Bengkulu

15 Tempat Wisata di Lebong Terbaru & Terhits Dikunjungi

Temukan Beragam Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Lebong, Provinsi Bengkulu. Destinasi Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Paling Hits untuk Membuat Liburan lebih Berkesan.

Banyak tempat-tempat wisata di Bengkulu yang menawarkan pemandangan yang indah dengan fasilitas yang beragam baik wisata alam maupun wisata yang sengaja dibuat. Wilayah yang menarik di Bengkulu menawarkan keindahan alam yang memukau, salah satunya di Kabupaten Lebong.

Ketika Anda butuh tempat terbaik untuk liburan, berikut 15 tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman.

1. Danau Tes

Danau Tes

Image Credit: Wikipedia.org

Tempat wisata berupa danau ini terletak di di kecamatan Lebong Selatan. Danau ini merupakan danau terbesar di Bengkulu yang menawarkan pemandangan berupa bukit yang hijau. Tak Perlu khawatir akan bermalam dimana ketika mengunjungi danau tes karena disekitar danau tes terdapat Villa bagi pengunjung serta sarana dan prasarana pendukung lainnya sehingga pengunjung bisa dengan nyaman untuk mengeksplorasi danau.

Untuk melihat secara jelas danau tes terdapat pula gardu pandang tepat di sebelahnya Danau Tes yaitu sebuah tugu besar, yang mana dapat dipergunakan sebagai tempat memandang Danau Tes secara menyeluruh dan sering juga dipakai sebagai tempat penyelenggaraan acara-acara besar.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajahi danau tes terdapat pula fasilitas pendukung lainnya yaitu tersedia tempat penyewaan perahu untuk mengelilingi Danau Tes dan dapat melihat Desa Adat Rejang. Danau Tes berjarak lebih kurang 25 km dari pusat kota (Muara Aman), 44 km dari Curup, atau 123 km dari ibu kota provinsi. Danau ini dapat dicapai yaitu dengan angkutan umum dan kendaraan bermotor pribadi.

Lokasi: Desa Kota Donok, Kecamatan Lebong Selatan, Kab. Lebong.

2. Air Panas Karang Dapo

Air Panas Karang Dapo

Image Credit: Bengkuluinvestasidanpariwisata.blogspot.com

Pemandian air panas ini yang terletak di desa Karang Dapo berjarak kurang lebih 54 Km dari Ibukota Kabupaten. Terdapat kolam-kolam penampunangan air panas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Anda dapat berendam air hangat dengan nyaman untuk merelaksasikan otot-otot di tubuh dan membuat pikiran rileks.

Lokasi: Desa tes, Kec, Lebong Selatan, Kab. Lebong.

3. Danau Picung

Danau Picung

Image Credit: Lebongkab.go.id

Danau Picung menawarkan pemandangan berupa hijau pepohonan serta tenangnya air danau yang menambah ketenangan batin setelah penat beraktifitas. Untuk sampai dilokasi dapat melewati lintas Kabupaten Lebong atau bisa melewati jalan alternatif di sekitar Kelurahan Pasar Muara Aman. Lokasi danau Picung itu terletak disebelah Utara ibukota dengan jarak kurang lebih 5 km. Jika diakses melewati ibu kota provinsi Bengkulu dapat ditempuh selama 4 – 5 jam perjalanan darat melewati Curup.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Bengkulu yang Paling Enak

Pengunjung dapat menikmati suasana danau picung dengan menyewa perahu untuk melihat bukit-bukit yang ditumbuhi pepohonan hjau. Tiket masuk kawasan wisata hanya berkisar 5 ribu rupiah untuk sepeda motor hingga 10 ribu rupiah untuk mobil. Sedangkan, untuk naik perahu maupun bebek bisa dinikmati dengan harga bervariasi, 15-25 ribu perorang.

Lokasi: Tanjung Agung, Kec. Pelabai, Kab. Lebong.

4. Lobang (Goa) Kacamata

Lobang (Goa) Kacamata

Image Credit: Lebongkab.go.id

Wisata alam lobang kacamata adalah tempat penambangan emas yang sudah tak digunakan lagi peninggalan colonial Belanda. Pengunjung dapat melihat lubang-lubang tak beraturan bak labirin sehingga bisa merasakan suasana yang berbeda. Karena bentuk lobang unik menyerupai kacamata, maka masyarakat sekitar memberi nama Lobang Kacamata. Objek wisata ini terletak di Desa Lebong Tambang yang membutuhkan waktu 10 sampe 15 menit perjalanan dari Muara Aman.

Selain dapat melihat-lihat lubang galian, pengunjung juga dapat melihat aktivitas penambangan emas yang dilakukan oleh warga sekitar mulai dari penambangan sampai pemrosesan hasil galian tambang.

Lokasi: Lebong Tambang, Kec. Lebong Utara, Kab. Lebong.

5. Air Putih Lebong

Air Putih Lebong

Image Credit: Merahputih.com

Objek wisata air putih merupakan pemandian perpaduan air panas dan air dingin yang mengalir dalam satu sungai yang terletak di desa Air Putih. Pengunjung dapat menikmati wisata air putih untuk relaksasi dan bermain bersama keluarga. Jarak tempuh dari kota Bengkulu menuju ibu kota Kabupaten yaitu Tubai melalui jalur utara lebih kurang 3 jam.

Tidak perlu khawatir akan keamanan kendaraan karena tempat wisata ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Cukup dengan membayar harga tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah pengunjung bisa menikmati wisata air putih dengan beragam fasilitas.

Lokasi: Tambang Saweak, Kec. Pinang Belapis, Kab. Lebong.

6. Danau Lupang

Image Credit: Gogoleak.wordpress.com

Danau Lupang adalah salah satu objek wisata yang perlu dikunjungi. Danau ini terletak di Kelurahan Mubai, Lebong Selatan. Danau lupang menawarkan panorama alami yang masih alami karena belum tersentuh pembangunan. Cocok untuk anda yang menginginkan lokasi yang masih asri dan belum banyak pembangunan dalam menikmati akhir pekan.

Lokasi: Mubai, Kec. Lebong Selatan, Kab. Lebong.

7. Gunung Belerang

Gunung Belerang

Image Credit: Ollyviadwtamara.blogspot.com

Gunung Belerang merupakan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam pegunungan hijau disertai asap putih dari panasnya belerang. Gunung ini terletak di Kelurahan Mubai berjarak ± 6 Km dari Ibu Kota Kelurahan dan ± 9 Km dari Ibu Kota Kecamatan. Bagi anda yang hobi mendaki, gunung ini bisa menjadi tujuan terbaik.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Bengkulu Selatan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Desa Sumber Urip, Kec. Selupuh Rejang, Kab. Rejang Lebong.

8. Air Panas Turan Lalang

Air Panas Turan Lalang

Image Credit: Ksmtour.com

Banyak sekali sumber air panas yang terletak di kebupaten Lebong salah satunya di Turan Lalang. Sumber air panas ini memiliki Luas Area 0, 5 Ha masih alami terletak di Desa Turan Lalang. Anda dapat menikmati akhir pekan dengan nuansa yang asri di sumber air panas ini.

Lokasi: Desa Turan Lalang, Kec. Lebong Selatan, Kab. Lebong

9. Telaga Puteri Tujuh Warna

Telaga Puteri Tujuh Warna

Image Credit: Bengkuluinteraktif.com

Objek wisata ini unik karena terdapat banyak danau dengan warna yang berbeda-beda. Telaga Putri Tujuh Warna berlokasi di Desa Rimbo Pengadang, Air Dingin. Pengunjung dapat melihat berbagai warna danau yang unik diantaranya yaitu biru, merah, putih serta abu-abu yang merupakan telaga berukuran besar sedangkan tiga diantaranya yaitu telaga dengan warna kuning, coklat serta hitam dengan ukuran telaga yang kecil.

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus menitipkan kendaraan anda di Rimbo Pengadang karena kendaraan anda tidak bisa dibawa masuk melewati jalan setapak yang akan anda lewati. Untuk mencapai lokasi, Anda harus menempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak lebih kurang dua jam perjalanan.

Lokasi: Desa Rimbo Pengadang, Kec. Air Dingin, Kab. Lebong.

10. Air Terjun Ketenong

Air Terjun Ketenong

Image Credit: Mongabay.co.id

Air Terjun Ketenong merupakan objek wisata air yang masih alami dan belum banyak tersentuh pembangunan yang bearada di Taman Nasional Kerinci Sebelat. Akses menuju tempat ini butuh usaha lebih karena rute yang dilalui cukup sulit.

Berada di air terjun ini, anda dapat menenangkan diri dengan udara yang sejuk dan suara air terjun untuk anda melepaskan beban pikiran. Air terjun ini berlokasi di Desa Ketenong.

Lokasi: Desa Ketenong, Kec. Pinang Belapis, Kab. Lebong.

11. Air Terjun Telun Buyuk

Air Terjun Telun Buyuk

Image Credit: Kompas.com

Air terjun Telun Buyuk Terletak di Desa Turan Lalang yang berjarak 11 Km dari Ibu Kota Kecamatan dan 24 Km dari Ibu Kota Kabupaten. Objek wisata Air Terjun ini menawarkan keindahan alam yang memesona dan suasa yang sejuk sebagai tempat yang tepat untuk menikmati akhir pekan.

Lokasi: Desa Semelako, Kec. Lebong Tengah, Kab. Lebong.

12. Taman Bunga Rejang Lebong

Taman Bunga Rejang Lebong

Image Credit: Buayajalan.com

Taman ini merupakan hamparan bunga-bunga yang indah dipandang sangat bagus untuk berswafoto dengan koleksi bunga yang cantik. Berlokasi di Desa Sumber Bening, taman ini sangat pas untuk masuk dalam daftar liburan akhir pekan yang penuh warna. Di taman wisata ini tersedia lahan parkir untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Belitung Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Objek wisata taman bunga dapat diakses dengan melalui Rute Kota Bengkulu – Kabupaten Rejang Lebong selama 3 jam perjalanan waktu normal dari Kota Bengkulu. Harga tiket masuk wisata taman bunga sangat terjangkau, yaitu 15 ribu rupiah.

Lokasi: Karang Jaya, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

13. Air Terjun Paliak Embong

Air Terjun Paliak Embong

Image Credit: News.ddtc.co.id

Wisata air terjun ini menawarkan air yang jernih dan udara yang sejuk untuk melepas penat aktivitas bekerja. Wisata air ini menawarkan keindahan yang memukau yang terlrtak di lereng bukit barisan dan Taman Nasional Kerinci Sebelat.

Jika pengunjung ingin menuju Air terjun ini dari Bengkulu dapat melalui Bengkulu utara dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam dan 5 jam jika melewati Rejang Lebong. Setelah itu pengunjung harus melawati jalan kaki selama 1,5 jam mengikuti aliran Sungai Uram.

Lokasi: Embong, Kec. Uram Jaya, Kab. Lebong.

14. Air Terjun Semelako

Air Terjun Semelako

Image Credit: Cheria-travel.com

Air Terjun Semelako terletak di Desa Semelako. Air terjun ini bisa jadi pilihan wisata air terjun lainnya dengan daya tarinya tersendiri. Perlu diketahui Kawasan Lebong sendiri mempunyai sekitar 500-an air terjun dan hanya beberapa yang sudah memiliki akses yang baik. Akses jalan cukup sulit melewati beberapa tebing curam, menyusuri sungai dan kebun warga, menembus hutan alami yang masih terjaga keasriannya, barulah kita bisa sampai ke Air Terjun Semelako.

Lokasi: Desa Semelako, Kec. Lebong Tengah, Kab. Lebong.

15. Suban Hot Spring

Suban Hot Spring

Image Credit: Virtualadrian.blogspot.com

Suban Hot Spring adalah wisata kolam renang ditengah-tengah perbukitan hijau. Pengunjung dapat bermain di kolam renang dengan pemandangan pepohonan yang rindang. Sumber air kolam renang ini dari mata air yang dialirkan melalui pipa-pipa. Tersedia banyak kolam renang untuk dewasa maupun untuk anak-anak. Berlokasi di Cawang Baru, Selupu Rejang dengan jam operasional mulai pukul 6 pagi sampai pukul 6 sore.

Harga tiket masuk untuk orang dewasa sebesar 10 ribu rupiah sedangkan untuk anak-anak sebesar 5 ribu rupiah. Bagi pengunjung yang ingin beristirahat terdapat pula penginapan di sekitar area objek wisata Suban Hot Spring.

Lokasi: Cawang Baru, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

Itulah 15 tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Kabupaten Lebong dan tidak cukup satu hari saja untuk menjelajahinya. Terdapat sekitar ratusan air terjun dan juga objek wisata yang sangat indah dan unik. Semoga bermanfaat!.