Sumatra Barat

10 Tempat Wisata di Padang Lawas Utara Terbaru & Terhits Dikunjungi

Butuh Liburan yang Seru? Periksa Daftar Tempat Wisata Terbaik di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara. Destinasi Wisata Kekinian, Terbaru & Paling Hits yang Cocok untuk Anda Kunjungi Ketika Liburan.

Berbincang mengenai wisata alam Indonesia. Pikiran langsung tertuju pada ragam pesona yang dimiliki oleh Tanah Air tercinta. Padang Lawas Utara (Paluta) jadi salah satu rekomendasi untuk para pecinta alam. Bukan hanya menyediakan pemandangan super mewah dan lukisan alam tak ada duanya.

Deretan lokasi cantik nan memukau juga bisa Anda nikmati bersama keluarga ataupun orang terdekat saat berkunjung di Paluta, salah satu kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Tujuan menghabiskan waktu berlibur bisa jadi pilihan untuk me-refesh pikiran dari rutinitas pekerjaan.

Seperti yang sudah diketahui bahwa Indonesia bukan hanya mengenai satu pulau. Melainkan mengenai 5 pulau besar. Dimana setiap pulau mempunyai kekayaan alam yang tak pernah habis untuk terus dieksplor. Tak heran jika Negeri Khatulistiwa ini menarik perhatian masyarakat dunia. Nah, bagi Anda yang sudah tak sabar untuk berkunjung. Berikut 10 rekomendasi tempat wisata yang berada di Padang Lawas Utara:

1. Danau Tao

Danau Tao

Image Credit: Wartawisata.id

Bagi wisatawan yang ingin berlibur dengan tenang. Duduk santai sambil menikmati semilir angin yang berasal dari pegunungan. Danau Tao termasuk pilihan paling tepat. Sebab, pada dasarnya danau ini sudah mempunyai pesona air jernih dengan lingkungan asri yang mengintari. Kecantikan tersebut masih ditambah akan pemandangan ciamik dari deretan pegunungan yang mudah dilihat.

Anda bisa menikmati matahari tenggelam ditemani oleh secangkir kopi. Atau mengobrol banyak dengan teman sambil melihat panorama alam didepan mata. Untuk kulinerannya Anda bisa memilih sesuka hati karena penyelenggara sudah menyediakan tempat makan berkonsep alam nan menarik.

Lokasi: Batang Onang, Kec. Batang Onang Baru, Kab. Padang Lawas Utara.

2. Air Terjun Siranap

Air Terjun Siranap

Image Credit: Instagram.com @enda_harahap

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati kesegeran tak ada habisnya. Air Terjun Siranap masuk sebagai list tempat wisata yang wajib dikunjungi. Deburan air dengan debit sedang membuat Anda mampu bermain air sepuasnya. Namun, ketika masih malas berbasah-basahan. Tak ada salahnya untuk melihat panorama alam di sekitar air terjun. Bisa juga dengan merendam kaki di kolam-kolam kecil yang mengelilinginya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk menikmati semua ini Anda hanya perlu merogoh kocek kisaran Rp. 15.000. Bukankah biaya ini sangat kecil untuk fasilitas lengkap? Jadi, tunggu apa lagi? langsung saja arahkan kendaraan ke Desa Janji Martogu.

Lokasi: Torsanggar, Kec. padang bolak, Kab. Padang Lawas Utara.

3. Sampuran Simarloting

Sampuran Simarloting

Image Credit: Simarloting.blogspot.com

Sampuran Simarloting ialah wisata alam super ciamik dengan pemandangan perbukitan yang berderet. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan kedamaian secara batin. Kian bersemangat karena lokasi berada di kawasan strategis. Yaitu, dekat dari Bandar Udara Aek Goang.

Pengunjung bisa menikmati semua dengan mudah sekaligus terjangkau. Tak heran jika Sampuran Simarloting jadi salah satu kawasan wisata terfavorit yang ada di Padang Lawas Utara.

Lokasi: Sampuran Simarloting, Kec. Hulu Sihapas, Kab. Padang Lawas Utara.

4. Gua Tuktuk dan Gua Liak Kabor

Gua Tuktuk dan Gua Liak Kabor

Image Credit: Tapanulinadeges.blogspot.com

Kedua gua ini mempunyai pesona super canggih. Pertama, Gua Tuktuk mempunyai diameter 15 m. Belum lagi kawasan gua yang terjaga dan asri membuat wisatawan betah berlama-lama. Tak jauh dari sini, pengunjung akan dibawa oleh kecantikan lain dari Gua Liak Kabor. Meskipun ia tidak selebar Gua Tuktuk. Namun, keduanya mempunyai daya tarik super jempolan.

Lokasi: Simaninggir, Kec. Barumun, Kab. Padang Lawas Utara.

5. Waterboom Gunung Tua

Waterboom Gunung Tua

Image Credit: Youtube.com (Jhonni Saputra)

Lingkungan asri dengan udara sejuk membuat wisatawan lokal mengidamkan pilihan wisata lain. Maka dibangunlah Waterboom Gunung Tua. Nilai spesial dari kolam memandian ini adalah lukisan alam yang langsung menuju Gunung Tua. Belum lagi pilihan wahana air yang tak kalah dari pemandaian lain.

Semakin menyenangkan karena harga masuk kisaran Rp. 25.000 per orang. Fasilitas didalam waterboom juga terbilang lengkap. Mulai dari kedai-kedai makanan sampai fasilitas umum lain yang membuat wisatawan betah berlama-lama. Bukan suatu yang mengherankan jika sejak awal peresmian waterboonm ini selalu ramai oleh wisatawan.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Pasaman Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Sosopan, Kec. Padang Bolak, Kab. Padang Lawas Utara.

6. Batu Kapur Paranginan

Batu Kapur Paranginan

Image Credit: Marhatahata.com

Pesona alam yang tak kalah hits adalah kemunculan Batu Kapur Paranginan. Dari namanya saja sudah tergambar bagaimana pesona alam ini membuat semua orang ingin melihat. Batuan kapur nan putih dalam ragam ukuran berdiri kokoh. Mereka menjulang satu persatu dengan bentukan super cantik.

Spot tersebut tentu patut Anda kunjungi sebagai pemanis foto di media sosial. Bahkan pengunjung bisa melihat keindahan lingkungan yang masih terjanga dengan baik. Kondisi tersebut membuat udara segar menguar begitu saja. Tentu nuansa seperti ini akan mempemudah Anda dalam menghilangkan penat.

Lokasi: Paranginan, Kec. Barumun, Kab. Padang Lawas.

7. Candi Bahal

Candi Bahal

Image Credit: Buddhazine.com

Bagi wisatawan yang ingin berlibur sambil belajar sejarah, Candi Bahal jadi pilihan paling tepat. Perlu diketahui bahwa candi di kawasan Sumatera tidak terlalu banyak. Candi Bahal termasuk paling familiar dan mempunyai 3 bagian.

Semua cantik berdiri kokoh sebagai pelambangan peradaban purbakala. Tak heran jika pemerintah setempat memberi aturan cukup ketat untuk memasukinya. Berada di Desa Bahal, Sibatu Loting, Padang Bolak.

Lokasi: Bahal, Kec. Portibi, Kab. Padang Lawas Utara.

8. Tor Sipupur

Tor Sipupur

Image Credit: Pariwisatasumut.net

Sekarang pilihan wisata untuk para pengila camping. Tepat Tor Sipupur adalah kawasan yang sering kali dijadikan tempat camping. Sama seperti lokasi alam yang memiliki pemandangan cantik lainnya. Tor Sipupur juga memberi pesona tak terduga. Dimana tempat ini terhiasi oleh deretan pohon rapi dan lingkungan bersih sekaligus terjaga.

Semakin memukau karena Tor Sipupur sangat terkenal oleh landskap pengunungan yang berderet dari ujung ke ujung. Masuk kawasan yang mudah dijangkau oleh ragam alat transportasi.

BACA JUGA:  13 Tempat Wisata di Sawahlunto Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Purba Tua, Kec. Batang Onang, Kab. Padang Lawas Utara.

9. Danau Tasik

Danau Tasik

Image Credit: Disbudpar.sumutprov.go.id

Selanjutnya pilihan pada Danau Tasik yang juga tak kalah menawan. Bak Primadona yang selalu terjaga danau ini memiliki lingkungan terpencil sekaligus asri. Kondisi tersebut bukan masalah berat bagi Anda yang mengaku pecinta alam. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi akses sulit. Pengunjung bisa membawa kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk persoalan kuliner Anda bisa memilih menu tradisional ala warga setempat. Biaya yang dikeluarkan untuk sampai lokasi tak terlalu mahal. Namun, hal utama yang perlu dipersiapkan adalah persiapan mental untuk menaklukan tantangan rute pencapaian.

Lokasi: Simardona, Kec. Batang Onang, Kab. Padang Lawas Utara.

10. Barumun Nagari

Barumun Nagari

Image Credit: Mediaindonesia.com

Kawasan tanah seluar 23 hektar. Berisi aneka ragam fauna yang terlindungi oleh negara. Barumun Nagari jadi pilihan paling tepat bagi Anda pecinta hewan langka. Tak hanya itu pengunjung bisa berinteraksi langsung asal sudah memenuhi beberapa syarat dari penjaga. Sedangkan lokasi cukup strategis bahkan banyak dari penduduk lokal yang mengetahuinya.

Gajah serta Harimau Sumatera menjadi penghuni terbesar di Barumun Nagari. Anda juga bisa melihat pemandangan alam yang terbentang luas. Lokasi berada di Desa Nanggar, Aek Godang, Kecamatan Batang Onang.

Paluta bisa menjadi pilihan berlibur strategis. Bukan hanya karena kelengakapan alam yang ia miliki. Namun, menarik perhatian karena ragam pilihan wisata yang hampir semuanya masih terjaga dengan baik. Jika dilihat lebih dalam kondisi tersebut lebih menguntungkan karena Anda tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menghilangkan penat.

Lokasi: Batu Nanggar, Kec. Batangonang, Kab. Padang Lawas Utara.

Itulah 10 tempat wisata di Padang Lawas Utara yang menarik untuk Anda kunjungi. Sekarang Anda hanya cukup memilih tanggal pengambil cuti, pilih juga penyedia jasa terpercaya, dan hilangkan stres akan kerjaan dengan megeksplor kekayaan alam yang dimiliki Tanah Air tercinta. Sampai disini, selamat berlibur.