Riau

10 Restoran & Tempat Makan di Siak yang Paling Enak

Inilah Rekomendasi Tempat Makan dan Restoran Favorit di Siak, Provinsi Riau. Jangan Lupa Mecicipi Aneka Kuliner Khas yang Enak dan Ditawarkan dengan Harga Terjangkau.

Kabupaten Siak atau Siak Sri Indrapura yang masih bagian dari Provinsi Riau dikenal dengan wisata sejarahnya. Namun di samping itu ternyata tempat ini juga memiliki wisata kuliner khas yang cukup banyak dan patut dikunjungi.

Kebanyakan tempat makan atau restoran yang ada di Siak menghidangkan masakan Melayu. Namun tidak sedikit juga yang menjadikan olahan seafood sebagai menu andalan. Seafood yang biasa dijadikan andalan adalah Udang Galah dan juga Ikan seperti Ikan Patin, ada juga Ikan Kakap Merah. Tapi ada juga beberapa resto atau tempat makan yang memiliki menu andalan lain dan itu sangat unik.

Di bawah ini akan ada ulasan singkat tentang restoran atau tempat makan yang populer di Siak Sri Indrapura. Ada sedikitnya 10 tempat makan populer yang bisa dijadikan destinasi kuliner bagi pengunjung maupun warga Riau sendiri. Tempat makan yang murah, enak, namun populer akan diulas di sini.

1. Kantin Bude

Kantin Bude

Image Credit: Kompas.com

Tempat makan yang pertama adalah Kantin Bude. Salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup populer di Kabupaten Siak. Hidangan yang disajikan di sini beragam dan banyak yang unik. Ada olahan ikan seperti kakap merah yang dibumbu pedas.

Serta ada pula siput yang dijadikan gulai dan menjadi salah satu menu andalan di tempat makan ini. Selain itu masih ada banyak olahan ikan yang bisa disantap di sini seperti ayam hingga beragam sayuran yang dimasak dengan bumbu khas penuh rempah.

Kebanyakan sayuran di Kantin Bude ini diolah dengan cara ditumis. Namun ada yang unik, yaitu pare yang diolah dengan bumbu gulai. Semua makanan unik di sini dibanderol dengan harga murah dan porsi yang cukup banyak. Jadi tempat kuliner ini sangatlah direkomendasikan.

Lokasi: Jl. Datuk Kampar, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

2. Rumah Makan Wan Syafariah

Rumah Makan Wan Syafariah

Image Credit: Hzwan.com

Restoran atau rumah makan yang satu ini sangat terkenal lho. Menyediakan beragam makanan siap saji khususnya menu masakan padang. Menu andalan di sini adalah Udang Galah yang diolah bersamaan dengan bumbu rempah dan juga perpaduan cabai. Udangnya yang manis dipadukan dengan rasa pedas dan rempah menjadi hidangan yang luar biasa.

BACA JUGA:  15 Restoran & Tempat Makan di Pekanbaru yang Paling Enak

Banyak yang sudah mengenal tempat ini karena tempatnya yang nyaman dan hidangan yang enak. Harga makanan di sini pun masih terbilang wajar dan cukup  murah jika melihat rasa masakan yang lezat dengan bahan berkualitas. Wajib coba menu andalan tempat ini karena Udang Galah di sini paling dikenal di Riau.

Lokasi: Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

3. Rumah Makan Awak Juo

Rumah Makan Awak Juo

Image Credit: Facebook.com @Rumah makan awak juo siak

Penyedia sajian masakan padang yang memiliki banyak pengunjung. Di sini masakan padangnya tidak jauh berbeda dengan rumah makan padang lainnya. Namun Awak Juo ini berhasil memikat banyak pengunjung karena cita rasa masakan di sini begitu lezat. Ini terbukti karena tempat ini selalu rame pengujung terutama saat sarapan dan makan siang.

Juru masak di tempat ini bisa membuat masakan padang lebih istimewa terutama dinikmati saat sarapan dan makan siang. Selalu pada jam makan tersebut tempat ini penuh dengan pengunjung. Gulai otak di sini menjadi salah satu menu yang wajib dicicipi saat makan di  Awak Juo ini.

Lokasi: Jl. Sultan Syarif Kasim, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

4. Siak Raya

Image Credit: Pesonasiak.id

Masih seputar masakan padang. Tempat makan di Siak yang satu ini tempatnya cukup nyaman juga lho untuk dikunjungi. Selain bersih tempat ini dikenal paling enak dipakai bersantai. Setelah makan masih bisa nongkrong atau ngopi dan berbincang dengan teman. Tempatnya cukup luas dan jauh dari kebisingan.

Menu masakan padang di sini juga lengkap. Cita rasanya menggugah selera dan harganya ramah bagi semua kalangan. Bisa mengajak keluarga yang ingin menikmati hidangan makanan padang dengan santai apalagi yang memiliki anak kecil. Tempatnya yang luas cocok untuk bermain anak-anak.

Lokasi: Jl. Ismail, Kampung Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak.

5. Soto Siak Ummi Dewi

Soto Siak Ummi Dewi

Image Credit: Riau24.com

Ada yang khas di tempat makan ini. Hidangan yang ada di sini hanya Soto. Ini menjadikan tempat ini mudah dicari dan populer di masyarakat Riau. Soto yang disajikan sangat khas meski dapat dikatakan ini hanyalah sebuah warung Soto.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Kampar Terbaru & Terhits Dikunjungi

Bumbu soto di tempat ini sangat sedap dan bisa membuat pelanggan merasa puas walau hanya makan semangkuk Soto. Di sini ada Soto ayam dan juga Soto daging. Bisa pilih sesuai selera dan tentu saja dengan harga bersahabat. Cocok sekali bagi para pecinta Soto khususnya soto ayam dan juga daging untuk mencicip hidangan di tempat ini.

Lokasi: Kampung Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak.

6. Pondok Makan Zahra

Pondok Makan Zahra

Image Credit: Pondok-makan-zahra.business.site

Tempat makan di Siak yang satu ini tidak hanya menyajikan masakan padang. Namun beragam lalapan dan beragam jenis minuman bisa dijumpai di sini. Jika ingin olahan seafood bisa pilih ikan bakar atau Udang Galah yang sudah dibumbui dengan rempah. Ingin masakan padang pun di sini menunya lengkap.

Tempatnya sangat nyaman, ada area yang bisa digunakan untuk lesehan dengan memandang kolam ikan. Cocok sekali jika mengajak keluarga makan siang di sini. Suasananya tenang dipadukan dengan masakan yang enak bisa menjadi cara bersantai dan berkumpul asyik bareng keluarga.

Lokasi: Jl. Kwalian No.Kelurahan, Kampung Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak.

7. Ikan Bakar Gasib Siak

Ikan Bakar Gasib Siak

Image Credit: Detik.com

Di tempat ini ada beragam olahan ikan yang patut untuk dicoba. Ada ikan bakar dengan sambal kecap yang lezat, ada juga pepes ikan, hingga ikan goreng lalapan dengan sambal ijo yang nikmat. Meski nama tempatnya ikan bakar, namun tidak hanya ikan yang dibakar saja yang disajikan.

Banyak pilihan menu olahan ikan yang bisa dicoba hanya saja menu andalan di sini adalah ikan bakar. Sambal kecapnya sangat enak dan pedasnya bisa membuat pengunjung ingin membeli lagi jika sudah pernah makan di sini. Tempatnya sangat nyaman, cocok untuk ana-anak dan juga mengajak keluarga besar.

Lokasi: Jl. Perawang – Siak, RT.01/RW.01, Kuala Gasib, Kec. Koto Gasib, Kab. Siak.

8. Pecel Lele Cak Rohim

Image Credit: Pecel-lele-cak-rokhim-cabang-pekanbaru.business.site

Jika ingin menikmati makanan yang berbeda selain masakan padang atau olahan seafood maka tempat ini cocok dijadikan destinasi. Pecel lele Cak Rokhim ini merupakan salah satu warung yang cukup populer di masyarakat Kabupaten Siak.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pecel lele yang dihidangkan di tempat ini memiliki sambal kacang yang enak dan beda dari yang lain. Pedasnya pas dan lelenya banyak dagingnya. Dipadukan dengan nasi hangat hidangan pun menjadi sempurna. Tempatnya lesehan jadi cocok untuk bersantai. Kalau sedang berada di Siak bisa coba mampir dan cicipi pecel lele yang populer ini.

Lokasi: Jl. Kwalian, Kampung Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak.

9. Rumah Makan Guci Raya

Rumah Makan Guci Raya

Image Credit: Izigoing.wordpress.com

Rumah makan atau resto yang bisa menjadi salah satu destinasi kuliner yang cocok jika pergi bersama keluarga. Di sini menyediakan masakan padang yang enak, Gulai kepala ikan di sini juga nikmat dan menjadi salah satu menu andalan.

Tempatnya nyaman dan cukup luas. Jadi bisa menampung orang cukup banyak. Bersih dan rapi sehingga pengunjung bisa nyaman menyantap hidangan yang ada di sini. Tidak ada salahnya mencoba tempat makan ini bersama keluarga saat berada di Riau.

Lokasi: Jl. Kwalian No.RT. 01, RW.03, Kampung Rempak, Kec. Siak, Kab. Siak.

10. Ikan Bakar Lubuk Nila

Ikan Bakar Lubuk Nila

Image Credit: Foursquare.com

Ini salah satu tempat menikmati ikan bakar yang letaknya berada persis di depan RSUD Siak. Menu andalan di sini adalah ikan bakar nila dan juga patin. Pengunjung di sini selalu banyak karena memang letaknya strategis. Meski sangat sederhana tidak terlihat mewah, namun kebersihan tempat ini patut diacungi jempol

Tempat ini sangat cocok bagi yang suka coba-coba kuliner. Ikan bakar nilanya sangat lezat tidak heran jika nama tempat ini adalah Ikan Bakar Lubuk Nila. Karena memang menu andalannya adalah ikan nila yang dibakar dengan bumbu kecap yang khas.

Untuk masalah harga, Anda tidak perku khawatir. Pasalnya, harga ikan bakar lubuk nila ini sangat terjangkau karena memang melihat tempatnya untuk kalangan menengah ke bawah. Jadi, kulineran di Ikan Bakar Lubuk Nila bareng keluarga dan teman bisa jadi ide menarik.

Lokasi: Jl. Raja Kecik No.1, Kampung Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak.

Itulah daftar restoran dan tempat makan di Kabupaten Siak yang populer dan memiliki hidangan khas. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke Riau melakukan wisata sejarah di Siak juga sekalian melakukan wisata kuliner. Apalagi tempat-tempat makan yang di ulas di atas semuanya memiliki harga terjangkau dan hidangan yang lezat.