Sumatra Selatan

12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Terhits Dikunjungi

Ingin Liburan di Muara Enim? Periksa Pilihan Tempat Wisata Menarik di Muara Enim, Sumatera Selatan. Objek Wisata Alam Terbaik, Terbaru dan Kekinian yang Sedang Hits Disambangi Wisatawan.

Berada di wilayah barat Indonesia tepatnya di provinsi Sumatera Selatan ada sebuah kabupaten yang cukup mendapat sorotan publik lantaran banyaknya destinasi wisata menarik yang belum sepenuhnya terekspos. Muara Enim nama kabupaten tersebut secara geografis berbatasan dengan kota Palembang di sebelah utara, Ogan Komering Ulu di sebelah timur, Provinsi Bengkulu di sebelah selatan serta kabupaten Lahat di sebelah barat.

Wilayah Muara enim yang cukup strategis yakni berada di kawasan dataran tinggi bukit barisan tak pelak membuat Muara Enim memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran tempat wisata apa saja yang ada di Muara Enim? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Air Terjun Bedegung

Air Terjun Bedegung

Image Credit by Southsumatratourism.com

Air terjun Bedegung merupakan salah satu tempat wisata andalan dari Muara Enim tepatnya berada di kecamatan Tanjung Agung. Masyarakat sekitar yang menyebut air terjun ini dengan sebutan Curup Tenang Bedegung memiliki panorama yang sangat eksotis.

Untuk menuju ke lokasi Anda perlu waktu tempuh 30 menit dari desa yang terdekat dengan lokasi serta harus melalui medan yang cukup terjal dan menanjak. Meski begitu, perjuangan Anda akan terbayar tatkala melihar pemandangan berupa pepohonan hijau yang berada di sekeliling air terjun setinggi 99 meter ini. Belum lagi disekitar air terjun terdapat banyak spot berendam yang airnya sangat segar.

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

2. Air Terjun Bemban

Air Terjun Bemban

Image Credit by Myavitalia.com

Selain air terjun Bedegung, Muara Enim juga memiliki air terjun Bemban yang sama-sama berada di kawasan kecamatan Tanjung Agung. Berbeda dengan air terjun sebelumnya, Bemban merupakan air terjun yang cukup unik dengan adanya undakan bebatuan alami yang membuatnya semakin terlihat eksotis.

BACA JUGA:  10 Wisata Kuliner di Prabumulih yang Murah dan Enak

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

3. Air Terjun Curup Bali

Air Terjun Curup Bali

Image Credit by Muaraenimkab.go.id

Bagi Anda yang ingin tantangan yang sedikit ekstrim maka berkunjung ke air terjun Curup Bali perlu dicoba. Pasalnya air terjun yang berada di Desa Lebak Budi ini untuk menempuhnya harus melalui medan yang cukup ekstrim sehingga membutuhka tenaga yang ekstra. Namun, rasa lelah Anda akan terbayar sudah tatkala melihat air terjun setinggi 20 meter ini. Debit airnya yang cukup besar ditambah dengan lingkungan sekitar air terjun yang masih alami semakin membuat decak kagum siapapun yang melihat.

Lokasi: Lebak Budi, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

4. Air Terjun Jernihan

Air Terjun Jernihan

Image Credit by Bukitasamfm.wordpress.com

Air terjun Jernihan menjadi favorit bagi para petualang. Pasalnya untuk sampai di air terjun, Anda diharuskan melalui lebatnya hutan dan butuh waktu tempuh yang cukup lama sekitar 1 jam. Belum lagi medannya yang sangat berat. Yang menarik dari air terjun Jernihan adalah pemandangan sekitar yang cukup asri dan masih alami serta ada spot beberapa kolam yang bisa digunakan untuk berenang.

Lokasi: Keban Agung, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim.

5. Air Panas Gemuhak

Air Panas Gemuhak

Image Credit by Ksmtour.com

Puas bermain air terjun yang dingin, saatnya Anda untuk menikmati air panas Gemuhak. Air panas ini memiliki keindahan yang tiada tanding. Untuk menuju ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam dari desa terdekar dengan medannya yang cukup menanjak. Selain air panas yang mencapai 100 derajat celcius, di Gemuhak juga ada bunga anggrek yang mirip kalajengking dan masyarakat sekitar menyebutnya bunga Gemuhak. Tidak hanya itu, di beberapa kesempatan juga ada glestser yang muncul.

Lokasi: Lokasi: Gunung Tiga, Kec. Semendo, Kab. Muara Enim.

6. Arung Jeram Sungai Enim

Arung Jeram Sungai Enim

Image Credit by Southsumatratourism.com

Objek wisata andalan dari Muara Enim adalah arung jeram Sungai Enim. Arusnya yang cukup deras dengan tingkat Grade III memang tidak cocok untuk pemula namun, Anda tetap bisa mencobanya dengan menyewa pemandu. Yang membuat wisata arung jeram Sungai Enim yang berada tidak jauh dari air terjun Bedegung ini begitu menarik karena pesona alamnya yang sangat luar biasa indah sehingga siapapun tentu akan terpikat melihatnya.

BACA JUGA:  10 Tempat Wisata di Empat Lawang Terbaru & Terhits Dikunjungi

Lokasi: Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim.

7. Bukit Kendi & Danau Cinta

Bukit Kendi & Danau Cinta

Image Credit by Travelingyuk.com

Berada di lokasi yang berdekat bukit Kendi dan danau Cinta ini sering dikunjungi banyak wisatawan. Hal ini dikarenakan indahnya pemandangan alam yang ditawarkan sehingga banyak orang yang rela datang jauh-jauh hanya untuk mengabadikan dengan foto atau sekedar menikmati pemandangan alamanya yang indah. Berada di Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul ini untuk sampai kelokasi Anda butuh waktu sekitar 45 menit dengan melalui medan yang cukup terjal dan menanjak.

Lokasi: Lokasi: Tanjung Enim Selatan, Darmo, Kec. Lawang Kidul, Kab. Muara Enim.

8. Candi Bumi Ayu

Candi Bumi Ayu

Image Credit by Sengpaku.blogspot.com

Sumatera Selatan memang sedari dulu terkenal akan peninggalan kerajaan zaman dahulu. Tak heran jika di Muara Enim juga ada peninggalan bersejarah berupa candi Bumi Ayu.

Di kawasan candi Bumi Ayu setidaknya ada 11 buah candi yang didalamnya terdapat beberapa arca diantaranya Arca Siwa Mahaguru dan Arca Argastya. Meski begitu, untuk kelestarian peninggalan bersejarah agama Hindu ini pihak mengelola telah melakukan pemugaran pada 4 buah candi yang ada.

Lokasi: Bumi Ayu, Kec. Tanah Abang, Kab. Muara Enim.

9. Danau Deduhuk

Danau Deduhuk

Image Credit by Kabardesa.com

Danau Deduhuk memiliki luas sekitar 12 hektar dengan air jernih berwarna biru serta banyaknya pepohonan hijau yang mengelilingi danau. Berkunjung ke danau ini sangat pas untuk Anda yang bingung mau kemana di saat liburan datang. Setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari pusat kota Muara Enim.

Lokasi: Segamit, Kec. Semendo Darat Ulu, Kab. Muara Enim.

10. Desa Wisata Muara Tenang

Desa Wisata Muara Tenang

Image Credit by Everybodygoesblog.com

Selain wisata alam, Muara Enim juga memiliki spot wisata menarik lainnya yakni desa wisata Muara Tenang. Desa yang berada di kecamatan Semendo ini memiliki pemandangan alamnya yang indah. Keindahan alamnya ini semakin lengkap dengan kearifan lokal serta masih melekatnya adat istiadat yang dianut masyarakat di desa ini.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Lubuklinggau yang Paling Enak

Di desa Muara Tenang ini Anda akan menemui sebuah rumah adat yang usianya sudah mencapai dua ratus tahun. Jadi , bagi Anda yang sudah bosan berwisata alam dan ingin lebih jauh mengenal peradaban kuno Muara Enim, desa wisata Muara Tenang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi: Muara Tenang, Kec. Semendo, Kab. Muara Enim.

11. Kebun Binatang Sriwijaya

Kebun Binatang Sriwijaya

Image Credit by Koransn.com

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga maka kebun binatang Sriwijaya bisa menjadi pilihan. Kebun binatang yang berada di Desa Talang Taling ini memiliki koleksi binatang yang cukup beragam. Menariknya lagi Anda bisa mencoba berkeliling lokasi kebun binatang dengan naik gajah sumatera. Dijamin selain menjadi akhir pekan yang mengesankan, Anda pun secara tidak langsung mengenalkan aneka satwa kepada anak Anda.

Lokasi: Talang Taling, Kec. Gelumbang, Kab. Muara Enim.

12. Taman Adipura

Taman Adipura

Image Credit by Harapanrakyatonline.com

Puas berkeliling kebun binatang, saatnya Anda bersantai ria bersama keluarga di taman Adipura. Taman yang berlokasi di jalan lintas Sumatera-Muara Enim ini bisa menjadi jujukan bagi Anda yang ingin menikmati akhir pekan atau sekedar melepas penat dari padatnya aktivitas pekerjaan. Ada banyak sekali fasilitas yang tersedia mulai dari taman bermain anak, tempat jogging, stand kuliner, hingga beragam spot foto yang instagramable.

Lokasi: Muara Enim, Kec. Muara Enim, Kab. Muara Enim.

Nah, bagaimana tertarik untuk berkunjung? Ada banyak sekali tempat wisata di Muara Enim yang bisa Anda kunjungi. Jadi luangkan waktumu untuk bisa mengekspos semua tempat wisata menarik di Muara Enim yang sayang apabila terlewatkan begitu saja. Selamat berlibur.