. Pulau Kalamoa saat Anda saksikan dari kejauhan tampak begitu hijau dan segar.

Bagi Anda masyarakat perkotaan yang sudah jenuh dengan aktivitas sehari-hari dan hiruk pikuk lalu lintas, maka sangat tepat untuk mendatangi pantai tersebut. Pantai ini merupakan pilihan terbaik ketika Anda ingin melepas penat dan lelah. Panorama alamnya yang begitu memukau akan membuat rileks pikiran dalam sekejap mata.

Sekalipun pantai ini cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan, tapi suasana alam sekitar tetap mampu membuat Anda rileks. Terlebih lagi fasilitas pendukung yang disediakan juga sangat memadai dan membuat Anda terfasilitasi ketika berada di sana.

Di tempat ini telah banyak sekali fasilitas-fasilitas pendukung yang membuat Anda bisa merasa betah. Anda bisa menemukan adanya jaringan wi-fi gratis ketika berada di sini. Fasilitas tersebut merupakan hal yang cukup unik dan jarang dimiliki oleh pantai-pantai lain. Dengan begitu Anda pun bisa bebas menonton video tanpa takut paket data Anda habis.

Aktivitas Seru Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps Ekawati Fauzi

3. Berburu Kerajinan Tangan

Untuk Anda yang suka sekali dengan kerajinan tangan, maka di Pantai Tanjung Pendam pun Anda bisa menemukan banyak sekali toko-toko kesenian. Galeri pasar seni yang terdapat di kawasan tersebut cukup lengkap. Selain itu harga yang ditawarkan pun juga relatif sangat terjangkau.

Ada banyak galeri seni yang terdapat di gerai milik masyarakat setempat. Salah satu contoh galeri seni yang bisa Anda lihat yaitu seni lukisan ataupun hasil kerajinan-kerajinan tangan lain yang unik dan sangat indah tentunya.

4. Menikmati Kuliner

Selain art shop di pantai ini juga telah tersedia banyak warung makan dan minum. Tentunya kegiatan berlibur tidak akan terasa lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Di pantai inilah nantinya Anda bisa menikmati berbagai macam hidangan seafood yang ditawarkan.

Warung-warung tersebut berdiri di area dekat dengan pantai. Sehingga dengan begitu Anda bisa menikmati makanan sambil lalu melihat pemandangan sekitar pantai yang begitu elok. Tentunya aktivitas tersebut merupakan hal yang sangat seru untuk dilakukan. Terlebih jika Anda datang bersama dengan keluarga.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Pantai

Fasilitas Pantai Tanjung Pendam Belitung
Image Credit: Google Maps Rakhmad Ramadhanjaya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Pantai Tanjung Pendam merupakan kawasan wisata yang di sini dikelola langsung oleh pemerintah setempat. Dalam pengelolaannya tersebut pemerintah juga didukung oleh dinas pariwisata untuk semakin memberdayakan pantai dan membuat para pengunjung semakin tertarik untuk kesana.

Untuk fasilitas-fasilitas pendukung lainnya juga sudah disediakan dengan lengkap oleh dinas pariwisata dan juga pemerintah setempat. Fasilitas tersebut seperti contohnya toilet. Jangan khawatir toilet di sana kotor, karena di tempat ini begitu memperhatikan kebersihan, sehingga toilet akan selalu berada dalam keadaan terawat dan bersih.

Bagi Anda yang beragama muslim pun juga tidak perlu khawatir ketika ingin melangsungkan ibadah salat. Di pantai cantik ini juga telah disediakan mushola. Dengan begitu Anda pun tetap bisa menjalankan ibadah salat saat berada dan berlibur di pantai ini.

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Pantai Tanjung Pendam yang perlu untuk Anda ketahui. Anda yang kebetulan berada di Bangka Belitung, maka sempatkan waktu untuk berkunjung ke pantai ini.

REKOMENDASI DESTINASI