20 Tempat Wisata di Payakumbuh Terbaru & Terhits Dikunjungi

20 Tempat Wisata di Payakumbuh Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Payakumbuh, Sumatera Barat. Destinasi Wisata Alam Terbaru, Kekinian & Paling Hits Dikunjungi Saat Liburan atau Berakhir Pekan Bersama Keluarga.

Bukan rahasia lagi beragam objek wisata di Payakumbuh diminati wisatawan lokal dan manacenagara, bahkan keberadaan objek wisatanya sangat menyenangkan sehingga pengunjung tidak cepat bosan. Apalagi Payakumbuh termasuk salah satu kota di Sumatera Barat yang memiliki objek wisata instagaramable dan menyenangkan di segala waktu.

Menariknya lagi Payakumbuh termasuk kota yang kaya sehingga dikenal oleh masyarakat luas, diantaranya adalah penghasilan pertanian, perikanan, perdagangan, pariwisata dan lain-lain. Alhasil, keberadaan objek wisatanya sangat menarik karena selalu diperbaharui sehingga diminati wisatawan lokal dan manacenegara.

Wisatawan bebas memilih destinasi menarik di daerah ini sesuai kebutuhan dan budget, untuk itulah Anda harus tepat memilih objek wisata dengan kesepakatan keluarga atau teman-teman agar liburan semakin seru tanpa ada kekecewaan. Berikut ada 20 rekomendasi tempat wisata di Payakumbuh yang dapat dijadikan pilihan liburan terbaik Anda.

1. Air Terjun Sarasah Murai Gantiang

Air Terjun Sarasah Murai Gantiang
Image Credit: Google Maps (Yvonne Yosami)

Air Terjun Sarasah Murai Gantiang berada di dalam lembah harau. Dimana untuk sampai pada lokasi ini anda butuh menempuh jarak 10 km dari gerbang masuk lembah harau. Anda harus melewati jalan tanah yang banyak bebatuan dan kondisinya tidak merata. Saat anda melewati jalan tersebut, anda akan ditemani dengan pemandangan hutan hijau yang asri.

Perjuangan itu akan terbayar dengan pemandangan air terjunnya yang sangat cantik. Memiliki tebing yang bersusun, membuat pengunjung dapat mendaki menaiki tebing air terjun. Tak heran banyak pengunjung merasa betah bermain air di Air Terjun Sarasah Murai Gantiang. Dengan mengunjungi tempat wisata alam ini, anda akan merasa lebih dekat dengan alam.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Harau Kec. Harau Kab. Limapuluh Kota, Sumatra Barat.

2. Bukik Bulek Taram

Bukik Bulek Taram
Image Credit: Pegipegi.com

Destinasi wisata bukik bulek taram termasuk wisata yang unik karena termasuk batu dengan bentuk bundar dan di puncaknya menonjol sangat terjal. Walaupun puncaknya sangat terjal tetapi menjadi daya tarik wisatawan sehingga selalu ramai dikunjungi, bahkan menjadi spot foto menarik loh. Sementara letaknya di Kenagarian Taram, tepatnya di Kabupaten Lima Puluan Kota Sumatera Barat.

Siapa sangka, tempat tersebut dijadikan sebagai tempat memancing yang menyenangkan loh. Pasalnya objek wisata bukik di kelilingi oleh rawa-rawa yang dipenuhi beragam ikan sehingga cocok dijadikan tempat memancing yang seru.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taram, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota.

3. Air Terjun Lubuak Bulan

Air Terjun Lubuak Bulan
Image Credit: Jadipergi.com

Air terjun lubuak bulan memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan berjarak kurang lebih 34 kilometer dari kota Payakumbuh. Dengan begitu wisatawan tidak akan terlalu jauh menemukan objek wisata menarik tersebut. Dijadikan nama air terjun lubuak bulan lantaran memiliki lubuk yang mirip dengan bulan sabit. Bahkan lokasi wisata ini dikelilingi beberapa tebing tinggi disekitar air terjun.

Sementara letak air terjun tersebut di desa Simpang Kapuak, tepatnya di Kecamatan Mungka, di Kabupaten Lima Puluh Kota. Usahakan Anda mengajak orang tericnta menikmati keindahan air terjun tersebut karena sangat menawan jika diabadikan dengan smartphone.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jurong 2 Kec. Kapur Sembilan, Kab. Koto Bangun, Kab. Lima Puluh Kota.

4. Ngalau Seribu

Ngalau Seribu
Image Credit: Facebook.com @capungaero

Rekomendasi tempat wisata di daerah Payakumbuh selanjutnya adalah Ngalau Seribu. Ngalau dalam bahasa minang memiliki arti goa. Pemilihan nama Ngalu Seribu ini menunjukkan bahwa goa disini cukup banyak. Untuk mencapai lokasi Ngalau Seribu pengunjung harus melewati jalan yang menanjak terlebih dahulu diana di sekitarnya banyak pohon paku-pakuan.

Ketika sampai di mulut goa, anda akan melihat banyak ruang-ruang yang sangat banyak. Oleh sebab itu akan lebih baik apabila anda ditemani oleh seorang pemandu wisata yang hafal tentang lokasi goa ini. Didalam goa ini ada sumber air yang masih alami. Sumber air tersebut berasal dari tetesan air yang mengalir dari balik batu. Suasana goa yang lembab membuatnya terasa segar.

Dinding goa pun berbentuk seperti terumbu karang di lautan karena kikisan air dari atas. Pemandangan yang cukup cantik ini memikat banyak wisatawan pecinta alam untuk mengunjunginya. Kawasan Ngalau Seribu ini masih berada di daerah Lembah Harau. Ada banyak destinasi wisata lain yang bisa anda temui disini, sehingga usai dari Ngalu Seribu anda bisa hunting tempat lain.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kec. Harau Kab. Limapuluh Kota, Sumatra Barat.

5. Puncak Marajo

Puncak Marajo
Image Credit: Pelantang.id

Anda menyukai trekking? Untuk itulah objek wisata puncak Marajo wajib dikunjungi karena menawarkan sensasi yang menenangkan dan seru. Walaupun untuk menggapai puncak di butuhkan perjuangan yang berat, tetapi rasa lelah tergantikan saat sampai di puncak. Anda akan menikmati pemandangan alam yang mempesona dan wajib dinikmati bersama orang tercinta.

Sementara letak puncak Marajo berada di Goa Ngalau Indah dan Goa Ngalau Sampik. Tak ayal Anda dapat mengunjungi 3 objek wisata alam sekaligus karena semuanya menawarkan keindahan alam yang eksotik. Di jamin Anda dan rombongan betah berlama-lama di objek wisata tersebut.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Bukittinggi – Payakumbuh No.233, Pakan Sinayan, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

6. Panorama Ampangan

Panorama Am
Image Credit: Indonesiakaya.com

Panorama Ampangan terletak di kaki Gunung Sago, tepatnya di Nagari Aua Kuniang, kecamatan Payakumbuh Selatan. Tepatnya kota Payakumbuh tersebut sekitar 8 km dari pusat kota Payakumbuh. Pengunjung akan menikmati pemandangan alam yang sangat indah sehingga rutinitas dan kepenatan di perkotaan akan hilang. Usahakan Anda membawa perlengakapan makanan maupun minuman secara lengkap ya, tujuannya agar kegiatan selama liburan menyenangkan dan bermanfaat untuk diri anda.

Selain pemandangan alamnya yang eksotik, wisata tersebut menjadikan pengunjung dapat menikmati pemadangan sunrice maupun sunset yang menawan. Dijamin hasil jepretan sunsetnya memiliki ciri khas dan sangat jelas tanpa harus di edit.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Aua Kuniang, Ampangan, Kec.Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh.

7. Bukit Batu Manda

Bukit Batu Manda
Image Credit: Google Maps (Adi Nugroho)

Kembali dengan wisata alamnya, Payakumbuh memiliki destinasi bukit menyerupai batu besar yang cukup eksotik di daerah Desa Belubus. Dengan ketinggian bukit mencapai sekitar 550 mdpl. Pengunjung dapat melihat hamparan pohon hijau dari atas bukit. Tidak hanya itu, suasana udara diatas bukit akan terasa lebih segar. Tempat ini banyak dikunjungi oleh para pemuda.

Disamping itu banyak yang datang ke tempat wisata ini disaat menjelang senja, dengan membawa kopi, anda bisa menikmati pemandangan alam lebih nikmat ditemani dengan seteguk kopi dan berbincang bersama teman. Banyak yang mendaki sampai puncak gunung demi mendapatkan spot foto yang bagus. Suasana alam di sekitar sini memang sangat asri dan menyegarkan.

Tak hanya pemandangan bukit yang menyerupai batu besar, di balik bukit terdapat padang ilalang yang sangat hijau dan tampak cantik dijadikan spot foto. Pemandangan padang ilalang ini tumbuh di sepanjang perjalanan menuju Bukit Batu Manda. Saat anda mengunjungi tempat ini akan lebih baik ikut melindungi alamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Talang River, Kec. Guguak, Kab. Limapuluh Kota, Sumatra Barat.

8. Lembah Harau

Lembah Harau
Image Credit: Ksmtour.com

Objek wisata alam lembah harau cocok dikunjungi pecinta traveling dan alam karena lokasinya sangat unik. Yaitu lembah yang diapit dua bukit dengan ketinggian 150 meter, walaupun cukup tinggi tetapi selalu ramai dikunjungi karena banyak objek menarik yang dapat dikunjungi. Diantaranya adalah sungai-sungai kecil, tebing, aor terjun dan objek menarik lainnya.

Untuk menjangkau lembah Harau, Anda dapat menuju kota Nagari Taram, di kecamatan Harau. Tepatnya di kabupaten Lima Puluh Kota. Sediakan budget yang memadai agar liburan Anda selalu menyenangkan dan tak ada kegelisahan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tarantang, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota.

9. Rumah Tan Malaka

Rumah Tan Malaka
Image Credit: Edunews.id

Anda pasti mengenal Tan Malaka, ia adalah pejuang yang memerdekakan bangsa Indonesia. Ia berasal dari provinsi Sumatera Barat. Untuk mengenang jasanya, masyaraat di berbagai daerah dapat mengunjungi objek wisata Rumah Tan Malaka yang dijadikan sebagai wisata sejarah. Hebatnya lagi rumah tersebut dibangun pada tahun 1936 tetapi masih kokoh karena selalu dijaga dengan baik.

Mengingat termasuk tokoh pejuang, tempat wisata tersebut di kunjungi berbagai orang. Mulai dari untuk piknik PAUD, piknik MI maupun SD, semester di perguruan tinggi karena kental akan sejarah dan keunikannya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagari Pandam Gadang, Kec. Gunuang, Kab. Lima Puluh Kota.

10. Paralayang Taeh Bukik

Paralayang Taeh Bukik
Image Credit: Fast-aerosport.blogspot.com

Destinasi wisata paralayang Taeh Bukik sangat populer dan ramai dikunjungi wisatawan di berbagai daerah, pasalnya tempat tersebut menjadi saksi lomba paralayang sehingga menghantarkan pemainnya pada kejuaraan. Sementara letaknya di Gunung Bungsu.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taeh Bukik, Kec. Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota.

11. Jembatan Ratapan Ibu

Jembatan Ratapan Ibu
Image Credit: Google Maps (RAMSY)

Tidak hanya wisata alamnya yang memukau, wisata bersejarah di Payakumbuh tak kalah cantik. Jembatan Ratapan Ibu adalah jembatan yang dibangun pada tahun 1818 oleh pemerintah Hindia Belanda dengan teknik kerja paksa penduduk Indonesia. Hingga saat ini desain dari jembatan ini masih kental dengan bangunan ala Belanda. Terlihat begitu menawan dan indah.

Jembatan ini melintasi Sungai Batang Agam dan dahulu difungsikan untuk menghubungkan Pasar Payakumbuh dengan Nagari Aie Tabik. Keindahan tempat ini menyimpan kenangan menyedihkan di masa lalu. Nama Jembatan Ratapan Ibu disematkan karena pada zaman dahulu tempat ini menjadi salah satu tempat eksekusi para pemuda dan jasadnya dibuang di sungai Batang Agam.

Jembatan ini menjadi tempat yang cukup bersejarah bagi Payakumbuh. Tak heran apabila banyak pengunjung sengaja mengunjunginya untuk melihat secara langsung. Jembatan ini masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini. Akan terlihat lebih indah saat suasana menjelang senja.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jend A Yani No.78, Daya Bangun, Kec. Payakumbuh Bar, Kab. Limapuluh Kota, Sumatra Barat.

12. Nagari Seribu Menhir

Nagari Seribu Menhir
Image Credit: Sumbar.antaranews.com

Berlibur ke Payakumbuh tidak akan lengap jika tak mengunjungi nagari seribu menhir. Apalagi tempat wisata tersebut adalah peninggalan zaman dahulu karena terdapat batu jajak ayam, batu tapak, lumpang batu, menhir dan peninggalan zaman pra sejarah lainnya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nagari Menhir, Kec. Bukit Barisan, Kab. Lima Puluh Kota.

13. Batang Tabik

Batang Tabik
Image Credit: Trepelin.com

Jangan salah loh, Batang Tabik menjadi objek wisata yang dikunjungi masyarakat di berbagai daerah karena berupa kolam pemandian. Bahkan kolam tersebut selalu segar sehingga pengunjung mendapatkan sensasi yang menenangkan setiap mandi, hal tersebut karena air pada kolam tersebut bersumber dari mata air di perbukitan. Dengan begitu selalu segar dan ampuh menghilangkan kepenatan Anda selama beraktifitas di perkotaan.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. 50 Kota, Sungai Kamuyang, Kec. Luak, Kab. Lima Puluh Kota.

14. Bukit Kelinci

Bukit Kelinci
Image Credit: Posmetropadang.co.id

Bukan rahasia lagi bukit kelinci adalah objek wisata yang cocok untuk keluarga karena memiliki konsep alam yang cocok untuk edukasi anak anda. Sementara letak bukit kelinci berada di kaki Gunung Sago. Tepatnya di desa Daya Bangun, Kecamatan Payakumbuh Barat, di kabupaten Lima Puluh Kota. Jangan salah loh, objek wisata bukit kelinci termasuk baru loh, tetapi sudah terhits karena baru dibuka tahun 2018 lalu.

Pengunjung akan menyaksikan peternakan kelinci dengan desain ala eropa. Tentunya dengan beragam spot foto menarik untuk kaula muda, selain itu Anda dapat mencoba payung warna warni, kincir angin dan wahana menarik lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koto Tangah Batu Hampa, Kec. Akabiluru, Kab. Lima Puluh Kota.

15. Aia Baba Halaban

Aia Baba Halaban
Image Credit: Direktoriwisata.byethost4.com

Ada lagi objek wisata Payukumbuh yan menarik perhatian masyarakat, yaitu Aia Baba Halaban. Objek wisata tersebut adalah pemandian dimana airnya berasal dari mata air perbukitan. Selama berkunjung, pengunjung akan mendapatkan relaksasi kesegaran karena pemandangannya hijau dan menyegarakan.

Perlu diketahui, objek wisata tersebut terletak di Nagari Halaban kecamatan Lereh Sago Halaban. Tepatnya di kabupaten Lima Puluh Kota, siapa sangka terdapat air terjun yang ketinggiannya mencapai 100 meter loh.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Halaban, Kec. Lareh Sago, Kab. Lima Puluh Kota.

16. Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram
Image Credit: Travesia.co.id

Payakumbuh juga menawarkan objek wisata berupa danau yang dinamakan kapalo bAnda taram, tentunya dengan pemandangan hijau sehingga pengunjung selalu segar dan tenang pikirannya. Anda dapat menjangkau wisata tersebut di Nagari Taram, di kecamatan Harau, tepatnya di kabupaten Lima Puluh Kota yang menawarkan kesejukan sangat indah.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Harau, Taram, Kec. Payakumbuh, Kab. Lima Puluh Kota.

17. Ngalau Sampik

Ngalau Sampik
Image Credit:Instagram.com @dedehikaru

Payakumbuh memiliki banyak destinasi alam yang masih jarang diketahui wisatawan. Salah satu tempat wisata alam yang cocok dikunjungi bersama keluarga maupun teman adalah Ngalau Sampik. Destiani ini masih terkesan baru di wilayah Puncak Marajo. Objek wisata alam ini menyuguhkan pemandangan alam yang unik dan juga mempesona. Anda akan sangat menyukainya.

Pemandangan yang bisa anda lihat disini berupa bebatuan berwarna warni dan beraneka ragam serta keanekaragaman flora seperti bunga anggrek alam. Tidak hanya itu, anda juga bisa menelusuri goa kecil di daerah sini dan beragam pepohonan hijau yang menyegarkan. Akses jalan di Ngalau Sampik ini berupa tangga yang diberi pagar di sisi samping bukit.

Ngalau Sampik sangat cocok dikunjungi untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan rasa stress dari hiruk pikuk kota. Pepohonannya yang rindang dan hijau membuat suasana udara disini sangat segar. Akan lebih menyenangkan apabila anda berkunjung disini beramai ramai bersama keluarga maupun teman. Pemandangan tebingnya menjadi salah satu daya tarik destinasi ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jalan Soekarno-Hatta, Kec. Payakumbuh Selatan, Kab. Payakumbuh, Sumatra Barat.

18. Ngalau Indah

Ngalau Indah
Image Credit: Indonesiakaya.com

Sementara objek wisata Ngaalu Indah adalah destinasi wisata berupa goa yang terletak di kota Payakumbuh, bahkan goa tersebut dikenal memiliki formasi batuan yang menarik. yaitu stralagmit dan stalagtit yang mengagumkan. Jangan salah loh, walaupun suasana sekitar goa tampak sunyi, tetapi saat menyinarinya dengan lampu akan menakjubkan dan membuat Anda ingin mendatanginya lagi.

Sementara Anda yang ingin datang ke objek wisata Ngalau Indah berada di desa Pakan Sinayan, tepatnya di Kecamatan Payakumbuh Barat. Di Kota Payakumbuh, jangn khawatir jika ingin mengunjungi destinasi wisata tersebut karena biaya tiketnya terjangkau. Dengan begitu maan di kantong semua orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pakan Sinayan, Kec. Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.

19. Jembatan Kelok Sembilan

Jembatan Kelok Sembilan
Image Credit: Ruqitapayakumbuh.com

Jembatan kelok sembilan menjadi tempat wisata populer yang selalu dinantikan wisatawan di berbagai daerah loh, tak ayal selalu di kunjungi orang di berbagai daerah. Apalagi sekeliling jembatan dikelilingi pemandangan alam yang sangat eksotik. Yaitu perbukitan yang hijau yang indah, dijamin Anda betah liburan karena suasananya yang menyenangkan dan mengagumkan.

Perlu diketahui, jembatan tersebut terletak di sebelah timur kota Payakumbuh. Tepatnya di desa Jorong Air Putih, di kecamatan Harau, di kabupaten Lima puluh Kota. Selain itu jembatan tersebut termasuk ruas jalan yang menghubungkan provinsi Sumatera Barat dan provinsi Riau. Tentunya yang diaput cagar alam Harau dan cagar alam air putih.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kelok Sembilan, Harau, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota.

20. Padang  Mangateh

Padang Mangateh
Image Credit: Bundaarryaarkha.blogspot.com

Anda menginginkan spot foto yang menawan? Destinasi wisata padang Mangateh adalah pilihan yang tepat loh. Apalagi padang magetan termasuk padang rumput yang pemandangannya sangat indah, apalagi luasnya mencapai 299 hektar sehingga membuatnya instaragamable. Hal tersebut membuat padang magetan selalu ramai dikunjungi diberbagai daerah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Padang Mengatas, Mungo, Kec. Luak, Kab. Lima Puluh Kota.

Sejumlah objek wisata Payakumbuh memang menawarkan berbagai keunggulan yang menarik, untuk itulah ke 20 tempat wisata diatas dapat dijadikan acuan liburan anda. Pastikan Anda memilih tempat wisata yang menarik dan mengjangkau rombongan ya agar semuanya merasakan kebahagiaan.