Sumatra Utara

13 Wisata Kuliner di Samosir yang Murah dan Enak

Kabupaten Samosir terkenal dengan makanan khas daerahnya yang lezat. Periksa daftar wisata kuliner di Samosir yang dijamin dapat memanjakan lidah Anda.

Kabupaten Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatra Utara. Kabupaten yang terletak di tengah danau toba ini memiliki berbagai macam destinasi wisata. Kekayaan alam yang begitu mempesona menjadikan daerah ini sebagai salah satu tujuan liburan yang banyak diminati oleh warga lokal maupun para pelancong.

Selain wisata alam, Kabupaten Samosir juga menyediakan wisata buatan yang wajib Anda kunjungi. Salah satunya yaitu wisata kuliner yang banyak tersebar di seluruh penjuru kota. Wisata kuliner merupakan salah satu kegiatan yang disukai oleh banyak orang. Anda akan menjumpai berbagai jenis kuliner khas daerah yang menggugah selera.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Samosir ini, wajib untuk mencicipi berbagai macam makanan khas daerah. Kabupaten ini terkenal akan sajian khas yang beragam dan rasa yang lezat serta dibandrol dengan harga yang terjangkau. Berikut deretan wisata kuliner populer di Samosir yang wajib Anda coba.

1. Sasagun

Sasagun

Image Credit: Tradisionalindonesiafood.blogspot.com

Sasagun merupakan kuliner khas batak yang terkenal dengan rasanya yang unik dan lezat. Hidangan ini sangat cocok dijadikan sebagai pengganti sarapan karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Sasagun terbuat dari tepung beras yang digongseng bersama kelapa dan gula merah atau gula aren dan dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Sasagun biasanya disajikan dengan bahan campuran lainnya. Seperti buah nanas, durian, kacang, dan lainnya sesuai dengan selera. Kuliner ini menjadi salah satu hidangan yang paling diincar oleh para wisatawan. Anda bisa dengan mudah menjumpai hidangan ini di tempat-tempat yang tersebar di seluruh penjuru Samosir.

Lokasi: Pasar Tradisional, Kab. Samosir.

2. Dali Ni Horbo

Dali Ni Horbo

Image Credit: Batakpedia.org

Dali ni horbo merupakan makanan tradisional khas batak yang terbuat dari susu kerbau. Makanan yang seringkali disebut keju batak ini dibuat dengan cara memasak susu kerbau selama 10 menit dan dicampur dengan air nanas dan air perasan daun pepaya yang masih segar.

Kuliner satu ini wajib Anda cicipi saat berlibur di Kabupaten Samosir. Anda dapat menjumpai dali ni horbo di kawasan pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Hidangan lezat satu ini dibandrol mulai harga Rp 5000 sampai dengan Rp 15.000, tergantung kualitas susu kerbau yang digunakan.

BACA JUGA:  10 Restoran & Tempat Makan di Samosir yang Paling Enak

Lokasi: Pasar Tradisional, Kab. Samosir.

3. Naniura

Naniura

Image Credit: Youtube.com (masaktv)

Olahan ikan yang paling diminati oleh para wisatawan yaitu naniura. Naniura merupakan olahan ikan mentah yang memiliki rasa lezat yang terasa pedas dan kaya akan rempah-rempah. Ikan pada hidangan ini hanya direndam menggunakan asam selama 4-5 jam untuk menghilangkan bau amis.

Dulunya naniura merupakan makanan yang khusus disajikan untuk para raja. Namun karena yang lezat, menjadikan naniura banyak dikonsumsi oleh banyak kalangan. Anda dapat dengan mudah menjumpai makanan ini di tempat makan tradisional maupun restoran terkenal dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

4. Mie Gomak

Mie Gomak

Image Credit: Sasa.co.id

Mie gomak merupakan makanan khas Samosir yang terbuat dari mie yang memiliki ukuran besar. Mie yang menyerupai pasta ini disajikan dengan 2 kuah, kuah kuning dan kuah merah. Kuah kuning memiliki rasa tawar dan disiram di atas mie. Sedangkan kuah merah yang terbuat dari cabai, andaliman, dan rempah-rempah lainnya.

Selain disajikan dengan kuah, mie gomak juga dapat dinikmati dengan cara digoreng maupun dicampur dengan bumbu kacang. Mie gomak terkenal dengan rasanya yang lezat dan membuat ketagihan. Anda dapat dengan mudah menjumpai kuliner khas satu ini di warung-warung pinggir jalan dan dibandrol dengan harga Rp 5.000-Rp 10.000.

Lokasi: Pasar Tradisional Balige, Kab. Samosir.

5. Arsik Ikan Mas

Arsik Ikan Mas

Image Credit: Resepkoki.id

Arsik ikan mas merupakan salah satu olahan ikan mas yang dipanen dari danau toba dan memiliki cita rasa khas yang lezat. Sisik ikan mas tidak dibuang, organ bagian dalam ikan ini dibersihkan kemudian dilumuri dengan rempah andaliman dan bumbu kuning. Arsik ikan mas menjadi salah satu tujuan wisata kuliner di daerah samosir ini.

Ikan mas diberi perasan jeruk nipis dan asam cikala untuk menghilangkan bau amis. Ikan ini dimasak dengan bahan-bahan seperti andaliman, bunga kecombrang, cabai, bawang merah dan putih, lengkuas, kunyit, kemiri, dan lain-lain. Hidangan nikmat ini banyak dijual di restoran maupun tempat makan yang dibandrol dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

6. Kue Lampet

Kue Lampet

Image Credit: Episodedua.blogspot.com

Kue Lampet atau sering disebut lappet ini hampir menyerupai kue putu yang ada di daerah Jawa. Kue ini berbentuk menyerupai limas dan dibungkus dengan daun pisang yang masih muda. Kue Lampet ini memiliki cita rasa manis dan legit.

BACA JUGA:  15 Tempat Wisata di Karo Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pembuatan kue lampet ini tidaklah rumit. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras dengan kelapa parut yang diisi dengan campuran kelapa dan gula aren. Apabila adonan sudah tercampur secara merata, adonan dibungkus dengan daun pisang kemudian direbus. Kue lampet ini dapat dijumpai di pasar tradisional dan dijual dengan harga Rp 6.000.

Lokasi: Pasar Tradisional, Kab. Samosir.

7. Pizza Andaliman

Pizza Andalinan

Image Credit: Dyahpamelablog.wordpress.com

Andaliman merupakan salah satu rempah-rempah khas samosir yang seringkali diikutsertakan saat membuat berbagai hidangan. Salah satunya yaitu pizza andaliman yang menjadi kuliner andalan khas Samosir. Kuliner yang satu ini sama halnya dengan pizza lainnya, yang membedakan hanya ada bumbu khas Andaliman yang digiling halus.

Pizza andaliman disajikan dengan 3 macam saos, yaitu saos mayones, saos cabai, dan saos andaliman. Pizza ini memiliki aroma jeruk yang lembut dan rasa yang juara. Pizza andaliman dibandrol dengan harga mulai dari Rp 7000 sampai dengan Rp 60.000.

Lokasi: Jl. Patuan Nagari No.Kelurahan, Pardede Onan, Kec. Balige, Kab. Toba Samosir.

8. Sambal Tuktuk

Sambal Tuktuk

Image Credit: Goldenkuliner.blogspot.com

Sambel tuktuk ini hampir sama seperti sambel pada umumnya, yang membedakannya pada sambel tuktuk dicampur dengan andaliman. Bahan yang digunakan, yaitu bawang yang disangrai sampai berbau harum, andaliman, kemiri, dan bumbu-bumbu lainnya.

Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan yang kemudian dicampurkan dengan suwiran ikan. Tidak terlupakan menambahkan jeruk nipis, garam, dan penyedap rasa yang membuat rasanya semakin enak. Sambal ini dapat dijumpai di tempat-tempat makan daerah samosir.

Lokasi: Ambarita, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

9. Kue Goreng Gadong

Kue Goreng Gadong

Image Credit: Pinterest.ch @anomastika

Kue goreng gadong hampir mirip dengan kue lampet. Kue ini dibuat dengan cara mencampurkan parutan kelapa dan tepung beras. Adonan dibentuk bulat dan diisi dengan gula aren kemudian digoreng. Kue goreng gadong memiliki rasa yang manis dan gula aren yang meleleh di lidah saat kita memakannya.

Jajanan khas satu ini dapat Anda jumpai di pasar tradisional atau dijual oleh para pedagang kaki lima di pinggir jalan. Kue ini menjadi favorit oara wisatawan saat berkunjung di Kabupaten Samosir. Kue goreng gadung dibandrol dengan harga yang sangat ramah di kantong.

Lokasi: Pasar Tradisional, Kab Samosir.

BACA JUGA:  10 Oleh-Oleh Khas Samosir yang Paling Populer

10. Saksang

Saksang

Image Credit: Wikipedia.org

Saksang merupakan makanan khas Batak. Saksang biasanya menggunakan daging babi, anjing, dan kerbau yang dicincang. Saksang dibumbui dengan santan dan bumbu khas andaliman.

Saksang merupakan hidangan yang wajib hadir dalam upacara adat Batak, terutama dalam pesta pernikahan adat. Makanan ini merupakan hidangan non-halal yang ramai di pasaran. Hidangan ini dapat dijumpai di kedai makanan tradisional daerah Samosir dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Tolping, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

11. Ikan Pora-Pora

Ikan Pora-Pora

Image Credit: Sarihusada.co.id

Selain ikan mas, terdapat juga ikan asal danau toba yang digemari. Ikan ini memang menjadi favorit para pelancong yag berkunjung ke Samsosir karena rasanya yang enak dan bergizi. Di wilayah Samosir, olahan ikan ini sudah banyak djumpai di beberapa rumah makan. Ikan pora-pora biasanya disajikan dengan cara digoreng.

Selain digoreng ikan ini juga disajikan dengan campuran bumbu andaliman. Kelezatan ikan ini akan terasa lebih jika dipadukan dengan sambal yang lezat. Biasanya kuliner ini dapat ditemukan pada tempat-tempat makan yang tersebar di Samosir.

Lokasi: Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

12. Manuk Napinadar

Image Credit: Borukaro.com

Makanan ini adalah makanan khusus “raja-raja batak”. Manuk napinadar ini terdiri dari dua kata manuk dan napinadar, manuk yang artinya ayam dan napinadar yang artinya dibakar atau dipanggang. Pada makanan ini ayam di campurkan dengan gota, gota adalah darah dari hewan itu.

Makanan ini menjadi makanan populer di pesisir Danau Toba. Ayam yang digunakan berasal dari perkampungan samosir. Makanan ini dapat dengan mudah di jumpai di restoran maupun tempat makan lainnya di Kabupaten Samosir dengan harga yang terjangkau.

Lokasi: Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir.

13. Tipa-Tipa

Tipa-Tipa

Image Credit: Medanbisnisdaily.com

Tipa-tipa merupakan salah satu makanan khas Samosir, terbuat dari padi yang masih muda. Makanan satu ini biasa disebut dengan emping beras ataupun serealnya orang batak. Cara pembuatannya yaitu padi direndam selama beberapa hari. Kemudian ditumbuk sampai kulitnya terkelupas dan menjadi pipih.

Makanan ini memiliki tekstur yang keras dengan aroma harum yang menggoda. Banyak dari para wisatawan yang mengincar makanan ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh maupun untuk camilan saat berada di Samosir. Anda dapat dengan mudah menjumpai tipa-tipa di toko oleh-oleh dan pasar tradisional yang dibandrol dengan harga terjangkau.

Lokasi: Kec. Porsea, Kab. Samosir.

Itulah beberapa rekomendasi wisata kuliner di Samosir yang terkenal murah dan enak. Selain terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, daerah ini juga terkenal dengan kulinernya yang menggoyangkan lidah dengan cita rasa yang khas dan kaya akan rempah-rempah.