Sumatra Selatan

8 Wisata Kuliner di Muara Enim yang Murah & Enak

Muara Enim memiliki kuliner khas menggugah selera. Ada banyak tempat wisata kuliner enak dan murah di Muara Enim yang harus Anda coba saat berkunjung.

Mengunjungi tempat baru untuk singgah atau berlibur tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner khas yang ada disana. Tidak terkecuali dengan Kabupaten Muara Enim, salah satu kabupaten di Sumatera Selatan yang belum sepenuhnya mendapat sorotan publik.

Kabupaten Muara Enim adalah salah satu daerah dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan yang menjadi surga wisata bagi para pelancong. Wilayah tersebut tidak jauh dari pusat ibukota Sumatera Selatan karena di sebelah utara berbatasan langsung dengan Kota Palembang.

Selain dikenal sebagai penghasil energi alam, seperti batu bara, gas bumi, minyak bumi, dll. Kabupaten Muara Enim juga mempunyai kuliner khas yang wajib dicicipi jika Anda melancong disini. Banyak tempat yang menawarkan kuliner khas dengan harga yang murah dan rasa yang tidak usah diragukan lagi.

1. RM Telaga Biru Muara Enim

RM Telaga Biru Muara Enim

Image Credit: Vymaps.com

Dengan mengusung Masakan Padang pada menu utamanya ini wajib Anda kunjungi jika ke daerah Muara Enim. Rumah makan ini sudah berdiri lama dan menjadi rujukan utama bagi pendatang yang sedang dalam perjalanan ke Sumatera Selatan.

Disini, Anda akan dimanjakan dengan rasa yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Menu favorit di rumah makan ini antara lain rendang, sambal balado, dan gulai ikan yang selalu dicari oleh para pengunjung.

Harga yang terjangkau tidak akan mengurangi porsi yang disediakan oleh pemilik. Sehingga tempat kuliner ini dijadikan tempat persinggahan paling favorit oleh orang yang kebetulan hanya lewat untuk melakukan perjalanan jauh.

Lokasi: Pandan Enim, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

2. Kartika Jaya Rumah Makan

Kartika Jaya Rumah Makan

Image Credit: Kartika-jaya-rumah-makan.business.site

Rumah makan yang menyuguhkan suasana yang kekeluargaan bisa menjadi pilihan Anda ketika berkunjung ke daerah Muara Enim. Harga yang ditawarkan relatif dengan masakan Padang pada umumnya.

Fasilitas yang didapat juga lengkap dengan tempatnya yang luas dan terbagi menjadi 2 bagian yaitu indoor dan outdoor. Wilayah outdoor ada semacam saung yang dapat Anda nikmati santai bersama keluarga atau teman karena terletak di pinggir sungai.

Berada pada lokasi yang strategis menjadikan rumah makan ini tempat istirahat yang menyenangkan bagi pengunjung. Jika sedang melakukan perjalanan dan Anda ingin bersih-bersih badan rumah makan ini menyediakan kamar mandi dan Musholah yang nyaman dan bersih.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Prabumulih yang Populer

Lokasi: Tj. Enim Selatan, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim.

3. Saung Eva

Image Credit: Mahrin-furniture.blogspot.com

Image Credit: Mahrin-furniture.blogspot.com

Setelah membahas beberapa rumah makan yang menyediakan masakan padang sebagai menu utamanya, mari beralih dengan tempat makan yang menjadikan masakan khas Sumatera Selatan sebagai unggulannya. Nama resto ini yakni Saung Eva. Salah satu tempat makan yang terkenal di Muara Enim.Banyak menu yang tersaji di sini, dengan masakan paling favorit adalah ikan pindang patin. Selain itu, varian menu yang ditawarkan juga beraneka ragam bagi Anda yang lagi tidak berselera dengan makanan khas dari Kota Pempek tersebut.

Disediakan fasilitas ruangan VIP jika Anda sedang melakukan rapat dengan rekan kerja. Ada empat saung untuk sekedar menikmati kebersamaan dengan teman atau keluarga.

Bagi Anda yang ingin karaoke, disini disediakan gratis oleh pengelola saung. Untuk keperluan meeting kantor sampai berkumpul dengan keluarga dapat Anda lakukan disini dengan fasilitas yang lengkap.

Dengan semua fasilitas yang ditawarkan, Anda tidak perlu khawatir karena harga makanan disini sangat ekonomis. Sehingga cocok untuk kantong pelajar atau mahasiswa yang ingin mengerjakan tugas atau hanya ingin berkumpul dengan teman.

Lokasi: Kepur, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim.

4. Rumah Makan Sederhana

Rumah Makan Sederhana

Image Credit: Vymaps.com

Fasilitas lengkap dengan lokasi yang strategis, rumah makan sederhana jawabannya. Fasilitas yang bersih dan luas dapat menjadi tempat istirahat yang sesuai untuk menampung banyaknya pengunjung yang datang.

Jam operasional dimulai dari pukul 08.00 sampai 22.00 WIB tidak pernah sepi peminatnya. Karena menawarkan tempat yang nyaman dengan ruang berpendingin ruangan, serta dilengkapi dengan ruangan VIP.

Bervariasinya makanan disini menjadi unggulan rumah makan ini, dengan harga yang relatif murah menjadikannya destinasi kuliner favorit oleh warga Muara Enim serta dari luar daerah. Standart yang diterapkan juga sangat tinggi, sehingga dapat dipastikan juga kualitas yang dihasilkan menjadi kuliner yang lezat dan halal.

Makanan yang disediakan mulai dari berbagai olahan ikan yang khas dari kabupaten Muara Enim, makanan dari luar daerah juga tidak ketinggalan untuk disajikan. seperti Nasi Padang, Nasi Pecel dari daerah Jawa, Ketorprak dari Betawi, ada pula batagor yang berasal dari Bandung, serta makanan lainnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Musi Banyuasin Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Ps. Tj. Enim, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim.

5. Pempek Ena’o Muara Enim

Pempek Ena’o Muara Enim

Image Credit: Pempek-enao-muara-enim.business.site

Tidak lengkap rasanya jika ke Sumatera Selatan tetapi tidak menikmati kuliner khasnya yaitu pempek. Pempek yang terbuat dari ikan tengiri yang diolah dengan berbagai proses hingga mendapatkan rasa yang pas dan tentunya enak.

Di Muara Enim, ada tempat kuliner yang sudah tidak diragukan lagi kelezatan dan kebersihan makanannya. Disamping harganya yang dapat dijangkau, rasa pempek dan tekwan di Pemperk Ena’o.

Rasa dan kualitas yang diutamakan menjadi keunggulan di tempat kuliner ini. Pengolahan yang tepat dan sudah turun temurun menjadikannya kuliner yang tidak boleh terlewatkan. Pempek yang bertekstur lembut dipadu dengan cuko khas menambah rasa ingin lagi dan lagi.

Lokasi: Tungkal, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim.

6. Pasar Mambo Muara Enim

Pasar Mambo Muara Enim

Image Credit: Youtube.com

Pasar mambo adalah pasar yang menyajikan berbagai kuliner tradisional khas Muara Enim. Tempat yang dijadikan tempat berkumpulnya pedagang kaki lima untuk menjajakan dagangannya.

Tempat berkumpul warga sekitar dengan teman atau keluarga, untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas. Tempat untuk mengenal kebiasaan warga sekitar oleh pengunjung yang sedang menetap disana.

Jajanan paling lengkap khas kaki lima yang disajikan disini, tidak hanya kuliner Muara Enim, tetapi dari daerah lain pun ada. Contohnya Bakso, Ketoprak, Bubur Kinco khas Muara Enim, dan makanan lainnya.Harga yang disajikan juga bervariatif mulai dari Rp 6.000 dengan rasa yang bisa disejajarkan dengan makanan hotel bintang lima. Karena dengan harga yang merakyat menjadikan primadona untuk pengunjung dalam wisata kuliner malam ini.

Pasar mambo atau pasar campur di Muara Enim ini dikenal juga dengan sebutan kuliner malamnya Muara Enim. Karena pasar ini mulai beroperasi dari pukul 16.30 hingga tengah malam.

Lokasi: Ps. II Muara Enim, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim.

7. Bakso Kepala Sapi

Bakso Kepala Sapi

Image Credit: Bakso-mie-ayam-kepala-sapi.business.site

Setelah membahas berbagai makanan khas dari Pulau Sumatera di Kabupaten Muara Enim, bagi Anda yang berasal dari Pulau Jawa yang sedang menetap atau liburan di kabupaten tersebut jika merindukan kuliner bakso, disini bisa jadi pilihan yang tepat.

Karena sesuai dengan namanya, kuliner kali ini adalah Bakso yang menjadi favorit sebagian besar masyarakat Indonesia. Bakso kepala sapi, sudahkah Anda membayangkan betapa lezatnya kuliner khas tanah jawa ini.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Ogan Ilir Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Olahan daging sapi disandingkan dengan beberapa kondimen seperti mie sebagai pengganti karbo, sayur, dan disajikan dengan kuah kaldu yang kental membuat Anda menelan air liur. Tidak hanya itu, disini bakso disajikan dengan kaldu yang berasal dari kepala sapi. Kaldu dari kepala sapi membuat lebih gurihnya kuah yang disajikan.

Lokasi yang dekat dengan daerah persawahan menambah betah jika berada disini. Pelayanan pun ramah dan cepat. Tempat bakso kepala sapi ini sangat bersih sehingga terjamin untuk kualitasnya.

Selain bakso kepala sapi yang menjadi unggulan disini, ada pula varian mie ayam yang tidak kalah enaknya. Mie ayam dengan lembut mie ditambah dengan ayam yang diolah menjadikannya menu yang tidak boleh terlewatkan juga.

Lokasi: Karang Raja, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim.

8. Bakso Warsino

Bakso Warsino

Image Credit: Foursquare.com

Bakso Warsino, bakso yang didirikan oleh Bapak Wasino ini berasal dari Wonogiri asli. Sehingga keotentikan rasa bakso tidak terbantahkan lagi. Menu unggulan disini adalah Bakso uratnya yang selalu habis dipesan pengunjung.

Bakso urat dengan potongan daging sapi asli menambahkan tekstur yang tidak tertandingi. Disajikan dengan kuah kaldu kental khas Wonogiri yang lezat.

Jika Anda menginginkan bakso ini, tidak harus menguras isi kantong karena dengan harga yang terjangkau tetap dapat menikmatinya. Bakso Warsino juga terjamin kehalalannya karena mengandung 100% daging asli.

Bakso Warsino sudah lama berdiri, tetapi menurut pelanggan yang datang dari pertama berdiri sampai sekarang tidak berubah rasanya, tetap sedap dan menggugah selera. Memang, keluarga menjaga resep asli dan tidak ingin merubah rasa yang sudah terbentuk.

Fasilitas yang Anda dapatkan disini yaitu parkiran yang luas sehingga dapat menampung kendaraan roda dua dan roda empat dalam jumlah banyak. Kamar mandi yang disediakan juga bersih, serta Mushollah yang nyaman untuk beribadah.

Jika Anda mencari bakso dengan porsi banyak, harga terjangkau, rasa yang juara bakso warsino jawabannya. Penggunaan daging sapi asli pada bakso dan varian bakso lainnya menjadikan rasa tidak pernah berubah walau sudah lama berdiri.

Lokasi: Muara Enim, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim.

Itulah beberapa wisata kuliner favorit di Muara Enim yang murah & enak yang wajib Anda dicicipi. Fasilitas yang lengkap, dan pelayanan yang ramah semakin menambah betahnya pengunjung yang datang selain rasa dan terjamin kualitasnya sehingga wajib dikunjungi oleh warga lokal maupun luar daerah.